You are on page 1of 6

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik : Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS)
Bahasan : 1.Pengertian PHBS
2.Tujuan PHBS
3.Manfaat PHBS
4.Kriteria PHBS dalam Rumah tangga
Sasaran : Warga Desa pulosari 1 Malang
Tempat : Balai Desa pulosari 1 malang
Hari/Tanggal : Sabtu 17 November 2012
Waktu : 1 x 30 menit

I. TUJUAN
STRUKSIONAL UMUM
Setelah di lakukan penyuluhan di harapkan masyarakat desa pulosari 1 malang
mampu memahami tentang PHBS
JUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah dilakukan penyuluhan selama 1x 45 menit, diharapkan masyarakat Pulosari
1dapat:
1. menyebutkan pengertian PHBS
2. menjelaskan tujuan dari PHBS
3. menjelaskn manfaat PHBS
4. menyebutkan kriteria PHBS dalam rumah tangga

II. SASARAN
Masyarakat dusu pulosari 1 malang

III. MATERI
1. Pengertian PHBS
2. Tujuan PHBS

PHBS dalam keluarga IV. bertanya. diskusi dalam rumah tangga memperhatikan. Demontrasi . 3. METODE 1. menjelaskan tujuan Phbs bertanya. Ceramah 2. menjelaskan kriteria PHBS bertanya. Pembukaan 5 menit Salam menjawab Apresiasi salam Kontrak memperhatkan penyuluh menyetujui kontrak 2. KEGIATAN OPERASIONAL NO TAHAP WAKTU PENYULUHAN KEGIATAN audience 1. Manfaat PHBS 4. Penutupan 10 menit mengevaluasi perasaan peserta mengungkapkan perasaan setalah setelah penyuluhan penyuluhan mengajukan beberapa bertanya tentang materi penyuluhan pertanyaan yang belum paham V. Tanya Jawab 3. Isi 15 menit menjelaskan pengertian PHBS memperhatikan. diskusi menjelaskan manfaat PHBS memperhatikan. diskusi 3.

VI.EVALUASI 1. Evaluasi Proses  Peserta antusias terhadap materi penyuluhan  Tidak ada peserta yang meninggalkan tempat penyuluhan  Peserta mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar 3. Evaluasi Struktur  Peserta hadir ditempat penyuluhan  Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan di Balai desa Pulosari 1 Malang  Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelumnya 2. Evaluasi Hasil  Masyarakat dapat menjelasakan pengertian PHBS  Masyarakat dapat menjelaskan tentang tujuan PHBS  Masyarakat dapat menjelaskan manfaat PHBS  Masyarakat dapat menyebutkan kriteria PHBS dalam rumah tangga mATERI PENYULUHAN . MEDIA  LCD  Leafleat (Terlampir) VII.

tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya. minuman. menggunakan air bersih . member bayi dan balita kapsul vitamin A. membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga di anjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan. kesadaran dan kemauan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat 3. 2003 : 118) PHBS itu jumlahnya banyak sekali Bisa Ratusan. Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) 1. memberi bayi ASI ekslusif 3. Pengertian PHBS adalah semua perilaku yang di lakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kegiatan kesehatan di masyarakat (Depkes. Rumah tangga Ber-PHBS adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di rumah tangga yaitu : 1. PHBS di rumah tangga di lakukan untuk mencapai rumah tangga Ber-PHBS. PHBS dalam rumah tangga PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu. tablet darah. menimbang balita setiap bulan 4. 2. Tujuan PHBS Meningkatkan pengetahuan.2007 : 2) PHBS adalah perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seseorang yang mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya (Notoatmodjo. misalnya tentang gizi: makanan beraneka ragam makanan. mengkonsumsi garam beryodium. mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan 2.

. Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit. tidak merokok di dalam rumah. Melakukan pendataan rumah tangga yang ada di wilayahnya dengan menggunakan Kartu PHBS atau Pencatatan PHBS di Rumah Tangga pada buku kader. Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat. Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada. . ambulans desa dan lain-lain. Manfaat PHBS Bagi Rumah Tangga : . memberantas jentik di rumah sekali seminggu 8. Anak tumbuh sehat dan cerdas. . arisan jamban. . pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu. . melakukan aktifitas fisik setiap hari 10. Peran leader dalam mewujudkan rumah tangga yang ber-PHBS . Anggota keluarga giat bekerja. mencuci tangan dengan air brsih dan sabun 6. Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah –masalah kesehatan. 4. menggunakan jamban sehat 7. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga. 5. makan buah dan sayur setiap hari 9. . Bagi Masyarakat: . . tabungan ibu bersalin.5.

. . Memberdayakan keluarga untuk melaksanakan PHBS melalui penyuluhan perorangan. Memantau kemajuan pencapaian Rumah Tangga Ber-PHBS di wilayahnya setiap tahun melalui pencatatan PHBS di Rumah Tangga. penyuluhan kelompok. . penyuluhan massa dan pergerakan masyarakat. . . Melakukan pendekatan kepada kepala desa/lurah dan tokoh masyarakat untuk memperolah dukungan dalam pembinaan PHBS di Rumah Tangga. Mengembangkan kegiatan-kegiatan ang mendukung terwujudnya Rumah Tangga Ber- PHBS. Sosialisasi PHBS di Rumah Tangga ke seluruh rumah tangga yang ada di desa/kelurahan melalui kelompok damawisma..