You are on page 1of 7

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM 1 BLITAR
NSS: 322056501004 STATUS : TERAKRIDITASI

Jl. Musi No. 6 Blitar 66117 Telp. (0342) 802137, 806835 Fax. 806835
e-mail:smkislam@gmail.com http://smkislam.net

LESSON PLAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan
Materi Pokok : Perawatan berkala sistem kelistrikan body kendaraan ringan
Kelas/Semester : Teaching Factory XI TKR / Gasal
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
A. Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. KompetensiDasar
3.1 Menerapkan cara perawatan sistem kelistrikan.
4.1 Merawat secara berkala sistem kelistrikan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengetahuan :
3.1 Komponen kelistrikan dan pengaman kendaraan bermotor
3.2 Tes/pengujian untuk menentukan kesalahan/kerusakan kelistrikan
3.3 Mengidentifikasi kesalahan system/komponen kelistrikan dan pengaman
Keterampilan :
4.1 Memeriksa dan memperbaiki sistem kelistrikan kendaraan ringan
4.2 Menginterpretasikan hasil pemeriksaan sistem kelistrikan kendaraan ringan

D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penggalian informasi pada buku modul pembelajaran dan browsing, peserta didik dapat :
a. Peserta didik dapat menjelaskan jadual perawatan pemeriksaan sistem kelistrikan
kendaraan ringan secara berkala.
b. Peserta didik dapat menjelaskan komponen komponen sistem kelistrikan kendaraan
ringan dan kelengkapannya.
c. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem kelistrikan kendaraan ringan.
d. Memahami cara penyetelan dan perbaikan sistem kelistrikan kendaraan ringan
e. Memahami cara pemeriksaan sistem kelistrikan kendaraan ringan.
2. Melalui pengamatan gambar kerja system pengapian dan latihan, peserta didik dapat :
a. Peserta didik dapat memeriksa,menyetel serta memperbaiki kelistrikan kendaraan
ringan.
b. Peserta didik dapat menginterpretasikan hasil pemeriksaan kelistrikan kendaraan
ringan.

E. Materi Pembelajaran

Halaman 1 dari 7

Perawatan berkala sistem kelistrikan kendaraan ringan: • Dasar Perawatan.  Berdasarkan gambar dan hasil diskusi siswa mengidentifikasi peralatan dan bahan apa saja yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan. ketertiban.  Siswa mencari informasi mengenai cara melakukan pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan termasuk gambar dan penjelasannya pada lembaran informasi dan job sheet serta buku pedoman reparasi (BPR)  Siswa mendiskusikan hasil bacaannya berkaitan dengan gambar cara pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan serta peralatan yang diperlukan. penyetelan serta perbaikan kelistrikan kendaraan ringan • prosedur Perawatan Berkala kelistrikan kendaraan ringan F. Guru menyampaikan tujuan dan strategi pembelajaran. Halaman 2 dari 7 . Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa. Berdoa 3. Kegiatan Pembelajaran AlokasiW Kegiatan Deskripsi aktu Pendahuluan 1. tanya jawab. Inti Merencanakan Produk 2405 Mengamati menit  Guru menanyakan dan menugaskan bagaimana cara melakukan perawatan berkala penyetelan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan berdasarkan SOP dalam perawatan kelistrikan. 4. 5. perlengkapanpembelajarandankesiapanbelajar. Model dan Metode Pendekatan : Scientific Learning Model Pembelajaran : Production Based Training (PBT) Metode/Strategi Pembelajaran : Diskusi. antara lain mencakup kehadiran. Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas 10 menit 2. Pendekatan. penugasan G. kerapian. Guru melakukanapersepsi /mengajukanpertanyaan- pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. Guru memeriksa kesiapan siswa. 6.

 Guru menugaskan siswa memeriksa ulang langkah- langkah pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan untuk mendapatkan performa mesin menjadi lebih baik. Halaman 3 dari 7 .  Siswa menelaah gambar pada lembar informasi dan jobsheet /gambar kerja yang dibuat.  Siswa melakukan pemeriksaan hasil perawatan kelistrikan kendaraan ringan dengan cara menghidupkan mesin serta membandingkannya dengan spesifikasi buku pedoman reparasi  Siswa membuat laporan hasil perawatan berkala mekanisme mesin sesuai dengan gambar kerja pada job sheet  Siswa membuat laporanperawatan berkala mekanisme mesin berdasarkan hasil pengukuran dari jobsheet.  Siswa memeriksa ulang langkah pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan untuk mendapatkan waktu yang efisien.  Siswa melakukan pemeriksaan kelistrikan kendaraan ringan dengan teknik sesuai SOP dan mencatat hasil pengukuran pada format yang telah disediakan. Melaksanakan Proses Produksi Mengumpulkan Informasi  Guru menugaskan siswa untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan dengan alat dan teknik yang tepat sesuai gambar kerja.Menanya  Guru menugaskan siswa untuk membuat list peralatan yang diperlukan dalam pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan.  Siswa melakukan pemeriksaan hasil pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan dan membandingkannya dengan spesifikasi buku pedoman reparasi serta menyimpulkan kondisinya masih memenuhi spesifikasi. Mengevaluasi Produk /Melakukan Kendali Mutu Menalar  Guru menugaskan siswa memeriksa hasil pemeriksaan kelistrikan kendaraan ringan.  Siswa menyiapkan alat untuk melakukan pengukuran pada pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan. siswa membuat langkah-langkah penyetelan pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan  Berdasarkan langkah kerja yang dibuat. siswa dapat merumuskan tentang apa saja yang dilakukan saat perawatan berkala kelistrikan kendaraan ringan dalam pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan.

individu b.. Memahami jadual perawatan kelistrikan Tes tertulis Penyelesaian tugas kendaraan ringan secara berkala. 3. Memahami komponen komponen kelistrikan dan kelengkapannya c. Hasil Laporan ( Portofolio ) Portofolio Hasil laporan Jobsheet a. portofolio. Instrumen Penilaian Hasil Belajar a. Remidial. H. Menginterpretasikan hasil pemeriksaan kelistrikan kedaraan ringan. Teknik Penilaian: observasi. Keterampilan a. tes tertulis. Penilaian Pengetahuan Halaman 4 dari 7 . Sikap Observasi Selama pembelajaran dan saat di lingkungan sekolah 2. Prosedur Penilaian: Teknik No Aspek yang dinilai Waktu Penilaian Penilaian 1.menyetel serta memperbaiki perawatan kelistrikan kendaraan ringan b. Mengembangkan rencana pemasaran Mengkomunikasikan  Guru menugaskan siswa membuat draf promosi untuk perawatan berkala pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan  Siswa membuatdraf (rancangan) promosi untuk perawatan berkala pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring)  Siswa mempromosikan harga perawatan berkala pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring) Penutup 1. Memeriksa. b. Penilaian Pembelajaran. Guru bersama siswa mengevaluasi kegiatan belajar 15menit yang telah dilakukan 2. 4. unjuk kerja. Menginterpretasikan hasil pemeriksaan kelistrikan kendaraan ringan. Penilaian Hasil Belajar a. Memahami cara pemeriksaan kelistrikan kendaraaaan ringan. 2. d. dan Pengayaan 1. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran tentang perawatan berkala pemeriksaan dan perbaikan kelistrikan kendaraan ringan. Kerja b. Pengetahuan a. Menjelaskan fungsi kelistrikan kendaraan ringan. Memeriksa.menyetel serta memperbaiki Unjuk Hasil praktik kelistrikan kendaraan ringan.

Peserta didik dapat 3. (skor = 20) 3. Peserta didik dapat 4.1 Menerapkan 1. sehingga dibutuhkan perawatan berkala pada Kendaraan 2. Kunci Jawaban Soal Tes Tulis : 1.. kelistrikan dan kelistrikan kendaraan kelengkapannya ringan dan dijelaskan kelengkapannya. Peserta didik dapat sistem komponen menjelaskan komponen kelistrikan. Peserta didik dapat Tes tulis cara kelisstrikan menjelaskan alasan perlu perawatan kendaraan ringan adanya jadual perawatan sistem secara berkala kelistrikan kendaraan kelistrikan. Cara perbaikan kelistrikan memahami prosedur kendaaan ringan pemeriksaan kelistrikan dipahami dengan kendaraan ringan. Fungsi menjelaskan akibat bila kelistrikan kendaraan ringan dijelaskan kelistrikan kendaraan dengan benar. Sebutkan 4 contoh kesalahan system/komponen kelistrikan dan pengaman (skor = 20) c. 4. Buatlah sketsa rangkaian kelistrikan lampu belok yang dapat juga berrfungsi lampu Hazard. dengan benar. Sebutkan Contoh 4 alat yang dipergunakan untuk menguji/tes menentukan kesalahan/kerusakan kelistrikan (skor = 20) 5. kendaraan bermotor. Halaman 5 dari 7 . 3. benar b. 4. Jelaskan alasan perlu adanya jadual perawatan mekanisme mesin secara berkala pada kendaraan! (skor = 20) 2.1 Merawat dijelaskan ringan secara berkala pada secara dengan benar. Sebutkan 4 contoh komponen pengaman kelistrikan kendaraan ringan (skor = 20) 4. berkala 2. Komponen 2. Jadual perawatan 1. Agar Kenaraan tetap pada performa maksimal pada saat digunakan. Soal Tes Tulis : 1. Kompetensi Indikator Indikator Soal Jenis Soal Dasar 3. bernasalah.

3. c. Media. Gambar kerja Halaman 6 dari 7 . Contoh komponen pengaman kelistrikan kendaraan ringan : a. Guru menyediakan soal-soal latihan atau pertanyaan yang merujuk pada pemahaman kembali tentang indikator tersebut. I. b. Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai No. Pengayaan Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran. Laptop b. peserta didik dapat diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi seperti persoalan-persoalan penyelesaian problem yang terjadi pada perawatan berkala kelistrikan kendaraan ringan. Sebagai contoh. Alat menguji/tes untuk menentukan kesalahan/kerusakan kelistrikan : : Tes lamp. Penilaian Portofolio Jobsheet ( Kolom Penilaian Kesimpulan terlampir ) 3. Guru kemudian mengadakan uji kompetensi kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik yang bersangkutan. Indikator pengisian baterai c. Beban yang melebihi kemampuan penghantar listrik d. Penilaian ketrampilan Jobsheet terlampir f. Sekring b. Indikator oli mesin 4. Dalam pengayaan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan. Alat. Pemasangan sekring terlalu jauh dari sumber arus. Timing Light. AVO meter. b. Indikator suhu mesin d. Lcd proyektor c. Ukuran. kualitas kabel yang kurang tepat. yaitu kompetesi Perawatan berkala perawatan kelistrikan kendaraan. Bentuk yang dilakukan antara lain peserta didik secara terencana mempelajari indikator tertentu pada perawatan berkala perawatan kelistrikan kendaraan yang belum di kuasai. Remidial Kegiatan remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Beban yang melebihi kemampuan sekring d. Contoh kesalahan system/komponen kelistrikan dan pengaman : a. Remedial danPengayaan a. Dwell Tester. Media: a. 1 2 3 4 5 (Bobot) (20) (20) (20) (20) (20) Jawaban dijawab sesuai kunci jawaban 20 20 20 20 20 Jawaban dijawab mendekati kunci jawaban 10 10 10 10 10 Jawaban dijawab salah 5 5 5 5 5 Tidak dijawab 0 0 0 0 0 Nilai Tes Tulis= = e. 5. Bahan dan Sumber Pembelajaran 1.

Solder Bahan: a. kabel b. Buku NEW STEP 1 TRAINING MANUAL oleh PT. Alat/Bahan : Alat: a.2. Drs. M. Tang d. Unit kendaraan 3. 17 Juli 2017 a.196301271985121004 Halaman 7 dari 7 .Pd.Solikin Bambang Edy S. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Waka Kurikulum. b. Multimeter c. Sistem rem tromol dan cakram Body.n. Buku BAHAN PELATIHAN Judul SISTEM SISTEM REM TROMOL DAN CAKRAM OTOMOTIF Untuk SMK KTSP 2006 b. Mengetahui: Blitar. TOYOTA ASTRA MOTOR TRAINING CENTER. Bahan Pelatihan VEDC / PPPGT Malang. NIP. 1995 c. Pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. S. Sumber Belajar : a. (-) NIP. Obeng.