You are on page 1of 8

SEJARAH AKUNTANSI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Awalnya, Akuntansi dimulai dengan sistem pembukuan berpasangan
(doubleentrybookkeeping) di Italia pada abad ke 14 dan 15. Sistem pembukuan
berpasangan (double entry bookkeeping), dianggap awal penciptaan akuntansi.
Akuntansi moderendimulai sejak double entry accounting ditemukan dan
digunakan didalam kegiatan bisnisyaitu sistem pencatatan berganda (double entry
bookkeeping) yang diperkenalkan olehLuca Pacioli (th 1447).

Perkembangan Akuntansi dari Sistem Pembukuan Berpasangan Pada
awalnya, pencatatan transaksi perdagangan dilakukan dengan cara sederhana,
yaitu dicatat pada batu, kulit kayu, dan sebagainya. Catatan tertua yang berhasil
ditemukan sampai saat ini masih tersimpan, yaitu berasal dari Babilonia pada
3600 sebelum masehi. Penemuan yang sama juga diperoleh di Mesir dan Yonani
kuno, Pencatatan itu belum dilakukan secara sistematis dan tidak lengkap.
Pencatatan yang lebih lengkap dikembangkan di Italia setelah dikenal
angka- angka desimal arab dan semakin berkembangnya dunia usaha pada waktu
itu. Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem
pembukuan berpasangan (double entry system) oleh pedagang- pedagang Venesia
yang merupakan kota dagang yang terkenal di Italia pada masa itu.
Dengan dikenalnya sistem pembukuan berpasangan tersebut, pada tahun
1494 telah diterbitkan sebuah buku tentang pelajaran penbukuan berpasangan
yang ditulis oleh seorang pemuka agama dan ahli matematika bernama Luca
Paciolo dengan judul Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni et
Proportionalita yang berisi tentang palajaran ilmu pasti. Namun, di dalam buku itu
terdapat beberapa bagian yang berisi palajaran pembukuan untuk para pengusaha.
Bagian yang berisi pelajaran pembukuan itu berjudul Tractatus de
Computis et Scriptorio. Buku tersebut kemudian tersebar di Eropa Barat dan
selanjutnya dikembangkan oleh para pengarang berikutnya. Sistem pembukuan
berpasangan tersebut selanjutnya berkembang dengan sistemyang menyebut asal
negaranya, misalnya sistem Belanda, sistem Inggris, dan sistem Amerika Serikat.

sistem pembukuan berpasangan berkembang di Amerika Serikat yang disebut accounting (akuntansi). dan para ahli sejarah mengetahui bahwa konsep matematika telah dimengerti dalam berbagai peradaban . Kita lebih cendrung berpendapat bahwa awal penggunaan akuntansi double-entry sebagai asal mula akuntansi moderen merupakan poin penting dalam hal ini. Pencatatan dokumen meerupakan dasar dari akuntansi. telah ditelusuri kembali hingga sejauh 3600 tahun sebelum Masehi.Saxon Pada abad pertengahan. Pada akhir abad ke-19. Jadi sistem pembukuan yang dipakai di Indonesia berubah dari sistem Eropa (Kontinental) ke sistem Amerika (Anglo- Saxon). Sedangkan Pada Zaman penjajahan Belanda. Eropa Barat. dan ilmu ini digunakan untuk mencatat transaksi bisnis. perusahaan. Akuntansi sangat luas ruang lingkupnya. Setelah tahun 1960 akuntansi cara Amerika (Anglo- Saxon) mulai diperkenalkan di Indonesia. Sistem Inggris dan Amerika Serikat disebut Sistem Anglo. terutama Inggris menjadi pusat perdagangan pada masa revolusi industri.Saxon2. Perkembangan Akuntansi dari Sistem Kontinental ke Anglo. Sejalan dengan perkembangan teknologi di negara itu. pusat perdagangan pindah dari Venesia ke Eropa Barat. Asal mula Akuntansi dan perubahannya paling baik ditelusuri dari konteks sejarah transaksi perdagangan (komersial).Sistem Belanda atau tata buku disebut juga sistem Kontinental. Pada waktu itu pula akuntansi mulai berkembang dengan pesat. PERKEMBANGAN ILMU AKUNTANSI Akuntansi merupakan bagian suatu fungsi dari sebuah lingkungan bisnis dimana ia beroperasi.perusahaan di Indonesia menggunakan tata buku. sekitar pertengahan abad ke-20 telah dipergunakan komputer untuk pengolahan data akuntansi sehingga praktik pembukuan berpasangan dapat diselesaikan dengan lebih baik dan efisien. Akuntansi tidak sama dengan tata buku walaupun asalnya sama-sama dari pembukuan berpasangan.

. tetapi dia adalah orang pertama yang mengorganisir dan menerbitkannya dalam sebuah buku. Perkembangan yang terjadi secara lebih lanjut adalah dengan Penerbitan artikel-artikel dan buku-buku mengenai akuntansi. Pacioli menyatakan semua transaksi memerlukan baik debit maupun kredit untuk menjaga agar transaksi tersebut tetap seimbang. dan buku besar. kebutuhan akan praktek akuntansi yang lebih baik. selanjutnya lebih ditekankan pada usaha untuk menerapkan praktek yang lebih baik daripada mengembangkan teori umum yang ada. alokasi overhead dan persediaan. Akuntansi double-entry berkembang di negara Itali antara abad ke-13 hingga abad ke-15.yang dimana sering dikatakan sebagai "asal mula peradaban". dan Mesopotamia. Kemudian Setelah berkembangnya bisnis-bisnis berskala besar. mempublikasikan sebuah buku yang berpengaruh signifikan terhadap penerapan ilmu akuntansi yang berjudul summa de arithmetica. propportioni et proportionalita. muncul masalah mengenai aktivitas bisnis internasional.kuno dari Cina. Pacioli memperkenalkan tiga buah buku penting dalam pencatatan. Berdirinya negara-negara berkembang dan kebutuhan pengelolaan keuangan mendorong. Itali pada tahun 1447. Pengaruh yang paling siginifikan terhadap ilmu akuntansi berasal dari Genoa. Florence. namun para penulis buku akuntansi tetap berpegangan pada bentuk lama akuntansi dan tidak ada teori-teori baru yang diciptakan. yang bukan merupakan seorang akuntan tetapi berpendidikan sebagai seorang ahli matematik. geometrica. yaitu: buku memorandum. dan Venice. Luca Pacioli yang lahir di San Sepolcro di daerah Tuscany. India. berkembanglah kebutuhan untuk menilai penyusutan. jurnal. Dengan peningkatan dalam jumlah investasi luar negeri dan perdagangan dunia mengakibatkan terbentuknya kelompok ekonomi daerah seperti European Union.yang dimana lebih dikenal sebagai Summa de Arithmetica. Ia mengklaim bahwa ide-ide dan pemikirannya bukanlah orisinil. Perubahan dalam dunia bisnis perusahaan mengakibatkan perubahan dalam prioritas.

Klasifikasi dengan pertimbangan bergantung pada pengetahuan. dan penyajian akan memudahkan perancang pemerintah. Klasifikasi akuntansi internasional dapat dilakukan dalam dua cara: Dengan pertimbangan dan secara empiris. 4. Berdasarkan pendekatan makroekonomi. 2. . intuisi dan pengalaman. 3. praktek akuntansi didapatkan dari dan dirancang untuk meningkatkan tujuan makroekonomi nasional. Tujuannya terletak pada perusahaan secara individu yang memiliki tujuan untuk bertahan hidup. akuntansi berasal dari praktek bisnis dan berkembang secara ad hoc. pengungkapan. Klasifikasi secara empiris menggunakan metode statistic untuk mengumpulkan data prinsip dan praktek akuntansi seluruh dunia Ada 4 (empat) pendekatan terhadap perkembangan akuntansi. Keseragaman dalam pengukuran. otoritas pajak. dengan dasar perlahan-lahan dan pertimbangan. Akuntansi dipandang sebagai fungsi jasa yang konsep dan prinsipnya diambil dari proses bisnis yang dijalankan dan bukan dari cabang keilmuan seperti ekonomi. 1. Berdasarkan pendekatan yang seragam. coba-coba. akuntansi distandariasi dan digunakan sebagai alat untuk kendali administrasi oleh pemerintah pusat. dan kesalahan. Berdasarkan pendekatan independent. akuntansi bekembang dari prinsip-prinsip mikroekonomi. Berdasarkan pendekatan mikroekonomi. dan bahkan manajer untuk menggunakan informasi akuntansi dalam mengendalikan seluruh jenis bisnis.

Pencatatan jumlah debit untuk satu account dan jumlah kredit sama dengan yang lain hasil rekening di debit total yang sama dengan total kredit untuk semua akun dalam buku besar. Double-entry pembukuan menyebar ke seluruh Eropa dan menjadi . Pada tahun 1400-an. sehingga jika terjadi kesalahan. Jika entri akuntansi diakui tanpa kesalahan. kewajiban. aset yaitu sama dengan kewajiban ditambah ekuitas pemilik. saldo agregat dari semua akun memiliki saldo positif akan sama dengan keseimbangan agregat dari semua akun memiliki saldo negatif. atau rekening modal. pendapatan. biarawan Fransiskan dan matematikawan Luca Pacioli mendokumentasikan prosedur untuk double-entry pembukuan sebagai bagian dari pekerjaan terkenal Summa. baik oleh mereka yang memiliki bisnis atau mereka yang meminjam uang untuk bisnis. masing-masing debit dan kredit dapat ditelusuri kembali ke jurnal dan dokumen transaksi sumber. yang menggambarkan sebuah bagian yang signifikan dari siklus akuntansi. Menyadari hal ini sifat ganda dasar transaksi. Sebuah transaksi bisnis yang melibatkan pertukaran antara dua rekening. Akuntansi entri yang debet dan kredit akun yang bersangkutan biasanya termasuk tanggal yang sama dan kode identifikasi di kedua account. Entri akuntansi dicatat dalam "Buku Pembukuan". Semisal dalam setiap aset terdapat klaim atas aset tersebut. penjualan produk mempengaruhi baik jumlah uang tunai (kas atau piutang) yang diselenggarakan oleh bisnis dan persediaan diadakan. setiap entri akuntansi mencatat pasangan terkait transaksi keuangan untuk aset. Aturan untuk merumuskan entri akuntansi dikenal sebagai "Aturan Emas Akuntansi". sehingga mempertahankan suatu jejak audit. pedagang di Venesia abad pertengahan mulai menggunakan sistem double-entry pembukuan yang mencatat setiap transaksi di dua account dipengaruhi oleh pertukaran. persamaan dasar akuntansi A = L + OE akan mengadakan. Demikian pula. Terlepas dari yang menyumbang dan berapa banyak yang dipengaruhi oleh suatu transaksi tertentu. SISTEM DOUBLE-ENTRY Dalam sistem akuntansi double-entry. biaya.

Kedua entri menjaga persamaan akuntansi dalam keseimbangan sehingga: Aktiva = Kewajiban + Kepemilikan Ekuitas Untuk menggambarkan agar lebih jelas mengenai sistem ini disajikan ilustrasi. Dalam pembukuan single-entry sistem. Dua karakteristik penting dari sistem double-entry adalah bahwa : 1 setiap transaksi dicatat dalam dua rekening.00 Pendapatan 450. dua entri yang dibuat untuk setiap transaksi.dasar dari akuntansi modern.00. transaksi akan dicatat sebagai berikut: Masuk ganda Contoh Tanggal Account Debet Kredit 9 februari Kas 450. sebuah perusahaan jasa dengan transaksi yang melibatkan layanan jasa transportasi dilakukan pada tanggal 9 februari untuk pembayaran tunai sebesar $ 450.00 Sedangkan Dalam sistem double-entry. transaksi tersebut akan dicatat sebagai berikut: Entri tunggal Contoh Tanggal Deskripsi Pendapatan Beban 9 februari Pelayanan jasa transportasi 450.00 . satu entri sebagai debit dalam satu account dan entri lain sebagai kredit pada rekening lain. 2 setiap account memiliki dua kolom. Dalam sistem double-entry.

entri ganda mengambil bentuk debet dan kredit. Pada saat itu. Inklusi aktiva dan kewajiban dalam rekening pembukuan. 3. Sementara sistem single-entry dapat disesuaikan oleh pemegang buku terampil untuk memenuhi beberapa kebutuhan ini. Untuk debit setiap ada kredit sama dan berlawanan dan Jumlah keseluruhan debit karena itu harus sama dengan jumlah keseluruhan kredit. Jika pelanggan tidak membayar tunai melainkan adalah kredit diperpanjang. ." Dalam sistem ini. Akurat perhitungan laba rugi dalam organisasi yang kompleks. Lebih mudah mendeteksi kesalahan dan penipuan. 2. Penyusunan laporan keuangan langsung dari rekening. agar manajer dapat memahami status keuangan usaha mereka dan untuk menjaga mereka serta menawarkan tingkat transparansi kepada investor. Untuk menghargai pentingnya double-entry pembukuan.Notasi A dapat ditambahkan ke entri jurnal untuk menunjukkan bahwa pendapatan berasal dari layanan jasa transportasi Perhatikan bahwa dua rekening (pendapatan dan kas) dipengaruhi oleh transaksi. Double-entry memiliki beberapa keuntungan dibanding single-entry: 1. dengan debit di kolom kiri dan kredit di kanan. maka perlu dan menarik untuk dicatat bahwa revolusi industri tidak mungkin terjadi tanpa itu. Pembukuan yang akurat diperlukan untuk manajer. hanya sistem double- entry yang memberikan detail mengenai informasi yang diperlukan secara sistematis dan terdisain secara ter struktur. lalu "piutang" akan digunakan bukan "uang tunai. 4. Prinsip ini berguna untuk mengidentifikasi kesalahan dalam proses pencatatan transaksi. bisnis meningkat dalam ukuran dan kompleksitas.

TUGAS TEORI AKUNTANSI SIGIT HARYANTO A210090168 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2012 .