You are on page 1of 4

ALUR RESERTFIKASI KOMPETENSI DI KIPD DAN RE REGISTRASI STR DI KKI

(sementara, sampai ada pelatihan dari KIPD)

1. Pastikan anggota sudah melakukan aktivasi akunnya di idionline.org
2. Anggota melakukan proses pengajuan resertifikasi seperti biasa ke papdi cabang
Mengumpulkan ke PAPDI Cabang, dalam bentuk hardcopy :
a. dokumen bukti SKP
b. form 02 (form reserkom),
c. foto 4x6 2 lembar (kriteria foto seperti surat edaran KIPD terakhir)
d. fotokopi serkom yang masih berlaku
e. fotokopi STR yang masih berlaku

3. PAPDI Cabang:
 Melakukan verifikasi secara offline dan menerbitkan Surat Rekomendasi Resertifikasi
Kompetensi.
 Log in di www.idionline.org dengan data ini:
Email : appd@idionline.org, Fassword : sppd0701

 Mengisi hasil verifikasi tersebut ke data P2KB anggota di aplikasi idionline.org. Lakukan
pada akun anggota yang sudah berwarna hijau (sudah terverifikasi)

Lalu mencetak serkom anggota. Surat Rekomendasi Resertifikasi Kompetensi b. Klik P2KB Summary. lalu save  Kirim hardcopy ke KIPD: a. fotokopi STR yang masih berlaku 4. form 02 (form reserkom). c. fotokopi serkom yang masih berlaku e. cek dokumen (masukkan noreg KIPDnya) . KIPD menerima kiriman hardcopy dokumen reserkom. foto 4x6 2 lembar (kriteria foto seperti surat edaran KIPD terakhir) d. Setelah serkom dicetak dan akan dilakukan penandatanganan sampai pelegalisiran fotokopi serkom. lalu isi angka SKP yang sudah diverifikasi Cabang (total angka selama 5 tahun). KIPD akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisi:  Tanggal penerbitan serkom  Nomor serkom  Nomor registrasi KIPD Anggota dapat memeriksa proses penerbitan serkom melalui kolegiumipd.  Isi data P2KB nya.org.

Lakukan tahapan seperti terlampir 2.org  Log in dengan data ini: Email : appd@idionline.go. akan dikirim ke kantor pos besar terdekat dengan alamat korespondensi yang diisi oleh anggota pada saat registrasi online di aplikasi KKI. KKI akan melakukan verifikasi keabsahan dokumen yang diupload. Anggota melakukan registrasi online di aplikasi KKI. registrasi. anggota harus memasukkan data seperti yg sudah tertera di database nya IDI.org.org bahwa KIPD sudah mengupload dokumen serkomnya. Serkom asli dan 10 lembar legalisirannya akan dikirim oleh KIPD ke alamat korespondensi ybs AKTIVASI AKUN ANGGOTA DI IDIONLINE. 8. klik save 7. Setelah mengisi aplikasi KKI sampai mengupload semua dokumen yang . Fassword : sppd0701 (user dan password ini hanya bisa digunakan untuk admin PAPDI Cabang) Klik View di data anggota ybs .id. 10. sekret PAPDI Cabang dapat mengecek dengan log in di admin cabang di aplikasi idionline. www. Anggota mendapat notifikasi dari aplikasi idionline. Dalam aktivasi akun. Sangat dimungkinkan anggota mengalami ketidaksesuaian data. Jika STR sudah jadi. KIPD akan:  Mengisi data serkom dan mengupload gambar serkom ke akun masing-masing anggota di idionline. Setelah terverifikasi. KKI akan mengirimkan SMS/Email ke anggota ybs tentang kode billing. KKI memproses STR ybs. aplikasi registrasi online. Anggota membayar STR ke teller bank sesuai kode bayar yang diinfokan oleh KKI 9.5. Jika serkom sudah jadi.kki.ORG (untuk admin PAPDI Cabang) 1. jika terjadi.org  Mengirimkan email fotokopi serkom yang dilegalisir kepada anggota yang bersangkutan dengan tembusan papdi cabang 6.

.Proses aktivasi dapat dibantu oleh admin PAPDI Cabang. Sehingga proses penerbitan serkom tidak tertunda. . Cek di tab Data Keanggotaan Note: .Proses aktivasi dilakukan bersamaan dengan proses verifikasi dokumen SKP dan pengiriman dokumen hardcopy ke KIPD. . maka admin cabang harus membuka 2 halaman idionline.org (dengan user yang berbeda) pada proses aktivasi akun anggota.Jika proses ini dibantu oleh admin PAPDI Cabang.