You are on page 1of 6

PENGARUH PEMBERIAN JENIS PAKAN ALAMI TERHADAP KELULUSHIDUPAN

dan PERTUMBUHAN LARVA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

EFFECT OF VARIOUS TYPES OF NATURAL FEEDS FOR SURVIVAL and GROWTH RATE KING
CATFISH LARVAE (Clarias gariepinus)

Oleh: Septian Adhi Prasetyo (07308141014) Prodi Biologi, Jurusan Pendidikan Biologi
Email: real_blue@ymail.com
Pembimbing : Suhandoyo, M.S
Reviewer : Ciptono, M. Si

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis pakan alami Artemia,
Tubifex, dan Daphnia terhadap kelulushidupan larva serta untuk mengetahui jenis pakan alami yang
memberikan pertumbuhan paling baik bagi larva ikan lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental dengan 3 perlakuan dan 1 kontrol menggunakan
ulangan sebanyak 5 kali. Penelitian ini menggunakan 3 jenis pakan alami hidup berupa Artemia,
Tubifex dan Daphnia serta suspensi kuning telur yang digunakan sebagai kontrol. Parameter yang
diukur adalah pertumbuhan (panjang dan berat) dan kelulushidupan. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan ANOVA apabila terdapat pengaruh yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan Uji
Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan alami dapat
meningkatkan pertumbuhan panjang dan berat serta kelulushidupan larva ikan lele Dumbo. Jenis
pakan alami yang dengan signifikan memberikan hasil paling baik pada pertumbuhan larva ikan lele
Dumbo adalah Tubifex sedangkan pakan alami Artemia memberikan hasil persentase kelulushidupan
tertinggi larva ikan lele Dumbo.

Kata Kunci: Clarias gariepinus, Artemia, Tubifex, Daphnia, pertumbuhan, kelulushidupan

Abstract

This research aimed to investigate the effect of natural food Artemia, Daphnia, and Tubifex
on survival and growth of king catfish larvae (Clarias gariepinus). This research is experiment
consisted of 3 treatments and 1 control, each treatment had 5 replication. The various of natural
feeds, were Artemia, Daphnia, Tubifex, and egg yolk as control. The parameters measured were the
growth of larval fish that include weight, length, and the percentage of survival of fish larvae. The
data were analyzed by ANOVA, followed by Duncan’s Multiple Range Test. The results showed that
natural feeds (Artemia, Daphnia, Tubifex, and egg yolk) affect the survival and growth of king catfish
larvae. Tubifex has highest influence on the weight and length of king catfish larvae. Artemia has
highest influence on the percentage survival of king catfish larvae.

Keywords : Clarias gariepinus, Artemia, Tubifex, Daphnia, growth rate, survival rate

PENDAHULUAN

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah diperoleh,
mempunyai gizi tinggi dan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi resiko
penyakit jantung. Hal inilah yang mendorong meningkatnya permintaan akan ikan konsumsi.
Ikan lele Dumbo (Clarias gariepinus) merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak

(2003) menunjukkan bahwa pakan alami yang berasal dari hewani memberikan hasil yang lebih baik daripada pakan alami nabati (Chlorella dan Skeletonema). Berdasarkan pemaparan mengenai pakan ikan alami yang cocok bagi pertumbuhan dan kelulushidupan larva ikan lele Dumbo. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang jenis pakan alami yang paling sesuai digunakan sebagai pakan alami larva ikan lele Dumbo sehingga dapat menjadi pilihan pakan bagi pembudidaya ikan lele Dumbo. Artemia merupakan pakan alami yang disukai ikan dan menghasilkan pertumbuhan yang baik pada beberapa jenis ikan seperti jambal siam atau Pangasius sutchi (Muchlisin. maka pada penelitian ini pakan ikan alami yang meliputi Artemia. Fase yang paling kritis pada pembenihan ikan lele Dumbo berada pade fase larva dimana ikan sangat rentan akan resiko kematian.dibudidayakan oleh masyarakat. Penelitian Woro. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Peningkatan budidaya ikan lele Dumbo diimbangi dengan adanya upaya peningkatan jumlah benih ikan lele Dumbo. Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Unit Pengelolaan Hewan. pakan alami mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan larva ikan. dan Tubifex serta pakan kontrol berupa suspensi kuning telur digunakan sebagai pakan alami larva ikan lele yang berumur 3 hari setelah menetas sampai dengan umur 1 bulan. METODE PENELITIAN Jenis Penelitian Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental dengan 3 perlakuan pakan alami dan 1 kontrol mengunakan ulangan setiap perlakuan sebanyak 5 kali. Universitas Negeri Yogyakarta. menyatakan pemberian pakan alami Artemia dan Tubifex dan kombiansi kedua pakan tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan larva ikan lele Dumbo. dkk. 1997).. (2008). Penelitian Muchlisin. ikan masih sensitif terhadap faktor lingkungan dan faktor makanan. Stadium larva ikan lele Dumbo belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. dkk. Daphnia. Penelitian ini dimulai 16 Februari hingga 16 Maret 2012. Hal ini dikarenakan pada fase larva. .

Daphnia (kutu air). Sampel penelitian adalah sebanyak 500 ekor larva ikan lele Dumbo yang diambil secara acak dari pemijahan 1 induk jantan dengan 2 induk betina ikan Lele Dumbo oleh pembudidaya ikan Bapak Rohmad di Berbah. kemudian dihitung rata-rata berat tubuh per individu. sedangkan untuk kuning telur disuspensikan ke dalam air bersih.Populasi dan Sampel Penelitian Populasi penelitian adalah larva ikan lele Dumbo yang didapat dari hasil proses pemijahan induk ikan lele Dumbo oleh pembudidaya ikan Bapak Rohmad di Berbah.00 WIB. Pemberian pakan larva ikan lele Dumbo Pakan yang diberikan berupa Artemia. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari yaitu pukul 10. Pengukuran berat dan panjang tubuh larva ikan lele Dumbo Berat tubuh diukur tiga kali selama pemeliharaan. Perhitungan panjang tubuh dengan meletakkan larva ikan di atas milimeterblok. Pemeliharaan larva ikan lele Dumbo Pemeliharaan larva ikan lele Dumbo dilakukan pada aquarium yang berukuran 30x20x20 cm sebanyak 20 buah dengan tiap aquarium berisi 25 ekor larva ikan lele Dumbo selama 30 hari. Tubifex sebanyak 70% dari total berat tubuh ikan.00 dan 16. Sleman. Pakan alami Artemia. dan Daphnia (kutu air) sebelumnya dikultur di tempat yang terpisah. Sleman. Ichsan (1997): Pertambahan Berat Wm = Wt – Wo Wm : Pertambahan berat (gr) Wt : Berat akhir larva ikan lele Dumbo (gr) Wo : Berat awal larva ikan lele Dumbo (gr) Pertambahan Panjang Lm = Lt – Lo Lm : Pertambahan panjang (mm) Lt : Panjang akhir larva ikan lele Dumbo (mm) Lo : Panjang awal larva ikan ikan lele Dumbo (mm) . Pengukuran dengan cara sampling masing-masing perlakuan 3 ekor larva ditimbang menggunakan timbangan analitik. 2. Prosedur 1. Yogyakarta. Yogyakarta. Pengukuran pertambahan berat dan panjang tubuh menggunakan rumus yang dikemukan oleh M.

9 70.006 gr sedangkan panjangnya 5 mm.9 65 3 Daphnia 0. pertambahan panjang tubuh larva ikan lele . Perhitungan kelulushidupan larva ikan lele dumbo. Larva ikan lele Dumbo yang diperoleh dari pemijahan induk lele Dumbo berumur kurang lebih 1 tahun. Panjang Badan dan Kelulushidupan Larva Ikan Lele Dumbo Selama Penelitian No JenisPakan Pertambahan Kelulushidupan (%) PertambahanBerat(gr) Panjang Badan (mm) 1 Artemia 0. Penghitungan Pertambahan Berat.4 2 Tubifex 0.9 64. Persentase kelulushidupan larva ikan lele Dumbo dihitung pada akhir penelitian dengan rumus yang dikemukakanolehM.971 47. Tabel 1. Jika hasil analisis ragam diketahui bahwa perlakuan menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata maka untuk membandingkan antar perlakuan dilanjutkan dengan uji DRMT (Duncan’s Multiple Range Test).288 26.971 gr). Ichsan (1997): SR = x 100% SR : Tingkat kelulushidupan (%) Nt :Jumlah total larva ikanhidupsampaiakhirpenelitian No :Jumlah total larva ikanpadaawalpenelitian Teknik Analisis Data Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan bantuan program SPSS menggunakan ANOVA (Analysis of Variance).7 51.8 4 KuningTelur 0. Larva yang digunakan berumur 3 hari setelah penetasan dimana larva mulai makan karena cadangan makanan berupa kuning telur telah habis. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Hasil penelitian mengenai pengaruh jenis pakan alami terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan larva ikan lele Dumbo (Clarias gariepinus) dengan parameter pertumbuhan yang meliputi pertambahan berat dan panjang tubuh serta parameter kelulushidupan dengan presentase kelulushidupan larva ikan lele Dumbo.2 Parameter pertumbuhan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertambahan berat dan panjang tubuh ikan lele Dumbo. Hasil pengukuran berat larva ikan lele Dumbo menunjukkan pertambahan berat paling besar selama penelitian hingga umur larva ikan lele Dumbo 30 hari adalah larva ikan lele dengan pakan alami berupa cacing Tubifex ( 0. Penimbangan berat larva ikan lele Dumbo pada awal penelitian adalah 0.216 23. 3.134 17.

