You are on page 1of 8

pPENELITIAN KEBIJAKAN MONETER

DI PD BPR BANK SUMEDANG

untuk pengajuan izin penelitan di PD. BPR Bank Sumedang

PROPOSAL

Penyusun:

Fauzi Rulandi Aviantara G.(170104170053)

Husni Mubarok (170104170093)

M. Nur Iqbal (170104170033)

Sutan Fasha (170104170013)

Zen Prahasya (170104170039)

ADMINISTRASI KEUANGAN PUBLIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITK

UNIVERSITAS PADJADAJRAN

JATINANGOR

2018

Kebijakan moneter ini tentunya berpengaruh pada jalannya bisnis perusahaan. juga setiap perusahaan memiliki tindak lanjut terhadap kebijakan tersebut. Peredaran uang di masyarakat dan perusahaan di suatu negara diatur oleh Bank Sentral.1. Untuk lebih memahami materi perkuliahan dan sinkron dengan rancangan kuliah program sarjana terapan.Dasar Ilmu Ekonomi/Etika Bisnis merupakan salah satu mata kuliah dasar yang harus dijalani oleh mahasiswa Sarjana Terapan Administrasi Keuangan Publik Universitas Padjadjaran. Salah satu cara Bank Indonesia untuk mengatur peredaran uang di Indonesia. yang persentase praktiknya lebih banyak dibandingkan dengan teori. Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. 2. Dasar. Sebagai mahasiswa Program Sarjana Terapan. Tujuan kebijakan moneter tidak statis. namun bersifat dinamis karena selalu disesuaikan dengan kebutuhan perekonomian suatu negara. Tujuan akhir kebijakan moneter adalah menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang salah satunya tercermin dari tingkat inflasi yang rendah dan stabil. Latar Belakang Penelitian Uang merupakan salah satu unsur penting pada jalannya bisnis suatu perusahaan. pihak yang mengatur peredaran uang adalah Bank Indonesia. adalah dengan mengeluarkan kebijakan moneter. Terutama dengan perusahaan yang melakukan ekspor/impor. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang dilakukan antara lain melalui pengendalian jumlah uang beredar (JUB) dan suku bunga (BI Rate/Repo Rate). 3 Tahun 2004. pinjaman uang ke bank. maka mata kuliah ini dipelajari dengan penelitian pada suatu perusahaan. BPR Bank Sumedang. dan melakukan transaksi dengan valuta asing. Di Indonesia. tentunya penelitian ini sebagai praktik dalam mempelajari materi. 3. Pendahuluan Penelitian dalam dunia perkuliahan merupakan salah satu cara pembelajaran bagi mahasiswa untuk memahami lebih dalam suatu materi dan melihat penerapan materi tersebut. BPR Bank Sumedang Page 1 . maka fokus penelitian ini adalah Dampak Kebijakan Moneter Bank Indonesia terhadap Kegiatan Bisnis PD. Definisi kebijakan moneter tercantum dalam UU No. Fokus Penelitian Berdasarkan latar belakang penelitian. Tentunya pengaruh yang dialami oleh perusahaan akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

4. yang berhubungan dengan kebijakan moneter bank sentral. yaitu: Nama perusahaan : PD.d. Selain itu. 4. dapat dimanfaatkan dan dikontribusikan sebagai referensi. BPR Bank Sumedang 5. Data yang Diperlukan Berikut adalah data dari perusahaan yang kami perlukan dalam penelitian ini: 1. 3 Mei 2018 Lama penelitian : 6 minggu 7. Struktur organisasi 3.2. Laporan keuangan perusahaan (terbaru) 4. diharapkan melalui penelitian ini. Data yang berkaitan dengan moneter perusahaan Data yang kami himpun bisa dalam bentuk hard copy ataupun dengan wawancara dengan pihak yang bekerja di bidang yang berkaitan dengan moneter. Manfaat Penelitian Melalui penelitian ini. 211 Sumedang Objek : Bagian Keuangan/Bisnis Waktu yang direncanakan : 29 Maret s.1. Raya Jatinangor No. BPR Bank Sumedang Alamat : Jl. 6. evaluasi. Maksud dan Tujuan Penelitian 4. dan pertimbangan pengambilan keputusan yang berkenaan dengan bisnis perusahaan. Data dan informasi ini menjadi bahan utama penyusunan tugas akhir mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi pada program studi Sarjana Terapan Administrasi Keuangan Publik Universitas Padjadjaran. Profil perusahaan 2. diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti juga akademisi dalam mempelajari dan memahami kebijakan moneter dan dampaknya bagi suatu perusahaan. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari kebijakan moneter bank sentral di Indonesia dan melihat langsung bagaimana penerapan/dampaknya di PD. BPR Bank Sumedang Page 2 . Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini akan dilakukan pada waktu dan lokasi penelitian yang telah direncanakan oleh tim mahasiswa. Maksud Penelitian Dilakukannya penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai hal-hal yang dialami oleh perusahaan. Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD.

Bojong Koneng Atas. mahasiswa melakukan wawancara dengan pihak perusahaan. Nama : Fauzi Rulandi Aviantara Goernida NPM : 170104170053 Semester : II Alamat : Komp. Semua mahasiswa merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Administrasi Keuangan Publik Universitas Padjadajaran. Metodologi Penelitian Kegiatan penelitian ini dilaksanakan melalui observasi dan wawancara. mahasiswa melakukan penelitian dan pengumpulan data sekunder dengan menggunakan data yang kami perlukan yang diberikan perusahaan. untuk mendapatkan data primer. Pihak yang diwawancarai yaitu pihak yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan bisnis perusahaan bersangkutan. Bandung No. Sedangkan pada wawancara.8. Berikut ini rincian data diri setiap mahasiswa: 1. Telepon : 081380804963 Email : kunai.id 2.bento@yahoo. 9.ac. Telepon : 083820596841 Email : fauzi17003@mail. Pada observasi. Nama : Husni Mubarok NPM : 170104170093 Semester : II Alamat : Jl. Data Peneliti Mahasiswa yang melakukan penelitian terdiri dari 1 kelompok yang terdiri atas 5 orang. BPR Bank Sumedang Page 3 . Bandung. Cisaranten Endah. Arcamanik.com Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. No. Cimeunyan. Griya Caraka A-11. Komplek Griya Bukit Mas B7/2 Cibeunying.unpad.

Kab. 3. Jl. Telepon : 081229884500 Email : zen17001@mail. Caringin. Desa Sayang. Telepon : 087714750594 Email : muhamadnurikbal79@gmail. Telepon : 089630917822 Email : sutanfasha04@gmail. Nama : Mohammad Nur Iqbal NPM : 170104170033 Semester : II Alamat : Jl.com 5. Nama : Zen Prahasya NPM : 170104170039 Semester : II Alamat : Ambar Tanjungsari Residence G2/7. Cipadung. Sumedang No.ac.unpad.com 4. Kab. BPR Bank Sumedang Page 4 . Nama : Sutan Fasha NPM : 170104170013 Semester : II Alamat : Wisma Arkey. Sumedang No.id Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. Cibiru.49. Tanjungsari. Permai Raya No. Bandung No.

kami akan mentaati segala peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan. 15 April 2018 Penyusun Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. Jatinangor. serta menjaga privasi perusahaan. Penutup Demikian proposal permohonan penelitian tugas akhir ini kami susun untuk memenuhi persyaratan pengajuan permohonan penelitian di PD.10. Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan perhatian dari PD. akam kami berikan kepada PD. BPR Bank Sumedang agar kami dapat melakukan penelitian ini. BPR Bank Sumedang. BPR Bank Sumedang Page 5 . BPR Bank Sumedang dalam bentuk softcopy/hardcopy. BPR Bank Sumedang. Berkenaan dengan hasil penelitian tugas akhir ini. Selama menjalani kegiatan penelitian ini. Kami sangat mengharapkan bantuan dan kerja sama dari PD.

Nur Iqbal Gambar 3. BPR Bank Sumedang Page 6 . KTM Husni Mubarok Gambar 2. LAMPIRAN Gambar 1. KTM Zen Prahasya Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. KTM M.

KTM Sutan Fasha Proposal Penelitan Kebijakan Moneter di PD. BPR Bank Sumedang Page 7 . LAMPIRAN Gambar 4. KTM Fauzi Rulandi A. Gambar 5. G.