ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA (FUND STATEMENT ANALYSIS

)

Pengertian Analisis sumber dan penggunaan dana merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari bagaimana suatu perusahaan melaksanakan kebijakan investasinya dan melaksanakan kebijakan financial nya selama periode tertentu,biasanya dalam masa 1 tahun/jangka pendek. Dana dalam analisis sumber dan penggunaan dana dapat diartikan secara sempit maupun secara luas sebagai berikut : 1. Dalam arti sempit, dana adalah kas. 2. Dalam arti luas, dana adalah modal kerja.

Dana Dalam Pengertian Kas Jika dana di artikan kas,perubahan unsur-unsur yang mendukung laporan keuangan akan berpengaruh terhadap kas dengan adanya penambahan atau pengurangan . Jadi laporan sumber dan penggunaan kas di susun untuk mengetahui perubahan kas selama satu periode. Sumber dan Penggunaan Kas 1 . 2 . 3 . 4 . 5 . 6 . Sumber kas Berkurangnya aktiva lancar selain kas Berkurangnya aktiva tetap Bertambahnya setiap jenis utang Bertambahnya modal sendiri Adanya laba dari operasi perusahaan Depresiasi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Penggunaan Kas Bertambahnya aktiva lancar selain kas Bertambahnya aktiva tetap Berkurangnya setiap jenis utang Berkurangnya modal sendiri Adanya kerugian perusahaan Pembayaran kas dividen

Langkah – langkah Penyusunan Analisis Sumber dan penggunaan Kas Langkah –langkah yang harus di tempuh dalam penyusunan analisis sumber dan penggunaan kas,terdiri atas : 1. Susunan laporan perubahan necarac untuk 2 (dua) tahun terakhir,kemudian identifikasi mana yang merupakan sumber kas dan pengeluaran kas.

Susun laporan sumber dan penggunaan kas dengan menggabungkan semua informasi yang dapat menambah kas (sumber kas ) dan mengurangi kas ( penggunaan kas ). Klasifikasikan unsur – unsur .2.maka yang di maksud adalah model kerja netto yaitu modal kerja yang di hitung dari selisih antara aktiva lancar dengan utang lancar.terdiri atas : 1. 3. 2. Klasifikasikan unsur-unsur dalam laporan rugi laba atau laporan laba di tahan mana yang merupakan sumber kas dan pengeluaran kas. yang dapat menambah atau mengurangi modal kerja netto adalah unsur-unsur yang ada di luar modal kerja. Langkah – langkah Penyusunan Analisis Modal Kerja Langkah – langkah yang harus di tempuh dalam penyusunan analisis modal kerja. Oleh karena itu perubahan unsur modal kerja tidak akan menyebabkan perubahan modal kerja netto . Dana Dalam Pengertian Modal Kerja Jika dana dalam pengertian modal kerja. Klasifikasikan perubahan-perubahan dari unsur-unsur non current account antara dua waktu tersebut ke dalam golongan yang menambah atau mengurangi modal kerja. 3. Susunan laporan perubahan modal kerja yang memberikan gambaran mengenai perubahan dari masing-masing unsur modal kerja atau unsur Current account antara dua waktu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful