You are on page 1of 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 04)

Sekolah : SMP N 1 Prambanan Klaten
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester : VIII G dan VIII H/ Satu
Materi Pokok : Menggambar Ilustrasi
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit (120 menit)

A. Kompetensi Inti

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KI Kompetensi Dasar Indikator
1. 1.1 Menerima, menanggapi Bersungguh-sungguh dalam
dan menghargai keragaman mengapresiasi dan berkreasi seni rupa
dan keunikan karya seni Bersemangat dalam berkreasi dan
rupa sebagai bentuk rasa mengapresiasi seni rupa
syukur terhadap anugerah
Tuhan
2. 2.1 Menunjukkan sikap 2.1.1 Memberikan tanggapan positif
menghargai, jujur, disiplin, terhadap orang lain dalam
melalui aktivitas mengapresiasi dan berkreasi

1

prosedur.3. Menggambar ilustrasi Membuat sket gambar ilustrasi dengan prosedur yang benar Mempresentasikan hasil gambar dalam diskusi kelas C.1.1 Mendeskripsikan konsep. 2 .1. 1.1 Memperhatikan peserta didik lain dalam mengapresiasi dan berkreasi seni rupa.1. 4. 3. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti proses pembelajaran. 2.1 Memberikan tanggapan positif terhadap orang lain dalam mengapresiasi dan berkreasi gambar ilustrasi. peserta didik dapat: 1.1. prinsip-prinsip.1.3 Memahami konsep dan Mendeskripsikan keunikan dan keindahan prosedur menggambar karya gambar ilustrasi ilustrasi Mendeskripsikan konsep.1. alat dan bahan.1 Mentaati tata tertib baik dalam mengapresiasi dan berkreasi menggambar ilustrasi. 2.2 Mentaati tata tertib baik dalam mengapresiasi dan berkreasi menggambar ilustrasi 3. KI Kompetensi Dasar Indikator berkesenian gambar ilustrasi 2.1 Bersemangat dalam berkreasi dan mengapresiasi seni rupa. dan teknik menggambar ilustrasi 5. 2.2. dan teknik menggambar ilustrasi. peduli.1. 2. dan unsur-unsur. alat dan bahan.2.2 Menunjukkan sikap Mengapresiasi dan berkreasi seni rupa bertanggung jawab. dan unsur- unsur. 3. dengan pertimbangan subjektif dan / dan santun terhadap karya objektif seni rupa dan pembuatnya Memperhatikan peserta didik lain dalam mengapresiasi dan berkreasi seni rupa 4.1.2. prosedur. prinsip-prinsip.1 Bersungguh-sungguh dalam mengapresiasi dan berkreasi seni rupa. 2.1.1.1.1 Mendeskripsikan keunikan dan keindahan karya gambar ilustrasi.2.2. 3.1 Mengapresiasi dan berkreasi seni rupa dengan pertimbangan subjektif dan / objektif.2.

kartun. b. foto. Gambar ilustrasi dapat diberi berwarna atau hitam putih saja. 4. Materi Pembelajaran 1.1. 4. Illustrasi berasal dari bahasa Belanda (illustratie) yang berarti menerangkan atau memperjelas. mempertegas. dan sekaligus memperindah suatu karangan.Tujuan dari gambar ilustrasi adalah memperkuat. dan surat kabar. Gambar ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita. dan tumbuh-tumbuhan.2.1. memperjelas. Pembuatan gambar ilustrasi dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan teknologi digital. Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia.menjelaskan. dan  menghiasi halaman buku.  menceritakan suatu karangan. majalah. Gambar- gambar tersebut dapat berdiri sendiri atau gabungan dari berbagai macam objek yang berbeda. Artinya karya gambar. PENGERTIAN Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas Ide cerita atau narasi. memperindah. memperjelas atau menerangkan naskah atau teks. dan lain-lain). hewan. dan Ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. komik. karikatur.  menjelaskan suatu naskah tertulis.menceritakan. ilustrasi sangat membantu mengembangkan imajinasi dalam memahami narasi. Jadi gambar Illustrasi adalah karya seni rupa dua dimensi yang berfungsi untuk :  menjelaskan suatu peristiwa.1 Mempresentasikan hasil gambar dalam diskusi kelas. majalah. Singkatnya.1. illustrasi adalah gambar yang berfungsi menerangkan. Dari bahasa Inggris (illustration). Fungsi dari gambar ilustrasi dapat juga dimanfaatkan untuk menghidupkan sebuah cerita. naskah tulisan tangan. dan memperkaya cerita atau narasi. dan c.1 Membuat sket gambar ilustrasi dengan prosedur yang benar. Gambar ilustrasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar. Objek gambar disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang dibuat. D. menghiasi halaman (buku. atau lukisan yang berfungsi: a. 3 . mengiringi naskah atau teks.

bentuknya disederhanakan atau dilebih-lebihkan. Di samping itu ilustrasi dalam bentuk bagan juga banyak digunakan dalam buku 4 .  Gambar Komik atau Cerita Bergambar. terdapat pada sampul buku atau majalah dan lain- lain.2.  Cover Cover berarti kulit. Misalnya dalam pelajaran biologi. Dalam pelajaran sejarah untuk menjelaskan bentuk candi borobudur akan lebih mudah jika mempergunakan gambar atau foto. di samping menampilkan kelucuan.  Gambar Ilustrasi Dekoratif. buku atau majalah agar penampilannya lebih menarik. Gambar kartun dianggap berhasil jika dapat membuat orang tertawa atau setidaknya dapat membuat orang tersenyum. yaitu rangkaian gambar yang saling melengkapi dan mengandung suatu cerita. yaitu gambar ilustrasi yang berfungsi menghiasi atau memperindah sesuatu. PENAMPILAN GAMBAR ILUSTRASI Gambar Ilustrasi Realis atau Naturalis. Dengan demikian karikatur juga berfungsi sebagai kontrol sosial. Pada dasamya pembuatan sebuah cover sama dengan pembuatan karya seni rupa yang lain yaitu mengutamakan unsur-unsur keindahan (estetika) dan seni (artistik) serta tidak meninggaikan fungsi utamanya sebagai sampul. Pada umumnya karikatur menggambarkan wajah tokoh atau pemimpin. Bedanya. yaitu gambar yang menampilkan kelucuan atau humor yang bertujuan menghibur. gambar karikatur juga berisi kritikan atau sindiran terhadap kepincangan yang terjadi di masyarakat. untuk memahami sistem pencemaan akan lebih mudah jika menggunakan gambar ilustrasi. Fungsi dari cover adalah untuk menambah daya tarik sebuah buku atau majalah. Dalam penyajiannya komik menceritakan sesuatu melalui gambar. yaitu gambar ilustrasi yang memiliki bentuk dan warna sama dengan kenyataan yang ada di alam tanpa ada pengurangan atau penambahan. Bahasa atau tulisan hanya sekedar pelengkap.  llustrasi Pada Buku Pelajaran llustrasi pada buku pelajaran sangat menolong dalam memahami suatu penjelasan. Dalam pembuatan cover ilustrator hendaknya memperhatikan isi dan karakter dari.  Gambar Kartun.  Gambar Karikatur Gambar karikatur sama dengan gambar kartun.

Uang kertas yang kita gunakan sehari-hari merupakan hasil kreatifitas yang memerlukan ketelitian yang sangat Einggi. Gambar Manusia Secara kodrati bentuk tubuh manusia bermacam-macam.' disamping untuk menambah daya tarik ilustrasi juga berfungsi untuk memberi penguatan pada tokoh yang digambarkan dalam naskah cerita. Dengan teknik arsir dan dekorasi yang indah uang didisain menjadi karya seni dua dimensi yang sangat menarik untuk digunakan.kurus. sedangkan besarnya kepala adalah kurang lebih sepertujuh bagian dari tinggi tubuh seluruhnya. gemuk.  Ilustrasi Uang Kertas Bayangkan jika uang kertas yang kita gunakan sebagai alat tukar tidak dilengkapi dengan ilustrasi di dalamnya. 3. Secara sederhana bagian-bagian tubuh manusia dapat kita tentukan sebagai berikut.anak.  Illustrasi Cerpen Daya tarik sebuah cerpen sangat dipengaruhi oleh ilustrasi yang mengiringinya. Tinggi seluruh tubuh jika dibagi dua maka pertengahannya merupakan letak pangkal paha. pelajaran untuk menjelaskan suatu proses atau metabolisme kehidupan di alam.pendek. Vignet dapat juga dikembangkan menjadi bentuk seni dekoratif yang berdiri sendiri sebagai karya seni. Antara pangkal paha sampai ubun-ubun dibagi tiga. anak. Semakin indah ilustrasi yang ditampilkan. Proporsi adalah perbandingan bagian dengan bagian dan bagian dengan keseluruhan. Bentuk vignet pada umumnya berupa gambar dekoratif. UNSUR-UNSURGAMBAR ILUSTRASI a. dewasa. akan membuat orang tambah penasaran untuk membacanya. jangkung. Sepertiga dari atas adalah letak pangkal leher. Sedangkan anatomi adalah kedudukan struktur tulang dan otot yang menentukan struktur keseluruhan tubuh. Akan tetapi secara garis besar untuk menggambar illustrasi manusia yang perlu diperhatikan adalah proporsi dan anatomi tubuh manusia.  Vignette Vignet sering kita jumpai dalam majalah yang fungsinya adalah untukmenghias dan mengisi ruang yang kosong. 5 . Pertengahan pangkal paha dan telapak kaki adalah letak lutut.

tetapi pada umumnya pria lebih tinggi dari wanita. b. apabila fungsinya untuk menambah keindahan. Media Hitam Putih Untuk media hitam putih bahan utama yang digunakan adalah tinta bak dengan menggunakan alat pena. 4.sehingga perlu diadakan pengamatan secara mendetail. maka cukup kesannya saja yang kita gambar.  Panjang tangan bagian atas sama dengan panjang tangan bagian bawah. dan rapido. Pusat perut dibuat untuk menentukan siku-siku.  Bahu pria lebih lebar dari wanita  Panjang telapak tangan kira-kira sama dengan panjang muka. hanya dapat digunakan pada media kertas. Gambar binatang Menggambar ilustrasi binatang pada prinsipnya sama dengan menggambar manusia yaitu memperhatikan proporsi dan anatomi. Gambar tumbuhan Tumbuhan memiliki bentuk yang beraneka ragam sesuai dengan jenisnya. 6 . b.  Proporsi tubuh wanita adalah sama. kuas. c. Cat Air Acrilik memiliki sifat transparan namun bisa juga digunakan pada me¬dia kanvas. sedangkan panjang telapak kaki kira-kira sama dengan panjang kepala. Apabila gambar tesebut digunakan untuk ilustrasi buku ilmu pengetahuan.  Letak bahu agak turun dari sepertiga bagian dari atas  Sepertiga bagian di atas pangkal paha jika dibagi dua adalah letak pusat perut. MEDIA MENGGAMBAR ILLUSTRASI Media dan alat untuk menggambar ilustrasi pada umumnya sama dengan menggambar yang lain. maka harus dibuat dengan secermat mungkin agar dapat mendekati bentuk yang sebenarnya. Media Pewarna  Cat Air (water colour) yang memiliki sifat transparan atau tembus pandang. namun secara garis besar dapat dibedakan sebagai berikut: a. Menggambar tumbuhan disesuaikan dengan kebutuhannya.

 Cat Plakat atau Cat Poster yaitu jenis cat air yang memiliki sifat plakat atau tidak tembus pandang artinya dapat menutup warna sebelumnya. Realia : Contoh karya gambar ilustrasi dengan objek yang berbeda-beda: manusia. Media. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). b. dan tumbuhan. Pendahuluan (15 menit ) Guru melakukan kegiatan pendahuluan sebagai berikut: a. hewan. Alat. Video : 2. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas VIII. dilanjutkan memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik. Kertas gambar ukuran A4 b. Model Pembelajaran kooperatif model discovery learning F. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal 18-32). Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VII. b. 7 . Metode Pembelajaran 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal 28-34). Pendekatan saintifik 2. b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Memotivasi peserta didik dengan cara menunjukkan salah satu contoh karya gambar model dan mendorongnya untuk memberikan tanggapan awal tentang karya gambar tersebut. dan Sumber Belajar 1. E. Cat air jenis ini juga sering disebut poster colour. Pensil 2B/3B c. Karet penghapus 3. Alat dan bahan a. Pensil Warna Pensil jenis ini memiliki pilihan warna yang cukup berfariasi penggunaannya sama seperti pensil biasa. Sumber Belajar a. Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa. G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Media a.

b. 8 . Penutup (15 Menit) Guru melakukan kegiatan penutup sebagai berikut: a. e. c. Mencoba/mengumpulkan data atau informasi: mengumpulkan informasi yang relevan dari Buku Siswa dan sumber-sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang karya gambar model sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik. 3. d. Kegiatan inti (90 menit) Dengan bimbingan guru. 2. Memberikan tes tertulis c. d. Mengamati: mengamati realia contoh karya gambar model dan mengidentifikasi hal-ikhwal yang belum atau ingin diketahui berkaitan dengan karya gambar tersebut. peserta didik melakukan langkah-langkah sebagai berikut: a. Menanya: membatasi dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan tentang menggambar model. Bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai. dan bagaimana prosedur menggambar model. Mengomunikasikan: mempresentasikan pengetahuan yang diperoleh tersebut dalam diskusi kelas. Memberikan tugas rumah untuk pengayaan dan pembelajaran remedial. Mengasosiasi/menganalisis data: menganalisis informasi yang diperoleh dan menarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai perolehan pengetahuan tentang menggambar model. e. d. kriteria. Membimbing dan memberikan penguatan kepada peserta didik dalam menyimpulkan pemahaman tentang menggambar model dengan teknik kering. Membahas dan menilai karya gambar model yang telah dihasilkan peserta didik. Menyampaikan tujuan pembelajaran. misalnya pengertian. f. Mencipta: menggambar model sesuai dengan prosedur dan teknik yang telah dipelajari. c. b. Membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam. f.