MATA KULIAH

RANGKAIAN LISTRIK
RESUME MATERI 2
Pertemuan ke-3

Disusun oleh : Syelfia Safitri Andan Prima Anggani Astrid Alin Widowati Rendra Fatur Rahman Hidayatullah Dabith Gazali 5115096955 5115096985 5115096929 5115096975 5115096967 5115096948

Program Studi : Pend. Teknik Elektro (S1) Non. Reg.

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Saran dan masukan yang bersifat membangun demi kemajuan dan keberhasilan. para penulis yang tulisannya kami kutip sebagai bahan. karena kami menyadari bahwa resume ini masih banyak kekurangannya. 2. Faried Wadjdi. Fakultas Teknik. selaku dosen mata kuliah Rangkaian Listrik. kedua orang tua yang telah banyak memberikan motivasi. yang diantaranya : 1. seluruh mahasiswa/i Universitas Negeri Jakarta. 4. kami dapat menyelesaikan tugas resume ini. Kami berharap resume ini dapat memberikan kontribusi peningkatan kualitas pembelajaran di negara kita. Februari 2010 Penulis 2 . Jakarta.2010 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah. Jurusan Teknik Elektro. Berkat limpahan karunia-Nya. 3. sangat kami harapkan dari pembaca untuk perbaikan. Dan tentunya tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu atas prosesnya penyelesaian resume ini. Tuhan Yang Maha Esa. khususnya Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro kelas Non Reguler tahun 2009 yang telah membantu kami.

................................................................................................................... Rangkaian Seri........................................8 D...........10 3 ...................................4 B.......................... Rangkaian Pengganti & Rangkaian Gabungan....3 RESUME.....................2 DAFTAR ISI......DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..........................................................................9 SOAL LATIHAN................ Potensiometer...................................................... Rangkaian Paralel..........................................................................................................................................................................................4 A...............................................................................6 C...................

arus yang mengalir dari rangkaian sama 2.RESUME RANGKAIAN SERI Dalam rangkaian listrik sering dijumpai rangkaian tahanan listrik yang dihubungkan secara seri dan paralel. besar tegangan berbeda-beda Efek dari rangkaian seri adalah penurunan tegangan disetiap resistor (berkurangnya daya). maka : 4 . Syarat dari rangkaian seri: 1. maka digunakan persamaan berikut : Untuk besarnya arus pada resistor seri. ditentukan dari hukum Ohm : I = V / RT (Ampere) (arus pada semua R sama besar) RT adalah R total /keseluruhan dari rangkian tersebut. Untuk memperoleh hambatan total dari sejumlah n resistor yang disusun seri.

RANGKAIAN PARALEL 5 .Besarnya tegangan ditentukan Hukum Kirrchhoff II (rangkaian Seri) menyatakan bahwa : Jumlah seluruh Tegangan jatuh (jumlah tegangan pada tiap–tiap beban /R) dalam rangkaian seri sama dengan total tegangan yang terpasang pada rangkaian seri tersebut.

Di dalam rangkaian paralel arus sumber adalah penjumlahan dari arus cabang. Hambatan total tahanan paralel adalah merupakan perkalian dari tiap-tiap tahanan dibagi dengan jumlah tahanan. 6 .Rangkaian listrik tahanan dalam bentuk paralel diperlukan untuk membagi-bagi kuat arus agar arus yang mengalir dalam suatu rangkaian tidak melebihi batas yang telah di tentukan. Hukum Kirchhoff I (rangkaian Paralel) menyatakan : Bahwa besarnya arus yang meninggalkan suatu titik percabangan dalam suatu rangkian adalah sama dengan arus yang menuju titik percabangan tersebut.

Tegangan yang melintas di semua resistor paralel adalah sama besar. V1 = tegangan pada R1 V2 = tegangan pada R2 V = tegangan sumber 7 .

RANGKAIAN PENGGANTI Rangkaian pengganti ini digunakan dalam bentuk rangakaian yang sambung secara paralel Contohnya: G1 = 1 R1 G2 = 1 R2 Maka menjadi G total = G1 + G2 + G3 G3 = 1 R3 RANGKAIAN GABUNGAN Dalam bentuk paralel dan I sebagai sumber I total = I1 + I2 R2 X R3 Rtotal = R1 + R2 + R3 R3 I = R2 + R3 X I total 8 .

Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser). misalnya sebagai sensor joystick 9 . Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser. potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat.POTENSIOMETER Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel.

3Ω.V out = R2 R1+ R2 X Vin SOAL LATIHAN 1. Jika ketiga tahanan tersebut dihubungkan pada sebuah sumber tegangan sebesar 18volt berapakah nilai tahanan total dan besar arus yang mengalir dalam rangkaian tersebut? Penyelesaian: 10 . Dalam sebuah rangkaian terdapat tiga buah resistor (tahanan) masing-masing 2Ω. 4Ω yang di rangkaikan secara seri.

Sebuah rangkaian paralel diketahui: R1 = 2Ω. Sebutkan konstruksi dari potensiometer gulungan kawat? Penyelesaian: • • • • • Elemen resistif Badan Penyapu Sumbu Sambungan tetap 11 . R3 = 6Ω E = 12 V Hitunglah Rtotal: Penyelesaian : 1 = 1+ 1+ 1 R R1 R2 R3 1 = 1+1+ 1 R 2 3 6 = 1Ω Maka R total = 1Ω 3. R2 = 3Ω.R total = R1 + R2 +R3 = 2Ω + 3Ω + 4Ω = 9Ω Maka besarnya arus yang mengalir dalam rangkaian: I= V R = 18 = 2 ampere 9 2.

Apa fungsi dari potensiometer? Penyelesaian: Fungsi dari potensiometer adalah pengatur volume suara. tape. yang nilainya tertera pada badan potensiometer. bass. treble. Jelaskan cara kerja rangkaian paralel dalam sebuah rangkaian listrik? Penyelesaian: Rangkaian paralel diperlukan untuk membagi-bagi kuat arus agar arus yang mengalir dalam suatu rangkaian tidak melebihi batas yang telah di tentukan. dll pada radio. 12 . Di dalam rangkaian paralel arus sumber I adalah penjumlahan dari arus-arus cabang. 5.• • • • Sambungan penyapu Cincin Baut Sambungan tetap 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful