You are on page 1of 40

BG

KISI-KISI SOAL PLPG – KG TAHUN 2017
BIDANG KEAHLIAN MULTIMEDIA

EVALUASI MODUL A 2 Nirmana Dwimatra

EVALUASI MODUL B 7 Nirmana Trimatra

EVALUASI MODUL C 12 Pengantar Desain Grafis

EVALUASI MODUL D 14 Produksi Media K. Grafis

EVALUASI MODUL E 18 Perancangan Film Pendek

EVALUASI MODUL F 22 Teknik P. Gambar Bergerak

EVALUASI MODUL G 27 Pengolahan Video & Audio

EVALUASI MODUL H 29 Animasi 2 Dimensi

EVALUASI MODUL I 33 Animasi 3 Dimensi

EVALUASI MODUL J 37 Pro. Multimedia Interaktif

1

BG

EVALUASI MODUL A
NIRMANA DWIMATRA

1. Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur konseptual nirmana adalah ....
a. Gempal
b. Bentuk
c. Warna
d. Tekstur

2. Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur visual nirmana adalah....

a. Titik
b. Bentuk
c. Garis
d. Gempal

3. Berikut ini yang termasuk ke dalam prinsip keindahan bentuk nirmana adalah....
a. Titik
b. Garis
c. Tekstur
d. Keterpaduan

4. Gambar berikut merupakan interval tangga dari ?

a. interval tangga ukuran bidang
b. interval tangga arah bidang
c. interval tangga raut bidang
d. interval tangga jarak

5. Susunan ini hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan
menjemukan adalah susunan
a. Kontras
b. Transisi
c. Repetisi
d. Harmonis

2

BG

6. Dari gambar berikut ini yang termasuk kedalam warna dingin adalah ....

a. Merah – jingga
b. Kuning – biru
c. Hijau – merah
d. Hijau – biru

7. Salah satu prinsip keindahan bentuk adalah keseimbangan. keseimbangan yang
memiliki kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan ruang
sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan ruang sebelah
bawah disebut dengan keseimbangan ....
a. Keseimbangan simetris (symmetrical balance)
b. Keseimbangan memancar (radial balance)
c. Keseimbangan sederajat (obvious balance)
d. Keseimbangan tersembunyi (axial balance)

8. Suatu susunan irama yang memiliki hubungan pengulangan dengan perbedaan
pada satu atau beberapa unsur/elemen seni/rupa yang digunakan hasilnya
kontras adalah ....
a. Repetisi
b. Oposisi
c. Transisi
d. Harmoni

9. Ukuran suatu garis pada konseptual nirmana bukan ukuran sentimeter ataupun
meter tetapi ukurannya bersifat nisbi, hal ini berarti ....
a. ukuran garis berupa horizontal, diagonal ataupun vertikal
b. ukuran panjang, tinggi, besar dipengaruhi bidang atau ruang dimana garis itu
berada
c. ukuran garis tidak dipengaruhi bidang ataupun ruang
d. ukuran garis dapat bernentuk lurus, lengkung, rata, berombak yang
memberntuk irama

3

BG

10. Berdasarkan gambar berikut ini, manakah susunan warna yang termasuk kedalam
warna triad komplementer ....

a. merah ungu (MU) - ungu (U) - biru ungu (BU)
b. kuning jingga (KJ) - merah ungu (MU) - biru ungu (BU) - kuning hijau (KH)
c. hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
d. merah (M) - biru (B) - kuning (K)

11. Pengungkapan atau proses menyatakan yang mana memperlihatkan atau
menyatakan maksud, gagasan, perasaan dan sebagainya merupakan salah satu
pengertian dari…
a. Ekspresi
b. Interpretasi
c. Pengalaman
d. Imajinasi

12. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam elemen prinsip keindahan ekspresi
adalah....
a. Karakter
b. Gaya
c. Warna
d. Estetika

13. Gambar di samping merupakan salah satu
contoh karya nirmana dwimatra dengan
dominasi unsur....
a. Bidang
b. Titik
c. Gempal
d. Garis

4

nirmana sendiri mempunyai makna. Merah dan biru 18. Kuning dan biru c. kita harus mencampurkan warna… a. Secara etimologis. Merah dan biru 19. a. Tidak berwarna 17. Kuning dan biru c. Prinsip – prinsip dasar rancangan 5 . Selain warna merah yang dapat menimbulkan kesan penambah nafsu makan. Biru dan merah d.. Proportion ( perbandingan / keserasian ) termasuk ke dalam… a. a.. a. Kesegaran dan kesuburan 16... Tujuan perancangan b. Kesehatan dan kebugaran d.. Bebatuan 15.. Material atau bahan dibawah ini yang dapat menimbulkan kesan hangat adalah. Kayu Berpori b. Merah dan kuning b. Perspektif bentuk d. Kehangatan dan keramahan c. Merah dan kuning b. Jika menginginkan warna hijau. Kaca d. Tidak bermakna c. Logam c.. Unsur – unsur perancangan c. kita harus mencampurkan warna… a. kebanyakan toko makanan / restaurant memilih warna kuning sebagai branding perusahaannya karena warna kuning memberikan kesan.. Jika menginginkan warna ungu.BG 14. Kemurahan hati dan ketenangan b.. Tidak berbentuk b. Tidak bermula d. Biru dan merah d.

BG 20. Simplicity c. Clarity 6 . Point of Interest d. Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic disebut… a. Unity b.

Dwimatra c. Kejelasan b. dan arah yang harus dipertimbangkan secara simultan ? a. Garis. komposisi. Ruang Kosong d. Tidak hanya memiliki satuan panjang dan lebar. Trimatra b.BG EVALUASI MODUL B NIRMANA TRIMATRA 1. Gempal c. Garis. Titik. warna. tampak. Titik 3. Bulat. a. Karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan. Ruang dan Tekstur b. Nirmana c. nada dalam desain a. Trimatra d. Bentuk b. Bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman. Menggambarkan lambang-lambang bentuk tidak bermakna. Titik. Element mana saja yang merupakan unsur visual Nirmana? a. Ruang dan Luas 2. tetapi juga memiliki kedalaman fisik yang menyebabkan banyak pandangan. Tekstur. Penjelasan tersebut adalah penjelasan mengenai? a. Panjang dan Lebar d. Dimensi 4. Dwimatra d. Bidang b. Ruang c. Dunia maya 7 . Persegi. irama. Garis d. Barang. Luas c. Khayal 5. dilihat sebagai kesatuan pola.

Berurusan dengan bentuk dan bahan yang nyata dalam ruang sebenarnya. Tampak Depan 8 . Perhatikan gambar proyeksi di bawah ini : Disebut apakah gambar diatas? a. Perhatikan gambar proyeksi di bawah ini : gambar di atas merupakan proyeksi gambar bentuk berikut ini : Sebagai hasil : a. Nurmana d. Tiga arah berlawanan b. Trimatra b. Pengertian di atas merupakan bagian dari? a. Tampak Samping b.BG 6. Dua arah utama c. Dwimatra c. Dunia maya 7. Tiga arah utama 8. Enam arah utama d.

Penggaris c. bidang dan ruang b.BG c. ukuran . bentuk. kedudukan. Pensil b. Unsur Ruang d. ruang dan gaya berat d. bentuk. Kertas Karton 13. A1 c. Warna. Pensil b. Berdasarkan berat / ketebalan tergolong apakah 200 – 500 g/m2 ? a. Ukuran kertas dari deret A adalah 1 meter persegi yaitu ukuran: a. Kertas c. A2 d. merupakan unsur ? a. garis. Unsur Rupa c. titik. Ukuran. Sifat selulosa adalah sifat dari unsur? a. warna dan tekstur c. Unsur Dimensi b. arah. Kertas 11. Unsur Kedalaman 14. ISO menyusun ukuran kertas dengan nama deret A. Board d. Manakah material yang digunakan dalam merancang nirmana trimatra? a. bidang . Tampak Belakang 9. ukuran dan tekstur 9 . Dalam nirmana ruang yang termasuk pertalian adalah: a. Barik. Raut. Karton c. Penggaris 10. A0 b. Kertas b. Bolpoin d. Bolpoin d. Secara standar internasional. A3 12. Tampak Atas d.

Pengulangan bidang 16. hasilnya monoton. Keseimbangan d. Dominasi 17. prinsip ini sering juga disebut ? a. Hubungan pengulangan dengan perubahan-perubahan dekat atauperalihan- peralihan dekat atau variasi-variasi dekat pada satu atau beberapa unsur seni/rupa yang digunakan. hasilnya harmonis. Prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian adalah pengertian? a.BG 15. Dominasi 10 . Hubungan pengulangan dengan kesamaan ekstrem pada semua unsur-unsur atau elemen seni/rupa yang digunakan. Perhatikan gambar proyeksi di bawah ini : Tergolong apakah gambar di atas? a. Kesederhanaan b. Sifat unggul dan istimewa akan menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian. Transisi b. Irama d. bentuk ukuran gradasi d. Ukuran gradasi bentuk berulang b. Dalam dunia desain. Proporsi c. Unity b. Duasisi 19. Oposisi d. Repetisi c. a. Transisi b. a. Repetisi c. Duasisi 18. Bentuk gradasi ukurannya berulang c. Oposisi d. Keseimbangan c.

trimatra. meliputi antara lain : a. Metode untuk menciptakan karya seni dan desain yang disebut sebagai prinsip- prinsip dasar seni rupa dan desain. nirmana c. gempal d. irama. bidang. keserasian 11 . keseimbangan. kubus khayal b. garis. tiga dimensi. dwimatra.BG 20. dua dimensi.

kasar. merenungkan pengertian atau apa yang telah diinterpretasikan. ungu. merah. d. Apresiasi merupakan salah satu tahap ketika… a. halus yang diaplikasikan dalam desain merupakan salah satu unsur/elemen desain grafis yaitu…. Sifat dan kualitas fisik permukaan suatu benda (material). kesal yang tidak terkendali. rangsangan eksternal ditangkap mata dan telinga dalam alat penerimaan yang menimbulkan getaran yang disebut sensai (rasa). yaitu. Baseline b. b. menyangkut perasaan marah. ascender d. jengkel. a. capline c. Warna primer adalah warna dasar atau warna pokok yang tidak diperoleh dari campuran. gembira dan antusias. 12 . biru 4. Bentuk b. mengkilap. kuning. biru b. tahap dimana kesan telah menjadi keyakinan yang sewaktu-waktu dapat diingat kembali karena sudah ada dalam wilayah kesadaran manusia. mempertimbangkan kebenaran sampai dimana maknanya adalah fungsi intelek berganda c. descender 2.BG EVALUASI MODUL C PENGANTAR DESAIN GRAFIS 1. Ada beberapa rentetan proses dalam menikmati keindahan. merah. Garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar dinamakan… a. Ruang c. panic. seperti kusam. kecewa. Partikel d. menimbang dengan fakta-fakta lain. merah. hijau. kuning. Tekstur 3. merah. biru c... a. hijau d.

Jenis media komunikasi grafis yang secara fisik/visual berukuran besar. non cetak.BG 5. Baliho b. a. Billboard c. Poster 13 . Spanduk d. bentuk bebas. vertikal/horizontal. dan publikasinya dipasang di pinggir jalan adalah…. unsur teks dan gambar. bahan papan/tripleks. berwarna/hitam putih. konstruksi kayu/bambu. non permanent.

14 . garis. Screen printing 5. garis. AI c. Inherent Drama c. Gravure d. CDR d. Teknik pencetakan yangmerujuk pada image/citra yang diciptakan dengan komputer menggunakan gambar. Brand Image b. titik. Yang termasuk format penyimpanan gambar bitmap adalah… a. Digital printing c. foto. Cetak Offset b. Perhatikan gambar berikut ini.BG EVALUASI MODUL D PRODUKSI MEDIA KOMUNIKASI GRAFIS 1. Generik 4. lingkaran d. a. foto. lingkaran c. FH b. light pen serta tablet disebut… a. foto. JPEG 3. lingkaran b. teknik cetak lain. titik. Strategi dalam merancang iklan yang berorientasi pada keunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi disebut strategi… a. Vektor merupakan gabungan dari objek…. titik 2. foto. garis. Resonansi d.

Slogan c. Agline b. cakupan. Gravure b. Quick Selection c. keahlian dan kinerja disebut … a. Isu Politik 10. Teknik mencetak yang sangat baik digunakan dalam jumlah yang banyak tanpa mengurangi kualitas dan konsisten terhadap hasil cetakan adalah … a.BG Dalam CorelDraw. Semboyan 7. Letterpress c. Intersect d. Ide penjualan utama b. Magic Wand b. Offset d. kecuali… a. Trim c. Simplify 6. Diferensiasi saluran c. Diferensiasi pelayanan d. Diferensiasi system 15 . Membuat area seleksi berdasarkan tebal warna yang dipilih ujung kuas mouse disebut… a. Lasso d. Strategi kreatif didasarkan pada beberapa faktor diantaranya adalah. Motto d. Daya Tarik c. Weld b. proses yang dilakukan dari gambar sebelah kiri menjadi sebelah kanan adalah proses… a. Masalah dasar atau peluang periklanan d. Diferensiasi melalui keunggulan rancangan distribusi. Eliptical Marquee 8. Baris kalimat penutup yang digunakan sebagai alat untuk menguatkan atau menciptakan citra merek atau perusahaan disebut… a. Diferensiasi personal b. Screen Printing 9.

pengaruh perbesaran tidak pecah 13. front minus back c. Desain yang dibuat tidak terikat pada pixel d. Seseorang yang ahli dalam bidang desain disebut … a. keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh produk pesaingnya d. simbol kehidupan 12. disusun oleh objek yang disebut pixel b. Superioritas dan merupakan pernyataan yang unik c. proses yang dilakukan dari gambar sebelah kiri menjadi sebelah kanan adalah proses… a.BG 11. Perhatikan gambar berikut ini: Dalam CorelDraw. Tidak perlu membuat sebuah desain yang tinggi komposisinya c. simplify d. Keuntungan dari pembuatan desain dengan menggunakan basis vector adalah? a. Berikut adalah ciri-ciri bitmap kecuali … a. Membalikkan model pewarnaan dari terang kegelap dan sebaliknya yang biasa digunakan untuk mencetak model negative film disebut… a. Aktor b. back minus front b. Strategi Unique Selling Proposition yang dikembangkan oleh Rosser Reeves berorientasi pada … a. ukuran penyimpanan relative besar d. Separation 16 . Mirror b. bersifat resolution dependent c. Ikon d. Keunggulan biaya harga lebih rendah daripada pesaing b. Tidak memerlukan Personal Computer yang tinggi kualitasnya b. intersect 15. Desainer c. Mudah dibuat 14. Legenda 16.

Metafile 19. Back All 17 . a. yang apabila dicampurkan akan menghasilkan warna putih disebut … a. Jenis printer yang memaksa print heads untuk mentransfer tinta ke media cetak dengan cara print heads menekan tinta sampai menyeluruh kertas disebut … a. Menempatkan sebuah objek di belakang objek lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan perintah …. Hybrid c. dot matrik printer c.BG c. File gambar yang bertipe jpeg merupakan grafis … a. Behind d. thimble printer 18. Bitmap d. LCD atau device lainnya. In Front of Page c. YUV 20. RGB c. CMYK b. Warna primer yang digunakan untuk layar monitor. Invert d. merge 17. To Back of Page b. impact printer b. HSL d. Vector b. daisy wheel printer d.

Hal paling utama dalam membuat film pendek adalah: a. History c. Menentukan biaya 18 . Pasca produksi d. Film Laga b. masuk ke dalam tahapan pembuatan film: a.BG EVALUASI MODUL E PERANCANGAN FILM PENDEK 1. Film yang berisi adegan berkelahi yang menggunakan kekuatan fisik disebut a. Editing 6. Produser 5. Pra produksi b. Menentukan pemain b. Sutradara b. Biografi 2. Produser 4. Hunting atau mencari lokasi. Film criminal d. Produksi c. Menentukan lokasi c. Pihak yang menyediakan dana dalam pembuatan film disebut: a. Penyunting c. Non Fiksi d. Film yang ceritanya berdasarkan imajinasi disebut dengan: a. Pihak yang bertugas merangkai gambar yang telah diambil sebelumnya menjadi rangkaian cerita sesuai dengan skenario yang telah dibuat: a. Film dokumenter 3. Film komedi c. Fiksi b. Sutradara b. Dubber d. Dubber d. Penyunting c.

Record sound d. Capturing d. Fade to c. Treatment 19 . Premis b. Editing b. Film fiksi 9. disebut: a. Flash to 8. Dubbing 12. BG b. Berikut ini masuk dalam tahapan produksi film pendek.BG d. Tahapan memindahkan file video yang ada di kaset/kamera ke dalam komputer disebut: a. Acting b. Istilah dalam penulisan skenario yang menunjukkan latar belakang yang diperlukan adalah: a. Film animasi c. Skenario c. POV d. Menentukan ide cerita 7. Mixing c. kecuali: a. Dissolve to b. Film yang dibuat tanpa mengacu pada kaidah produksi film yang lazim disebut: a. Ide cerita yang hanya ditulis dalam 1 atau 2 kalimat saja. Film laga b. Sinopsis d. Cut to d. Film eksperimental d. FG c. Perpindahan scene satu ke scene berikutnya secara patah atau langsung disebut: a. Shooting 11. SFX 10. Scripting c.

V. Scene Heading 18. Alat yang terbuat dari papan kayu. Scene Heading 15. kecuali: a.O c. Intercut b.O c. Montage d. Adegan singkat yang bersambung untuk mempercepat dramaturgi cerita disebut a.O c. V.6”. Extension yang dipakai untuk menjelaskan ada suara orang yang muncul pada saat si tokoh tidak sedang berbicara a.2” sampai 1.O c. Scene Heading 17. Intercut b. 14. Intercut b. Spasi 1 b. Nomer halaman dicetak di kanan atas halaman. Montage d. Storyboard 20 . Sound recorder c. Scene Heading 16. Berikut adalah tata cara penulisan skenario. Kertas ukuran A3 c. Montage d. dan digunakan untuk menginformasikan dan mengidentifikasikan data adegan yang diperlukan untuk editing film a. d. Clapperboard d. Margin kiri 1. Apa istilah yang digunakan untuk menggambarkan scene satu dengan scene lain yang berpindah-pindah a. Apa nama istilah pada penulisan skenario yang menerangkan pada pembaca tentang lokasi scene: a. Kamera DSLR b. V.BG 13. Montage d. V. Intercut b.

Berikut adalah informasi yang ada di Clapperboard. Nama sutradara c. Nama pemain b. kecuali: a. D / N 21 . b. Scene d.BG 19. Take 20. Date c. Prod. Int / Ext d. Informasi pada Clapperboard yang menunjukkan lokasi ruangan adalah: a.

. a. Bagian kamera yang harus dia atur secara digital agar gambar yang dihasilkan tidak under expossure adalah . kecuali .. c. Filter Colour d.. lalu diteruskan ke bagian panel penangkap gambar.. PAL b. Micro SD b. Stick Duo 4. SD c.mengirimkan gambar ke LCD. White balance b. Gambar yang ditangkap oleh lensa. a. Tidak tahan banting d.. Fitur yang digunakan serba manual b. a. Sistem kamera digital dibagi berdasarkan sistem televisi dunia. Cenderung ringkih 2. Berikut ini adalah macam-macam external memory card... a. kecuali . Sistem kamera digital yang digunakan di indonesia adalah . Gain c. Seorang siswa ingin mengambil gambar kereta api di sebuah stasiun kereta api saat malam hari. VCR 5. b... HDD Internal d... Lensa menangkap gambar. Audio level 3. 22 . Penangkap gambar atau biasa disebut sensor Charge Couple Device (CCD) - yang juga berfungsi sebagai view finder. Gambar yang ditangkap oleh sensor CCD diteruskan ke bagian pemroses gambar.. Harga relatif lebih murah c. a.BG EVALUASI MODUL F TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK 1. kecuali …. Berikut ini adalah prinsip kerja kamera video. SECAM d. dilewatkan pada filter warna yang kemudian akan ditangkap oleh CCD atau sensor gambar. Berikut ini adalah ciri-ciri kamera consumer. NTSC c.

kecuali . 6. Framing c. Tampak ia sedang duduk di kursi menunggu seseorang. Composition 23 . Cut d.. Camera angle b. lalu pergi tanpa menutup pintu kosnya. Dissolve 8. a. dan akhirnya perempuan muda tersebut mengemasi baju-bajunya ke dalam koper. Seluruh ilustrasi dalam film tersebut disebut . Kamera dan film b. Proses yang terakhir adalah mengirimkan hasil file gambar dalam format yang dipilih ke bagian view finder. Transisi yang tepat digunakan untuk perpindahan shot-shot di atas adalah . akhirnya mereka dapat menemukan teman mereka dalam keadaan selamat tapi penuh luka. Continuity c. kecuali .. Sepanjang hari hingga malam tiba melakukan pencarian itu.BG d.. Beberapa menit berlalu... Durasi Gambar 7. salah seorang dari mereka tergelincir ke jurang. Shot b.. Berikut ini adalah termasuk dari unsur-unsur sinematografi. Sequence d.. a. Dalam perjalanannya. orang yang ditunggu pun tak kunjung datang. menyisir rambut sambil menangis.. Crossing d. Jawa Timur. 1 jam berlalu. Fade b.. Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan agar pengambilan gambar yang akan dilakukan mempunyai nuansa sistemik.... a. namun pencarian sulit dilakukan karena medan yang terjal dan berbatu. Wipe c.. Sekelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi pecinta alam sedang mendaki gunung Semeru. seorang perempuan muda tampak gelisah di sebuah kamar kos. Teman-teman yang lain segera menolong. a.. ia berpindah posisi ke tepi jendela dan melongok keluar. Dalam adegan sebuah film. Sistemik 9. Bahasa Gambar d. Scene c.

Suatu skenario adegan drama menggambarkan tokoh utama sedang berbincang dengan seorang temannya di tepi danau. Saat proses syuting. didepan papan tulis mengarah ke tempat duduk siswa. Di pinggir jalan di sudut kota. Suara rintihan terdengar sayup-sayup dari mulut kecilnya. High angle c.. Panning b. Pedestal 12.. a. Big Close Up c.. Tilt c. Eye level d. Saat pengambilan gambar. Kamera diletakkan di depan kelas. Sudut kamera yang digunakan untuk mengambil gambar agar obyek tampak kerdil. Sudut pengambilan gambar yang sesuai untuk memperlihatkan areal waduk dan lingkungan sekitarnya adalah …. Dolly d. Eye level d. Bird eye view b. kesan tertekan dan lemah adalah. Dalam sebuah film dokumenter pembangunan waduk Gajah Mungkur di Wonogiri. a.. Seorang guru ingin mendokumentasikan suasana saat ujian di kelasnya. Medium Long Shot b. Knee shot 14. High angle c. obyek danau sebagai 24 . Untuk memperoleh gambar tersebut harus diatur sudut pengambilan gambarnya. Frog level 11. a. kamera bergerak dari posisi tengah ke arah kiri dan ke arah kanan.. Frame size yang tepat digunakan agar ekspresi wajah anak tersebut tertangkap dan menggugah empati penonton adalah . a. tampak seorang anak berpakaian lusuh terbaring lemah dengan benjolan besar di lehernya. Sesekali ia menyeka air mata yang menetes dari ujung matanya dengan kain gendongan di sebelahnya. diinginkan mengambil gambar keseluruhan areal waduk beserta lingkungan sekitarnya. Teknik pergerakan kamera seperti ini dikenal dengan nama …. Bird eye view b.. Frog level 13. Long Shot d.BG 10.

Atmosfir 17. Medium shot d..... a. kecuali . Close up c... Fill light b. Teknik yang digunakan oleh juru kamera dengan cara menempatkan benda-benda di depan kamera sehingga efek yang muncul adalah keindahan karena kamera tidak langsung membidik obyek adalah . Pemilihan c. a. Profil Shot d. Jenis pencahayaan yang dapat digunakan untuk melunakkan bayangan yang timbul adalah .. digambarkan cukup jelas. Dimensi d. Artificial Hairlight b... Bayangan ini mengganggu pandangan penonton sehingga harus diminimalisir tanpa mengubah susunan lampu-lampu yang ada. Berikut ini adalah fungsi dasar tata cahaya/lampu dalam proses pengambilan gambar... Back light d. Long shot b. Kesinambungan b. a... penataan posisi lampu yang kurang tepat terkadang menimbulkan bayangan yang tidak diinginkan.. a. Over shoulder 16. a. Dalam suatu produksi video. Back light 25 . Untuk itu perlu ditambahkan satu sumber cahaya lagi untuk melunakkan bayangan.. Knee shot 15. Teknik penataan cahaya dengan menempatkan lampu di belakang subyek agar memisahkan subyek dari latar belakang dan digunakan untuk menambah kedalaman gambar. Teknik yang digunakan untuk mengambil obyek danau agar terlihat jelas adalah . sehingga membuat tampilan gambar menjadi tiga dimensi disebut dengan . Keylight 18. Front light c. Artificial Framing Shot c. Front light c. Fill light b.BG latar belakang.

sehingga diperoleh urutan gambar yang sesuai tone warna yang baik terutama pada wajah artis. d. Menyinari scene sehingga menghasilkan gambar yang mudah dipahami dan dapat dilihat tanpa menyulitkan mata manusia..BG d. 26 .00 – 09. Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil gambar di luar ruangan menggunakan sumber cahaya alami. a. takut). Berikut ini adalah beberapa panduan untuk mengarahkan sumber cahaya. gembira. Keylight 19.. cemas. yaitu .00 20. Menyinari obyek dengan cahaya alami tepat di siang hari.. a. Jam 07.00 – 13. malam) maupun dramatic (sedih. kecuali . Mendukung suasana realistik (pagi.. Jam 05. Memberikan penyinaran yang seimbang dari scene yang satu dengan yang lain. Jam 18..00 – 19.00 – 06. Jam 12.. b. siang.00 d. c.00 b.00 c.

toolbar 3. Scanning 5. slide tool 27 . timeline window c. Decoding b. Untuk memotong klip video yang telah ditempatkan pada timeline window menggunakan a. clip tool b. menggunakan : a. Trimming b. Transfer c. ripple edit tool b. Encoding 4. Untuk memperbesar ukuran klip video. disebut : a. Firewire d. rolling edit tool d. project window 2. adalah a. tools windows b. Capture d. Proses membuang atau memotong sebagian klip video melalui source monitor disebut a. Bagian dari lembar kerja adobe premiere yang digunakan untuk menyusun klip video dan audio menjadi sebuah video final.BG EVALUASI MODUL G PENGOLAHAN VIDEO DAN AUDIO 1. zoom tool d. Proses memindahkan atau transfer data video secara digital atau analog dari media sumber ke media hardisk komputer. zoom timeline c. razor tool c. Capture c. history window d.

blur. Template b. klik options > device properties b. Import b. Untuk membuat judul film atau tayangan video disebut a. Proses akhir dari editing video sering disebut juga a. Render d. Revers b. klik edit > device properties c. video effect bin c. Sebelum melakukan proses burning ada baiknya kita mengatur property perangkat CD yang akan digunakan. Langkah awal untuk mengatur property perangkat CD adalah a. Capture c. Invert 8. Efek untuk membalik posisi audio secara vertikal adalah a. klik file > device properties d.BG 6. Adobe premiere pro juga menyediakan efek video seperti adjust. Title d. video transitions 7. klik format > device properties 9. audio effect bin d. Transisi 28 . Timecode 10. distort dan masih banyak lagi. Teks c. sharpen. Insert d. yang kesemuanya itu tersedia dalam : a. video window bin b. Rolling c.

... Free Animation 3...prinsip animasi disebut juga dengan . a.. Keyframe b. dan mood dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan disebut .. Pembuatan film animasi dengan tanpa mempertimbangkan prinsip .BG EVALUASI MODUL H ANIMASI 2 DIMENSI 1. a. Old Animation d. Staging 4... Solid Drawing b.. Manual Animation c.. Animasi yang mengalami perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain disebut …. Gambar yang mendefinisikan awal dan titik akhir dari setiap transisi disebut . a. Frame d. Animasi Fade c... Paper Animation 2. a. Prinsip yang memastikan bahwa setiap gerakan. Animasi Blink b. Tweening 5.... ekspresi. Blank Keyframe c. Wide Animation b. Cell Animation b. Close Animation c. Teknik animasi manual disebut juga dengan istilah . Animasi Shape d. Limited Animation d.. Squash and Stretch d. Timing c. a. Animasi Morque 29 .

Exagerration 30 . Salah satu prinsip animasi yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda adalah …. Gerakan animasi dimana bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak disebut dengan …. Staging b. Appeal 7. a. Slow in and Slow out d. a. a.. Tom and Jerry 9. Squash and Stretch b. Shaun the Sheep d... Follow through and overlapping action 8. a. Arc c. a. binatang. Naruto c. Adit dan Sopo Jarwo c. Staging d. Prinsip animasi dimana animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter disebut …. Shaun the sheep d.BG 6. Upin dan Ipin b.. Boboiboy 10. Doraemon b. Anticipation c. Prinsip animasi dimana pada tubuh manusia. Staging b. Follow through an overlapping action 11... atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) secara alami disebut …. Anticipation d. Straight ahead c. Contoh film animasi yang dibuat dengan teknik Claymation adalah …. a. Salah satu animasi Indonesia yang mulai berkembang saat ini adalah …. Pose to pose c. Staging b. Pose to pose d.

Adobe Animate CC b. Classic Motion Tween c. Motion Tween b. Bitmap d. Tupi d. Animasi Margue c. a. Motion Tween 31 .BG 12. objek yang akan dianimasikan harus diubah terlebih dahulu ke dalam bentuk ….. Perintah shortcut untuk membuat bidang dengan bentuk dasar kotak pada aplikasi Adobe Flash Pro CS5 adalah …. Motion shape 17. Dalam pembuatan gerakan animasi motion tween pada aplikasi Adobe Flash Pro CS5... Fitur yang berubah pada Adobe Flash Pro CS3 ke seri yang lebih tinggi adalah …. Animasi Fade d. Masking b. Layer b. a. [ T ] 15... Layer Folder c. Masking d. Animasi dimana suatu teks muncul dari bagian kanan layar. Synfig c. [ Y ] d. lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang secara terus menerus disebut . a.. [ O ] c. Animasi Blink 14. [ R ] b.. Animasi yang terjadi dikarenakan penumpukan dua buah objek yang dibuat dalam layer yang berbeda dimana objek utama hanya terlihat seukuran objek penutup disebut ….. Animasi Transparan b. a. Symbol 16. Pencil 2D 13. a. Berikut ini yang temasuk aplikasi berbayar yang digunakan dalam membuat animasi 2 dimensi adalah …… a.

Open 32 . Insert Frame 18.. Fade out c. ide.. Mencatat poin-poin penting.BG c. serta konsep yang akan di masukan b. Fade Right to Left 20. a. a. Jenis effect suara akan terdengar dari speaker sebelah kiri ke sebelah kanan disebut …. a. Proses memasukkan suara ke dalam aplikasi Adobe Flash Pro adalah dengan menggunakan fitur …. Berikut ini yang tidak termasuk dalam langkah-langkah menyusun storyboard pada animasi adalah …. Import c. Insert d. Fade in b. Melakukan uraian semua langkah dan keterangan yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan dibuatnya cerita d. Memproduksi gerakan animasi secara detail 19. Membuat sketsa visual c. Export b. Shape Tween d.. Fade Left to Right d.

UV sphere modeling 33 . G d. Sculpt modeling c. R b.. Nurb modeling d. Shift + A c. Short cut key yang digunakan untuk menggeser sebuah obyek adalah.. Alt+P 4.. Primitive modeling b. Sequence 5. I 3. a. Joint area c. R b. Editing view 2. Shift + A c. Snap area d. Model 3 Dimensi yang didapatkan dengan cara memahat didunia maya adalah model... Short cut key yang digunakan untuk memutar sebuah obyek adalah. a.BG EVALUASI MODUL I ANIMASI 3 DIMENSI 1. a.... vertek atau edge pada sebuah obyek dapat dilakukan dengan memilih mode. G d.. a.. Edit Mode b. Split area b. Scuplt Mode d.. a.. Object Mode c. Untuk melakukan operasi pada poligon. Berikut ini yang merupakan fitur pembagi tampilan viewport pada Blender menjadi lebih dari satu tampilan viewport adalah .

Sun Light 10... Ketikan S + Z d. Terdapat pergerakan bone dimana bila bone 1 bergerak maka bone 2 dan 3 ikut bergerak... Constrait 11... F12 d. a. UV sphere modeling 7. Snap to edge 34 . I 9. Ketikan G + Z 8. Modifier b.BG 6. konsep tersebut merupakan bentuk rigging menggunakan. Sculpt modeling c... a.. Nurb modeling d. Ketikan R+Z b. World d.. Ketikan Z + R c. Bila Saudara ingin menggeser suatu obyek pada sumbu Z maka perintah yang Saudara lakukan adalah . R b.. Primitive modeling b. a. Point light b... Hemi Light d. Shortcut key yang digunakan untuk membuat suatu animasi adalah . Spot Light c. bila bone 2 bergerak maka bone 1 tidak bergerak dan bone 3 mengikuti bone 2. Fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat cahaya lampu senter adalah .. Model 3 Dimensi yang didapatkan dengan cara menyusun serangkaian kurva kemudian dibentuklah sebuah permukaan mengikuti pola kurva tersebut adalah model. Particle c. Fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat efek hujan adalah . Inverse Kinematic b. Shift + A c. a.. a. Forward Kinematic c. a..

a. F12 b. Salah satu teknik dasar permodelan 3D. Ctrl + F12 16. Mixing b. tube. Shortcut key yang digunakan untuk menambahkan sebuah obyek baru adalah .. Shift + A c.BG d... R b. a. cone.. torus... Rigging c. Editing d. Ctrl + F11 d. a.. Tekturing c... NURBS modelling d. Shortcut yang digunakan untuk proses rendering animasi pada software aplikasi Blender adalah…. pyramid.. Rendering 14. cylinder. Kemasan b.. Proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara kolektif dapat disebut sebuah file adegan). a. Proses penulangan yang tersusun dari beberapa potong tulang (Bone) yang saling berhubungan pada aplikasi animasi 3D disebut dengan. Tekturing d. Editing 13. dengan cara membuat model dari objek standar primitif seperti box. F12 d.. Primitive modelling c. a. sphere. blend modelling b. esc c. dan plane disebut dengan . melalui suatu aplikasi komputer disebut dengan. Constrait 12. I 15. sculpt modelling 35 .

Transparency 36 .... untuk mendapatkan perubahan posisi obyek pada posisi A ke posisi B . Untuk menutup suatu wilayah yang terbuka dengan menambahkan sebuah bidang baru pada edit mode digunakan shortcut. Salah satu teknik permodelan dengan melakukan manipulasi obyek. a. Pada aplikasi 3D Blender. J 18... Nurbs 20. D b.. A c.BG 17.. Diffuse d. Join d. ketik [R]+[Z]+180 d. ketik [R]+[Y]+180 b. Specular c. F d. Hardness b.. Bridge b. proses meninggikan sebidang poligon disebut proses. Extrude c. a. ketik [S]+[Y]+180 19. ketik [G]+[Y]+180 c. Untuk memberi warna pada obyek menggunakan material property yang terdapat terdapat pada. langkah yang perlu dilakukan adalah . a.. a.

Tutorial c. rumus. a. Socratic 3. Manipulasi b. Nominasi 5. Karena tuntutan klien d. dan latihan merupakan model media pembelajaran …. tabel. Media pembelajaran interaktif yang yang memuat penjelasan. Tombol NEXT dan BACK dalam sebuah aplikasi multimedia interaktif menunjukkan bahwa media tersebut memiliki interaktifitas pada level ….BG EVALUASI MODUL J PRODUKSI MULTIMEDIA INTERAKTIF 1. Hal ini berarti pak Andi menggunakan media pembelajaran interaktif tersebut sebagai …. Drill and practice b. Komunikasi 2. Suplemen c. Simulation d. a. prinsip. Gambar berikut ini merupakan format storyboard berbentuk No. Mengapa perlu dibuat storyboard? a. Umpan balik c. bagan. Biar keren b. Adaptasi d. Substitusi d. a. Agar dapat dibuat film c. definisi istilah. Frame/slide Visual Catatan Audio 37 . Pak Andi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif untuk melengkapi atau menunjang materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas. Sebagai gambaran cerita awal 4. Komplemen b.

Aplikasi training berbasis computer d. Aplikasi yang memerlukan informasi berurutan 9. Kartu d. Gunakan tata letak konsisten d. Memahami karakteristik media b. antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya d. kecuali …. salah satucara yangpaling tepat diperhatikan ketika membuat multimedia interaktif a. Single colom c. user lebih menyukai hal-hal yang bersifat sederhana tetapi mempunyai kekuatan/ bobot 7. Apa yang dimaksud dengan prinsip user compatibility dalam pembuatan antarmuka aplikasi? a. perangkat lunak seolah-olah mengenal usernya. Mencari informasi b. Gunakan penanda sebagai alat bantu bagi pengguna 38 . Presentasi c. mengenal karakteristik usernya. Berikut ini beberapa trik untuk tetap mempertahankan konsentrasi pengguna pada media pembelajaran interaktif. a. Tempatkan informasi dalam lokasi yang konstan b. Eksekusi audio visual d. Berikut ini adalah tahapan implementasi desain komunikasi visual dalam multimedia interaktif untuk pembelajaran. Menetukan tingkat pendidikan d. kecuali a. Double kolom b. Struktur navigasi linear sangat bagus untuk diterapkan pada hal-hal berikut ini. Simulasi b. kecuali …. antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya c.BG a. substitusi 6. a. dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum b. Merumuskan konsep komunikasi visual c. Pengujian 10. Pilih type huruf yang rumit c. Tujuan dari proyek yang sudah sangat jelas 8. Ketepatan waktu c.

Apa maksud dari script berikut ini? if (nama_tombol == "satu"){ gotoAndStop(2). Yellow box d. lompat dan berhenti di frame 2 b. Relative text b. White box b. F7 c. Jika tombol satu di tekan. Dari pernyataan berikut. Black box c.BG 11. isi frame 2 akan hilang d. Blue box 16. F8 d. Shape d. Dari pernyataan berikut ini. F6 b. a. manakah yang bukan merupakan jenis teks pada adobe flash? a. Kinerja 39 . Pengujian perangkat lunak yang didasarkan pada pengamatan yang teliti terhadap detail procedural dikenal dengan nama pengujian …. } a. Jika tombol satu di tekan. Interface b. a. F9 15. manakah yang bukan merupakan symbol dalam adobe flash? a. Static text 14. Input text d. lompat dan jalankan animasi pada frame 2 c. Button b. Dari pernyataan berikut ini. Graphic 12. Jika tombol satu ditekan. Jendela action pada adobe flash dapat dimunculkan dengan menekan tombol …. Dynamic text c. aplikasi akan menutup 13. Movieclip c. Jika tombol satu di tekan. kesalahan manakah yang tidak berusaha ditemukan dengan metode pengujian black box a.

onClick). Berikut ini adalah prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan antarmuka sebuah aplikasi. dari script act.CLICK. memberikan perintah untuk pindah frame d. system compability d. mendengarkan apa yang dilakukan pada button b. Uji petik c. Dalam aplikasi adobe flash komponen yang berfungsi mengelompokan dan mengatur isi sebuah movie adalah a. Ujia terbatas d. Toolbox *** semoga bermanfaat *** 40 . a. Timeline b. merupakan fungsi 20. Uji lapangan 18. apa fungsi dari addEventListener a. menunjukkan kejadian ketika pengguna di klik c. Uji ahli b. Berikut ini adalah tahapan pengujian aplikasi media pembelajaran interaktif. user compability b. kecuali ….btn. product compability c. Navigasi 17. kecuali a.addEventListener (mouseEvent. Struktur control d. Stage c. simplicity 19. Properties d.BG c.