You are on page 1of 12

FILOSOFI MAKANAN DAN BAHASA DAERAH SULAWESI BARAT

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mandiri Kewarganegaraan

DOSEN PENGAJAR : Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.

Disusun Oleh:

Nama: Mutiara Syifa Ayuningtyas

NIM: P3.73.24.1.17.017

Kelas: 2A

JURUSAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI PROFESI BIDAN

POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III

TAHUN AKADEMI 2017/2018

aamiin ya rabbal alamiin. Selain itu. Mudah-mudahan Allah swt selalu memberikan ridho-Nya. Dengan makalah ini penyusun mengharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada pembacanya. Jakarta . Penyusun pun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. atas izin-Nya penyusun dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “FILOSOFI MAKANAN DAN BAHASA DAERAH SULAWESI BARAT” di ajukan sebagai tugas mandiri mata kuliah Kewarganegaraan. semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. 21 Agustus 2018 Penyusun . Untuk itu penyusun makalah ini mengharapkan kritik dan saran serta masukan yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. karena keterbatasan ilmu dan kemampuan yang ada pada diri penyusun. Walupun begitu penyusun sudah berusaha sebisa mungkin untuk mengelola data dan menganalisis data yang akhirnya menyusun kedalam bentuk makalah ini. KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt.

...3 Bahasa Khas Sulawesi Barat ...................................................................... 11 3..........2 Makanan Khas Sulawesi Barat .................................................................. 1 1......... 2 2.........1 Kesimpulan ............................................................. DAFTAR ISI Kata Pengantar .......................2 Rumusan Masalah .............. 1 BAB II PEMBAHASAN 2................................... 12 ................2 Saran .........................................................................................................................................................................................................................................1 Latar Belakang Masalah ......................... iii BAB I PENDAHULUAN 1................................................................................................................................................................................................ 5 BAB III PENUTUP 3....................................... ii Daftar Isi ................................................................................ 3 2.........................................................................................3 Tujuan Penulisan ...............................................................................................................................................................1 Sulawesi Barat ........ 1 1................. 11 DAFTAR PUSTAKA .................................................

Apa saja bahasa khas Sulawesi barat? 1. Setelah melewati perjuangan yang panjang pada akhirnya Tanggal 5 Oktober 2004 Provinsi Sulawesi Barat Resmi terbentuk berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004. 1.1 Latar Belakang Masalah Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Apa saja makanan khas Sulawesi barat? 2. . Menjelaskan bahasa daerah Sulawesi barat. Berikut adalah penjelasan mengenai makanan tradisional Sulawesi Barat.2 Rumusan Masalah 1. Sebagian besar pemanis yang terbuat dari pohon nira tersebut dijadikan sebagai bahan dasar kue khas di wilayah suku Mandar tersebut. Gula merah atau disebut juga gula aren begitu dekat dan lekat di lidah masyarakat Sulawesi Barat. Beralih ke wisata kuliner atau lebih tepatnya makanan khas Sulawesi Barat yang bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke Sulawesi Barat ini. BAB I PENDAHULUAN 1.3 Tujuan Penulisan 1. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960. 2. Pembuatan kuenya pun cukup sederhana. Menjelaskan Filosofi makanan daerah Sulawesi barat. namun hasilnya sangat memanjakan lidah.

Tanggal 5 Oktober 2004 . Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Gorontalo menjadi semangat gerakan perjuangan pembentukan provinsi Sulawesi Barat. pada tahun 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat adalah pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara. Perjuangan panjang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat akhirnya terwujud melalui upaya massif rakyat Mandar dengan didukung oleh Anggota DPR RI melalui usulan Hak Inisiatif Anggota DPR RI tentang Undang-Undang Pembentukan Daerah Otonom Baru. Namun. Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. Pada masa itu pulau Sulawesi terdapat 3 (tiga) Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan. Usulan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui Pemerintah Pusat. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960.1 Sulawesi Barat Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan Provinsi Baru di Indonesia seperti Terbentuknya Provinsi Banten. BAB II PEMBAHASAN 2. Perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat kembali menemukan momentumnya pada tahun 1999 pasca gerakan reformasi.

Provinsi Sulawesi Barat Resmi terbentuk berdasarkan UU No.79%). Makassar (1. batubara dan . sedangkan di Pitu Ba’ba’na Binanga sendiri terdapat ragam dialek serta bahasa yang berlainan. daerah ini juga penghasil kopi robusta ataupun kopi arabika.15%). Makassar. Sulawesi Barat dikenal memiliki banyak objek lokasi wisata. Jawa (5. Selain kakao. dan Toraja mewarnai keberagaman di Sulawesi Selatan. “Sipamandar” (menguatkan) sebagai satu bangsa melalui perjanjian yang disumpahkan oleh leluhur mereka di Allewuang Batu di Luyo. Istilah Mandar merupakan ikatan persatuan antara tujuh kerajaan di pesisir (Pitu Ba’ba’na Binanga) dan tujuh kerajaan di gunung (Pitu Ulunna Salu). Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49.2 Makanan khas Sulawesi barat Beralih ke wisata kuliner atau lebih tepatnya makanan khas Sulawesi Barat yang bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke Sulawesi Barat ini. Dulunya. 2. Mandar ialah suatu kesatuan etnis yang berada di Sulawesi Barat. Mandar bersama dengan etnis Bugis. Secara etnis Pitu Ulunna Salu atau yang biasa dikenal sebagai Kondosapata tergolong ke dalam grup Toraja (Mamasa dan sebagian Mamuju). Berikut adalah penjelasan mengenai makanan tradisional Sulawesi Barat. sebelum terjadi pemekaran wilayah. Keempat belas kekuatan ini saling melengkapi. kelapa dan cengkeh.15%). secara historis dan kultural Mandar tetap terikat dengan “sepupu-sepupu” serumpunnya di Sulawesi Selatan.59%) dan suku lainnya (19. Toraja (13. Di sektor pertambangan terdapat kandungan emas. Meskipun secara politis Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan diberi sekat. 26 Tahun 2004. Bugis (10.95%).38%).

yaitu: apang. Sebab itu. karena berbahan dasar gula aren. Apang ditaburi parutan kelapa muda sehingga empuk di lidah.dalam kamus Bahasa Indonesia tertulis Apam. ragi. cucur. juga bisa dijadikan usaha dalam menambah penghasilan Rumah Tangga. Jika berkunjung ke sulawesi barat kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas masyarakat mandar. Gula merah atau disebut juga gula aren begitu dekat dan lekat di lidah masyarakat Sulawesi Barat. Karena selain bisa sebagai konsumsi keluarga. kue ini biasanya dicampur dengan tuak manis agar adonannya bisa mengembang sempurna. hingga saat ini jajanan tradisional masih banyak kita jumpai di Mandar. Penyajian kue Apang mirip dengan serabi atau surabi Bandung. Apang terdiri atas tepung beras yang dikukus di atas cetakan. dan dikios-kios dipinggir jalan. Tapi sekarang. ataupun dijual di rumah. dan paso. Beberapa diantaranya kuliner yang sangat terkenal. Warna putih kue Apangi merupakan simbol dari kesucian sedangkan warna merah pada gula merah . Apang adalah kue khas Mandar. Sulawesi Barat. Kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Sulawesi Barat. dan gula merah . Setiap bulan Muharram. Bagi masyaratkat mandar. kebanyakan adonan diolah dengan baking powder. dan dicampur gula merah. Keterampilan membuat penganan tradisional bagi kaum perempuan khususnya di Mandar merupakan suatu potensi tersendiri. Jadi secara umum. Apang adalah penganan yang terbuat dari tepung beras. setiap rumah menyajikan Apang selama satu bulan penuh. kue apem atau biasa disebut Apang oleh warga lokal punya makna khusus. jepa. Salah satu penganan tradisional khas Mandar yang cukup populer adalah Apang. kue Apangi berwarna putih yang disajikan dengan gula merah memiliki filosofi tersendiri. yaitu dicocol atau dicelupkan ke dalam gula aren kental berwarna merah. Warnanya coklat. lebih enak dimakan dengan parutan kelapa. Menurut para tetua. Cocok untuk disantap bersama kopi di pagi hari. Sebagian besar pemanis yang terbuat dari pohon nira tersebut dijadikan sebagai bahan dasar kue khas di wilayah suku Mandar. dimasak dengan cara dikukus. berbentuk persegi tiga. namun hasilnya sangat memanjakan lidah. Dulu.minyak bumi. Pembuatan kuenya pun cukup sederhana. Apakah itu dijajankan di pasar. Apang. artinya kue yang dibuat dari tepung beras yang diberi ragi.

Jumlahnya bisa mencapai ribuan saat gelaran festival. Selain memasak dan menyajikan 'Apang Colo' kepada pengunjung.melambangkan keberanian dan pengorbanan. masyarakat Sulawesi Barat menggelar Festival Apang. Sedangkan filosofi nama kue apang ini diambil dari bahasa arab yaitu afwan yang artinya adalah permohonan maaf. warga lokal juga menyediakan kursus singkat gratis cara-cara membuat kue Apang. Resep Membuat kue Apang khas Sulawesi Barat Bahan-bahan:  180 ml santan dari 1/2 butir kelapa  150 gram gula merah. parut kasar  1/4 sendok teh garam  1 lembar daun pandan . Gelaran Festival Apang dapat mengobati kerinduan masyarakat mandar sekaligus memperkenalkan kue khas Sulawesi barat kepada wisatawan. Di rumah-rumah dan posko-posko. tersedia kue Apang gratis. disisir halus  150 gram tepung beras  130 ml air kelapa  75 gram tepung terigu protein sedang  1 sendok teh bumbu spekuk  1 sendok teh baking powder  1 lembar daun pandan  1/2 sendok teh ragi instan  1/2 sendok teh garam  Daun pandan besar untuk takir Bahan Taburan:  100 gram kelapa. Menyambut bulan Muharram. Acara ini digelar rutin setiap tahun.

air kelapa. Bahasa Mandar atau juga disebut Andian. Kukus 15 menit sampai matang. sajikan. Bahasa Mandar adalah bahasa suku Mandar. Bahasa Toraja. garam. Masukkan tepung terigu. dan Kalimantan Timur. Majene dan Mamuju Utara. Kalimantan Selatan. Tuang sedikit-sedikit ke dalam tepung beras sambil diuleni sampai lembut. 4. Balanipa (Napo-Tinambung). dan Bahasa Makassar. yang tinggal di provinsi Sulawesi Barat. Aduk rata. mereka juga tersebar di pesisir Sulawesi Selatan. Penyajian: Letakkan Apang di atas piring saji. Polewali Mandar. menjadi hilang. Pamboang. Rebus gula merah.3 Bahasa khas Sulawesi Barat Bahasa yang digunakan masyarakat Sulawesi Barat adalah Bahasa Mandar. Malunda. Mandharsche memiliki lima dialek. Seperti bahasa-bahasa lain. Bahasa Mandar pun banyak menyerap. Jadi. tepatnya di Kabupaten Mamuju. dan daun pandan. Manjar. 5. Bahasa Bugis. ada beberapa kata. dan Sendana. ragi instan. dan bumbu spekuk sambil dikeplok-keplok 15 menit. santan. di masa mendatang lema atau kosakata Bahasa Mandar akan semakin kaya. yakni dialek Majene. Dinginkan. aduk hingga gula larut. 3. Di sisi lain. Takar 215 ml. taburkan kelapa parut di atasnya. Bahasa Mandar merupakan salah satu bahasa dari rumpun Austronesia. 2. Dialek yang prestisius dan . Tambahkan baking powder. Diamkan 30 menit. Taburan: aduk rata kelapa parut. dan daun pandan. mungkin karena sulit diucapkan atau jarang digunakan. garam. Biasanya. 2. misalnya di Tinambung dengan kampung di Ulumanda’. Di samping di wilayah-wilayah inti suku ini. Kukus selama 20 menit dengan api besar sampai matang. meminjam atau mengadopsi bahasa lain. tingkat penggunaan bahasa Mandar beda. Cara membuat: 1. Tuang dalam takir daun pandan. Saring.

Wilayah pakai utama bahasa Mandar adalah Provinsi Sulawesi Barat di Kab. bahasa Mandar diperkirakan memiliki 475. Berdasarkan sensus SIL tahun 2000. dan Kab. Kab. Contoh kata sehari-hari bahasa mandar: Bahasa Indonesia Bahasa Mandar inay kamu sangamu namamu sangata Nama kita To malolo Orang cantik To makappa Orang ganteng Dapa siri Jangan malu-malu sitengan sama macoa baik karape dekat karau jauh Apa karewa Apa kabar manyam nyaman mandundu minum monge sakit manarang pintar I’e iya . Berdasarkan kriteria EGIDS (Expanded Graded Intergenerational Disruption Scale). Sulawesi Selatan. yakni developing language. Selain itu. Majene. Polewali Mandar.000 penutur. Mamuju. bahasa Mandar juga dapat dijumpai di Prov. Pangkep. yakni di Kota Makassar dan Kab. bahasa Mandar berada di tingkat lima.paling banyak digunakan adalah dialek Balanipa.

dan Bahasa Makassar.15%). tepatnya di Kabupaten Mamuju. Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita menghargai dan terus melestarikan bahasa dan budaya Indonesia yang beraneka ragam agar tidak punah dan tergantikan oleh budaya asing. dan gula merah . Bahasa Bugis.15%).1 Kesimpulan  Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan yang diresmikan pada Tanggal 5 Oktober 2004. dimasak dengan cara dikukus. Polewali Mandar.38%). batubara dan minyak bumi. Sulawesi Barat. Jawa (5.79%).  Bahasa yang digunakan masyarakat Sulawesi Barat adalah Bahasa Mandar. berbentuk persegi tiga. Sebagian besar pemanis yang terbuat dari pohon nira tersebut dijadikan sebagai bahan dasar kue khas di wilayah suku Mandar. Toraja (13.95%). ragi. . Apang adalah penganan yang terbuat dari tepung beras. Di sektor pertambangan terdapat kandungan emas. 3.  Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49. Pembuatan kuenya pun cukup sederhana. daerah ini juga penghasil kopi robusta ataupun kopi arabika.59%) dan suku lainnya (19. kelapa dan cengkeh. Bahasa Mandar adalah bahasa suku Mandar. Bugis (10. Selain kakao.  Apang adalah kue khas Mandar. BAB III PENUTUP 3. Bahasa Toraja. namun hasilnya sangat memanjakan lidah.2 Saran  Indonesia adalah Negara yang kaya akan bahasa daerah dan budaya daerah yang mempunyai ciri khas masing-masing. Majene dan Mamuju Utara. yang tinggal di provinsi Sulawesi Barat.  Sulawesi Barat dikenal memiliki banyak objek lokasi wisata. Makassar (1. Dan selalu ingatlah semboyan kita bhineka tunggal ika.  Gula merah atau disebut juga gula aren begitu dekat dan lekat di lidah masyarakat Sulawesi Barat.

Moh. 2017. Infonusa. 2017. DAFTAR PUSTAKA Azzamaviero. Filosofi di balik kue Apangi. Kuliner Khas Sulawesi Barat. Sulawesi Barat. Budaya dan Kesenian Khas Sulawesi Selatan. 2015. Makanan Khas Sulawesi Barat. Luhung Jones. 2016. 2015. Datu Primadona Husain. Provinsi Sulawesi Barat. Makanan Tradisional Khas Sulawesi Barat. muantappp!.Nuraksin. 2018. Mengenal Bahasa. Wikepedia. . 2014. Kulinermasakannusantara. Kamus dan Bahasa Mandar. 2018. Muhammad Ridwan Alimuddin.