You are on page 1of 11

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Didalam ekosistem terjadi hubungan saling ketergantungan antara
komponen satu dengan yang lain. Saling ketergantungan itu mencakup berbagai
kebutuhan untuk bereproduksi, makanan, energi, air, mineral dan udara. Adanya
saling ketergantungan menyebabkan di dalam ekosistem terjadi rantai makanan,
jaring-jaring makanan, aliran energi dan siklus biogeokimia. Sebuahh ekosistem
dapat berfungsi dengan adanya aliran energi dan materi. Aliran energi dan materi
dapat terjadi apabila ada peristiwa makan dan dimakan antara komponen biotik
dalam suatu ekosistem yang berarti terjadi perpindahan materi dan energi dari
makhluk hidup satu ke makhluk hidup lainnya. Semua yang ada di bumi ini baik
mahluk hidup maupun benda mati tersusun oleh materi. Materi ini tersusun atas
unsur-unsur kimia antara lain karbon (C), Oksigen (O2), Nitrogen (N), Hidrogen
(H), dan Fosfor (P). Proses makan dan dimakan pada rantai makanan
mengakibatkan aliran materi dari mata rantai yang satu ke mata rantai yang lain.
Walaupun mahluk hidup dalam satu rantai makanan mati, aliran materi akan tetap
berlangsung terus. Karena mahluk yang mati tersebut diurai oleh dekomposer
yang akhirnya akan masuk lagi ke rantai makanan berikutnya.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana aliran energi terjadi pada ekosistem
2. Bagaimana proses siklus materi pada ekosistem

C. Tujuan
1. Untuk mengetahui aliran energi terjadi pada ekosistem
Untuk mengetahui proses siklus materi pada ekosistem.
D. Kegunaan atau manfaat
1. Praktis
Bagi para pembaca, makalah ini dapat menambah wawasan pengetahuan
tentang siklus materi dan aliran energi yang terjadi pada ekosistem dan di

1

2 . 2. Teoritis Ilmu yang dimuat dalam makalah ini dapat sebagai bekal dan juga menambah wawasan para pembaca dalam menjaga dan melestarikan ekosistem yang ada disekitar. menanam lebih banyak tumbuhan dan menggunakan fasilitas ramah lingkungan. menjaga kebersihan lingkungan. harapkan mampu menjaga ekosistem yang ada.

Tumbuhan dengan memanfaatkan tenaga yang berasal dari sinar matahari mempunyai kemampuan untuk menyerap dan mengumpulkan nutrisi dari tanah dan karbondioksida dari udara untuk menghasilkan makanannya. 1. konsumen tingkat tinggi hingga ke detritivor. Pada proses 3 . dan proses transformasi energi tidak pernah berlangsung dengan efisien 100%. dan dimakan oleh konsumen. Energi akan berpindah dari konsumen yang satu dengan yang lainnya. jika konsumen puncak mati maka akan diuraikan oleh bakteri dan jamur menjadi unsur-unsur mineral yang diserap oleh tumbuhan tersebut kembali. ALIRAN ENERGI Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi lain. Dengan cara demikianlah energi mengalir dalam sistem alam ini. Energi beredar dalam ekosistem dalam bentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan dari suatu tingkat rofik ke tingkat trofik berikutnya. Yang ada bahwa energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Dalam proses makan dan dimakan terjadi proses perpindahan atau aliran energi. dimulai dari sinar matahari. produsen. Hukum Termodinamika II mengatakan bahwa : proses transformasi energi tidak pernah terjadi secara spontan. Melalui Rantai Makanan Rantai makanan adalah pengalihan energi dari sumbernya dalam tumbuhan melalui sederetan organisme yang makan dan yang dimakan. hilang ataupun dihancurkan. Dalam ekologi dikenal adanya Hukum kekekalan energi yaitu Hukum Termodinamika I dan II. Hasil fotosintesis disimpan sebagai cadangan makanan. konsumen primer. Energi dari sinar matahari merupakan tenaga pengendali dari semua ekosistem. Hukum Termodinamika I mengatakan bahwa : Energi yang ada di dunia ini tidak dapat diciptakan. BAB II PEMBAHASAN A. berlangsung dalam ekosistem. tidak dapat dimusnahkan. Pada awalnya energi matahari mengalir ke tumbuhan hijau dan digunakan untuk proses fotosintesis.

Bahan organik yang mengandung energi dan unsur-unsur kimia transfer dari satu organisme ke organisme lain berlangsung melalui interaksi makan dan dimakan. 2. Peristiwa makan dan dimakan antara organisme dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik yang bertingkat-tingkat atau jaring-jaring makanan. Gambar jaring-jaring makanan. 4 . Melalui Jaring-Jaring Makanan Jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk skema mirip jaring. Gambar rantai makanan.perpindahan energi dari satu trofik ketingkat trofik lainnya selalu ada energi yang hilang Sehingga dapat dikatakan bahwa aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen. Kelangsungan hidup organisme membutuhkan energi dari bahan organik yang dimakan. sampai ke pengurai di dalam tanah. konsumen.

). 1. dan Anabaena sp. Amonia ini akan dinitrifikasi oleh bakteri nitrit. nitrat diubah menjadi amonia kembali. Yang bersifat aerob dan Clostridium sp.). (ganggang biru) juga mampu menambat nitrogen. misalnya Marsiella crenata. Nitrogen bebas dapat ditambat atau difiksasi terutama oleh tumbuhan yang berbintil akar (misalnya jenis polong-polongan) dan beberapa jenis ganggang. Oleh karena itu setiap organisme terdiri dari materi yang juga menjadi bagian dari bumi. kembali ke benda mati. siklus karbon. ion nitrit (NO2 . Nostoc sp. Sirkulasi demikian disebut siklus (Yunani: kyklos = lingkaran). siklus air. dan siklus sulfur. Nitrogen yang diikat biasanya dalam bentuk amonia. suatu hal yang tidak terjadi (terdapat) pada arus energi. dan ion nitrat (NO3 . yaitu Nitrosomonas dan Nitrosococcus sehingga menghasilkan nitrat yang akan diserap oleh akar tumbuhan. sedangkan materi untuk membangun tubuh organisme berasal dari bumi. SIKLUS MATERI Energi yang menjadi penggerak sistem kehidupan dari hampir semua makhluk hidup berasal dari matahari. Beberapa bakteri yang dapat menambat nitrogen terdapat pada akar polong-polongan dan akar tumbuhan lain. yakni Azotobacter sp. terdapat bakteri dalam tanah yang dapat mengikat nitrogen secara langsung. Unsur-unsur ini bergerak dari benda mati ke dalam jasad hidup. Dengan cara ini siklus nitrogen akan berulang dalam ekosistem. Nitrogen bebas juga dapat bereaksi dengan hidrogen atau oksigen dengan bantuan kilat atau petir. masuk lagi ke dalam jasad hidup dan demikianlah seterusnya. Selanjutnya oleh bakteri denittrifikan. yaitu 80% dari udara. Selain itu. siklus nitrogen. dan amonia diubah menjadi nitrogen yang dilepaskan ke udara. Siklus-siklus tersebut antara lain: Siklus nitrogen. Siklus Nitrogen (N 2 ) Gas nitrogen banyak terdapat di atmosfer.B. yang bersifat anaerob. Unsur-unsur ini mengadakan suatu peredaran atau sirkulasi. Dengan mempelajari beberapa contoh kita dapat memperoleh suatu pandangan mengenai siklus tersebut. 5 . Tumbuhan memperoleh nitrogen dari dalam tanah berupa amonia (NH3 ). Amonia diperoleh dari hasil penguaraian jaringan yang mati oleh bakteri.

Daur karbon berkaitan erat dengan daur oksigen di alam kita ini.sumber CO2 di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan. Gambar siklus karbon dan oksigen 6 . berupa vulkanik. lalu dihasilkan karbon dioksida (CO2). Karbon dioksida di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen (O2) yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi.03%. pembakaran batu bara. Hewan dan tumbuhan yang mati. dalam waktu yang lama akan membentuk batu bara di dalam tanah. dan asap pabrik. Batu bara akan dimanfaatkan lagi sebagai bahan bakar yang juga menambah kadar CO2 di udara. Siklus Karbon dan Oksigen Di atmosfer terdapat kandungan CO2 sebanyak 0. Oksigen (O2) masuk ke komponen biotik melalui proses respirasi untuk membakar bahan makanan. dalam waktu yang lama akan membentuk batu bara di dalam tanah. Sumber . Gambar siklus Nitrogen 2. Hewan dan tumbuhan yang mati.

protein. Sulfur (belerang) banyak terdapat di dalam kerak bumi dan dapat diambil tumbuhan dalam bentuk sulfat. serta merupakan unsur yang penting untuk pembentukan asam nukleat. Gambar siklus fosfor 4. Begitu sampai di laut hanya ada dua mekanisme untuk daur ulangnya ke ekosistem darat.3. Tumbuhan mengambil sulfur dalam bentuk dari tanah. Sulfur di atmosfer berupa gas SO2 atau oksida sulfur yang terbentuk dari sisa pembakaran bahan bakar fosil (BBM) dan lelehan dari belerang dari tambang belerang Ketika gas sulfur dioksida yang berada di udara bersenyawa dengan oksigen dan air.Siklus Sulfur (Belerang) Sulfur merupakan bahan penting untuk pembuatan semua protein dan banyak terdapat di kerak bumi. Siklus fosfor Fosfor merupakan unsur kimia yang jarang terdapat di alam dan merupakan faktor pembatas produktivitas ekosistem. salah satunya melalui burung-burung laut yang mengambil fosfor melalui rantai makanan laut dan mengembalikan ke darat melalui kotorannya kemudian masuk ke rantai makanan. Sebagian besar fosfor mengalir ke laut dan terikat pada endapan di perairan atau dasar laut. sehingga daurnya tidak melalui udara. sedangkan hewan dan manusia mendapatkannya dari tumbuhan yang mereka makan. akan membentuk asam sulfat yang ketika jatuh ke tanah akan menjadi bentuk ion-ion sulfat. Kemudian ion-ion sulfat tadi akan diserap oleh 7 . ATP dan senyawa organik vital lainnya. Fosfor satu-satunya daur zat yang tidak berupa gas.

Pada tumbuhan ini sebagian besar air keluar 8 . jasadnya akan diuraikan oleh bakteri dan jamur pengurai dan menghasilkan bau busuk. dan yang di tanah oleh bakteri tanah akan diubah menjadi ion sulfat dan senyawa sulfur dioksida yang nanti akan diserap kembali oleh tumbuhan. Ketika manusia atau hewan memakan tumbuhan. Biasanya air jatuh ke bumi meninggalkan atmosfer sebagai hujan atau salju. Jatuhnya dapat langsung ke laut atau di atas daratan. Oleh karena itu. danau-danau. Hewan mengambil air langsung dari air permukaan tumbuhan dan hewan yang dimakan. Ketika hewan atau tumbuhan mati. Siklus air Semua organisme hidup memerlukan air untuk melakukan aktivitas hidupnya.tumbuhan untuk menyusun protein dalam tubuhnya. yaitu gas hidrogen sulfida yang akan dilepas ke udara dan sebagian tetap ada di dalam tanah. Selama perjalanan ini sebagian air menguap dan kembali ke atmosfer. maka akan terjadi perpindahan unsur belerang dari tumbuhan ke tubuh hewan atau manusia. Tumbuhan dan hewan yang hidup di darat melepaskan air ke atmosfer. Gas hidrogen sulfida yang ada di udara akan bersenyawa dengan oksigen membentuk sulfur dioksida . Di darat air mengalir melalui parit-parit. Manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah yang ada di daratan. Gambar siklus sulfur 5. saluran-saluran di bawah tanah terus ke sungai-sungai dan akhirnya kembali ke laut. ketersediaan air di lingkungan sangat mutlak bagi organisme hidup. sedangkan tumbuhan mengambil air dari air tanah dengan menggunakan akarnya.

Lebih banyak lagi air keluar waktu hewan mengeluarkan kotorannya. yaitu berkeringat. semua air yang telah diambil organisme akan kemabli ke atmosfer. sedangkan pada tumbuhan melalui proses transpirasi. 9 . sedangkan pada hewan melalui pernafasan atau penguapan dari kulit. Air keluar dari hewan dan manusia berupa urin dan keringat. Akhirnya. Ganbar siklus Air.melalui daun.

siklus pospor. dan siklus karbon dan oksigen. Saran Semoga makalah “Siklus materi dan aliaran energi” ini dapat menambah wawasan pengetahuan bagi setiap para pembaca agar mengetahui bagaimana proses siklus materi dan aliran energi dalam suatu ekosistem dan harapannya setelah memiliki wawasan pengetahuan tentang materi ini secara bersama-sama kita menjaga ekosistem yang ada di sekitar kita dan lebih mencintai lingkungan hidup sehat. Kesimpulan Semua organisme memerlukan energi dalam melakukan aktivitas untuk hidup. siklus nitrogen. Energi beredar dalam ekosistem melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Energi berhubungan dengan hukum termodinamika I dan II. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama kehidupan. Energi diperoleh organisme dari makanan yang dikonsumsinya. Sedangkan Siklus materi yaitu siklus yang membahas tentang unsur-unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. yang berlangsung dalam ekosistem. BAB IV PENUTUP A. dimulai dari sinar matahari. siklus sulfur. Cahaya matahari di gunakan oleh tumbuhan dalam melakukan proses fotosisintesis untuk membuat makanannya sendiri. Jadi aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi lain. konsumen primer sampai konsumen tingkat tinggi hingga ke detritivor. B. 10 . produsen. Siklus materi atau biogeokimia meliputi : siklus air.

11 .