You are on page 1of 12

PROGRAM KERJA

INSTALASI KAMAR BAYI BARU LAHIR (KBBL)

RS HERMINA PURWOKERTO
TAHUN 2018

Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018
RS Hermina Purwokerto 0

Rumah Sakit harus dibangun. LATAR BELAKANG Dalam meningkatan mutu pelayanan Instalasi KBBL RS Hermina Purwokerto. Program Kerja Instalasi KBBL digunakan sebagai acuan dan pedoman dalam kegiatan pelayanan. dengan adanya prograam kerja ini diharapkan dapat meningkatkan mutu di Instalasi KBBL.. baik yang bersifat bedah maupun nonbedah..1.2. Tujuan Khusus Tujuan khusus: 1. KBBL adalah bagian pelayanan kesehatan pasien dimana memiliki staf khusus. I. II. maka harus didukung dengan pengelolaan dan peningkatan fasilitas. sarana. III.... sumber daya manusia dan manajemen Instalasi Perawatan yang baik. Melaksanakan pengendalian mutu Instalasi KBBL tercapainya kejadian patient 2.. peralatan khusus ditujukan untuk merawat bayi baru lahir dan mengedukasi tentang cara- cara perawatan bayi kepada orang tua bayi. Latar belakang dasari dari target pencapaian. Menurunkan angka insiden keselamatan pasien safety 3. Hermina Purwokerto bertujuan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi bayi yang lahir di RS Hermina Purwokerto. Pelayanan instalasi KBBL RS. Peningkatan mutu SDM 4. PENDAHULUAN Rumah Sakit adalah suatu institusi yang fungsi utamanya adalah memberikan pelayanan kepada pasien baik diagnostik dan terapeutik untuk berbagai penyakit dan masalah kesehatan. sesuai visi dan misi RS H PWT III. prasarana. Tujuan Umum Terselenggaranya pelayanan Instalasi KBBL yang bermutu dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan terfokus pada keselamatan pasien tambahkan . Oleh karena itu dibuat perencanaan program kerja sebagai acuan dalam pengelolaan pelayanan Instalasi KBBL. Perawatan alat kesehatan di ruang KBBL Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 1 . TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS III. dilengkapi dan dipelihara dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan pasiennya dan harus menyediakan fasilitas yang lapang tidak berdesak-desakan dan terjamin sanitasi bagi kesembuhan pasien.

Mutu dan Pengajuan keselamatan untuk diklat pasien + .BTCLS . Kebutuhan jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) Jumlah SDM Jabatan Standar Kondisi Kebutuhan Keterangan saat ini Ka. + untuk diklat 6.) Ka. + dan perinasia/ 4. Kebutuhan pemenuhan kualifikasi SDM (Sumber Daya Manusia) Pendidikan Sertifikasi Jabatan Kondisi Kebu. 5. + 9. penanggula- KaPer.Penanggula. Ners D3 .Penanggula- PPI dan ngan bencana . + -Pengajuan KaInst. + ngan bencana 8.PPI . resusitasi ngan bencana . Keterangan Standar Standar saat ini tuhan saat ini tuhan Rapikan 1.Perinasia .PPI . Perawat 1 1 0 Sudah seusai standar (KaPer) Perawat Pendidik 1 1 0 Sudah seusai standar (PP) Perawat Penanggung Rencana penambahan 4 3 1 jawab perawat 1 orang (PJ) Perawat Rencana rekrutmen untuk Pelaksana 4 0 2 penambahan perawat 3 orang (PN) PJ 1 1 0 Sudah seusai standar Administrasi PJ Administrasi? tambahkan total kekurangan b. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN merangkap? IV. 2.Komunikasi efektif . + ngan bencana 3.FCCS/PFCCS . + neonatus Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 2 . + 1.Mutu dan keselamatan pasien + - -Pengajuan 2. Kondisi Kebu.1.Code blue .ATLS + - perinasia 4. Instalasi 1 1 0 Sudah seusai standar (KaInst. SDM (Sumber Daya Manusia) a. + penanggula- 7. Dokter + .ACLS + - diklat 3.IV.

5. + penanggulan 8. + -Pengajuan 6.Perinasia . PPI. + code blue 5.Penanggula- bencana. + ngan 4. habis masa 2.Code blue + - resusitasi 6. PJ S1 D3/S1 . + 8. diklat PJ dan ngan bencana .Perinasia .Code blue .BTCLS + - penanggula- 3.Mutu dan keselamatan Pengajuan pasien + - untuk diklat 2. + rencana 7.Kaper + - 1. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 3 . .Komunikasi efektif + - 7. . dan efektif .PPI .Komunikasi neonatus. ngan bencana .Perinasia . gan bencana.TOT (train for tranee) + - -Pengajuan untuk pembaruan 1. diklat: 7.Komunikasi yang belum efektif . + perinasia/ 5.Diklat PJ + .Mutu dan beberapa keselamatan perawat yang pasien . + diklat TOT 8. + BTCLS. PP Ners D3 . 4. dan perinasia Dari tabel di atas dapat disusun kegiatan pokok dan rincian kegiatan di bidang SDM (Sumber Daya Manusia) Instalasi Kamar Bayi Baru Lahir/KBBL sebagai berikut: No.Code blue + - 6.Penanggula.BTCLS +/.PPI +/. -/+ berlaku 3.

PPI. Pengembangan Pelayanan No. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Fasilitas Pengajuan perluasan kamar bayi baru lahir sehingga dapat menambah beberapa fasilitas yang menunjang proses pelayanan pasien (seperti kamar mandi. bulanan. dan TOT) -Pengajuan pembaharuan diklat yang sudah diikuti tetapi sudah lewat masa kadaluarsa seperti ACLS (bagi Kainst). sebelumnya penambahan PJ? 1 Kebutuhan SDM Pengusulan kepada personalia untuk penambahan perawat pelaksana sejumlah 3 orang dengan kualifikasi untuk KBBL 2 Orientasi -Perawat pelaksana maupun level perawat pengajar dan perawat penanggung jawab lebih intens diberikan orientasi mengenai tugas pokok masing-masing peran perawat -Orientasi rutin dilakukan untuk karyawan baru baik bagian keperawatan maupun umum dengan materi diklat seusai kualifikasi maupun diklat umum lain 3 Pendidikan dan -Pengajuan diklat yang belum pernah diikuti oleh Pelatihan SDM yang ada untuk memenuhi sertifkasi ruangan (contoh diklat penanggulangan bencana. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Pemeliharaan alat Pemeliharaan alat dilakukan setiap hari.2. triwulan. BTCLS. tanda-tanda kegawatan bayi. diklat PJ Admin. dan penambahan ruang komsultasi/edukasi keluarga pasien konsultasi 2 Pelayanan Untuk menunjang keselamatan perawatan bayi diusulkan untuk pemberian beberapa materi edukasi dan penyuluhan tambahan kepada orang tua bayi mengenai informasi medis seperti gizi pada bayi. Setiap dalam operan shift harian dilakukan cek alkes dan alum setiap hari. perluasan ruang show baby yang lebih representatif. dan perawatan bayi baru Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 4 . Perinasia. PPI. dan diklat lainnya 4 Evaluasi kinerja Evaluasi kinerja tertuang dalam laporan yang dibuat secara harian. maupun tahunan yang dikumpulkan ke atasan masing-masing SDM Laporan harian dirinci. bulanan ? IV. jika ditemukan ada masalah/kerusakan pada alat segera kolaborasi dengan bagian teknisi/ATEM untuk perbaikan alat kalibrasi 1 thn sekali 2 Kalibrasi Kalibrasi alkes dilakukan setiap 3 bulan sekali. Fasilitas bukti maintenance perhari? No.3. alat kesehatan meliputi sensor monitor IV. dikerjakan rutin sesuai jadwal 3 Penambahan alat Panambahan alkes dan alum untuk menunjang kerja harian Instalasi sudah dievaluasi oleh SDM yang ada. Beberapa alat yang diusulkan meja NS 1 dan 3 kursi dan komputer.

masih ada yang tidak cuci tangan sehingga semakin intens memberikan penyuluhan dan informasi pentingnya cuci tangan selama perawatan pasien 6 Needle stick injury Pengendalian needle stick injury sudah sesuai standar sehingga tindak lanjut diharapkan untuk mempertahankan hasil yang ada dengan tetap memberikan informasi jika ada kejadian tersebut IV. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Identifikasi pasien Penerapan identifikasi sudah sesuai standar. Kaper.4.2 k2 Komunikasi efektif Penerapan komunikasi efektif dilakukan sesuai dengan tools yang ada dan dibuktikan dengan catatan yang jelas terverifikasi juga dengan baik 3 ASI eksklusif ASI eksklusif selalu sudah sesuai dengan standar yang ada. pijat bayi. lahir dengan metode yang lebih baik di ruang edukasi/konsultasi pasien (cara memandikan dengan baik. sehingga tindak lanjut diharapkan untuk mempertahankan hasil yang ada dengan tetap mengedukasi pemberian ASI eksklusif kepada semua bayi dan dikoordinasi oleh konselor laktasi 4 Assesmen medis Penerapan assesmen medis dilakukan sesuai dengan tools yang ada dan dibuktikan dengan catatan yang jelas terverifikasi juga dengan baik 5 Cuci tangan Kepatuhan cuci tangan tidak sesuai standar. dan lain-lain) seudah sesuai standar?ada proker sebelumnya? IV.sehingga SDM diharapkan mempertahankan dan meningkatkan intensitas terhadap hasil yang ada no. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Memantau risiko -sosialisasi SPO pencegahan penculikan bayi terjadi penculikan -pemakaian seragam dan identitas karyawan untuk bayi semua perawat -melakukan greeting ke orang tua mengenai pencegahan penculikan bayi -koordinasi dengan satpam untuk pengawasan KBBL -pemasangan CCTV. door access dengan PIN -KBBL tidak boleh ditinggalkan tanpa perawat 2 Memantau risiko -melakukan identifikasi terhadap bayi yang akan salah mengantar disimpan ke dalam boks bayi -melakukan identifikasi kembali saat bayi akan diantar ke ibu -pengawasan berjenjang oleh PJ. dan Kainst Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 5 . Mutu tampilakan dengan target No. Keselamatan Pasien No.5.

Pencegahan Infeksi tidak sesuai standar? No. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Cuci tangan Kepatuhan cuci tangan tidak sesuai standar. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Mencegah kejadian Pengendalian needle stick injury sudah sesuai standar needle stick injury sehingga tindak lanjut diharapkan untuk mempertahankan hasil yang ada dengan tetap memberikan informasi jika ada kejadian tersebut 2 Pemantauan Evaluasi harian tentang keselamatan kerja kepada keselamatan kerja semua SDM yang berhubungan dengan fasilitas. masih ada yang tidak cuci tangan sehingga semakin intens memberikan penyuluhan dan informasi pentingnya cuci tangan selama perawatan pasien 2 Seterilisasi alkes Sterilisasi alkes dilakukan secara rutin baik setelah digunakan maupun jadwal sterilisasi rutin pada alkes 3 Bongkar besar Bongkar besar rutin dilakukan sebulan sekali untuk pembersihan dan sterilisasi ruangan jabarkan.. Membuat laporan pengendalian mutu dan laporan pelayanan instalasi KBBL setiap bulan sekali.dilaporkan ke Manajer Pelayanan Medis 2. ngan dengan fasili. Melakukan kroscek bertahap oleh PJ shift/Perawat pendidik/Kepala Perawat dalam memberi obat dan tindakan ke pasien Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 6 . 3 Memantau risiko -memantau suhu couve secara berkala setiap shift terjadi luka bakar di -memasang bantalan couve dengan busa dilapisi kain couve -memantau suhu bayi secara periodik -jangan meletakkan bayi secara bersamaan di dalam satu couve -meletakkan bayi di tengah couve dan menghindarkan dengan bagian yang mendeteksi sumber panas 4 Memantau risiko -memeriksa boks bayi apakah kondisi layak pakai bayi jatuh dari boks -menginformasikan kepada keluarga agar tidak selalu bayi menggendong bayi keluar dari kamar ibu -memastikan penghalang boks bayi lebih rendah dari bayi 5 Memantau risiko Memberikan pemahaman SPO identifikasi pasien dan salah identifikasi menjalankan SPO tersebut dengan baik bayi IV.7. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN 1. dan lain-lain) tas dan alum IV.6. V. Keselamatan Kerja sudah sesuai standar? No.maupun alum di RS (contoh: AC ruangan. alkes lain yang berhubu... lampu.ergonomis kursi dan meja.

Pendidikan dan Pelatihan seluruh SDM 100% d. Kalibrasi b. Penambahan alat c. Semua petugas melakukan 7 langkah cuci tangan dengan cuci tangan 6/7? benar 100% Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 7 . Assesmen medis d. Pelayanan b. Evaluasi kinerja dalam bentuk d. Kebutuhan SDM a. keselamatan kerja dan pencegahan infeksi. Semua SDM/karyawan baru diorientasi 100% c. ASI eksklusif c. Identifikasi pasien a. Semua pasien dilakukan assesmen medis 100% e. mutu. Komunikasi efektif b. Evaluasi kinerja laporan dilaporkan rutin setiap bulan sekali 100% 2 Fasilitas a. Kalibrasi sesui jadwal 100% c. Kegiatan Indikator Target 1 SDM (Sumber Daya Manusia) a. Semua pasien dilakukan identifikasi dengan benar 100% b. Pemeliharaan alat rutin setiap hari 100% b. Pendidikan dan Pelatihan bagi c. Mengajukan usulan diklat tentang Pelatihan KBBL yang dibutuhkan oleh SDM 4. pengembangan pelayanan. Metode yang lebih baik dalam target bukan % edukasi keluarga pasien/bayi 100% 4 Mutu a. ruang edukasi/konsultasi. dilaporkan di morning meeting jika ada masalah. Penggantian semua alat baik alkes maupun alum yang rusak 100% 3 Pengembangan pelayanan a. Pemeliharaan alat a. Melakukan evaluasi secara rutin harian untuk optimalisasi fasilitas. Penambahan alat sesuai kebutuhan dan dibuat analisa 100% d. Cuci tangan e. Berkomunikasi efektif dilakukan oleh semua SDM 100% c. Fasilitas a. SASARAN No. Terpenuhinya SDM sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi/sertifikasi 100% b. VI. Perluasan ruangan KBBL dengan penambahan kamar target bukan % mandi. Penggantian alat d. Tercapainya ASI eksklusif Target ASI tinggi? pada semua bayi baru lahir 95% d. Orientasi b. dan ruang show baby yang lebih representatif 100% b. 3. keselamatan pasien.

Tidak ada kejadian luka bakar bakar di couve di couve 100% d. Kalibrasi     c. Melakukan bongkar besar ruangan secara rutin sesuai jadwal 100% VII. Tidak ada kejadian salah mengantar bayi mengantar bayi 100% c.  4 Mutu a. Bongkar besar c. Sterilisasi alkes b. Melakukan sterilisasi alkes secara rutin sesuai jadwal 100% c. Tidak terjadi penculikan bayi 100% penculikan bayi b. Kegiatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 1 SDM (Sumber Daya Manusia) a.. Pendidikan dan Pelatihan     d. Pemeliharaan alat             b. Kebutuhan SDM  b. Memantau risiko terjadi a. Fasilitas  b. Cuci tangan a. Pelayanan sudah lewat. Tidak ada kejadian needle stick injury 0% 5 Keselamatan pasien ada bukti pemantauan? a. Memantau risiko salah e. SKEDUL (JADWAL) PELAKSANAAN KEGIATAN evaluasi tiap 3 bulan? Tahun 2018 (Bulan) No. Mencegah kejadian needle a. Identifikasi pasien   laporan dan evaluasi tiap bulan Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 8 . Pemantauan keselamatan b. f. Semua petugas melakukan 7 langkah cuci tangan dengan benar 100% b.. Tidak ada kejadian needle stick stick injury injury 100% b. Evaluasi kinerja     2 Fasilitas a. Memantau risiko salah b. Orientasi  c. Needle stick injury f. Penambahan alat   tulis tentatif kalibrasi 1 tahun sekali d. Memantau risiko bayi jatuh d. Tidak ada kejadian bayi jatuh dari boks bayi dari boks bayi 100% e. Tidak ada kejadian salah identifikasi bayi identifikasi bayi 100% 6 Keselamatan kerja a. Memantau risiko terjadi luka c. Tidak ada kejadian trauma yang kerja lain yang berhubungan berhubungan dengan dengan fasilitas dan alum keselamatan yang berhubungan dengan fasilitas dan alum 100% 7 Pencegahan infeksi a. Penggantian alat 3 Pengembangan pelayanan a.

Cuci tangan   f. Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 9 . Pemantauan keselamatan kerja lain yang berhubungan dengan    fasilitas dan alum 7 Pencegahan infeksi tiap bulan a. Bongkar besar             Keterangan: Jadwal pelaksanaan semua kegiatan dalam instalasi KBBL dilakukan evaluasi setiap hari dan dibuat laporan tertulis setiap bulan. Memantau risiko bayi jatuh dari boks bayi e. Sterilisasi alkes             c. Needle stick injury   5 Keselamatan pasien a. Mencegah kejadian needle stick injury    b. Komunikasi efektif   c. Cuci tangan    b. Memantau risiko terjadi             luka bakar di couve             d. ASI eksklusif   d. Memantau risiko salah             identifikasi bayi 6 Keselamatan kerja tiap bulan a. Assesmen medis   e. b. Memantau risiko salah             mengantar bayi c. Memantau risiko terjadi             penculikan bayi b.

manajer keperawatan. dibuat dalam bentuk hardcopy laporan instalasi (laporan kepala instalasi. kepala perawat. perawat pengajar. dan PJ admin.VIII. EVALUASI JADWAL KEGIATAN DAN PELAPORAN VIII. kemudian dilaporkan ke atasan masing-masing. sehingga bila dari evaluasi diketahui ada pergeseran/penyimpangan jadwal dapat segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu program secara keseluruhan Evaluasi skedul (jadwal) kegiatan tersebut dilakukan oleh kepala instalasi (dokter). dan laporan keuangan/administrasi) atau dengan cara perlisan dimasukkan ke dalam laporan instalasi (dengan diberikan catatan verifikasi laporan) dan ditujukan kepada atasan masing-masing (manajer pelayanan medis. VIII.1. Evaluasi Jadwal Kegiatan tiap TW Skedul (jadwal) kegiatan tersebut akan dievaluasi setiap 1 bulan sekali.2. dan ditambah manajer keuangan). laporan keperawatan. Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 10 . Pelaporan Evaluasi tiap TW Laporan evaluasi skedul (jadwal) kegiatan dibuat setiap 1 bulan sekali.

PELAPORAN. Laporan program dibuat dengan memasukkan unsur-unsur data penunjang dan usulan untuk pelayanan di instalasi atau dengan cara dibuat laporan rutin instalasi. dan diserahkan kepada atasan masing-masing (manajer pelayanan medis. Penyusun. Darmawan Basukesti Program Kerja Instalasi KBBL Tahun 2018 RS Hermina Purwokerto 11 . DAN EVALUASI KEGIATAN DALAM KERJA Pencatatan kegiatan di dalam laporan dilakukan dengan cara melakukan semua kegiatan yang sudah terjadwal di instalasi dan dicatat dalam buku kerja harian. Wily Gustafianto Manajer Pelayanan Medis Kepala Instalasi KBBL Menyetujui. Purwokerto. Laporan dibuat setiap 1 bulan sekali.IX. Evaluasi program kerja dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. dan ditambah manajer keuangan). penyusun dikiri Mengetahui. Direktur RS Hermina Purwokerto dr. Evaluasi pelaksanaan program kerja secara keseluruhan dilakukan terhadap usulan program kerja yang tertera dalam program kerja instalasi KBBL 2018 atau dengan cara evaluasi secara rutin terhadap laporan bulanan instalasi. dr. 20 Januari 2018 tukar. Aditya Avisiena dr. manajer keperawatan. PENCATATAN.