You are on page 1of 18

PROGRAM SEMESTER PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHAAN (PJOK

)
KELAS I (SATU) SEMESTER 1 (SATU) TAHUN PELAJARAN :2017 – 2018
SD NEGERI TAMANSARI II

Kompetensi Inti :1. Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2. Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan
guru.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah.
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakanyang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

TEMA : 1.Diriku
MateriPoko Juli Agustus September Oktober Nofember Desember
KompetensiDasar Indikator waktu
k 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5
3.1Memahami prosedur 3.1.1 Bermain 4X35
gerak dasar lokomotor Menjelaskanprosedurpe Bergerak
sesuai dengan konsep ngetahuantentang pola Bersama
tubuh, ruang, usaha, gerakan berjalan satu Teman /
dan keterhubungan arah sesuai dengan Berjalan
dalam berbagai bentuk konsep tubuh, ruang, bersama lurus
permainan sederhana usaha dan ke satu arah
dan atau tradisional. keterhubungan dalam
berbagai bentuk
permainan sederhana
dan atau tradisional
dengan mendetael dan
4.1Mempraktikkan prosedur benar
gerak dasar lokomotor 4.1.1 Mempraktikkan
sesuai dengan konsep prosedur gerakan
tubuh ,ruang, usaha, berjalan satu arah
dan keterhubungan sesuai dengan konsep
dalam berbagai bentuk tubuh, ruang, usaha dan
permainan sederhana keterhubungan dalam

jalan berpasangan permainan sederhana sambil bergandengan dan atau tradisional tangan.1 Bermainmenun 4 x 35 bagiantubuh. berpasangan. permainan jalan Teman / dan keterhubungan berpasangan. usaha.gerakan dan keterhubungan berjalanlurus ke satu dalam berbagai bentuk arah. dan atau tradisional berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan seportif dan benar 3.1Mempraktikkan prosedur 4.1Memahami prosedur 4.jalan ke satu arah dan atau tradisional. siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas dengan teliti dan benar 3.2 Melakukankombinasi gerak dasar lokomotor tentang pola gerakan sesuai dengan konsep permainan jalan tubuh . berpasangan sambil bergandengan tangan. ruang. Berjalan dalam berbagai bentuk Gerakan berjalanlurus bersama lurus permainan sederhana ke satu arah. bagian Menjelaskanprosedurpe jukkananggotat tubuh yang boleh dan ngetahuantentang pola ubuh atau alat tidak boleh disentuh gerakan bagian tubuh indra . siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas dengan teliti dan benar 4.1. 3.8. usaha.ruang.8 Memahamibagian.1 Mempraktikkan Bermain 4 x 35 gerak dasar lokomotor prosedur gerakan Bergerak sesuai dengan konsep tentang pola gerakan Bersama tubuh.1.

dan kebersihan pakaian. 4. bagian Menceritakanpengalam tubuh yang boleh dan antentangbagian-bagian tidak boleh disentuh tubuh yang boleh orang lain. dan disentuh orang lain kebersihan pakaian .8. 3. Bermainmenun bagian tubuh. bagian 4.dan kebersihan pakaian 4. 4. orang lain. cara disentuh dan tidak boleh menjaga kebersihannya. lain. cara yang boleh dan tidak menjagakebersihannya.cara menjaga kebersihan nya. boleh disentuh orang dankebersihanpakaian.8 Memahami bagian.2 bagian tubuh. dengan telti dan benar bagiantubuh.8.1 tubuh yang boleh dan Mempraktikkantentang tidak boleh disentuh carapola gerak orang lain.2 Menjelaskan bagian.cara menjaga kebersihannya. dan boleh dan tidak boleh kebersihan pakaian disentuh orang lain. dan kebersihan pakaian dilapangan dengan seportif dan benar 3. cara menjaga dasarbagian tubuh yang kebersihannya.8. cara menjaga kebersihannya.8 Menceritakanbagian.8 Menceritakan bagian. bagian bagian tubuh yang boleh jukkan anggota tubuh yang boleh dan disentuhdantidakbolehdi tubuh yang tidak boleh disentuh sentuh orang lain sehat orang lain.

3 Bermainmenun Memahamiprosedurmenj Menjelaskanprosedurm jukkananggotat agasikap tubuh (duduk. tubuh yang disentuh orang lain. 4. cara bagiantubuh sehat / menjaga kebersihannya.4.3. menjagasikap berdiri jalan). berdiri. berdiri.3 Bermainmenun tubuh. cara menjaga kebersihannya. jalan). membaca.8.8 Memahami bagian-bagian 3.4 Mempratikkanprosedur 4. 4. sederhana dan atau tradisional.3 bagian tubuh. dan menjaga kebersihan pakaian.4. Menceritakan bagian. dan kebersihan pakaian . bagian tubuh yang Menjelaskancaramenja jukkan anggota boleh dan tidak boleh gakebersihanbagian.8.8. 3.4 3.3 menjaga sikap tubuh Mempratikkanprosedur (duduk. enjagasikap berdiri ubuh yang membaca. dan bergerak secara lentur dan secara lentur serta seimbang dalam rangka seimbang dalam rangka pembentukan tubuh pembentukan melalui permainan tubuhmelaluipermainanse sederhana dan atau derhanadanatautradisiona tradisional l. secara lentur dan sehat dan bergerak secara seimbang dalam rangka lentur serta seimbang pembentukan dalam rangka tubuhmelaluipermainans pembentukan tubuh ederhanadanatautradisi melalui permainan onal. kebersihan tubuh 4. bagian Menceritakancaramenja tubuh yang boleh dan gakebersihanbagian- tidak boleh disentuh orang bagiantubuh lain.

membaca.4. berdiri secara lentur dan Digaris atau jalan). enjagasikap berdiri berjalan lentur jalan). dan bergerak secara lentur dan seimbang secara lentur serta seimbang dalam rangka seimbang dalam rangka pembentukan tubuh pembentukan tubuh melalui permainan melalui permainan sederhana dan atau sederhana dan atau tradisional.Bermain menjaga sikap tubuh Menjelaskanprosedurm meniti balok / (duduk.4. membaca. 4. membaca. membaca. dan bergerak pembentukan tubuh secara lentur serta melalui permainan seimbang dalam rangka sederhana dan atau pembentukan tubuh tradisional melalui permainan sederhana dan atau tradisional 3.4. berdiri. prosedur menjaga sikap 4.3.3 Mempratikkan 4.4 Memahami prosedur 3. berdiri. tradisional.3 .4 Mempratikkan prosedur prosedur menjaga sikap menjaga sikap tubuh berdiri secara lentur dan (duduk. berdiri. pembentukan tubuh jalan). dan bergerak melalui permainan secara lentur serta sederhana dan atau seimbang dalam rangka tradisional pembentukan tubuh . sederhana dan atau 4.4 Mempratikkan prosedur berdiri secara lentur dan menjaga sikap tubuh seimbang dalam rangka (duduk.4 Memahami prosedur 3.3 Mempratikkan tradisional. dan bergerak seimbang dalam rangka ravia. berdiri.4. Bermain menjaga sikap tubuh prosedur menjaga sikap meniti (duduk. seimbang dalam rangka jalan). secara lentur serta pembentukan tubuh lenturdanseimb seimbang dalam rangka melalui permainan ang pembentukan tubuh sederhana dan atau melalui permainan tradisional.3 Menjelaskan .

