You are on page 1of 8

NAMA : INDAH ELNAFISA HAKIM

NIM : 1505117236

KELAS : 4B

MATA KULIAH : PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

1. Penilaian Kinerja
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Memahamai hubungan garis dengan garis, garis Melukis sudut
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan
ukurannya

Uraian tugas:
 Tugas ini dikerjakan secara individu.
 Lukislah sudut 45º dan 60º dengan penggaris dan jangka.

Format Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran/Kelas : Matematika/ VII
Kompetensi Dasar : Melukis sudut
Indikator Pencapaian Kompetensi: Melukis sudut-sudut istimewa

Format penilaian kinerja dengan skala rentang (rating scale)

Aspek yang dinilai Kriteria penskoran
Cara Cara Kecer Kebenar Skor Skor 4 = tanpa kesalahan
NO Nama Siswa meme melu- matan an hasil yang Skor 3 = ada sedikit
gang kis melu- lukisan dica- kesalahan
alat sudut kis pai Nilai Skor 2 = ada banyak
1. Restu kesalahan
2. Ayu Skor 1 = tidak
3. Ranti melakukan
4. Rifqah
Skor maksimal = 16
Skor minimal = 4
5. Desi
6. Niki Jumlah skor dapat
7. Rifqy ditransfer ke nilai
8. Silvia dengan
9. Hafizah skala 0 s.d. 100
Contoh: Nilai Dewi =
14:16
… … × 100 = 87,5
36. Wati

Zanuba Nilai Dewi = 24 : 27× 100=88. limas dan Membuat jaring-jaring kubus. balok. 2. Gambarlah jaring-jaring kubus yang dipilih itu. Penilaian Produk Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Memahami sifat-sifat kubus.8 Skor maks = 27 2. Pilihlah bentuk jaring-jaring kubus yang paling tepat untuk digambar pada kertas karton tersebut. Lem Uraian Tugas: Pada kertas karton dengan ukuran 35 cm × 45 cm (lebar 35 cm dan panjang 45 cm) akan dibuat jaring-jaring kubus sehingga diperoleh kubus dengan ukuran maksimal. Buatlah daerah lekukan (lidah) dengan ukuran 2cm yang akan berfungsi sebagai penghubung antar bidang sisi kubus. Ukurlah panjang setiap rusuk dari kubus yang kamu buat.d. guntinglah dan bentuklah kubusnya. Hera Skor min = 7 3. 100. 4. Ismail Jumlah skor 5. Contoh: 30. 1. bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya prisma dan limas Alat dan bahan yang disiapkan: 1. Berapa panjangnya? Format Penilaian Produk Mata Pelajaran/Kelas : Matematika/ VIII Kompetensi Dasar : Membuat jaring-jaring kubus. balok. 2. Dewi 3 3 4 4 3 4 3 24 88. prisma. Gunting 5.8 . Pensil 4. Setelah jaring-jaring terbentuk. nilai dengan skala 0 s. Mawar dapat ditransfer ke … …. Proses Pembuatan Penilaian Akhir Skor N No apan Produk Produk yang o Nama Siswa Nilai Keterangan a a b c a b c dica- pai 1. Yeni 4. Kertas karton berukuran 35 cm × 45 cm (lebar 35 cm dan panjang 45 cm). 3. 5. prisma dan limas Indikator Pencapaian Kompetensi: Membuat jaring-jaring kubus Persi. balok. Penggaris 3.2.

Skor 1 = tidak mengerjakan Akhir bungan antar sisi Skor 2= tidak rapi Produk mela-lui lidah yang Skor 3 = kurang rapi dibuat Skor 4= rapi b = Ketepatan/ kebe.Rubrik Penilaian Tahap Aspek yang dinilai Kriteria penskoran Persiapan a = Ketepatan Skor 1 = tidak mengerjakan penentuan panjang Skor 2= panjang rusuk belum maksimal atau melebihi rusuk sehingga Skor 3= panjang rusuk maksimal ukuran maksimal Proses a = Ketepatan cara Skor 1 = tidak mengerjakan Pembuatan menggunakan Skor 2= masih banyak melakukan kesalahan Produk penggaris dan jangka Skor 3 = ada sedikit kesalahan Skor 4 = tidak ada kesalahan b = Ketepatan/ Skor 1= tidak mengerjakan kebenaran jaring. Skor 1 = tidak mengerjakan naran bentuk kubus Skor 2= tidak benar/tepat Skor 3 = kurang benar/tepat sebagai produk akhir Skor 4 = tepat/benar c = kerapian bentuk Skor 1 = tidak mengerjakan kubus sebagai produk Skor 2= tidak rapi Skor 3 = kurang rapi akhir Skor 4 = rapi . Skor 2= banyak terdapat kesalahan jaring Skor 3 = ada sedikit kesalahan Skor 4 = tidak ada kesalahan c = Kecermatan Skor 1 = tidak mengerjakan membuat jaring-jaring Skor 2 = banyak terdapat kekeliruan ukuran Skor 3 = sedikit terdapat kekeliruan ukuran Skor 4 = tidak terdapat kekeliruan ukuran Penilaian a = Kerapian penyam.

Dalam kondisi yang bagaimana keuntungan/kerugian biasa terjadi. Laporan mencakup komponen: (1) Tujuan kegiatan (2) Persiapan (3) Pelaksanaan (4) Hasil yang Diperoleh (5) Kesan dan Pesan terhadap Tugas. b. Laporan dipresentasikan atau dipamerkan. persamaan dan Menggunakan konsep aljabar dalam pertidaksamaan linear satu variabel. atau rugi yang pernah dialami dan apa penyebabnya. kumpulkan data tentang: 1) modal yang dimiliki. Kerjakan tugas ini secara kelompok. pelaksanaan dan hasil yang diperoleh.3. Lakukan wawancara terhadap paling sedikit lima pedagang kecil di suatu pasar tradisional. Penilaian Proyek Standar Kompetensi Kompetensi dasar Menggunakan bentuk aljabar. . Laporan tentang hasil yang diperoleh memuat hal-hal berikut ini: 1) Penyajian data yang diperoleh dalam bentuk tabel sesuai pengelompokan data pada nomor b. c. 3) kegiatan penting apa saja yang dilakukan dalam berdagang terutama dalam hal pengadaan barang dan penjualan. d. Laporan dikumpulkan paling lambat enam minggu setelah diberikan tugas ini. Buatlah laporan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan sejak perencanaan. Terhadap setiap pedagang yang diwawancara. 2) Penjelasan tentang: a) Pedagang mana yang persentase keuntungan/kerugiannya paling banyak dan besarnya persentase. b) Kegiatan yang pada umumnya harus dilalui para pedagang dalam berdagang. Anggota tiap kelompok paling banyak 6 orang. 2) untung yang rata-rata diperoleh setiap hari. Buatlah daftar pertanyaan untuk wawancara dan siapkan lembaran atau format untuk mencatat hasil wawancara. dan pemecahan perbandingan masalah aritmetika sosial yang dalam pemecahan masalah sederhana Uraian tugas: a.

harga jual. Ismail ditransfer ke nilai 5. pengelompokan data dan analisis data. 100 6. pelaksan pelaporan yang Nilai  Skor 1= ya apan aan baik baik dica.6 32. Yeni Jumlah skor dapat 4. Dewi Laksmi 1 1 0 2 66. Aspek yang dinilai pada tahap pelaporan adalah: ketepatan isi laporan dan bentuk sajian laporan. Aspek yang dinilai pada tahap pelaksanaan adalah: proses pencatatan data. Mawar dengan skala 0 s. c. Format penilaian kinerja dengan daftar cek (check list) Aspek yang dinilai Kriteria penskoran Tahap Tahap Tahap Skor  Skor 0 = tidak No Nama Siswa persi. harga beli. Veri Contoh: Nilai Dewi = 2 : 3 × … … 100 = 66.  Skor maksimum baik pai =3 1.d. Format Penilaian Proyek Mata Pelajaran/Kelas : Matematika/ VII Kompetensi dasar : Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana Indikator pencapaian kompetensi: Memecahkan masalah yang berkait dengan kegiatan ekonomi sederhana di warung atau pasar tradisional yang melibatkan konsep laba/rugi. . Hera 3. Aspek yang dinilai pada tahap persiapan adalah: persiapan format-format untuk pengumpulan data secara langsung maupun dengan lembar isian b.6  Skor minimal = 0 2. Ayu Keterangan: a.

Komunikasi Matematis 3. Penilaian Portofolio Standar Kompetensi Dasar Kompetensi Melakukan pengolahan Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis e. Konsep dan operasi bilangan b. Ketrampilan Matematis f. Geometri dan Pengukuran c. Buatlah grafik atau diagram yang menggambarkan waktu atau banyaknya jam yang umumnya kamu gunakan untuk melakukan bermacam-macam kegiatan sehari-hari pada hari-hari sekolah (bukan hari libur). tidak hanya grafik atau diagram (dan mungkin tabel) yang dikumpulkan. namun sertakan juga perhitungan-perhitungan yang digunakan dalam membuat grafik atau diagram. Kecuali itu berikan juga penjelasan ringkas tentang alasan pemilihan jenis grafik atau diagram dan cara membuat grafik atau diagram. Statistik d. b. Uraian Tugas untuk Siswa a. Judul: Data Kegiatan Sehari-Hari 2. Ruang Lingkup Belajar: a. Sebagai penyelesaian tugas. . garis dan dan penyajian data lingkaran 1.4.

dengan tabel yang korespondensi. kuantitas data dan atau skala gambar dan atau skala gambar gambar . Dalam menyelesaikan tugas ini kamu harus berpikir tentang waktu yang digunakan untuk tidur. Jangka atau busur derajat (bila yang dibuat diagram lingkaran) c. tepat Sajian grafik rapi dan sesuai dengan Masih ada Ukuran-ukuran akurat topik. b. ukuran-ukuran grafik sesuai Ukuran-ukuran grafik Ukuran-ukuran grafik yang tidak dengan sesuai dengan grafik tidak sesuai dengan kuantitas data kuantitas data dan sesuai dengan kuantitas data dan atau skala atau skala. belajar. yang digunakan bagian data. masih ada tidak 24 jam. bermain dengan teman. Kalkulator 5. mengerjakan hobi. Akhirnya kamu akan memilih grafik atau diagram yang paling tepat dalam menyajikan informasi. Kertas grafik b. dan lain-lain. dipilih tidak tepat. Bahan yang Dibutuhkan: a. namun belum mudah terbaca dan jelas dan mudah Jumlah waktu mencakup seluruh terbaca namun tepat. makan. Kamu mungkin membutuhkan tabel untuk mengorganisasi informasi yang akan ditampilkan. Kriteria Penilaian Tingkat kesempurna - an penyelesai - an tugas Tingkat Satu Tingkat Dua Tingkat Tiga Tingkat Empat Aspek yang dinilai Hubungan Pengorganisasian Informasi Ada usaha atau Hubungan atau Informasi tentang data menampilkan korespondensi korespondensi (macam kegiatan hubungan atau antara jenis kegiatan antara jenis dan banyaknya korespondensi dan banyaknya kegiatan dan waktu yang antara jenis waktu yang banyaknya waktu digunakan) kegiatan dan digunakan yang digunakan menunjukkan tidak banyaknya waktu ditampilkan dengan ditampilkan ada yang digunakan tabel yang jelas. berolahraga.Petunjuk: a. 4. Penggaris d. kesalahan pada Jumlah waktu yang Jumlah waktu kompo-nen atau digunakan untuk yang digunakan seluruh kegiatan tidak 24 jam atau telah 24 jam sudah 24 jam Jumlah waktu yang digunakan telah 24 jam Grafik Grafik yang Grafik yang dipilih Bentuk grafik Bentuk grafik tepat. nonton TV. di sekolah.