You are on page 1of 6

LAPORAN PENDAHULUAN

KANKER PAYUDARA

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Program Profesi Ners Angkatan XXXVI
Stase Keperawatan Maternitas

Disusun oleh :
Regina Julianti

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG 2018 .

2010). Keturunan Gen BRCA 1 dan BRCA 2 diyakini para ahli medis sebagai jenis gen yang membawa potensi kanker payudara. Kehamilan pertama yang dialami pada usia yang sudah tidak efektif (di atas 35 tahun) sangat berpotensi memunculkan kelainan sel di dalam payudara. sudah timbul luka atau bila sudah muncul metastase ke tulang- tulang (Maysaroh. Konsumsi Lemak Berlebih Mengkonsumsi lemak secara berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh. meningkatkan tenaga pada atlet olahraga. Radiasi Radiasi ion. 2. f. Sel kanker dapat menyerang dan merusak jaringan sekitar (Zora et al. Terjadinya tumpukan lemak di dalam tubuh di dalam jaringan lemak payudara dapat memicu reaksi dengan radikal-radikal bebas. Wanita memiliki usia efektif untuk hamil dan menghasilkan ASI pada usia 20-35 tahun. c. LAPORAN PENDAHULUAN KANKER PAYUDARA 1. Pengertian Kanker Payudara (Carcinoma mammae) merupakan suatu penyakit yang ganas dan berasal dari kelompok parenkim (parenchima) (Smart. Pada penderita kanker payudara akan timbul rasa nyeri apabila sel kanker sudah membesar. memutihkan kulit. d. e. Gen ini ditemukan pada penderita kanker payudara dan keturunannya. b. 2013). Usia Reproduksi Payudara seseorang mengalami perkembangan dan juga kemunduran sesuai umurnya. Faktor Penyebab Beberapa faktor pemicu atau faktor resiko tumbuhnya sel kanker payudara menurut Nurcahyo (2010) antara lain: a. menghindari pertumbuhan rambut di kulit. Hal semacam ini sering dilakukan orang demi tujuan kecantikan. dan sebagainya. Periode Usia Subur (Menstruasi) Wanita umumnya mengalami masa subur (menstruasi pertama) pada usia 13 tahun. Penggunaan Hormon Buatan Penggunaan hormon buatan saat ini telah banyak ditemukan berbagai hormon buatan yang bisa diberikan untuk mengatasi gangguan hormonal atau gangguan pada produksi hormone tubuh. meningkatkan daya seksualitas. baik yang berasal dari sinar Rotgen dan radiasi dari luar dapat mempengaruhi kinerja sel. atau bahkan mengubah susunan senyawa di dalam DNA yang mengakibatkan munculnya golongan sel yang tumbuh secara tidak terkendali. dan berhenti menstruasi pada usia . Kanker payudara terjadi karena terganggunya sistem pertumbuhan sel di dalam jaringan payudara. dan menumbuhkan sel abnormal. 2011).

Makanan berupa gorengan berpotensi menimbulkan senyawa karsinogenik. kandungan nikotin dan berbagai zat lain yang terbakar bersama tembakau akan menghasilkan serangkaian zat radikal karsinogenik yang sangat aktif. n. Sementara payudara yang memiliki lebih banyak jaringan lemak tampak kendur dan memiliki ancaman kanker lebih tinggi. h. ada juga wanita yang telah mengalami menstruasi pertama pada usia di bawah 11 tahun. dan ini dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker akibat penumpukan estrogen. Mengkonsumsi alkohol meningkatkan resiko kanker payudara pada orang sebesar 21%. Konsumsi Alkohol. Catatan dunia menyebutkan bahwa wanita Yahudi danKulit Putih lebih banyak terkena kanker payudara dibanding wanita Asia. ketilka digoreng. adanya keluaran dari puting susu. k. Hasil persenyawaannya bersifat karsinogen. Pada makanan yang mengandung banyak karbohidrat. mirip pada tumor jinak. Makanan Faktor resiko makanan berlaku untuk hampir semua jenis kanker. asimetik. . berat badan turun dapat sebagai petunjuk adanya metastase. Gejala carsinoma kadang tak nyeri. i. Manifestasi Klinis Tanda carsinoma kanker payudara kini mempunyai ciri fisik yang khas. massa lunak. karena berpotensi menimbulkan sel kanker. j. Kabiasaan Merokok Seseorang yang merokok. batas tegas. Penumpukan hormon inilah yang dapat memicu ketidaknormalan sel jaringan di dalam payudara. Hal ini disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi wanita dari ras Yahudi dan kulit putih tersebut. Obat ini sudah jarang dikonsumsi. 3. yakni berpotensi merusak sel tubuh. bentuk bulat dan elips. mengeras. inversi. gejala lain nyeri tulang. Namun. Faktor Ras Orang dengan ras tertentu bisa memiliki potensi mengidap kanker payudara lebih besar daripada orang dengan ras lain. Pemakaian obat DES DES (Diethilstilbestrol) adalah obat penguat kehamilan yang biasanya dikonsumsi para wanita hamil untuk mencegahkeguguran. Wanita ini memiliki rentang paparan estrogen yang panjang. dan belum mencapai manopause hingga usia 60 tahun. maka karbohidratnya akan terurai dan bereaksi dengan asam amino. puting eritema. g. kadang nyeri. Kepadatan Payudara Payudara yang tidak banyak mengandung lemak cenderung lebih padat. m. mobile. l. Mengkonsumsi alkohol dapat memicu produksi hormon seseorang. meskipun sebenarnya perkembangan sel kanker telah dimulai sejak 10-15 tahun sebelumnya. Faktor Usia American Concer Society menyatakan bahwa kanker payudara lebih banyak menjangkiti wanita di atas usia 50 tahun.50 tahun. Masa menyusui Wanita yang melahirkan anak dan menyusui di bawah usia 30 tahun lebih aman dari serangan sel kanker payudara. Kondisi ini relatif lebih aman dari ancaman sel kanker.

. serta benjolan di sekitar ketiak. Terdapat 3 jenis mastektomi. Walaupun penggunaan dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping seperti osteonekrosis dan turunnya fungsi gin 6. yaitu pengangkatan di seluruh payudara saja. tulang selangka dan tulang iga. tetapi bukan kelenjar ketiak. Mammografi e. MRI. Penatalaksanaan Medis Ada beberapa penanganan kanker payudara yang tergantung pada studium klinik penyakitnya. Scan (mis. b. hiperkalsemia dan kelainan metabolisme tulang. yaitu: a. Pemeriksaan Penunjang a. yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Radiasi c. Mastektomi : Merupakan operasi pengangkatan payudara.lain→BB tubuh turun abnormal .Radical Mastectomy. Dilakukan untuk diagnostik. Biopsi: Untuk mendiagnosis adanya BRCA1 dan BRCA2 c. CT. Patofisiologi Faktor predisposisi Mendesak sel Interufsi sel saraf dan resiko tinggi saraf hiperplasi pada sel mammae Nyeri Mendesak Mensuplai Mendesak pembuluh jaringan sekitar nutrisi ke darah jaringan Ca Menekan jaringan Hipermetabolisme Aliran darah terhambat pada mammae ke jaringan Ketidakseimbangan Pe↓ Massa tumor mendesak Mammae Peningkatan nutrisi Hipermetabolisme kurang Ukuran dari Mammae ke jaringan luar Bakteri Resiko Nekrosis Hipoxia patogen Infeksi konsistensi membengkak Mammae kebutuhan jar. Kemoterapi d.Modified Radical Mastectomy. yaitu: . identifikasi metastatik dan evaluasi. yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara. Lintasan Metabolisme: Asam bifosfonat merupakan senyawa penghambat aktivitas osteoklas dan resorpsi tulang yang sering digunakan untuk melawan osteoporosis yang diinduksi oleh overian suppression. Penanda tumor d. . jaringan payudara di tulang dada. b. Biasanya disebut lumpectomy. 4. gallium) dan ultrasound. Sinar X dada 5. bukan seluruh payudara. yaitu pengangkatan hanya pada bagian yang mengandung sel kanker. menunjukkan efektivitas untuk menurunkan metastasis sel kanker payudara menuju tulang.Total (Simple) mastectomy.

Brown Karl. One Hundred Questions & Answers About Breast Cancer. . kulit/jaringan Trimedia Pustaka. 2010. K. J. Kusuma. Bahaya Kanker Rahim dan Kanker Payudara. (2013). Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher. K.. Ketidakefektifan pola nafas Nurarif. A. Jogjakarta:Mediaction Nurcahyo. Edisi 3.terganggu Infiltrasi pleura perietale Ulkus Ekspansi paru menurun DAFTAR PUSTAKA KerusakanMaysaroh.H. (2009). Boatman. Kanker Pada Perempuan & Penyembuhannya. Zora. (2015). LLC. integritas Hanik. Canada.M. Klaten.H...D. Mammae asimetrik Defisiensi Pengetahuan Ansietas Gangguan citra tubuh Perfusi jar. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis Nanda NIC-NOC (Jilid 1).