You are on page 1of 4

Pendidikan Berkarakter Menciptakan Pemuda yang Tangguh

(Karya : Teti XII IPA 5)

Pemuda merupakan suatu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita
perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya, karena pemuda sebagai
harapan bangsa dapat diartikan bahwa siapa yang menjadi pemuda akan menguasai masa
depannya. Ditangan para pemudalah nasib bangsa ini akan dipertaruhkan, jika para pemuda
mempunyai kemauan dan semangat yang tinggi untuk mengangkat harkat dan martabat
bangsanya, maka bangsa ini punakan maju. Namun jika sebaliknya maka akan bagaimanakah
nasib bangdsa kita ini?

Selain pemuda sebagai identitas kuat suatu bangsa, pemuda juga berperan sebagai
generasi penerus agama, ditangan pemuda terletak kejayaan atau keruntuhan umat islam. Bila
pemuda tiddak dipersiapkan sedini mungkin mengenai pengetahuannya, agamanya, dan
akhlaqnya, dikhawatirkan mereka hanya akan menjadi pecundang bagi agama dan bangsanya,
perusak tatanan sosial dan sampah masyarakat. Jika pemuda tidak mempunyai kemauan
untuk kembali meneruskan tongkat kejayaan islam sebagai agamanya maka, sudikah mereka
melihat umat seagamanya kembali ke zaman jahiliyah dimana orang-orang hidup tidak
bermoral, tidak mengenal etika dan aturan, hidup dalam kegelapan? Lalu, bisakah pemuda
sebagai generasi bangsa menjadi tangguh tanpa diimbangi dengan karakter yang baik?

Sejak dulu bangsa Indonesia telah dikenal baik dengan sikap masyarakatnya yang
sopan, santun, ramah, tamah dan sangat menjunjung tinggi adat,norma dan aturan yang ada.
Sehingga dengan sikap dan karakter tersebut tidak menjadi pertanyaan lagi bahwa banyak
bangsa luar yang sangat menghormati bangsa Indonesia. Dulu, pemuda memang mempunyai
semangat yang tinggi untuk berjuang membela bangsanya. Mereka rela mengorbankan jiwa,
raga, harta kekayaan demi melihat bangsanya merdeka. Mereka tidak kenal lelah melawan
para penjajah yang menindas tanah airnya sendiri. Sampai mereka berhasil memerdekakan
bangsanya walau banyak jiwa yang terenggut demi memperoleh kemerdekaan itu.

Kini,masihkah karakter pemuda di masa dulu dipegang teguh oleh pemuda generasi
sekarang? Di zaman globalisasi ini pemuda sebagai generasi muda telah terkontaminasi
kebudayaan barat yang memuja pada kebebasan nafsu dan materi, misalnya saja dalam

Sebab. Contohnya saja adalah para pejabat kita yang terjerat kasus korupsi. Pengubahan ini dapat dilakukan dengan menerapkan dan menata peraturan serta konsekuensi di lingkungan sekolah dan di rumah. para pejabat tersebut tidak pernah memperhatikan nasib rakyatnya tersebut. terlebih dahulu kita harus bisa mengatahui dulu apa yang dimaksud karakter. semuanya akan berarti sia-sia. apabila anak bangsa hanya mengandalkan penguasaan pengetahuan sedangkan karakter mereka tidak pernah dibentuk sebaik mungkin maka. Mereka bersenang-senang dengan uang yang bukan milik mereka padahal rakyat yang ada di luar masih banyakyang kelaparan dan menderita. Namun. dapat diartikan bahwa pendidikan berkarakter adalah suatu proses pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan tetapi dapat membentuk suatu karakter agar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Lalu. apabila kita melihat mereka dari segi penguasaan pengetahuan memang mereka unggul. banyak generasi bangsa yang memulai memakai pakaian kebaratan yang jauh mencerminkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang agamis. Karakter adalah sifat kejiwaan. Apakah yang dimaksud pendidikan berkarakter? Sebelum kita mengetahui tentang arti dari pendidikan berkarakter. akhlaq atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Disinilah peran pendidikan berkarakter harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.pergaulan sehari-hari kini pemuda sudah menggunakan adat kebarat-baratan yang bebas tanpa m engenal aturan dan norma yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Misalnya saja di lingkungan sekolah menerapkan aturan bahwa bagi siswa yang terlambat datang sekolah akan memperoleh hukuman . Cara yang bisa kita lakukan untuk membentuk karakter pemuda generasi bangsa adalah: -Ubahlah lingkungannya Kita harus mulai mendidik karakter pemuda dari hal yang terkecil. tapi dilihat dari akhlaq atau karakternya mereka sangatlah jauh dari aturan yang ada. bagaimanakah cara yang efektif untuk menciptakan kembali generasi pemuda Indonesia yang tangguh? Salah satunya adalah dengan diadakannya pendidikan berkarakter. Pendidikan berkarakter sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. melanggar hukum agama dan negara. Jadi. namun cukupkah hanya dengan penguasaan pengetahuan seorang pemuda generasi bangsa dapat menjadi seseorang yang tangguh? Tentunya pendidikan itu harus diimbangi dengan karakter yang baik pula. Pendidika memang penting bagi semua orang.

kompetitif. berakhlak mulia. Perubahan karakter pemuda sebagai generasi bangsa ini dapat kita lihat di lingkungan SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. pemberian pengetahuan ini dapat dilakukan dengan pemberian arahan tentang bagaimana melakukan perilaku yang diharapkan dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah faktor lingkungan yang terdiri dari: -Faktor keteladanan -Faktor intervensi -Faktor pembiasaan yang konsisten -Faktor penguatan Adapun tujuan dari pendidikan berkarakter ini adalah membentuk bangsa yang tangguh. Diharapkan dengan adanya peraturan tersebut dapat menyadarkan siswa tentang pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. banyak siswa yang merokok. dan banyak lagi sikap yang tidak mencerminkan bahwa mereka itu seorang siswa yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. -Kondisikan emosinya Dalam menyampaikan informasi tentang pembentukan karakter pada diri seorang pemuda kita harus menyampaikannya secara baik agar informasi yang kita berikan itu dapat menetap dalam hidupnya. -Berikan pengetahuan Pengetahuan menjadi modal utama dalam pembentukan karakter pemuda generasi bangsa. bergotong royong . Kita tidak boleh terlalu memekankan pemuda untuk membentuk karakter yang baik tapi. misalnya saja banyak sekali siswa yang datang terlambat ke sekolah. Bagaimakah nasib bangsa ini jika generasi bangsanya saja mempunyai karakakter yang demikian? Dalam mengatasi hal ini diharapkan pendidikan . berjiwa patriotisme. Dalam mewujudkan program pendidikan berkarakter tentunya tidak akan terlepas dari faktor. bermoral bertoleran. Apabila kita terlalu menekankan dikhawatirkan pemuda tersebut akan merasa terpaksa dan akhirnya proses pembentuka karakter tersebut tidak akan berjalan dengan baik. dalam proses pembentukan karakter itu kita harus melakukannya dengan pelan-pelan tapi pasti.faktor yang mepengaruhi keberhasialn pendidikan berkarakter itu. pulang sebelum waktunya dengan loncat benteng. berupa tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan belajar mengajar selama satu jam pelajaran. Namun pemberian pengetahuan ini tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan umum tapi juga dengan pemberian ilmu agama yang sangat penting dalam pembentukan karakter.

berkarakter yang telah dicangkan dalam kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan baik. . Selain itu peranan guru dan orang tua juga sangat dibutuhkan untuk pembentukan karakter.