You are on page 1of 21

Pengenalan ISO

22000
Food Safety Management System

Apa itu ISO?
 The International Organization for
Standardization (ISO) yang membuat
beberapa macam standar.
 ISO terdiri dari lembaga standarisasi dari is
154 negara.
 Negara anggota bekerja bersama untuk
mengembangkan dan menyetujui standar yang
telah ditetapkan

Apa itu ISO 22000?  Sistem Manajemen Keselamatan Pangan yang menggunakan pendekatan manajemen sistem dan persyaratan HACCP  Tujuannya adalah untuk menyediakan satu standar yang dikenal secara internasional untuk sistem manajemen keselamatan pangan yang dapat diterapkan dalam produk pangan .

Bagaimana organisasi teregistrasi ISO 22000?  Anda harus memutuskan jika tujuan anda memenuhi persyaratan ISO 22000  Implementasi sistemnya dan gunakan serta terapkan audit internal untuk menguji kesesuaian  Atau bila ingin mendapatkan sertifikat ISO 22000-  Badan sertifikasi akan mengaudit sistem yang ada dan memberikan sertifikat .

Cara Implementasi .

. mengumpulkan bukti dan membuat perbaikan sebelum audit registrasi.Implementasi ISO 22000  Organisasi harus membangun rencana implementasi yang mencakup:  Pengenalan isi standar  Perbandingan antara sistem yang ada dengan persyaratan ISO 22000 (gap analysis)  Jadwal tahapan implementasi berdasarkan gap analysis  Jadwal untuk menjalankan Sistem Manajemen keamanan Pangan.

 Bentuk tim manajemen  Tim ini akan aktif pada perancangan dan pengembangan sistem serta penerapannya dalam kegiatan sehari-hari. .Langkah Implementasi  Bentuk Tim FSMS  Tim ini akan merancang dan mengembangkan FSMS dan berperan aktif dalam sistem manajemen berkelanjutan.

membagi tanggung jawab. .  Tim Manajemen dapat membuat tim kerja yang bekerja pada proses khusus yang dibutuhkan dalam dokumentasi FSMS.Langkah Implementasi :  Tim Manajemen akan bertindak sebagai tim inti . menyediakan sumber daya dan mengkoordinasikan kegiatan.

didokumentasikan dan dikirim ke tim manajemen untuk di review dan disetujui.Langkah Implementasi :  Tiap tim kerja akan mengevaluasi proses yang ada dan persyaratan yang diperlukan. .  Proses baru atau yang dimodifikasi akan dibuat.

lakukan internal audit dan tinjauan manajemen. .Langkah Implementasi  Setelah tim kerja merancang dan mendokumentasikan proses. Latih seluruh karyawan yang terlibat dalam proses untuk melaksanakan proses tersebut  Bila semua proses telah dijalankan.

 Pastikan semua karyawan telah di training ISO 22000  Lakukan audit sertifikasi. Terapkan sistem dalam kurun waktu tertentu guna mengumpulkan bukti untuk audit sertifikasi.Langkah Implementasi  Gunakan informasi dari internal audit dan management review untuk melakukan improvement FSMS. .

Gambaran Umum Persyaratan ISO 22000 .

implementasi dan pemeliharaan sistem. .Persyaratan: Umum  Organisasi harus membangun sistem yang efektif dan dapat memenuhi persyaratan standar.  Sistem harus di evaluasi dan diperbaharui. dokumentasi.

.  Setelah implementasi. Manajemen membuat kebijakan Keamanan Pangan dan harus dikomunikasikan dan diimplementasikan. manajemen akan melaksanakan tinjauan manajemen untuk memastikan keefektifan sistem.  Top Management harus terlibat dalam desain dan implementasi FSMS.Peryaratan: Manajemen  Management harus terlibat dan berkomitmen pada FSMS.

organisasi akan mengidentifikasikan kompetensi personil.Persyaratan : Sumber Daya  FSMS harus menjelaskan sumberdaya manusia dan fisik yang dibutuhkan untuk membuat produk yang aman. training yang dibutuhkan serta lingkungan kerja dan infrastruktur yang dibutuhkan .  Selama pengembangan sistem.

 Program pendahuluan harus ditetapkan. diimplementasikan dan dievaluasi terus menerus. .persyaratan: Pembuatan produk  Organisasi harus merencanakan semua proses yang berkaitan dengan pembuatan produk untuk menjamin keamanan produk.

Persyaratan : Pembuatan produk  Tetapkan dan dokumentasikan sistem untuk :  Pengumpulan informasi awal analisis bahaya  Lakukan analisa bahaya  Tetapkan Rencana HACCP  Laksanakan aktifitas verifikasi  Telusuri produk. material dan distribusi produk .

di kendalikan dan dipisahkan.  Identifikasi tindakan perbaikan dan pencegahan yang diperlukan untuk menghilangkan ketidaksesuaian dan penyebabnya.dokumentasi sistem untuk pengendalian semua produk tidak sesuai  Saat Titik Kendali Kritis terlampaui. di periksa. Dibuat prosedur pemisahan produk cacat untuk memastikan tindakan dapat cepat dilakukan.Persyaratan: Produk Tidak Sesuai  Tetapkan . produk berpotensi tidak aman harus diidentifikasi. .

 Pastikan semua pengukuran dan alat ukur serta metodenya mampu menghasilkan akurasi yang diinginkan.Persyaratan : Validasi  Tetapkan dan dokumentasikan proses untuk validasi control measure sebelum di implementasikan. .

.Persyaratan: Verifikasi  Tetapkan dan dokumentasikan proses internal audit. Training auditors. dan rencanakan internal audit untuk memastikan FSMS berjalan efektif dan selalu diperbaharui.  Implementasikan proses evaluasi serta analisa hasil verifikasi dan tindakan yang diperlukan.

Persyaratan: Perbaikan  Lakukan perbaikan berkelanjutan untuk FSMS dengan menggunakan:  Management review/tinjauan manajemen  Internal audits  Tindakan Perbaikan  Hasil verifikasi  Hasil validasi  Perbaharui FSMS .