You are on page 1of 8

TUGAS MID SEMESTER 4

PANCASILA
“ARTIKEL KEWASPADAAN NASIONAL, BESERTA SOAL
DAN JAWABAN.”

DISUSUN OLEH :

NAMA : STEFANUS GANGSAR BASUKI
NIM : 161 110
SEMESTER : IV
KONSENTRASI : OTOMOTIF

AKADEMI TEKNOLOGI “WARGA” SURAKARTA

salah arah dan kebablasan sehingga mengabaikan berbagai efek ancaman yang menyertai. Euforia reformasi telah menjadikan kehidupan nasional Indonesia menjadi kehilangan kompas. Pendahuluan Kita sadari dalam satu dasawarsa terakhir. Kita dicap sebagai orang yang tidak reformis. Karena bisa-bisa dianggap kita tidak mendukung gerakan reformasi. karena semua hal tersebut merupakan produk di masa orde baru. Wawasan Kebangsaan. Stabilitas Nasional dan lain-lain. sehingga masyarakat begitu alergi mendengar . Demokrasi yang sebenarnya hanyalah suatu sarana dianggap sebagai sebuah tujuan. persoalan muncul ketika reformasi disikapi secara berlebihan. ditengah gerak reformasi dan demokratisasi yang berlangsung di Indonesia. kita kurang berani untuk membahas sesuatu yang berkaitan dengan masa lalu atau sejarah bangsa seperti Pancasila. NKRI. akhirnya kehidupan nasional seperti tidak lagi mengikuti rambu- rambu dan pedoman serta meninggalkan sikap yang disebut kewaspadaan. Undang-undang Dasar 1945. Perubahan atau reformasi adalah suatu keniscayaan. Bhineka Tunggal Ika. Mereka berprasangka bahwa istilah kewaspadaan adalah sekedar propaganda pemerintah untuk kembali mengendalikan perpolitikan nasional.

jiwa dan semangat kebangsaan. mengantisipasi sejak dini dan melakukan aksi pencegahan terhadap berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap NKRI. UUD 1945. Maka kewaspadaan nasional harus berawal dari keyakinan ideologis dan nasionalisme yang kokoh serta didukung oleh usaha- usaha pemantauan sejak dini dan terus menerus terhadap berbagai implikasi dari situasi serta kondisi yang berkembang baik didalam maupun di luar negeri. Membahas Kewaspadaan Nasional tidak terlepas dari hubungannya dengan paradigma nasional. tetapi sudah non tradisional.Si Kasubbid iKewaspadaan Nasional Kewaspadaan Nasional yaitu suatu kualitas kesiapsiagaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk mendeteksi. Bersyukur. Pancasila. ideologi. budaya dan pertahanan. Ketahanan Nasional dan Wawasan Nusantara. ideologi dan politik saja. sesanti Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang merupakan inti dari kesadaran terhadap kewaspadaan nasional. Paradigma tersebut meliputi Pancasila. ekonomi. Ancaman itu telah menyeluruh pada semua aspek kehidupan yang menyentuh ranah geografi. Padahal ancaman yang dihadapi tidak lagi hanya yang bersifat fisik. kerinduan kepada 4 pilar kebangsaan yang meliputi. Dalam Paradigma Nasional ditemukan paham kebangsaan. demografi. UUD 1945. wawasan kebangsaan. Paradigma Nasional adalah pola nasional yang digunakan dalam menjalankan sistem kehidupan nasional. tidak lagi ancaman tradisional belaka. sumber kekayaan alam. Membina Kepastian Hukum 2. berbangsa dan bernegara dari suatu ancaman. Ancaman yang dihadapi. Kewaspadaan Nasional menyangkut sistem Keamanan Nasional yang mempunyai fungsi sebagai berikut : 1. tidak lagi yang simetris semata. M. tetapi sudah pada tingkat asmetris. rasa kebangsaan. politik.kata kewaspadaan nasional. Oleh: Letkol Arm Joko Riyanto. Kewaspadaan Nasional juga dapat diartikan sebagai sikap dalam hubungannya dengan nasionalisme yang dibangun dari rasa peduli dan tanggung jawab seorang warga negara terhadap kelangsungan kehidupan bermasyarakat. akhir-akhir ini kembali mulai berkumandang kerinduan terhadap tonggak sejarah bangsa. Membina Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat .

potensi yang diperkirakan atau sudah nyata dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Lalai) Termasuk Perlindungan Hak. Melindungi Rakyat dari Berbagai Bencana (Alam.Kesengajaan. Penegakan Hukum dan Keadilan 4. tindakan. Ancaman yang paling mungkin dari luar negeri terhadap Indonesia adalah kejahatan yang terorganisir yang dilakukan oleh aktor-aktor non .Hak Rakyat. Kemhan RI telah merumuskan Buku Putih yang berisi antara lain hakekat ancaman yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.3. Membangun Kemampuan Pertahanan 5. Oleh karena itu perkiraan ancaman yang lebih memungkinkan adalah ancaman non tradisional (non traditional threat) atau “non military security threat” atau “non conventional security threat” yaitu setiap aksi yang mengancam kedaulatan negara dan keutuhan wilayah negara kesatuan RI. nfo Puskom Publik Persepsi terhadap Ancaman Di era globalisasi sekarang ancaman diartikan sebagai sebuah kondisi. Ancaman (keamanan) tradisional yang datangnya dari luar negeri adalah invasi atau agresi dari negara lain yang kecil kemungkinannya.

Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama- sama menangkal ancaman nyata dari musuh. Kesadaran Berbangsa & bernegara 3. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Antisipasi para pendiri bangsa tercantum dalam salah satu poin tujuan nasional yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”. sumber daya. Pernyataan ini menjadi dasar dari tujuan pertahanan. Kalau ancaman ini menjadi nyata dan Indonesia tidak siap. Bela Negara Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin dan mewujudkan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Memiliki kemampuan awal bela negara . Rela berkorban untuk bangsa & negara 5. dari yang paling halus hingga yang paling keras.negara untuk memperoleh keuntungan dengan memanipulasi kondisi dalam negeri dan keterbatasan aparatur pemerintah. yakni tujuan kesejahteraan (memajukan kesejahteraan umum). Tiaptiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Tetapi saat ini pemerintah telah membuat formulasi baru yang dapat diterima oleh masyarakat untuk mencegah semua potensi ancaman tersebut. Cinta Tanah Air 2. Tujuan Bela Negara dapat dilihat secara lebih jernih dan mendalam melalui perspektif pertahanan Keutuhan wilayah. Kesadaran bela negara itu hakekatnya kesediaanberbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. dimasa ini dibayangi oleh ancaman baik kekuatan dari luar dan pergolakan dari dalam. yaitu dengan cara meningkatkan nasionalisme melalui “Bela Negara”. semuanya bisa kembali ke titik nol. Bela negara memiliki unsur yang mampu menjamin tegak kokohnya negara kesatuan Indonesia. Disinilah seharusnya kewaspadaan nasional tadi sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi ancaman tersebut. Spektrum bela negara itu sangat luas lebih luas dari sekedar waspada. Unsur Dasar Bela Negara: 1. Ia tidak berdiri sendiri tetapi berbagi ruang dengan tujuan keamanan atau ketertiban sipil dan berdampingan 3 (tiga) tujuan lainnya. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara 4. tujuan keadaban (mencerdaskan kehidupan bangsa) dan tujuan kedamaian (berpartisipasi aktif dalam perdamaian dunia yang adil dan abadi). kedaulatan dan kemerdekaannya.

Sebutkan 4 pilar kebangsaan ? Pancasila. Membangun Kemampuan Pertahanan 5. Apa yang dimaksud Kewaspadaan Nasional ? suatu kualitas kesiapsiagaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk mendeteksi. Membina Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat 3. UUD 1945.SOAL DAN JAWABAN 1. wawasan kebangsaan. Dalam Paradigma Nasional ditemukan paham kebangsaan. Melindungi Rakyat dari Berbagai Bencana (Alam. UUD 1945. Apa pengertian Paradigma Nasional ? pola nasional yang digunakan dalam menjalankan sistem kehidupan nasional. Paradigma tersebut meliputi Pancasila. Apa bunyi UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3 ? Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara. Ketahanan Nasional dan Wawasan Nusantara.Kesengajaan. sesanti Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang merupakan inti dari kesadaran terhadap kewaspadaan nasional. Membina Kepastian Hukum 2. . yaitu ? 1. jiwa dan semangat kebangsaan. rasa kebangsaan. Lalai) Termasuk Perlindungan Hak. 2. Kewaspadaan Nasional menyangkut sistem Keamanan Nasional yang mempunyai fungsi. 4. mengantisipasi sejak dini dan melakukan aksi pencegahan terhadap berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap NKRI. 5. Penegakan Hukum dan Keadilan 4. 3.Hak Rakyat.

Sebutkan ancaman tak nyata bagi negara ? 8. Rela berkorban untuk bangsa & negara 5. Sebutkan ancaman nyata bagi negara ? 7. Cinta Tanah Air 2. Kesadaran Berbangsa & bernegara 3.6. Apa yang di maksud bela negara ? sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin dan mewujudkan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara 4. 10. 9. Sebutkan Unsur Dasar Bela Negara ? 1. Apa antisipasi para pendiri bangsa tercantum dalam salahsatu poin tujuan nasional ? yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”. Memiliki kemampuan awal bela negara .

2004).”Makna setiap Sila Pancasila”.html. Andi candra wibowo. hlm 179. “Pancasila sebagai Sumber dari Segalaa Sumber Hukum”.com/2011/03/makna-setiap-sila-pancasila.html. diakses pada 10 Juni 2014 Kansil dan Christine.blogspot. (Jakarta: PT.blogspot. Dani. dalam http://bozwen. Alvian Mohammad amin. DAFTAR PUSTAKA Ahmad binta nada. Diakses pada tgl 10 Juni 2014 . dalam http://pedabuntung. Ilmu Negara. Wendi.com/2013/10/pancasila-sebagai-sumber-dari- segala. Pradnya Paramita. Akhmad an’im Rusyda.