ALU • ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang

berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari registerregister untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu : • Sama dengan (=) • Tidak sama dengan ( <> ) • Kurang dari ( < ) • Kurang atau sama dengan dari ( <= ) • Lebih besar dari ( > ) • Lebih besar atau sama dengan dari ( >= ) CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau

logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. . Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah : • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU • Menyimpan hasil proses ke memori utama.

ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik. ROM adalah salah satu memori. diisi. ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca. Bila terjadi mati listrik . Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar. file pada ROM tidak akan hilang. tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk. Misalnya. Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan computer dan dikatakan sebagai memori perantara dan letaknya berada di prosessor. untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK. dan diubah menurut kebutuhan (volatile). Letak ROM berada pada BIOS mainboard.Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile).Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama. hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU. RAM mempunyai sifat sementara.

kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam output storage Northbridge dan Southbridge. USB. • Output Storage. Keyboard & Mouse. dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage. Front Side Bus dan AGP Bus juga mengatur kerja power management. Eth. bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage. Berdasarkan struktur RAM tersebut. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory. Modem dan fungsi I/O lainnya . Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller.maka data yang ada di dalam RAM akan hilang. digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. ROM Bios. data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage. digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. LAN. digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan. • Program Storage. PCI Bus. Letaknya terpasang pada Slot RAM Struktur RAM dibagi menjadi : • Input Storage. digunakan untuk menyimpan semua instruksiinstruksi program yang akan diakses. • Working storage. Prosesor.

.

.

pembagian nol. _Hampir semua modul (memori dan I/O) memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja CPU.Fungsi Interupsi _Mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi. Contohnya: arimatika overflow. yaitu interupsi yang dibangkitkan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada hasil eksekusi program. _Setelah program interupsi selesai maka prosesor . _ Hardware failure. sinyal interupsi yang dibangkitkan oleh modul I/O sehubungan pemberitahuan kondisi error dan penyelesaian suatu operasi. prosesor dapat digunakan untuk mengeksekusi instruksi – instruksi lain. oparasi ilegal. _ Timer. Proses Interupsi _Dengan adanya mekanisme interupsi. Sinyal ini memungkinkan sistem operasi menjalankan fungsi tertentu secara reguler. _Saat suatu modul telah selesai menjalankan tugasnya dan siap menerima tugas berikutnya maka modul ini akan mengirimkan permintaan interupsi ke prosesor Proses Interupsi _Kemudian prosesor akan menghentikan eksekusi yang dijalankannya untuk menghandel routine interupsi. adalah interupsi yang dibangkitkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori. Kelas sinyal interupsi _ Program. adalah interupsi yang dibangkitkan pewaktuan dalam prosesor. _ I/O.

_Prosesor menyetel program counter (PC) ke alamat awal routine interrupt handler.akan melanjutkan eksekusi programnya kembali. _Saat sinyal interupsi diterima prosesor ada dua kemungkinan tindakan. . yaitu interupsi diterima/ditangguhkan dan interupsi ditolak Interupsi Ditangguhkan Apa yang dilakukan Prosessor ? _Prosesor menangguhkan eksekusi program yang dijalankan dan menyimpan konteksnya. Sistem operasi kompleks _Interupsi ganda (multiple interrupt). Tindakan ini adalah menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi dan data lain yang relevan.

disamping itu dimungkinkan dari saluran komunikasi akan mengirimkan permintaan interupsi setiap kali data tiba. _Dapat diambil dua buah pendekatan untuk menangani interupsi ganda ini Pendekatan Interupsi ganda Ada 2 Pendekatan : _ Pendekatan ini disebut pengolahan interupsi berurutan / sekuensial _Menolak atau tidak mengizinkan interupsi lain saat suatu interupsi ditangani prosesor. _Setelah prosesor selesai menangani suatu interupsi maka interupsi lain baru di tangani. _ Pengolahan interupsi bersarang yaitu mendefinisikan prioritas bagi interupsi _Interrupt handler mengizinkan interupsi berprioritas lebih tinggi ditangani terlebih dahulu ._Misalnya suatu komputer akan menerima permintaan interupsi saat proses pencetakan dengan printer selesai.

Contoh Kasus _Suatu sistem memiliki tiga perangkat I/O: printer. _ Proses selanjutnya adalah pengalihan eksekusi interupsi mudul komunikasi. 4 dan 5. _ Saat pengeksekusian modul komunikasi terjadi interupsi disk. dan saluran komunikasi. disk. sedangkan interupsi printer ditangguhkan. _ Setelah interupsi modul komunikasi selesai akan dilanjutkan interupsi yang memiliki prioritas lebih tinggi. . namun karena prioritasnya lebih rendah maka interupsi disk ditangguhkan. masing – masing prioritasnya 2. yaitu disk. Bagaimana proses interupsinya ? Pada awal sistem melakukan pencetakan dengan printer. saat itu terdapat pengiriman data pada saluran komunikasi sehingga modul komunikasi meminta interupsi.

_ Bila interupsi disk selesai dilanjutkan eksekusi interupsi printer. Selanjutnya dilanjutkan eksekusi program utama .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful