You are on page 1of 13

LAPORAN PRAKTIKUM

SISTEM OPERASI

DISK MANAGEMENT

OLEH:

ZAHRA KHAERUNNISA

600/Pra-MIKP/55/2018

Informasi: geometri hard disk adalah salah satu piring. 16 silinder. FIFO Permintaan untuk sector disk disesuaikan dengan urutan kedatangan. 12 sektor per silinder. 192 sektor total. .A.

. 192 sektor total. yang lebih jauh tidak dilayani (starvation) Informasi: geometri harddisk adalah salah satu piring. tetapi tidak dilayani karena mereka bukan yang akan dicari B. STF scheduling. Semua permintaan tiba di urutan tabel pada saat 0. 16 silinder. contoh Starvation Permintaan paling dekat dengan head dilayani pertama. hal ini dapat menyebabkan bahwa sementara permintaan tiba dekat dengan head. 12 sektor per silinder. Hasil dari simulasi Disk Management FIFO  Head awalnya diposisikan di sektor 0 (Cylinder 0).  Head selalu bergerak mencari permintaan berikutnya  Head melewati cylinder yang berisi permintaan.

Hasil dari simulasi Disk Management STF .

. 16 silinder. permintaan dilayani seperti yang ditemukan.C. Informasi: geometri harddisk adalah salah satu piring. scan permintaan di kedua arah. 12 sektor per silinder. Elevator (SCAN) Gerakan head tidak tergantung pada permintaan. 192 sektor total.

seperti yang baru saja dilayani terdalam. bergerak maju silinder terdalam.Hasil dari simulasi Disk Management Elevator SCAN Head awalnya diposisikan di sektor 90 (Cylinder 7). Semua permintaan tiba di urutan meja pada saat 0. tetapi head berubah arah dan bergerak dari dalam ke luar. tapi head terus lanjut sampai silinder terakhir  Pada saat mencapai silinder terakhir. Komentar:  Permintaan terdalam di silinder 12. . dan mereka yang tetap berada di silinder terluar.

permintaan dilayani seperti yang ditemukan. Informasi: geometri harddisk adalah salah satu piring.D. 12 sektor per silinder. scan dalam satu arah. 192 sektor total. dari luar ke silinder bagian dalam. Circular SCAN Gerakan head tidak tergantung pada permintaan. . 16 silinder.

16 silinder. tapi head terus sampai silinder terakhir. dan hanya mencapai permintaan terdalam. dari luar ke silinder bagian dalam. dan orang-orang yang tetap berada di silinder terluar.  Permintaan terdalam dalam silinder 12. Informasi: geometri harddisk adalah salah satu piring. sehingga kepala bergerak langsung ke silinder pertama dan mulai lagi E. dan scan dalam satu arah. permintaan dilayani seperti yang ditemukan. Circular LOOK Gerakan head tidak tergantung pada permintaan.  (Peningkatan SCAN) Pada saat mencapai silinder terakhir. 12 sektor per silinder. 192 sektor total. . bergerak maju silinder terdalam. Semua permintaan tiba di urutan meja pada saat 0. Hasil dari simulasi Disk Management Circular SCAN Head awalnya diposisikan di sektor 90 (Cylinder 7). seperti yang baru saja menjabat permintaan terdalam.

Semua permintaan tiba di urutan meja pada saat 0. bergerak maju silinder terdalam. Komentar:  (Peningkatan SCAN) Permintaan terdalam di silinder 12. ketika disajikan. head tidak berlanjut sampai silinder terakhir .Hasil dari simulasi Disk Management Circular LOOK Head awalnya diposisikan di sektor 90 (Cylinder 7).

seperti yang baru saja dilayani terdalam.  (Peningkatan SCAN) Dalam saat mencapai permintaan terakhir. Simulasi dengan Program (FIFO) . dan orang-orang yang tetap berada di silinder terluar. sehingga head bergerak langsung ke permintaan terluar dan dimulai lagi F.

Program di atas menggunakan array untuk menampung lokasi permintaan data. Program untuk simulasi algoritma penjadwalan disk SCAN . head digerakkan sesuai dengan urutan kedatangan. G. Selanjutnya. Jumlah jarak dan rata-rata pergerakan head dihitung untuk ditampilkan.