PELABUHAN

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang. Jenis jenis pelabuhan: A. Ditinjau dari segi pelayanannya ada 2 jenis: 1. Pelabuhan Umum 2. Pelabuhan Khusus B. Ditinjau dari segi fungsinya: 1. Pelabuhan Laut 2. Pelabuhan Pantai C. Ditinjau dari segi penggunaannya: 1. Pelabuhan Ikan 2. Pelabuhan Minyak 3. Pelabuhan Penumpang 4. Pelabuhan Barang 5. Pelabuhan Militer 6. Pelabuhan Campuran D. Ditinjau menurut letak geografisnya: 1. Pelabuhan Alam 2. Pelabuhan Buatan E. Ditinjau dari betang alamnya: 1. Pelabuhan Terbuka 2. Pelabuhan Tertutup

pelabuhan pengumpan primer ke pelabuhan utama yang melayani secara nasional. utama primer yang melayani nasional dan internasional dalan jumlah besar. Pelabuhan Pelayaran Rakyat. Ditinjau dari kegiatan pelayarannya: y y y Pelabuhan Samudra. Free port. Pelabuhan Nusantara. pelabuhan pengumpan sekunder yang melayani lokal dalam jumlah kecil. y y I. y Pelabuhan Lokal. Jakarta . adalah wilayah pelabuhan yang bebas diluar pengawasan bea cukai. adalah wilayah dalam pengawasan bea cukai. dan merupakan simpul dalam jaringan laut internasional. Ditinjau dari Wilayah Pengawasan Bea Cukai: Custom port. contoh: Pelabuhan Banjarmasin. Ditinjau dari lingkup pelayaran: Pelabuhan Internasional Hub . y Pelabuhan Nasional. utama tersier yang melayani nasional dan internasional dalam jumlah menengah. utama sekunder yang melayani nasional maupun internasional dalam jumlah besar yang juga menjadi simpul jaringan transportasi laut internasional. contoh: Pelabuhan Tanjung Priok. G. y Pelabuhan Regional.F. Ditinjau dari sifat perdagangannya: Pelabuhan Ekspor Pelabuhan Impor y y H. contoh: Pelabuhan Sunda Kelapa. y y Pelabuhan International.

Ini berarti pelabuhan harus menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan jasa yang dibutuhkan untuk perpindahan barang dari kapal ke moda angkutan darat. pelabuhan tidak terlepas dari mata rantai transportasi lainnya baik dilihat d ari kinerja maupun dari segi biaya sangat mempengaruhi tingkat efisiensi dan menentukan tingkat biaya transportasi secara keseluruhan. 3. . Data UNCTAD menunjukan bahwa sebesar 85 % pangsa muatan transportasi dunia dikapalkan melalui pelabuhan laut.Link : Pelabuhan sebagai salah satu mata rantai dari sistem transportasi. Interface : Pelabuhan sebagai titik singgung atau tempat pertemuan dua moda atau sistem transportasi yaitu transportasi laut dan transportasi darat termasuk angkutan sungai ( inland wateways ). dan prosedur lainnya. Konsep pelabuhan sebagai gateway ini dapat merupakan : Pelabuhan sebagai satu-satunya pintu masuk atau keluarnya barang sebagai komoditi dari / ke suatu negara atau daerah.Fungsi pelabuhan: 1. Sebagai mata rantai transportasi. Pelabuhan sebagai pintu gerbang. dalam hal ini pelabuhan memegang peranan sangat penting bagi perekonomian negara atau daerah tersebut. karantina. seperti : ketentuan-ketentuan pabean. 2. maka kapal-kapal asing yang memasuki pelabuhan tersebut terkena peraturan perundang. prosedur pelayanan kapal. 4. peraturan operasional yang berlaku di pelabuhan bersangkutan (port regulation). atau sebaliknya. Gateway: Pelabuhan berfungsi sebagai gateway atau pintu gerbang dari suatu negara atau daerah dimana pelabuhan tersebut berlokasi.undangan dari negara atau daerah dimana pelabuhan tersebut berada. Industrial entity : Dimungkinkan juga sebagai prasarana guna menunjang dan mendoron g pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri dari daerah yang menjadi hinterland dari pelabuhan. imigrasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful