You are on page 1of 15

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Terkait dengan terjadinya globalisasi dan pesatnya

perkembangan teknologi yang memudarkan batas-batas antar negara,

pasar pariwisata tidak lagi hanya menjadi konsumsi wisatawan

domestik tetapi juga wisatawan manca negara. Pesatnya pertumbuhan

teknologi dan informasi manusia justru mulai merindukan alam yang

natural. Konsep ekowisata yang menjadi digemari oleh wisatawan.

Wisatawan menginginkan konsep wisata “back to nature” (kembali ke

alam). Sehingga mulai bermunculan destinasi wisata yang menerapkan

konsep tersebut, termasuk di Indonesia.

Ide pemerintah pusat untuk memunculkan isu pengembangan

desa wisata sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan wisata

berbasis kepada alam, merupakan bagian dari respon pemerintah atas

isu global tersebut. Melalui desa wisata diharapkan masyarakat dapat

mengeksplorasi tidak hanya kondisi geografis alam tetapi juga sosial,

budaya, dan tradisi mereka. Desa wisata tidak hanya menarik bagi

wisatawan, tetapi juga sebagai ajang untuk mempertahankan tradisi

yang sudah mulai memudar karena perkembangan zaman.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu

daerah yang serius dalam mengembangkan desa wisata. Hal tersebut


 

Bobung Kerajinan kayu 3. Gunungkidul memang merupakan kabupaten yang memiliki bentang alam yang menjanjikan untuk sektor pariwisata. budaya 5. Ngestirejo Mancing. Mojo Goa Jlamprong 6. Mulo Lembah karst 12. Kemuning Kali Oya. Jelok Pertanian. 18 diantaranya terdapat di Kabupaten Gunungkidul. telaga 16. budaya 15. Ngawis Susur goa. Nglanggeran Gunung merapi purba 2. Bedoyo Bentang karst 18 Kenteng Goa Song Gilap Sumber: Dinas Pariwisata DIY 2    . Turunan Wanawisata 14. Bleberan Air terjun Sri Getuk 4. Pada tahun 2011 terdapat 104 desa wisata yang tercatat di Dinas Pariwisata DIY dan 45 diantaranya mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat program PNPM pariwisata. panjat tebing 9. Kemadang Pantai 10. Nama Desa Wisata Potensi yang Dimiliki 1. Terbukti dari 18 desa wisata tersebut hanya 1 yang tidak memiliki potensi alam. Kalisuci Goa Suci 7.1 Desa Wisata di Gunungkidul Tahun 2011 No. kali Oya 13. Wonosadi Keanekaragaman hayati 11. Seperti yang tedapat pada tabel berikut: Tabel 1. Bejiharjo Goa Pindul. Gombang Goa Serapan 17. Desa wisata yang berjumlah 104 yang ada di DIY. dapat diketahui dari banyaknya jumlah desa wisata yang ada dan peran serta pemerintah sebagai fasilitator. Umbulrejo Goa Cokro 8.

000. Bantuan dana PNPM pariwisata untuk desa wisata di Gunung Kidul hanya diberikan kepada 9 desa. Bleberan 100. Bejiharjo 100. Desa Wisata Bejiharjo di Kecamatan Karangmojo.000.000.000 2. Kemegang 100.000 9.000 7.000 Sumber: Dinas Pariwisata DIY Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki kondisi geografis yang dapat dikembangkan menjadi sebuah desa wisata. Nglanggeran 100.000. Pacarejo 70.000 5.2 Desa di Gunungkidul Penerima Bantuan PNPM Pariwisata Tahun 2012 No. Nama Desa Jumlah Bantuan 1.000 3.000. Mulo 70.000. Lebih jelasnya dapat dilihat dari tabel sebagai berikut: Tabel 1.000. Dari 18 desa wisata yang ada di Gunung Kidul tidak semuanya menerima bantuan dari pemerintah melalui PNPM pariwisata.000. Proses pengembangan dan pengelolaan juga menjadi salah satu faktor penting di dalamnya.000 4. Namun tidak hanya kondisi geografis semata yang diperlukan untuk mengembangkan sebuah desa wisata. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu desa 3    .000 6.000 8. Tepus 70. Ngastirejo 100. Umbulrejo 70.000.

2 Desa Wisata Bijiiharjo terletak di d Desa Bejiharjo. Gambar 1. B Kecamatan Karangm mojo.net 4    . Hal ini ditunju ukkan dengan terrpilihnya Desa D Wisataa Bejiharjo sebagai dessa wisata teerbaik nasional tahun t 2012.. wisata yaang memiliki pengelolaan yang baik.1 Peta Wisata Kab bupaten Gunnungkidul Sumbeer: www.dessawisatabejjiharjo. Kabu upaten Gunungkiidul. mendapatk kan juara saatu lomba ddesa wisataa DIY oleh dinass pariwisataaa provinsi DIYpada tahun t 2012. Peenelitian ini bertujuan untuk u menggetahui polaa pengembaangan Desa Wisata Bejihaarjo sehing gga mendaapatkan penghargaan desa wisata terbbaik tingkatt nasional pada p tahun 2012. serta perin ngkat satu penghhargaan dessa wisata daarri PNPM. Daerahh Istimewa Yogyakarta Y a.

Dengan 20 dusun yang berada di dalamya dan memiliki potensi wisata masing- masing. Namun hingga saat ini hanya terdapat lima destinasi wisata yang paling diminati dan dikembangkan oleh masyarakat yaitu Goa Pindul. 5    . sungai. Desa Bejiharjo merupakan satu-satunya desa wisata yang ada di Kecamatan Karangmojo.94 ha sehingga menjadikan desa ini sebagai desa terbesar di Kecamatan Karangmojo. Sungai Oyo. Goa Sriti dan Telaga Mriwis Putih. Dua puluh lima persen wilayahnya merupakan hutan negara. dengan luas wilayah 2200. Goa Glatik. telaga. Di desa tersebut terdapat 12 goa. serta areal persawahan dan perikanan serta perkebunan kayu putih dan beberapa situs purbakala yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Grogol I 16. sehingga banyak 6    . Karangmojo 8. Grogol V 20. Kulwo 13.000 jiwa. Gunungsari 15. Karanglor 9. Grogol II 17. Banyubening II 12. Nama Dusun 1. Sokoliman I 2. Gelaran I 6. Tabel 1. Sokoliman II 3. Grogol VI Sumber: Biro Tapem Setda DIY Desa Bejiharjo merupakan desa dengan penduduk terbanyak di Kecamatan Karangmojo dengan jumlah penduduk lebih dari 16.3 Dusun di Desa Bejiharjo No. Banyubening I 11. Bulu 10. Sebagian besar penduduk merupakan petani. Gelaran II 7. Ngringin 14. Gunungbang 5. Seropan 4. Grogol IV 19. Grogol III 18.

serta doger. dan sebagainya. reog. Di indonesia kesenian ini hanya terdapat di dua daerah yaitu di Pacitan. Banyak warga di dusun ini yang berprofesi sebagai pengrajin blangkon. Dalam upacara ini biasanya dipentaskan beberapa kesenian seperti pentas anak. suasana kekeluargaan dan gotong royong masih sangat kental terasa di desa ini dan sudah menjadi bagian dari budaya setempat. PNS. serta wiraswasta. Desa Bejiharjo selain memiliki budaya dan kuliner yang dapat menambah daya tarik wisatawan juga memiliki sentra kerajinan. 7    . Seperti halnya sebuah desa. Desa Bejiharjo selain memiliki sentra kerajinan blangkon juga terdapat beberapa kesenian tradisional yang rutin diadakan oleh masyarakat seperti wayang beber. Sentra kerajinan yang dapat ditemui di desa ini yaitu sentra kerajinan blangkon yang ada di Dusun Bulu. Upacara rasulan merupakan upacara yang diadakan sebagai wujud syukur atas apa yang masyarakat dapatkan dari hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Setiap dusun di Desa Bejiharjo ini rutin mengadakan upacara rasulan. Wayang beber merupakan visualisasi sebuah legenda yang menceritakan kisah asmara antara Raden Aji Asmara Bangun dengan Dewi Sekar Taji. ditemukan lahan berupa sawah di desa ini. reog. berbagai jenis blangkon diproduksi setiap hari. Sedangkan sebagian lainnya merupakan pengrajin. campur sari.

Wayang beber merupakan kesenian yang diwariskan oleh Kasunanan Surakarta saat Sunan Paku Buwono II memimpin yaitu tahun 1727. Reog Telaga Miliwis Putih 4. Wayang beber dipentaskan oleh dua belas orang termasuk dalang dan parogo serta dengan durasi satu setengah jam. penongsong. Sentra Kerajinan Blangkon Goa Gelatik 5. dan para prajurit. yang terdiri dari penthul dan tembem. Reog merupakan kesenian tradisional yang dimainkan oleh sepuluh orang. kecrek. prajurit udeng gilig. prajurit kuda kepang. Kesenian doger ini umumnya dikenal dengan jathilan di daerah lain. Kesenian ini dimainkan dengan iringan musik tradisional kendang/dhodok. yaitu kesenian yang mirip dengan reog. Tapi bedanya doger pada umumnya dimainkan oleh orang dewasa. dan angklung. Doger Goa Pindul 2.4 Daya Tarik di Desa Wisata Bejiharjo Nomor Daya Tarik Budaya Daya Tarik Alam 1. sedangkan reog biasanya dimainkan oleh anak-anak. bendhe. Jawa Timur dan di Desa Bejiharjo. Selain wayang dan reog juga terdapat doger. Doger memiliki adegan-adegan yang berbahaya seperti memecah batu dan memakan pecahan gelas. Wayang Beber Sungai Oyo 3. Goa Sriti (Sumber: Website resmi Desa Wisata Bejiharjo) 8    . Tabel 1.

Pihak pengelola pun memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengeksploitasi Goa Pindul sehingga terkesan mengabaikan pengembangan daya tarik lainnya. Bahkan mereka tidak mengetahui bahwa Desa Bejiharjo merupakan desa wisata dengan berbagai daya tarik dan Goa Pindul merupakan objek unggulannya. serta budaya yang ada membuat Desa Bejiharjo memiliki potensi yang luar biasa. Hampir seluruh pengunjung yang datang hanya ingin menikmati daya tarik yang ditawarkan oleh Goa Pindul. kondisi geografis. Goa Pindul menjadi objek utama yang berkembang. Hal tersebut membuat keberadaan daya tarik lain yang ada menjadi seolah-olah tertutupi oleh kepopuleran Goa Pindul. Perkembangannya yang terjadi sekarang ini. Sebelumnya Desa Bejiharjo merupakan desa budaya. Potensi tersebut diantaranya adalah hutan kayu putih serta hutan lindung dengan keanekaragaman flora. Hingga saat ini 9    . Bahkan identitas awal Desa Bejiharjo sebagai desa budaya pun seolah-olah tertutupi oleh kepopuleran dan reputasi yang melekat pada Goa Pindul. Selain itu juga terdapat potensi lain yang berasal dari kesenian dan kebudayaan masyarakat sekitar. Dengan banyaknya potensi yang mendukung tersebut maka Desa Bejiharjo telah resmi terdaftar sebagai desa wisata di Kabupaten Gunung Kidul. Keadaan alam. Dengan melihat fakta-fakta yang ada dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Desa Bejiharjo memiliki potensi yang besar untuk didapat dikembangkan menjadi desa wisata.

MCK. Sehingga dengan semua kemudahan yang ada Desa Bajiharjo mampu menarik minat wisatawan. bahkan terdapat juga akun twitter yang aktif dan resmi milik pihak pengelola yang semakin memudahkan wisatawan dalam mengakses informasi. Hal tersebut dapat dilihat dari tabel berikut: 10    . Akses untuk menuju ke Desa Bejiharjo sangat mudah karena terdapat beberapa penunjuk arah di sepanjang jalan menuju desa tersebut. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir. Fasilitas- fasilitas tersebut dapat memudahkan wisatawan yang berkunjung baik wisatawan yang memiliki waktu kunjungan yang panjang maupun wisatawan dengan waktu kunjungan yang pendek. serta homestay. Fasilitas yang disediakan di Desa Bejiharjo sudah cukup lengkap sehingga memudahkan wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya website. Pada website resmi Desa Bejiharjo juga terdapat denah lengkap bagi wisatawan untuk lebih mudah menuju kesana. Website tersebut tergolong baik karena kita dapat memesan penginapan atau paket wisata yang akan kita ikuti. masyarakat berperan aktif dalam proses pengembangan Dewabejo serta dengan dukungan dan bimbingan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

yang sebelumnya dikenal hanya sebagai desa budaya.000 2. Setelah melakukan studi banding ke Desa Wisata Candimulyo.000 3. 2011 5.090. Magelang. akhirnya pengelola mencoba untuk membuat sendiri beberapa perlengkapan dengan bantuan dana dari salah seorang anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul. Dalam rangka membantu pengembangan Desa Wisata Bejiharjo Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas 11    .630. 2010 98 460. Berawal dengan meminjam perlengkapan dari Desa Wisata Kalisuci.806. Perlengkapan pertama yang dimiliki oleh tim pengelola adalah 15 buah ban dan sejumlah pelampung. 2012 60. Pada Agustus 2011 akhirnya diresmikanlah Desa Wisata Bejiharjo. Tabel 1.203 1.000 Sumber: Dinas Pariwisata DIY (menurut laporan dari Pokdarwis Dewabejo) Desa wisata Bejiharjo dibentuk berawal dari inisiatif salah satu warga yang sekarang menjadi ketua pengurus Pokdarwis Dewabejo untuk mengikuti pelatihan desa wisata yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada Juni 2010. Obyek pertama yang dikembangkan adalah Goa Pindul.5 Jumlah Pengunjung Desa Wisata Bejiharjo* No.421 162. Tahun Jumlah Pengunjung Pendapatan yang Diperoleh 1.

Sepanjang tahun 2012 hingga pertengahan November lalu retribusi obyek wisata Gunungkidul mencapai Rp 3.000 2012 100.000 Sumber: Pokdarwis Dewabejo Pada September 2012 Desa Bejiharjo mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf sebagai desa wisata terbaik tingkat nasional bersama dengan Desa Banjarsari. Selama tiga tahun berturut-turut Desa Bejiharjo mendapatkan bantuan tersebut. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan agar memotivasi masyarakat agar semakin serius dalam mengelola desa wisata yang ada. Kabupaten Kulonprogo di urutan kedua dan Kelurahah Kauman. Kebudayaan dan Pariwisata memberikan bantuan dana sebagai program PNPM Mandiri Pariwisata.000.000.125 milliar dari target Rp 3.000 2013 75. Tabel 1.000. Kota Pekalongan di peringkat ketiga. Kecamatan Pekalongan Timur. Kecamatan Kalibawang.325 milliar. Sabagian besar dari pendapatan tersebut disumbangkan oleh beberapa 12    . Kontribusi sektor pariwisata Kabupaten Gunungkidul terhadap pendapatan daerah Kabupaten Gunungkidul termasuk besar.6 Jumlah Bantuan PNPM Mandiri Pariwisata Tahun Jumlah Bantuan 2011 65.

pelatihan penggunaan TI dan pemandu wisata. Wirawisata dan Pancawisata. Dalam pengembangan desa wisata pemerintah berperan sebagai fasilitator serta pendamping. pengembangan SDM dan profesionalisme pariwisata. Desa Wisata Bejiharjo pada pengembangannya dikelola oleh tiga pihak. Namun bukan berarti desa wisata kurang diminati pengunjung dan memperoleh pendapatan yang sedikit. analisa pasar dan melakukan promosi.5 milliar. Di Kecamatan Karangmojo sendiri pemerintah telah menjalankan beberapa kegiatan seperti pengembangan obyek wisata unggulan. Kontribusi desa wisata terhadap pendapatan daerah memang tidak terlalu besar karena desa wisata dikelola oleh masyarakat. yaitu Dewabejo. Tetapi justru dengan dikelola masyarakat dengan adanya desa wisata tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar desa wisata tersebut. pantai yang memang menjadi wisata primadona di Gunungkidul. Peneliti memilih lokasi Desa Bejiharjo karena dengan prestasi yang diraih oleh Dewabejo sebagai desa wisata terbaik tingkat nasional 13    . Sedangkan masyarakat berperan sebagai subyek atau aktor utama dalam pengembangannya. serta melaksanakan koordinasi kemitraan pariwisata. Ternyata mengalami over target hingga mencapai Rp 5 milliar sepanjang tahun 2012. Pada tahun 2012 Goa Pindul sendiri memasang target pendapatan sebesar Rp 2.

Sehingga dapat meningkatkan status ekonomi warga sekitar. Karena dengan pola pengembangan yang tepat desa wisata tidak hanya akan memberikan kontribusi positif terhadap PAD tetapi juga lebih berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.2 Rumusan Masalah Bagaimanakah pengembangan Desa Wisata Bejiharjo sehingga meraih penghargaan sebagai desa wisata terbaik nasional pada tahun 2012? 1. 14    . 1.3 Tujuan Penelitian Berdasar pada latar belakang serta rumusan masalah diatas. maka tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan pengembangan Desa Wisata Bejiharjo. diharapkan penulis dapat memberikan masukan kepada desa wisata yang lain yang memiliki potensi yang sama seperti Dewabejo agar dapat dikelola dengan baik.

1. Untuk mengetahui lebih dalam bagi peneliti mengenai pola pengembangan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait dalam proses pengembangan Desa Wisata Bejiharjo. 3. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah untuk melakukan penelitian sejenis yang mendalam tentang pembangunan sektor pariwisata. 15    . Dengan penilitian ini diharapkan pihak pengelola dapat meningkatkan pengembangan yang mereka lakukan sehingga kedepannya Desa Wisata Bejiharjo tetap diminati oleh wisatawan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebagai stakeholder dalam merencanakan dan mengembangan desa wisata yang ada. 2. 4.4 Manfaat Penelitian Dengan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk: 1.