4% kemudian pakan cacing Tubifex 65% dan Daphnia 64. Cacing Tubifex memiliki serat kasar yang sangat rendah yaitu sebesar 0.3%) sedangkan suspensi kuning telur 17%. 2008).. Kualitas air ini memenuhi kriteria bagi larva ikan lele Dumbo untuk dapat tumbuh dengan optimal.Dumbo selama penelitian berbanding lurus dengan pertambahan beratnya.9 mm). Kandungan protein pada pakan Artemia sebesar 40-60%. Kelulushidupan dari larva ikan lele Dumbo menunjukkan hasil yang berbeda dengan laju pertumbuhannya. suhu pemeliharaan .2%. Parameter kualitas air yang diukur berupa pH air.2 mg/l. Walaupun suspensi kuning telur adalah makanan yang dikenali oleh larva ikan gurami setelah kuning telur (egg yolk) habis. Berdasarkan hasil yang diperoleh pertumbuhan larva ikan yang paling baik adalah larva ikan dengan pakan berupa cacing Tubifek jauh melebihi pertumbuhan larva ikan lele Dumbo dengan pakan yang lain (Artemia. Rata-rata pH air aquarium yang diukur adalah 7. dan kuning telur). untuk parameter kandungan oksigen karena keterbatasan alat sehingga yang diuji merupakan sumber air yang digunakan yaitu sebesar 4. sperti dikemukakan Kairuman dan Kairul Amri (2002). dari segi nutrisi semua jenis pakan alami memenuhi kebutuhan pakan bagi larva ikan lele Dumbo.5% (Alynla and Akande. Larva ikan lele Dumbo dengan pertambahan panjang tubuh paling besar yaitu pada larva ikan lele Dumbo dengan pakan cacing Tubifex (47. 1986 dalam Woro.8% dan hasil yang paling rendah adalah kuning telur 51. dkk. Larva ikan lele Dumbo dengan pakan berupa Artemia menunjukkan prosentase kelulushidupan tertinggi yaitu mencapai 70. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan rendah. sehingga cacing Tubifex yang hidup bergerombol di dasar perairan yang mengandung bahan organik merupakan makanan yang paling sesuai dengan kebiasaan makan larva ikan lele. Tubifex (57. suhu air dan kandungan oksigen terlarut pada air kolam aquarium. Kebutuhan protein bagi larva ikan lele Dumbo sebesar 37. Perilaku makan larva ikan lele dumbo dimana memiliki kebiasaan makan di dasar perairan dengan makanan berupa detritus (Viven. 2008).5°C. tetapi jumlah protein yang ada di dalam kuning telur sangat sedikit.29% sehingga lebih mudah dicerna dengan sempurna bagi larva ikan lele Dumbo. Daphnia (50%).1 sedangkan suhu air rata-rata 28. Ukuran pakan yang sesuai dengan bukaan mulut juga mempengaruhi kemampuan larva ikan dalam memakan makanannya.Isnansetyo dan Kurniastuti (1995) menyatakan bahwa ukuran pakan yang terlalu kecil dan tidak sesuai dengan bukaan mulut larva dengan aktivitas yang sama maka jasad yang dimakan akan rendah. Daphnia. 1988 dalam Woro dkk.

. 2. maka dapat disimpulkan sebagai berikut. 2008. 3. Hendro Ponco W.Secara tidak signifikan pemberian pakan alami berupa Artemia memberikan kelulushidupan paling tinggi bagi larva ikan lele Dumbo. 2008. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 1997. 1999. 2002. Jakarta: AgroMedia Pustaka. Biologi Perikanan. Budidaya Lele Lokal Secara Intensif.5-8 dan kandungan oksigen terlarut minimal 3ppm. Redaksi AgroMedia. Isnansetyo Alim dan Kuniastuty. Pakan Alami Ikan. Khairuman dan Khairul Amri. Rina Fauziah. Jenis pakan alami yang secara signifikan paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan larva ikan lele Dumbo adalah Tubifex. No 2 Z. M. Pengaruh Kombinasi Pakan Alami yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Larva Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). No 2. SIMPULAN DAN SARAN Berdasarkan hasil penelitian yang telah. Pemberian makanan tambahan selain makanan alami. Muchlisin. . S.1995. Ahmad Damhoeri. Pakan alami Artemia. DAFTAR PUSTAKA Abbas Siregar Djarijah. Berkala Ilmiah Perikanan Vol. Ichsan Effendi. Yogyakarta: Kanisius. pH air untuk kehidupan lele Dumbo 6. 1. Muhammandar dan Musri Musman. 2008. Pengaruh Beberapa Jenis Pakan Alami Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Larva Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Teknik Kultur Fitoplankton dan Zooplankton (Pakan Alami untuk Organisme Laut).lele Dumbo antara 20-30°C dengan suhu optimal 27 °C. Biologi Vol. 3.. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama. Jakarta: Penebar Swadaya. dan Daphnia dapat meningkatkan pertumbuhan serta kelulushidupan larva ikan lele Dumbo. Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Beternak Lele Dumbo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. hal ini dapat terlihat adanya pertambahan berat dan panjang pada masing-masing perlakuan. Woro Hastuti S. Akhmad Taufiq M. 2003. Jakarta: Penebar Swadaya. Kombinasi pakan alami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Pengaturan suhu yang ideal dan konstan selama pemeliharan larva ikan lele Dumbo. SARAN 1. Kholish Mahyuddin. Rachmatun Suyanto. 1995. 2. 3. Budidaya Ikan Lele (ed Revisis). Tubifex. A.