You are on page 1of 7

10 tumbuhan langka di Indonesia

,
Kekayaan Indonesia tidak perlu diraguan lagi. Baik dari flora dan fauna,
Indonesia sangat kaya akan hal itu. Namun, seiring bertambahnya waktu
keberadaan atau jumlah dari hewan atau tumbuhan yang ada di
Indonesia semakin berkurang dan sedikit. Tentu jika berlangsung terus-
menerus, bukan tidak mungkin suatu jenis flora atau fauna mengalami
kepunahan. Di bawah ini sudah saya taruh suatu wacana yakni 10
tumbuhan langka di Indonesia yang semoga bermanfaat.

1. Raflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional
Bengkulu, mempunyai ukuran dengan
diameter bunga yang hampir mencapai 1
meter. Bunga ini terkenal dengan
sebutan bunga bangkai karena
mengeluarkan bau busuk yang
menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan
oleh bunga digunakan untuk menarik
lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi
merupakan tumbuhan parasit yang memerlukan inang untuk hidupnya.
Saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memprihatinkan sehingga
jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya habitat
bunga tersebut di antaranya disebabkan kegiatan manusia seperti
pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian,
maupun permukiman.

2. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau
batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif),
Amorphophallus titanum Becc., merupakan
tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae)
endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal
sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk)
terbesar di dunia. Nama bunga ini berasal dari
bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai
yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya
untuk mengundang kumbang dan lalat untuk
menyerbuki bunganya.

karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung . kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kantong Semar Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora. Kayunya digunakan sebagai rempah- rempah. 5. Namun bukan berarti kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Damar Tanaman langka ini berasal dari papua. aroma terapi. 4. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya.3. campuranparfum. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. Sewaktu daun masih muda. Lantas. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia peroleh. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2 m. membuka ketika sudah dewasa. Cendana Cendana atau cendana wangi. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. serta sangkur keris (warangka). bahan dupa.

Dalam satu rumpun dewasa. Tersebar di Kalimantan. Itulah sebabnya jenis tanaman langka ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa. Maluku. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.5-2 cm. yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni. Minyak dasar kayu cendana. Sumatera dan Malaysia. Anggrek Tebu Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Bulian Diameter batang mencapai 95 cm dengan tinggi pohon sampai dengan 36 m. anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1. Biasanya dipakai untuk konstruksi berat karena sifatnya yang kuat dan tahanlama. 7. Biasanya tumbuh di daerah lereng perbukitan dengan tanah berpasir. Tumbuh pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut. paling besar dan paling berat diantara jenis- jenis anggrek lainnya. digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda. 6. .kehidupannya. dan untuk menghilangkan rasa cemas. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

laxiflora) adalah spesies pohon dari subfamilia oleander. syn. D. jenis tanaman langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. wadang. Bayur Tanaman langka indonesia ini memiliki nama daerah balang. Sumatra dan bagian selatan Thailand. Kalimantan. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatra. Jelutung Jelutung atau jelutong (Dyera costulata. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter.dan wayu. Bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus. 8. 9. walang. Dalam bahasa Inggris. Tengkawang Tengkawang adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi . Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia. 10.

Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas. Burung Merak memakan aneka biji- bijian. Burung ini sangat indah dan pasti membuat orang yang melihat ingin memilikinya. Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata- rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg. Sangat disayangkan sekali memang. Badak ini sangat mematikan jika menyerang musuhnya karena memiliki culah yang sangat tajam. Saat ini jumlahnya semakin sedikit. karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya. Mereka mengambil culah badak ini untuk digunakan sebagai obat.Kalimantan Barat. Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china. India dan Malaysia. Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya. aneka serangga. dan hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah. cacing dan kadal kecil. Burung Merak Burung merak adalah burung yang saat ini sangat sulit kita jumpai. Badak Bercula Satu Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm. Akan tetapi culahnya ini biasa digunakan untuk mencari makanan. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba. pucuk rumput dan dedaunan. Hewan ini hampir punah. 10 JENIS HEWAN LANGKA Harimau Sumatera Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Sedangkan makanannya sendiri adalah tumbuh-tumbuhan. . Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg.

Kijang Kijang atau muncak adalah kerabat rusa yang tergabung dalam genus Muntiacus.Orang Utan Orang Utan adalah hewan jenis kera yang memiliki rambut lebih panjang daripada jenis kera yang lain. Indocina. Srilangka. Malenge. dengan sisa-sisa dari masa Miosen ditemukan di Perancis dan Jerman. Sula. Hewan ini Tersebar di hutan kalimantan dan hutan Sumatra. mulai dari India. muncak hanya dapat ditemui di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Orang Utan sendiri berasal dari bahasa indosnesia yang artinya adalah manusia yang hidup di hutan. Babi Rusa Babirusa (Babyrousa babirussa) hanya terdapat di sekitar Sulawesi. Kijang berasal dari Dunia Lama dan dianggap sebagai jenis rusa tertua. Tinggi babirusa berkisar pada 65-80 sentimeter dan berat tubuhnya bisa mencapai 90 kilogram. dari segi bentuk dan DNA hampir sama. Panjang tubuh babirusa sekitar 87 sampai 106 sentimeter. seperti mangga. Pulau Togian. Buru dan Maluku. . Makanan utamanya adalah buah- buahan. Memang orang utan memiliki banyak kesamaan dengan manusia. Mereka hanya berburu makanan pada malam hari untuk menghindari beberapa binatang buas yang sering menyerang. Beberapa jenis diintroduksi di Inggris dan sekarang banyak dijumpai di sana. Pada masa sekarang. Hewan ini gemar melahap buah- buahan dan tumbuhan. hingga kepulauan Nusantara. Habitat babirusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis. telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu. Ancaman orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan dijadikan sebagai lahan kelapa sawit. Kijang tidak mengenal musim kawin dan dapat kawin kapan saja. jamur dan dedaunan. pertambangan dan pepohonan ditebang.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Menurut data para ilmuwan. yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau. yang berukuran panjang badan enam meter.Penyu Penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. dengan rata-rata panjang 2-3 m. dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 .208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Flores. . komodo merupakan kadal terbesar di dunia. Komodo Komodo. Rinca. Pada masa itu Archelon. Termasuk anggota famili biawak Varanidae. dan klad Toxicofera. Gili Motang. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air. dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini. sesekali naik ke permukaan. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. atau yang selengkapnya disebut biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo.