Jaringan Tumbuhan 1.

Jaringan Epidermis Jaringan epidermis yaitu jaringan yang terletak paling luar pada setiap organ tumbuhan ( akar, batang dan daun, bunga, buah, dan biji ). Ciri-ciri jaringan epidermis adalah: 1. Tersusun dari sel-sel hidup. 2. Terdiri atas satu lapis sel tunggal. 3. Beragam bentuk, ukuran dan susunannya, tetapi biasanya tersusun rapat tidak ada ruang antar sel. 4. Tidak memiliki klorofil. 5. Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami penebalan , sedangkan dinding sel jaringan epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain dinding selnya tetap tipis. 6. Mengalami modifikasi membentuk derivat jaringan epidermis, misalstomata, trikomata (rambutrambut),spina (duri), vilamen , sel kipas, sel kersik (sel silika).

2. Jaringan Parenkim Jaringan Parenkim merupakan jaringan dasar yang terdapat diseluruh organ tumbuhan. Disebut sebagi jaringan dasar karena sebagai penyusun sebagian besar jaringan pada akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Ciri-ciri jaringan parenkim adalah :
y Terdiri dari sel-sel hidup yang berukuran besar dan y y y y

berdinding tipis. Bentuk sel parenkim segi enam. Memiliki banyak vakuola. Mampu bersifat meristematik. Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak rapat. Berdasarkan fungsinya jaringan parenkimdibedakan menjadi beberapa macam antara lain: 1. Parenkim asimilasi (klorenkim)adalah sel parenkim yang mengandung klorofil dan berfungsi untuk fotosintesis. 2. Parenkim penimbun adalah sel parenkim ini dapat menyimpan cadangan makanan yang berbeda s ebagai larutan di dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan di dalam sitoplasma. 3. Parenkim air adalah sel parenkim yang mampu menyimpan air. Umumnya terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen. 4. Parenkim udara (aerenkim) adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena mempunyai ruang antar sel yang besar. Paerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit.

Sel sklerenkim dibedakan menjadi dua bentuk yaitu serat (fiber) dan sklereid. Jaringan Penguat Jaringan penguat atau penyokong merupakan jaringan yang berperan untuk menunjang bentuk tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh. menggantikan epidermis batang dan akar yang telah menebal akibat pertumbuhan sekunder. Jaringan Sklerenkim merupakan jaringan penyokong yang terdapat pada organ tubuh tumbuhan yang telah dewasa. Kolenkim tersusun atas sel-sel hidup dengan protoplasma yang aktif. Jaringan gabus berfungsi sebagai pelindung tumbuhan dari kehilangan air.3. sel sklerenkim tidak dapat memanjang. Jaringan sklerenkim tersusun oleh eel-sel mati yang seluruh bagian dindingnya mengalami penebalan sehingga kuat. makin sederhana deferensiasinya makin banyak kloroplasnya. . Sel kolenkim dapat mengandung kloroplas. Jaringan Gabus Jaringan Gabus atau pariderma adalah jaringan pelindung yang dibentuk secara sekunder. Jaringan kolenkim yaitu jaringan penyokong atau penguat pada organ tubuh muda. Struktur jaringan gabus terdiri dari falogen (kambium gabus) yang akan membentuk felem (gabus) ke arah luar dan feloderma kea rah dalam. Disebut juga jaringan penguat karena memiliki dinding sel yang tebal dan kuat serta sel-selnya yang telah mengalami spesialisasi. Jaringan penyokong terdiri dari jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim. sel-selnya lebih kaku daripada sel kolenkim. 4. sehingga menyerupai parenkim.

serabut xilem. trakeid. pembuluh tapis. Floem tersusun oleh parenkim floem. sel pengiring (hanya terdapat pada Angiospermae ). Jaringan Vaskuler Jaringan pengangkut atau berkas vaskuler merupakan jaringan yang berperan untuk mengangkut air dan unsur hara dari akar sampai daun. . Xilem atau pembuluh kayu adalah jaringan kompleks yang terdiri atas beberapa tipe sel yang dindingnnya mengalami penebalan dari zat kayu.5. serabut floem. Floem atau pembuluh tapis merupakan jaringan yang tersusun oleh sel-sel hidup dengan tipe yang berbeda. Xilem tersusun oleh parenkim xilem. dan unsur pembuluh. Berdasarkan fungsinya jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri dari xilem dan floem. serta mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tubuh tumbuhan.

Bentuk pipih .Memiliki banyak vakuola. batang. feloderma . . bersegi .Terdapat dibagian tepi alat-alat tumbuhan 3 Jaringan Gabus .Tidak ada celah antarsel (tersusun rapat) .Tersusun dari 1 lapis sel .Terdapat pada permukaan akar. daun dan buah .Melindungi oragn atau jaringan di dalamnya 2 Jaringan Parenkim . batang.Tempat asimilasi dan difusi/pertukaran gas .Terdiri dari sel-sel hidup yang berukuran .No Gambar Nama Jaringan 1 Jaringan Epidermis Ciri-Ciri dan Letak .Memiliki Stomata .Pelindung tumbuhan dari kehilangan air .Mempunyai sifat lebih kuat dari pada epidermis .Terdapat pada akar. isodermis.Tempat cadangan makanan .Tempat berlangsungnya aktivitas tmbuhan . trikoma Fungsi .Banyak derivate epidermis.Bentuk kebanyakan besar dan berdinding tipis. banyak .Memperkuat jaringa-jaringan yang lain . daun dan buah Macam Sel .Terdiri dari felem dan felogen. antara lain stomata.Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak rapat.

Terdapat pada akar.Tersusun atas sel-sel hidup dengan protoplasma yang aktif . batang (yang masih muda).Gambar Nama Jaringan Ciri-Ciri dan Letak .Sebagai penguat/penyokong pada batang muda yang sedang tumbuh Jaringan Penguat Kolenkm 4 Jaringa Penguat Sklerenkim .Memiliki ruang antarsel .sel-selnya lebih kaku daripada sel membulat disebut kolenkim sklereid .Bentuk bersegi banyak dengan penebalan dinding tidak merata Fungsi . tangkai daun dan buah Macam Sel .Mengandung kloroplas .Bentuk serabut disebut bagian dindingnya mengalami penebalan serabut sklerenkima sehingga kuat .Tedapat pada organ tumbuhan dewasa .sel sklerenkim tidak dapat memanjang .Tersusun oleh sel-sel mati yang seluruh .Bentuk pendek dan .Berfungsi untuk menghadapi segala tekanan sehingga dapat melindungi jaringan-jaringan yang lebih lemah .

Sebagai pengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluru bagian tubuh tumbuhan .Trakea (pembuluh kayu) .Jaringan yang tersusun oleh sel-sel hidup dengan tipe yang berbeda -Floem tersusun oleh parenkim floem.Trakeid .Xilem tersusun oleh parenkim xilem.Jaringan kompleks yang terdiri atas beberapa tipe sel yang dindingnnya mengalami penebalan dari zat kayu . pembuluh tapis. serabut xilem.No Gambar Nama Jaringan Ciri-Ciri dan Letak . sel pengiring (hanya terdapat pada Angiospermae ) -Terletak pada bagian kulit .Perenkima floem Fungsi .Sel pengiring . trakeid.Parenkima floem .Untuk mengangkut air dan garamgaram mineral dari akar ke daun 5 Jaringan Vaskuler/ Pengangkut-Floem .Terletak pada bagian kayu Jaringan Vaskuler/ Pengangkut-Xilem Macam sel . serabut floem.Pembuluh tapis .Serabut floem .Serabut xilem . dan unsur pembuluh .

Terdapat di daun Macam sel . berisi getah.Saluran kelanjar adalah sel berdinding tipis . dan saluran .Saluran getah terdiri atas sel-sel atau getah sederet sel yang mengalami fusi.Jaringan sekretoris dengan protoplasma yang kental dibagi menjadi sel mengelilingi suatu ruas berisi senyawa kelenjar.Sel parenkim yang mengandung klorofil Fungsi -Untuk fotosintesis 6 Jaringan Klorenkim 7 Jaringan Sekretoris (Kelenjar Internal) .no Gambar Nama Jaringan Ciri-Ciri dan Letak .Sebagai system pengeluaran . saluran yang dihasilkan oleh sel-sel tersebut kelenjar. dan membentuk suatu sistem jaringan yang menembus jaringan-jaringan lain .

2. XI-IA 1 .Tugas Biologi K.D.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan Ravendi E.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful