You are on page 1of 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah : MTs Negeri 1 Subang
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : IPA
Tema : Tugas Proyek
Alokasi Waktu : 3 jp

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran), peserta didik dapat memecahkan masalah yang
relevan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menyelesaikan tugas Projek pemecahan masalah secara berkelompok, peserta didik dapat
menyelesaikan tugas Projek “menentukan cara termurah membeli minuman” sampai dengan
menyusun laporannya atau tugas yang dipilihnya.
3. Semua kelompok melakukan presentasi hasil tugas Projek, peserta didik dapat melakukan refleksi
terhadap laporan kelompoknya masing-masing.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar
(baku)

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup,dan
lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
4.1.6 Menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran) untuk memecahkan masalah yang
relevan

C. MATERI PEMBELAJARAN

Tugas proyek ini melatih peserta didik untuk memecahkan masalah otentik, artinya masalah
yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengamatan terhadap objek
(termasuk pengukuran).

D. PENDEKATAN , METODE DAN MODEL PEMEBELAJARAN

1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Observasi
3. Model : Pembelajaran Berbasis Proyek

E. MEDIA, ALAT / BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Laptop, LCD/Infokus, model atau ppt tentang tentang tugas proyek
b. Alat dan bahan : Sesuai Buku Peserta didik (box cara ekonomis membeli minuman serta
Tugas Projek di bagian akhir Evaluasi Bab I Buku pegangan bagi
peserta didik).
c. Sumber belajar : Wahono, dkk. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 36 -37.
Wahono, dkk. 2013. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 26 - 27.

Mengasosiasi: 6) Peserta didik melakukan diskusi kelompok dan melakukan perbaikan mengenai tugas projeknya. peserta didik dapat memecahkan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Pendahuluan(10 menit) 1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. cara ekonomis membeli minuman. Menanya: 4) Peserta didik menyusun pertanyaan berkaitan dengan penyelesaian tugas projek yang dipilihnya. Penutup (10 menit) 1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini. 2) Peserta didik memilih salah satu tugas Projek pemecahan masalah yang dipilih secara berkelompok. Mengumpulkan Data: 5) Peserta didik melakukan penyelesaian tugas projek. halaman 22). Buku Siswa halaman: 18. atau (3) Tugas Projek (bagian akhir Evaluasi Bab I Buku Siswa. 5) Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru. Mengamati: 3) Peserta didik melakukan pengamatan berkaitan dengan tugas projek yang dipilihnya. Kegiatan inti(100 menit) 1) Peserta didik membentuk kelompok. (2) Memecahkan Masalah: Menentukan konsentrasi larutan. .F. dengan jumlah anggota 3 – 5 anak. 3) Peserta didik memilih tugas berkaitan dengan pemecahan masalah: (1) Lihat Box: Projek pemecahan masalah. b. 4) Menerima informasi portofolio yang harus disusun. Buku Siswa halaman 17. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN a. c. yaitu: menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran). 2) Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran. Mengomunikasikan: 7) Semua kelompok melakukan presentasi hasil tugas Projek dan melakukan refleksi terhadap laporan kelompoknya masing-masing.

Subang. 2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik. Drs. S. 19810318 200604 1001 . Wawan Soleh Setiawan.Pd Yanto Abdullah. PENILAIAN (Instrumen Penilaian Terlampir) Metode dan Bentuk Instrumen Metode Bentuk ⚫ Penilaian Sikap Lembar pengamatan sikap (ilmiah dan Sosial) ⚫ Penilaian Proyek Lembar penilaian proyek ⚫ Penilaian portofolio Lembar penialaian portofolio Mengetahui. 19540728 198503 1001 NIP.Si NIP. 3) Guru menyampaikan informasi pertemuan berikutnya. Juli 2018 Kepala Madrasah. M. yaitu: Ulangan Harian materi pokok Objek IPA dan Pengamatannya H.

Lampiran 1. Hari. Penilaian Sikap Lembar Pengamatan Sikap Sosial Kelas : ………………………. Sikap Tanggung Jawab No Nama Peserta Didik Keterangan Kerja sama Disiplin Santun Jujur Keterangan Penskoran : 4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang 3 = tidak sesuai aspek sikap apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan 2 = sering tidak sesuai aspek sikap 1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap Lembar Pengamatan Sikap Ilmiah No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan 1 Rasa ingin tahu (curiosity) 2 Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan 3 Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 4 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar . tanggal : ………………………. Materi Pokok/Tema : ……………………….

⚫ berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.aktif dalam dalam kegiatan kelompok ⚫ Menunjukkan rasa ingin tahu.sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun didorong untuk terlibat 2 Ketelitian dan hati-hati ⚫ Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur.berupaya tepat waktu.antusias. dan tugasnya tidak selesai 4 Berkomunikasi ⚫ aktif dalam tanya jawab. kurang menghargai pendapat siswa lain . tidak ikut mengemukakan 1 gagasan atau ide. menghargai pendapat siswa lain ⚫ aktif dalam tanya jawab.hati dalam melakukan percobaan ⚫ Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur.namun tidak terlalu 2 antusias. dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh ⚫ Tidak menunjukkan antusias dalam 1 pengamatan. 2 namun belum menunjukkan upaya terbaiknya ⚫ Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam 1 menyelesaikan tugas. 3 hati-hati dalam melakukan percobaan ⚫ Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur.dapat mengemukaan 3 gagasan atau ide.menghargai pendapat siswa lain ⚫ aktif dalam tanya jawab.kurang 1 hati-hati dalam melakaukan percobaan 3 Ketekunan dan tanggung ⚫ tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil 3 jawab terbaik yang bisa dilakukan.kurang 2 hati. tidak ikut mengemukaan 2 gagasan atau ide.Rubrik Penilaian Perilaku No Aspek yang dinilai Rubrik Skor 1 Rasa ingin tahu ⚫ Menunjukkan rasa ingin tahu yang 3 besar.

3) Atur kumpulan karya tersebut semenarik mungkin. sehingga audiens tertarik dengan kemampuan Anda. dengan cara: 1) Lalukan evaluasi terhadap diri sendiri.Lampiran 2. laporan praktikum. “Kemampuan apa yang telah saya kuasai?” atau “Kemampuan terbaik apa dalam IPA yang telah saya kuasai?” 2) Pilih kumpulan karya Anda untuk mendukung jawaban tersebut. 6 kaleng berisi 250 mL. Karya tersebut misalnya: LKS yang telah diisi. 1 botol besar berisi 2 L (2000 mL) dengan harga Rp. 10.000. 2. PR yang telah dinilai guru.00 tiap kalengnya Menentukan masalah Menentukan harga minuman setiap liternya 2 Pelaksanaan Bagaimana strateginya? Lakukan perbandingan kedua harga setiap liter minuman tersebut Bagaimana penerapannya? Harga minuman Harga setiap liternya = Volume minuman (L) 3 Hasil Hasil Minuman dengan harga relatif lebih murah .00 b. Instrumen Penilaian Tugas Proyek No Tahapan Skor 1 – 3 1 Persiapan Mengidentifikasi apa yang diketetahui a. Rubrik Penialaian Portofolio . untuk menjawab pertanyaan. dengan harga Rp. dan lain-lain.Penilaian Tugas Portofolio Susunlah kumpulan karya Anda dengan tema “Apa yang telah saya kuasai”.000. hasil ulangan.

Lampiran 3. Tugas Proyek 1 Lembar Kerja Siswa Apa yang diketahui? Apa Masalahnya? Bagaimana strateginya? Bagaimana Penerapannya? Kesimpulan: ____________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________ .

.

tinggi kecambah dari permukaan tanah 2 cm. Selang 5 hari kemudian. Pada awal pengukuran. ternyata tinggi kecambah menjadi 8 cm. dalam satuan g/L? Apa yang diketahui? Apa Masalahnya? Bagaimana strateginya? Bagaimana Penerapannya? 2.Lampiran 4. berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi. Berapakah laju pertumbuhannya? . Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air. Anita menanam kacang hijau dalam pot. Tugas Proyek 2 1.

Apa yang diketahui? Apa Masalahnya? Bagaimana strateginya? Bagaimana Penerapannya? .

Memecahkan Masalah .