You are on page 1of 7

DIALOG KONSELING TERHADAP IBU HAMIL

DISUSUN OLEH : KELOMPOK II

1. NURALANG

2. NURDIANA TANDI PARE

3. ROBIATI SARAGIH

4. TRI WAHYUNINGSIH LOKLOMIN

5. MELINDA FELIA PUTRI

DOSEN PENGAMPU : SALLY TUARISSA. S.FARM., APT

YAYASAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PAPUA (YPMP)

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PAPUA

PROGRAM STUDI FARMASI

SORONG

2018

Perawat : kalau boleh tau usia kandungan ibu saat ini sudah berapa bulan? Pasien : baru mau masuk 4 bulan sus. kadang-kadang juga mual dan muntah. disertai dengan mual dan muntah. keluhan ibu apa yah? Pasien : begini sus. Perawat : apa ibu pernah minum obat sakit kepala atau obat mual sebelumnya. Robiati Saragih : Ibu Hamil 4. Perawat : kalau begitu saya tensi tekanan darah ibu dulu yah Pasien : iya sus Perawat : 120/90 (merapikan manset tensi) . KONSELING OBAT IBU HAMIL Pemeran: 1. Kalau boleh tau. Pasien : iya sus ( maju kedepan) Perawat : silahkan duduk bu.? Pasien : tidak sus. beberapa hari ini. Melinda Felia Putri : Asisten Apoteker Skenario : seorang ibu hamil bernama Ny. SCENE 1: tempat antrian menggu giliran untuk diperiksa oleh perawat. sya sering merasakan sakit kepala. Nurdiana Tandi Pare : Apoteker 3. Robiati 27 tahun datang ke klinik STIKES dengan keluhan demam. Nuralang : Dokter 2. Tri Wahyuningsih L : Perawat 5. takutnya nanti malah membahayakan anak saya. Perawat : atas nama ibu Robiati.

65 kg. rekam medis ibu robiati ( menyerahkan rekam medis). dan masuk kedalam ruangan dokter diikuti oleh pasien) SCANE 2: Ruangan Dokter Perawat : permisi dok. Silahkan duduk bu. Dokter :baik lah bu. dokter di klinik ini bu. Dokter : ohh iya ibu. saya antar keruangan dokter ( mengambil rekam medis pasien. terima kasih( mengambil dan melihat rekam medis) Perkenalkan saya nuralang. jadi selama sakit kepala yang disertai mual dan muntah. Pasien : nama saya Robiati dok. Dokter : iya bu.. Dokter : iya sus. silahkan msuk. (dokter mempersilahkan Perawat dan pasien duduk). kalau begitu saya akan resepkan obat sakit kepala dan obat mual untuk ibu (menulis resep) Pasien : (duduk tenang) . Pasien : (kembali duduk) Perawat : (mencatat hasil pemeriksaan tekanan darah dan timbangan berat badan).Perawat : Sekalian timbang berat badan ya bu. apa ada keluhan lain lagi? Pasien : tidak ada lagi dok. Pasien : terima kasih dok (duduk) Perawat : ini dok.. Pasien : iya sus ( mengikuti arahan suster) Perawat : (berdiri dan mempersiapkan timbangan berat badan). Kalau begitu saya keluar dulu yah dok.

0-0-1 Pro : Terius Umur : 54 tahun Alamat : jln. 18/01/2018 Nama Dokter: dr. ini diminum 3 x sehari sesudah makan yah bu. Alfiyan Sip. (0921) 3437602 No. tolong ditebus obatnya di apotek yah bu. 2 dd 1 tab R/ Bisoprolol 5 mg no X S. 1 dd 1 R/ Simvastatin no. Victory . semoga lekas sembuh. trus untuk mual muntah saya kasi vometa dan ondansentron diminum 3x sehari sebelum makan. Apotek Bersama Farma Jln. Pasien : Iya dok. serta vitamin yah bu 1x sehari.Papua Telp. terima kasih Dokter : sama-sama bu. resep : 01 tgl. 3 dd 1 tab R/ Lantus no. V S..Dokter : (menyerahkan resep) saya resepkan obat sakit kepala sanmol. Canal victory.X S. No : 440/45/KES/2014 R/ Diltiazim 30 mg no. Km 10 Sorong .X S.

apoteker di apotek Sehat. Assalamu alaikum Dokter : Iya mbak. yakni obat mual Vometa dan Ondansentron.SCANE 3: APOTEK As Apoteker : selamat siang bu. ini beneran diambil semua ya ? (bertanya kepada apoteker) Apoteker : coba saya lihat dulu resepnya. apakah obat ini benar-benar sangat di butuhkan oleh pasien tersebut dok ? Dokter : Oh iya mba. saya apoteker Diana dok. Apoteker : baik dok Terima kasih atas waktunya. Sanmol.Folavit dan Ondansentron apakah benar untuk pasien ibu robiati ? Dokter : iya benar itu obat yang saya resepkan. ada yang bisa saya bantu ? Pasien :iya ibu. kenapa ya mbk ? Apoteker : jadi pada resep tersebut diketahui ada obat yang polifarmasi dok. waalaikum salam . maaf telah menganggu. telfon dokter mulai berdering Dokter : Assalamu alaikum Apoteker : Waalaikum salam dok. As Apoteker : iya ibu tunggu sebentar dulu yah (melihat resep). kalau begitu pakai satu obat mual saja mba. ini saya mau nebus resep. ini obatnya kok banyak banget ya ?. Bu. memiliki efek terapi yang sama. begini dok saya mau menanyakan apakah ibu Robiati benar pasien dr? Dokter : sebentar saya cek dulu ( dokter mengecek nama pasien ) iya benar itu adalah pasien saya ada apa ya? Apoteker : begini dok resep yang dokter resepkan yang berisi Vometa. (melihat resep) Apoteker menelfon dokter.

dokter cua bilangnya semoga lekas sembuh. . Lalu As.. Apoteker :ohh tidak bilang ya bu. Apoteker : setelah minum obat ini. saya akan menjelaskan tentang obat yang akan ibu gunakan ? Pasien : iya mbak (Apoteker dan ibu Robiati duduk di ruang konseling) Apoteker : ini buk obatnya tadi yang resepkan dokter sanmol. dokter bilang apa mengenai efek yang akan muncul? Atau harapan setelah ibu minum obat? Pasien : tidak ada mba. obat mual dan vitamin. Apoteker mempersilahkan Pasien masuk keruangan Apoteker. apakah ada waktu sebentar bu.Setelah apoteker berkonsultasi dengan dokter lalu apoteker menyiapkan obat untuk ibu Robiati. Apoteker : apa tadi dokter menjelaskan mengenai obat ibu? Pasien : Iya mba. folavit dan ondansentron apakah ibu mau menebus semuanya? Jika iya total semuanya Rp. dengan ibu Robiati ya ? Pasien : iya mbak Apoteker : maaf telah menunggu. perkenalkan saya Diana apoteker di apotek ini. Apoteker : lalu dokter menjelaskan tidk bu mengenai cara minum obatnya seperti apa? Pasien : tadi sih dokter bilangnya untuk sanmol 3 x sehari sesudah makan. folavit 1 x sehari. sebelumnya apakah ibu Robiati juga mengkomsumsi obat lain.45. Apoteker : selamat siang bu. dokter bilang saya dikasi obat sakit kepala.buk bagaimana ? Pasien : iya mbak saya menebusnya semua saja sekalian. ondansentron 3 x sehari sebelum makan.000.

Apoteker : Iya bu saya sarankan pada saat ibu merasa mual. untu kiranya meminta bantua oran lain untuk memasak. Pasien : baik mbak.Pasien : tidak mba. Pasien : baik mbak. Pasien : iya mbak. (dan diiringi penjelasaan mengenai obat kepada pasien dari apoteker). Pasien : iya mbak. kalau untuk mualnya apa yang saya harus lakukan mbak? Apoteker : begini bu. Apoteker : okay jadi gini bu. saya sarankan supaya ibu menghindari penyebab mual. Apoteker : apakah ibu memiliki kotak obat di rumah ? Pasien : iya mbak saya punya kotak obat. dsni ibu diresepkan obat untuk sakit kepala ada Sanmol. Apoteker : iya bu. ibu minum 3 x sehari sesudah makan. terimakasih semoga lekas sembuh (Berjabat tangan) Pasien : iya mbak sama sama ( berjabat tangan dan keluar dari ruangan) ~~~ SELESAI~~~ . saya takutnya malah membahayakan kandungan saya. tapi untuk mengurangi mual. misanya pada saat ibu masak. pada dasarnya mual dan muntah untuk ibu hamil itu merupakan hal yang wajar. Apoteker : nanti obatnya di simpan di kotak obat ya buk Pasien : iya mbak Apoteker : untuk pembayarannya silahkan ke kasir ya buk. pantesan pada saat saya masak saya sering mual. usahakan juga kondisikan fikirannya relax dan menghindari sesuatu yang membuat ibuk stres.