2 Memahami variasi 3.usaha dan dalamberbagai bentuk keterhubungan dalam permainansederhana dan berbagai bentuk atautradisional.2 Mempraktikkan dan atau tradisional. n dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 3. keterhubungan Ruang. . menekuk tanpa jasmani ruang. dan berpindah tempat sesuai keterhubungan dengan konsep tubuh.2. permainan sederhana dan 4.usaha dan permainansederhana dan keterhubungan dalam atautradisional. melalui permainan sederhana dan atau tradisional TEMA : 2. rgerakanmenekuktanpa usaha. ruang. berbagai bentuk permainan sederhana 4.2.2 Menjelaskan Senam 4 x 35 gerakdasar non lokomotor prosedur gerakan kesegaran sesuai dengan konseptubuh. usaha.2 Memahami variasi 3. permainansederhana dan usahadanketerhubunga atautradisional.Kegemaranku MateriPoko Juli Agustus September Oktober Nofember Desember KompetensiDasar Indikator waktu k 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 3. dan dengan konsep tubuh.2 Menjelaskan prosedur Bermaingerak 4 x 35 gerakdasar non lokomotor gerakan menekuk tanpa hop-laop sesuai dengan konseptubuh.2. dalamberbagai bentuk ruang. dalamberbagai bentuk ruang. berpindah tempat sesuai ruang. dan berpindahtempatsesuaid keterhubungan engankonseptubuh.2 lokomotorSesuai dengan Mempraktikkanprosedu konseptubuh.2 Mempraktikkan atau tradisional. variasigerak dasar non 4. usaha.

4. benar. kuat keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4. dan dengan benar. sehatdankuat keterhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.2. usaha.2 Mempraktikkan 4. dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.2 Mempraktikkan lokomotorSesuai dengan prosedur gerakan konseptubuh.2 Memahami variasi 3. usaha.2 Memahami prosedur 3.2 Mempraktikkan prosedur gerakan . menekuk tanpa berpindah usaha.2.2. ruang. ruang. 3. dengan benar yang sehat dan ruang.2 Menjelaskan prosedur Bermain gerak dasar non. variasigerak dasar non 4. dalamberbagai bentuk usaha dan keterhubungan permainansederhana dan dalam berbagai bentuk atautradisional.2 Mempraktikkan 4. gerakan meliukkantubuh meliukkan lokomotor sesuai tanpa berpindah tempat anggota tubuh dengan konsep tubuh.2 Menjelaskan prosedur Bermain gerakdasar non lokomotor gerakan meliukkan tubuh meliukkanangg sesuai dengan konseptubuh. dan . dan tempat sesuai dengan keterhubungan konsep tubuh.2. tanpa berpindah tempat otatubuh yang ruang. usaha. permainan sederhana dan atau tradisional 3.ruang.2.2 Mempraktikkan prosedur gerakan variasigerak dasar non meliukkan tubuh tanpa lokomotorSesuai dengan berpindah tempat dengan konseptubuh.

dan menarik / saling menarik keterhubungan dengan benar dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.4Mempraktikanpolager variasigerak dasar non akdasarnon lokomotor lokomotorSesuai dengan Gerakan menarik / saling konseptubuh. dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 3. usaha. . prosedur gerak dasar meliukkan tanpa non.2 Menjelaskan prosedur Gerakan non- gerak dasar non. gerakan saling menarik lokomotor lokomotor sesuai tanpa berpindah tempat saling menarik dengan konsep tubuh. denganbenar l ruang.4Menjelaskanpengetah Variasi 4 x 35 gerakdasar non lokomotor uantentangpolagerakdasarn Gerakan sesuai dengan konseptubuh. 4. usaha. ruang. 3.2 Mempraktikkan 4.2. dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.2. dengan benar ruang.lokomotor sesuai berpindah tempat dengan konsep tubuh.2 Memahami variasi 3. menarik dengan benar usaha.2 Memahami prosedur 3. dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional. on lokomotor Gerakan menarik ruang. usaha.2.

