You are on page 1of 17

USER MANUAL

OPERATOR MADRASAH

SISTEM IFORMASI GEOGRAFIS
SEBARAN MADRASAH

KEMENTERIAN AGAMA
https://madrasah.kemenag.go.id/gis

BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 1 dari 17

Buku Petunjuk Penggunan Aplikasi ini bersifat konfidensial dan dimiliki oleh Bagian Direktorat KSKK Madrasah . Hak cipta dilindungi oleh Undang . BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 2 dari 17 . © Hak Cipta Kementerian Agama.Dokumen ini ditujukan kepada operator madrasah sebagai panduan pengelolaan data Profile madrasah terkait pendokumentasian data sarana dan prasarana kondisi madrasah.Kementerian Agama Republik Indonesia.undang.

.. 6 2.........................................2......................................................................2........ 16 BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 3 dari 17 ...............................2.......................................................................................................2...................................................... 9 3.....6 Kondisi Sarpres ............. 10 3................................................................................................2..............2......................3 DEKSRIFSI DOKUMEN (IKHTISAR) .................2.........1 TUJUAN PEMBUATAN DOKUMEN......................................................2 Halaman Utama......... 6 2...................5 Kondisi Bangunan ....................................................................................................... 13 3....................................................2...................................................................................................... PENDAHULUAN .2.................................................. 3 1.........4 Data Lokasi ............2 DESKRIFSI UMUM SYSTEM .................................................... 7 3.............8 Prestasi Madrasah .... 7 3.......................................................................................2....................................................................................................2.....2.............................................................................................................................1 STRUKTUR MENU ..................................................................... 12 3....................... 9 3.............. 15 3............... 10 3........ MENU DAN CARA PENGGUNAAN.......................2 PERANGKAT KERAS............... DAFTAR ISI DAFTAR ISI ...2..................2 PENGGUNA .................. 5 2. 6 2.......2.................................................................................................................2..................1 Cara Membuka Situs .......................................................................... 4 1..................2..........1 PERANGKAT LUNAK ......................................................... 7 3.................................................................... 6 3......................2 Kontak ....................... 4 1..........................2...................7 Kegiatan Siswa ........................4 DEFINI DAN SINGKATAN ......................................................3 Kelola Data Akun Operator Madrasah ........ 6 2......... 7 3......................4 PENGENALA DAN PELATIHAN ... SUMBERDAYA YANG DIBUTUHKAN ............................ 9 3........................................................................................................................................ 4 1..............3 SUMBER DAYA MANUSIA ................... 4 1..............................1 Profile Madrasah ..........

2. 1. Administrator Kemenag Pusat Administrator kemenag pusat menggunakan dokumen ini untuk panduan melakukan pengaturan data akun madrasah. 2. deskripsi umum sistem serta deskripsi dokumen.1 TUJUAN PEMBUATAN DOKUMEN Dokumen user manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah dibuat untuk tujuan sebagai berikut: 1. BAB II BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 4 dari 17 . Sebagai panduan penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah.1.3 DESKRIPSI DOKUMEN (IKHTISAR) Dokumen ini dibuat untuk memberikan panduan penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah. 2. User Pengguna (madrasah) User pengguna atau admin madrasah menggunakan dokumen ini untuk panduan melakukan penginputan sumber data utama. Deskrifsi Umum Kebutuhan Aplikasi Yang Akan Diimplementasikan Deskripsi umum aplikasi yang akan diimplementasikan meliputi informasi profile madrasah dan informasi kondisi bangunan madrasah untuk acuan para pengambil keputusan dalam menentukan suatu kebijakan.2 DESKRIPSI UMUM SISTEM 1. PENDAHULUAN 1. Dokumen ini berisikan informasi sebagai berikut : 1. 2. yang meliputi tujuan pembuatan dokumen. BAB I Berisikan informasi umum yang merupakan bagian pendahuluan. Deskripsi Umum Aplikasi Deskripsi umum aplikasi meliputi pangkalan data madrasah yang meliputi informasi profile madrasah yang dipublikasikan secara umum serta disajikan dalam bentuk peta dan dapat dikelola oleh para admin dengan hak akses berbeda. 1. Pihak-pihak yang berkepentingan dan berhak menggunakan dokumen ini yaitu : 1. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan sistem informasi geografis sebaran madrasah untuk administrator dan pengguna (user) level bawah.

4 DEFINI DAN SINGKATAN  KEMENAG : Kementerian Agama  GIS : Geografic Information System  SIG : Sistem Informasi Geografis BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 5 dari 17 . 3. BAB III Berisi user manual penggunaan aplikasi yang diperuntukan baik untuk administrator maupun pengguna (user). 1. Berisi Perangkat yang dibutuhkan untuk penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.

BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 6 dari 17 . Mouse sebagai peralatan antar muka 3. Keyboard sebagai peralatan antar muka 2. Komputer dengan spesifikasi memadai 2. 2.3 SUMBER DAYA MANUSIA Sumber daya manusia yang menggunakan aplikasi ini adalah pengguna yang pemahaman tentang antar muka komputer.4 PENGENALAN DAN PELATIHAN Sumber daya manusia yang terlibat dalam pengoperasian aplikasi ini terlebih dahulu diberikan pengenala dan pelatihan yang cukup dalam menggunakan Aplikasi GIS Sebaran Madrasah ini. Browser 2.2 PERANGKAT KERAS Perangkat keras yang dilibatkan dalam pengujian aplikasi ini adalah : 1. Operating System 2. SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN 2.2. Monitor sebagai peralatan antar muka 4.1 PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak yang digunakan dalam pengujian adalah : 1.

kemenag.id/gis.2.2 PENGGUNA Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai tata cara memasukan data sumber melalui alamat situs yang telah disediakan : 3. 2. Kemudia tekan Enter pada keyboard atau tekan Go pada browser.go. 3. Halaman Operator Madrasah  Profile Madrasah  Kontak  Data Lokasi  Kondisi Bangunan  Kondisi Sarpras  Kegiatan Siswa  Prestasi Madrasah 3.3.1 Cara Membuka Situs Untuk memulai akses pada aplikasi GIS sebaran Badrasah ini : 1. Bukalah aplikasi melalui web browser dengan alamat https://madrasah. Akan muncul pada halaman browser sebagai berikut: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 7 dari 17 .1 STRUKTUR MENU Adapun menu pada aplikasi GIS sebaran madrasah ini adalah sebagai berikut : 1. MENU DAN CARA PENGGUNAAN 3.

jika berhasil maka akan dialihkan ke halam utama. Informasi Umum sebaran madrasah seluruh Indonesia Pertama kali diakses adalah tampilan peta yang terdapat titik sebaran madrasah seluruh Indonesia informasi ini sengaja disajikan untuk publik. Menu Login Masukan Username dan password dengan benar kemudian klik tombol Sign In. maka akan muncul tampilan seperti berikut: Gambar 2. Gambar 1. BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 8 dari 17 . dan untuk memutakhirkan data perlu memasukan kata kunci hak akses dengan cara klik tulisan LOGIN di bagian kanan atas.

Form Kontak Madrasah BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 9 dari 17 .2.2.1.2 Kontak Untuk menyesuaikan data kontak madrasah silahkan pilih menu KONTAK kemudian sistem akan menampilkan form kontak untuk disesuaikan . berikut menu yang dapat diakses : 3.3. berikut contoh form kontak: Gambar 4.1 Halaman Utama Bagian ini diperuntukan khusus untuk pengoperasian akun madrasah dan sebelumnya harus login terlebih dahulu sebagai mana yang telah dijelaskan sebelumnya.1. 3. Form Profile Madrasah Silahkan sesuaikan form profile madrasah tersebut setelah selesai silahkan klik tombol SIMPAN.1 Profile Madrasah Merupakan menu data profile madrasah untuk menyesuaikan data profile silahkan akses menu “Profile Madrasah” kemudia akan muncul form berikut: Gambar 3.2.

3.4 Kondisi Bangunan Menu kondisi bangunan merupakan photo-photo bangunan madrasah. 3.3 Data Lokasi Data lokasi merupakan data penting terutama nilai Latitude.2. kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 10 dari 17 . Untuk menyesuaikan data lokasi madrasah silahkan pilih menu DATA LOKASI kemudian sistem akan menampilkan form data lokasi untuk disesuaikan . Form Data Lokasi Silahkan sesuaikan form data lokasi diatas kemudian setelah selesai klik tombol SIMPAN. silahkan akses menu KONDI BANGUNAN . berikut contoh form lokasi tersebut: Gambar 5. Silahkan sesuaikan form kontak diatas kemudian setelah selesai klik tombol SIMPAN.jumlah yang diiizinkan untuk diupload sebanyak 5 photo saja.2.longitude sebagai data wajib yang harus diisi oleh setiap user madrasah.1.1.

3. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 11 dari 17 .2. Form tambah photo kondisi bangunan Silahkan isi kolom tersebut selanjutnya tinggal klik tombol SIMPAN.2. Gambar 6. Menu kondisi bangunan Pada tampilan diatas silahkan sesuaikan “Tahun Kondisi” dan pilih “Kondisi Bangunan”keterangan tersebut mewakili photo-photo yang akan diupload.4.4. 3.1. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Gambar7.1 Upload Photo Kondisi Bangunan Untuk menambahkan photo-photo kondisi bangunan silahkan klik TAMBAH pada tampilan menu kondisi bangunan seperti gambar 13 diatas.1.2 Ubah Data Kondisi Bangunan Untuk merubah photo-photo kondisi bangunan silahkan klik EDIT pada tampilan menu kondisi bangunan seperti gambar 13 diatas.

3. Form edit kondisi bangunan 3. silahkan di klik maka akan muncul pertanyaan “Hapus ?” untuk menghapus maka pilih OK.5 Kondisi Sarpras Menu Kondisi sarpras merupakan photo-photo kondisi sarpras madrasah. Form kondisi sarpras BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 12 dari 17 .1.1 Upload Photo Kondisi Sarpras Untuk menambahkan photo-photo kondisi sarpras silahkan klik TAMBAH pada tampilan menu kondisi sarpras selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Gambar 9.1. untuk nanti ditampilkan pada halaman utama peta sebaran.4.3 Hapus Data Kondisi Bangunan Untuk menghapus data kondisi bangunan terdapat icon tempat sampah di setiap tabel seperti berikut .2. Gambar 8. 3. maka data akan terhapus.2.2.1.5.

3.1.2. 3.1. untuk nanti ditampilkan pada halaman utama peta sebaran.2 Ubah Data Kondisi Sarpras Untuk merubah photo-photo kondisi sarpras silahkan klik EDIT pada tampilan menu kondisi sarpras.2. Silahkan isi dan sesuaikan kolom inputan pada form diatas selanjutnya tinggal klik tombol SIMPAN. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Gambar 10.6 Kegiatan Siswa Menu Kegiatan siswa merupakan photo-photo kegiatan kesiswaan. 3.2.1. Form edit kondisi sarpras Silahkan untuk disesuaikan setelah selesai klik SIMPAN pada form tersebut.1 Upload Photo Kegiatan Siswa Untuk menambahkan photo-photo Kegiatan Siswa silahkan klik TAMBAH pada tampilan menu Kegiatan Siswa selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 13 dari 17 .3 Hapus Data Kondisi Bangunan Untuk menghapus data kondisi sarpras terdapat icon tempat sampah di setiap tabel seperti berikut .6.2.1.5. maka data akan terhapus. silahkan di klik maka akan muncul pertanyaan “Hapus ?” untuk menghapus maka pilih OK.5. 3.

Form Edit Kegiatan Siswa Silahkan untuk disesuaikan setelah selesai klik SIMPAN pada form tersebut. Gambar 11. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Gambar 12.1.6. BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 14 dari 17 . Form Tambah Kegiatan Siswa Silahkan isi dan sesuaikan kolom inputan pada form diatas selanjutnya tinggal klik tombol SIMPAN.2.2 Ubah Data Kegiatan Siswa Untuk merubah photo-photo kondisi sarpras silahkan klik icon pensil pada tabel kegiatan siswa. 3.

3.7.1.2. 3.7. Form Tambah Data Prestasi Madrasah Silahkan isi dan sesuaikan kolom inputan pada form diatas selanjutnya tinggal klik tombol SIMPAN. 3.6.1 Upload Data Prestasi Madrasah Untuk menambahkan data prestasi silahkan klik TAMBAH pada tampilan menu prestasi madrasah selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Gambar 13.2 Ubah Data Kegiatan Siswa Untuk merubah data prestasi madrasah yang sudah terinput silahkan klik icon pensil pada tabel prestasi madrasah.1. selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 15 dari 17 .1.2. maka data akan terhapus.3 Hapus Data Photo Kegiatan Siswa Untuk menghapus data kegiatan siswa terdapat icon tempat sampah di setiap tabel seperti berikut .2. 3.2. silahkan diklik maka akan muncul pertanyaan “Hapus ?” untuk menghapus maka pilih OK.7 Prestasi Madrasah Menu Prestasi Madrasah merupakan data prestasi madrasah yang pernah diraih.1. untuk nanti ditampilkan pada halaman utama peta sebaran.

silahkan diklik maka akan muncul pertanyaan “Hapus ?” untuk menghapus maka pilih OK.2. Form Edit Data Prestasi Madrasah Silahkan untuk disesuaikan setelah selesai klik SIMPAN pada form tersebut. 3. Gambar 14. dan berikut cara untuk mengganti data akun tersebut: 1.3 Hapus Data Photo Kegiatan Siswa Untuk menghapus data prestasi madrasah terdapat icon tempat sampah di setiap tabel seperti berikut .7.2.1. Silahkan login 2.contoh sebagai berikut: BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 16 dari 17 .1.8 Kelola Data Akun Operator Madrasah Data awal operator madrasah untuk masuk ke dalam sistem adalah menggunakan NSM masing-masing madrasah dengan password awal 123456. maka data akan terhapus. 3. Dipojok kanan atas terdapat logo kemenag silahkan diklik lalu pilih profile .

Menu Profile Ubah Akun 3. TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI | GIS SEBARAN MADRASAH Hal 17 dari 17 . Gambar 15. Setelah memilih menu Profile akan muncul tampilan seperti dibawah untuk disesuaikan Gambar 16. Form Data Akun Profile Silahkan sesuaikan form diatas selanjutnya klik SIMPAN.