2 Memahami prosedur 3. dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 3. gerak dasar non. . tempat dengan benar ruang. 4 x 35 gerak dasar non.2 Memahami prosedur Gerak non. usaha. 4 x 35 gerakdasar non lokomotor gerak dasar non. lokomotor lokomotor sesuai lokomotor saling saling dengan konsep tubuh.lokomotor sesuai saling mendorong dengan dengan konsep tubuh.4.2 Memahami variasi 3. 4.2 Mempraktikkan prosedur prosedur gerak dasar gerak dasar non-lokomotor non.lokomotor sesuai menarik tanpa berpindah dengan konsep tubuh.2 Memahami prosedur Gerak non. usaha. mendorong dengan mendorong ruang. dan benar keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. benar ruang. usaha. dan dengan benar keterhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.2. lokomotorgera sesuai dengan konseptubuh. dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 3.2 Mempraktikkan 4. usaha.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar prosedur gerakan saling non.2 Mempraktikkan 4. lokomotor mendorong kanmendorong ruang.

2 Mempraktikkan prosedur variasigerak dasar non gerak dasar non-lokomotor lokomotorSesuai dengan mendorong dengan benar konseptubuh. usaha.3 Memahami prosedur pola 3.ruang.usaha. sesuai konsep kecil / bola kasti dengan memukul bola tubuh.3. dan benar kasti keterhubungan dalam berbagai bentuk .3.ruang. ruang. ruang.3 Memahami prosedur pola 3.1. dan benar keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4. dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.2 Mempraktikkan 4.usaha.Kegiatanku Septembe MateriPoko wakt Juli Agustus Oktober Nofember Desember KompetensiDasar Indikator r k u 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 3.3 Mempraktikkan prosedur 4. usaha. TEMA : 3. kecil / bola kasti dengan danketerhubungandalamb benar erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3.Menjelaskanprosedur Gerakan 4 x35 gerak dasar manipulatif gerakan melempar bola melempar bola sesuai konsep kecil / bola kasti dengan kasti / kecil ) tubuh.1 pola gerak dasar Mempraktikkanprosedu manipulatif sesuai konsep rgerakanmelemparbola tubuh.1Menjelaskanprosedur Permainan gerak dasar manipulatif gerakanmemukulbola bola kecil.4.3.

usaha. ruang. usaha.3 Memahami prosedur pola 3.usaha.3.3 Menjelaskan 1. Permainan 4 x35 gerak dasar manipulatif prosedur gerakan bola besar / sesuai konsep tubuh.3. danketerhubungandalamb erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3.3.1 Nenpraktikkan prosedur gerakan 4.3 Memahami prosedur pola 3. ruang.3. menendang bola besar / bola mini.3 pola gerak dasar Mempraktikkanprosedu manipulatif sesuai konsep rgerakanmenendangbol tubuh. permainan sederhana dan atau tradisional 4.3 Mempraktikkan prosedur memukul bola kecil / pola gerak dasar bola kasti dengan benar manipulatif sesuai konsep tubuh.ruang. tubuh.3 Menjelaskan Permainanbola 4 x35 gerak dasar manipulatif prosedur gerakan besar / bola sesuai konsep menendang bola besar / mini. dan bola sepak dengan menendang keterhubungan dalam benar bola berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional . dan bola sepak dengan menendang keterhubungan dalam benar bola berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4. ruang.3 Mempraktikkan prosedur 4. a besar / bola sepak danketerhubungandalamb dengan benar erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3. usaha.

3. bola sepak dengan danketerhubungandalamb benar erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3.1 Mempraktikkan pola gerak dasar prosedur gerakan manipulatif sesuai konsep melempar dan menangkap tubuh. usaha.3 Memahami prosedur pola 3.1 Mempraktikkan .3 Mempraktikkan prosedur 4. menangkap bola besar / menangkap ruang.3 Mempraktikkan pola gerak dasar prosedur gerakan manipulatif sesuai konsep menendang bola besar / tubuh.3. dan bola mini dengan benar menangkap ) keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4. usaha.3.3 Memahami prosedur pola 3. usaha. usaha. bola besar / bola mini danketerhubungandalamb dengan benar erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3.4.3 Mempraktikkan prosedur 4. ruang.1 Menjelaskan prosedur Bermain 4 x35 gerak dasar manipulatif gerakan melempar dan lempar dan sesuai konsep tubuh.1 Menjelaskan prosedur Bermain bola 4 x35 gerak dasar manipulatif gerakan melempar dan Tangan sesuai konsep tubuh. menangkap bola besar / ( melempar dan ruang.3 Mempraktikkan prosedur 4. dan bola mini dengan benar bola besar / keterhubungan dalam bola mini berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4. ruang.3.3.

ruang.3 Mempraktikkan prosedur 4. usaha. usaha. ola besar dengan benar danketerhubungandalamb erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3. dan dengan benar atau balon keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4.5 pola gerak dasar mempraktikkanprosedurge manipulatif sesuai konsep rakanmemantulkandenganb .3.3 Mempraktikkan prosedur 4.5 Menjelaskan prosedur Bermain 4 x35 gerak dasar manipulatif gerakan memantulkan memantulkan sesuai konsep tubuh.3.3. usaha.3 Memahami prosedur pola 3.3. ruang. dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4. memantulkan bola besar bola plastik ruang. pola gerak dasar prosedur gerakan manipulatif sesuai konsep melempar dan menangkap tubuh.3 Memahami prosedur pola 3. dengan benar bola besar ruang. bola besar / bola mini danketerhubungandalamb dengan benar erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al 3.5 Menjelaskan Permain 4 x35 gerak dasar manipulatif prosedur gerakan memantulkan sesuai konsep tubuh.5 pola gerak dasar mempraktikkanprosedu manipulatif sesuai konsep rgerakanmemantulkanb tubuh. usaha.

Mempraktikkan prosedur urcara gerak dasar gerakan berjalan satu berjalan secara bersama arah dengan konsep / berkelompok ke suatu tubuh. dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. .1.usaha dan berkelompok ke suatu ke suatu arah keterhubungan dalam arah dengan benar berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. enar danketerhubungandalamb erbagaibentukpermainans ederhanadanatautradision al TEMA : 4.usaha arah dengan benar danketerhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.Keluargaku Septembe MateriPoko wakt Juli Agustus Oktober Nofember Desember KompetensiDasar Indikator r k u 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 12 3 4 5 3.1.Mempraktikkanprosed 4.1.1 Mengetahuikonsepg 3.1.1.ruang.1. ruang gerak.Menjelaskanprosedurca Berolahraga 4 x35 gerak dasar lokomotor ra gerak dasar berjalan bersama sesuai dengan konsep secara bersama / keluarga jalan tubuh.ruang. Memahami prosedur 3. usaha.1. dan usaha. hubungan.1. tubuh. 4.Menjelaskanprosedurca Gerak 4 x35 erakdasar lokomotor sesuai ra gerak dasar berjalan ke lokomotor dengan dimensi anggota suatu arah dengan benar berjalan ke tubuh yang digunakan. ruang. 3. suatu arah arah.

1Mengetahuikonsep 3. danusaha.Menjelaskanprosedurcar Berolahragape 4 x35 erakdasarlokomotorsesuaide a gerak dasar permainan rmainan ngandimensianggotatubuh sederhana dengan benar sederhana yang digunakan. dalamberbagai bentukpermainan sederhanadanatau tradisional. ruanggerak. dengan benar arah.1. dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisionl 3.1Mempraktikkanpola 4. hubungan. arah.1. danusaha. 4 x35 gerakdasarlokomotor ra gerak dasar lari ke Mempraktikk sesuaidengandimensi suatu arah dengan benar an pola anggotatubuh yang gerak digunakan.1. ruanggerak.1. ruang dasarlari gerak. arah.1 Mempraktikkanpolag 4.1. hubungan. dalamberbagaibentukpermain ansederhanadanatautradision l 3.Menjelaskanprosedurca 1.4. dan usaha.1. dan usaha.1 Mengetahuikonsepg .Mempraktikkanprose erakdasarlokomotorsesuaid durcara gerak dasar engandimensi anggota berjalan ke suatu arah tubuh yang digunakan. hubungan. dalamberbagaibentukpermai nansederhanadanatautradisi . 4.1. ruang gerak.Mempraktikkanprosedu gerakdasarlokomotorsesuaid rcara gerak dasar lari ke engandimensianggotatubuh suatu arah dengan benar yang digunakan. hubungan.1. arah.

onal. hubungan. secara kelompok dengan secara arah.Menjelaskanprosedurca Berolah raga gerak dasar lokomotor sesuai ra gerak dasar permainan lompat tali dengan dimensi anggota sederhana lompat tali tubuh yang digunakan. arah. dalam berbagaibentukpermainansed erhanadanatautradisional. hubungan. ruang gerak.1 Mempraktikkanpolag 4. hubungan.Mempraktikkanprosedu 4.1Mengetahui konsep gerak 3.1. ruang gerak.1 Mengetahui konsep 3.1. ruanggerak. dengan benar arah. dalamberbagaibentukperma inansederhanadanatautradi sionl 3.1.1. dan usaha. danusaha.Menjelaskanprosedurca Berolahraga dasar lokomotor sesuai ra gerak dasar permainan melompat- dengan dimensi anggota sederhana lompat-lompat lompat tubuh yang digunakan.1. 3. dan usaha. 4.1. dan usaha.1. . dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.1.1 Mempraktikkan pola rcara gerak dasar gerak dasar lokomotor sesuai permainan sederhana dengan dimensi anggota lompat tali dengan benar tubuh yang digunakan. benar kelompok hubungan. arah. ruang gerak. dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.Mempraktikkanprose erakdasarlokomotorsesuaid durcaragerakdasarpermaina engandimensianggotatubuh nsederhanadenganbenar yang digunakan.

arah. dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.ruanggerak. 3.1.Mempraktikkanprosedu 4.1. 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai 4.1 rcara gerak dasar Mempraktikkanpolagerakdas permainan sederhana .4.Mempraktikkanprosed gerak dasar lokomotor sesuai urcara gerak dasar dengan dimensi anggota permainan sederhana tubuh yang digunakan. hubungan. dan usaha.1. dan kelompok dengan benar usaha.1Mengetahuikonsepgerakd 3. dalam berbagaibentukpermainanse derhanadanatautradisional. ruang gerak. dan engklek dengan benar usaha. hubungan. 3.Mempraktikkanprosed dengan dimensi anggota urcaragerakdasar tubuh yang digunakan. dalam berbagaibentukpermainanse derhanadanatautradisional.1.1. arah. dalamberbagaibentukpermai nansederhanadanatautradisi onal. danusaha. dengan benar arah.1Mengetahui konsep gerak 3.1. dengan benar arah.1.1. hubungan.1.1 Mempraktikkan pola 4.Menjelaskanprosedurca Lompat asarlokomotorsesuaidengand ra gerak dasar permainan Engklek satu imensianggotatubuh yang sederhana lompat katak kaki digunakan. 4. hubungan.Menjelaskanprosedurca Lompat Engklek dasar lokomotor sesuai ra gerak dasar permainan satu kaki dengan dimensi anggota sederhana engklek tubuh yang digunakan. permainan sederhana ruang gerak.1. lompat-lompat secara ruang gerak.

SLAMET PRIYADI NIP.MOCH. HERI SUJIANTO Drs. Mengetahui Dringu. hubungan.19620413 188504 1 002 . NIP. arah.19640414 1985 1 002. danusaha. Kepala SDN TAMANSATI IIP Guru PJOK H. dalamberbagaibentukpermain ansederhanadanatautradision al. ruanggerak.arlokomotorsesuaidengandim lompat katak dengan ensianggotatubuh yang benar digunakan.