Amal Sholeh Di Bulan Ramadhan

Shaum atau puasa secara bahasa bermakna al-imsak atau menahan diri dari sesuatu seperti menahan diri dari makan atau berbicara. Makna shaum seperti ini dipakai dalam ayat ke-26 surat Maryam. Maka makan dan minumlah kamu, wahai Maryam, dan tenangkanlah hatimu; dan jika kamu bertemu seseorang, maka katakanlah saya sedang berpuasa dan tidak mau berbicara dengan siapapun.

Sedangkan secara istilah, shaum adalah menahan dari dari dua jalan syahwat, mulut dan kemaluan, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan pahala puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Bulan Ramadhan penuh berkah, berdaya guna dan berhasil guna, bermanfaat secara maksimal. Detik demi detik di Bulan Suci ini bagaikan rangkaian berlian yang sangat berharga bagi orang beriman. Pasalnya semua perbuatan kita di saat berpuasa menjadi ibadah berpahala yang balasannya langsung dari Allah. Amal baik sekecil apapun nilainya dilipatgandakan sehingga kita menjadi puas dalam melakukannya.

Keberkahan Ramadhan oleh Nabi saw secara garis besar dibagi 3, yaitu 10 malam periode pertama penuh rahmat Allah, 10 berikutnya diisi dengan ampunan (maghfirah), sedangkan di 10 malam terakhir merupakan pembebas manusia dari api neraka. Keberkahan yang Allah berikan ini akan optimal jika kita mengelola waktu pendekatan diri kepada Allah sebagaimana arahan Rasulullah saw. Wahai manusia, sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yg paling utama.

Bulan Ramadhan merupakan momentum peningkatan kebaikan bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh. Terutama, sepuluh hari terakhir Ramadhan. Sebagian ulama kita membagi bulan ini dengan tiga fase: fase pertama sepuluh hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, sepuluh di tengahnya sebagai fase maghfirah dan sepuluh akhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka. Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Salman Al Farisi: Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka. Selain itu, Rasulullah

3. Semua pintu neraka ditutup sehingga tidak ada satu pintu pun yang terbuka. dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintupintu neraka. Dari ummul mukminin. ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan: Beliau jika memasuki sepuluh hari terkahir Ramadhan. (Tirmidzi dan Ibnu Majah). (Bukhari dan Muslim) Rasulullah saw. Ibnu Khuzaimah. 2. pastilah mereka berharap Ramadhan itu selama satu tahun. datanglah! Wahai pencari kejahatan. Rasulullah saw bersabda: siapa yang shalat bersama imam sampai ia berhenti. Pada malam itu ada orang-orang yang dibebaskan dari neraka.a.saw. Wahai pencari kebaikan. Dan yang demikian itu terjadi pada setiap malam. para setan dan jin kafir akan dibelenggu. Berusahalah untuk menjaga konsistensi shalat Tarawih secara berjamaah. Lalu terdengar suara seruan. Apabila datang malam pertama bulan Ramadhan. Kalau saja manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan. maka akan dicatat untuknya seperti shalat sepanjang malam . Rasulullah saw. dan dibuka pintu-pintu surga sehingga tidak ada satu pun yang tertutup.. Bertekad untuk melanjutkan perbuatan-perbuatan baik yang kita biasakan di dalam Ramadhan. mengencangkan ikat pinggang. (Thabrani. Apabila datang bulan puasa. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menjadikan Ramadhan sebagai stasiun untuk mengintrospeksi diri. mengisi tiap detik hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan amal-amal yang bermanfaat. bersabda. maka sudah seharusnya kita dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan ibadah kita. Dengan melihat berbagai keutamaan bulan Ramadhan melalui hadist-hadist di atas. dan Baihaqi). Ada beberapa langkah untuk memaksimalkan amalan kita di bulan Ramadhan diantaranya: 1. setelah Ramadhan berakhir. juga bersabda. . dengan meningkatkan amal-amal kita. Dari Abu Hurairah r. menceritakan tentang kondisi Nabi saw. menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya. kurangkanlah.. mengulang dan memperbaikinya. bersabda. Aisyah ra.

bukan untuk memperbanyak tidur dan memelihara kemalasan. karena hal itu akan menyibukkan anggota keluarga untuk menyiapkannya.4. Ramadhan adalah kesempatan berharga yang tidak datang setiap saaat. Jangan terlalu banyak menghidangkan jenis makanan ketika sedang berbuka puasa. Bersegeralah memohon maaf kepada orang yang pernah kita zhalimi. Bekali diri kita denga pemahaman atas makna-makna (tafsir Al Quran). 5. Jangan terlalu sering jalan-jalan ke luar rumah di waktu malam seperti ke tempat-tempat yang penuh keramaian. 11. sehingga mereka kehilangan kesempatan untuk memperbanyak ibadah di siang harinya. Terutama di hari-hari penghujung Ramadhan agar tidak kehilangan kesempatan bertemu dengan lailatul qodar.Akan tetapi berupayalah untuk melaksanakan qiyamul lail. Berusahalah untuk memberikan makaan atau minuman berbuka kepada orang yang berpuasa agar kita mendapatkan pahala seperti puasa yang dikerjakan. 6. Lakukanlah I tikaf di mesjid walaupun hanyan beberapa jam. Ketika kita merasa lapar. Sesungguhnya bulan ini adalah bulan ibadah dan amal. Dan ketika datang pun tidak menunggu kesiapan dan keluangan waktu kita. kitalah yang harus meluangkan waktu dan . Itulah beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam memaksimalkan amalan Ramadhan kita. maka ingatlah sesungguhnya kita adalah makhluk yang lemah. Maka. sebelum orang tersebut mengambil pahala amal kebaikan kita di akhirat kelak. 7. dan kita sangat membutuhkan makanan dan kebutuhan lainnya dari Allah. 8. 10. 12. Disunnahkan untuk mengumandangkan takbir pada malam Iedul Fitri dan pada pagi harinya sampai selesai melaksanakan shalat Ied. 9.

Selain hal di atas. dan semua serba baru. Ia lalu menuju ke mesjid dan menetap di dalamnya. dalam beberapa minggu. tilawah dan dzikir sampai bulan Ramadhan berlalu. tanpa makan dan minum. dan warna-warni. Sehingga warna tubuhnya nyaris menyatu dengan warna yang ia makan. ayam dan ulat. Dalam rentang waktu yang panjang itu. ayam mengeram telurnya. Tidurnya pun makan. bukan makan untuk hidup. bulu-bulunya mulai rontok. Jadi ayo berlomba-lomba . apa yang terjadi ketika si ulat memutuskan shaum berdiam diri. Ulat hidup hanya untuk makan. sehingga tubuhnya mengecil. ular tidak makan sama sekali. agar ketika berlalu tidak timbul penyesalan yang mendalam karena kelalian kita sendiri. memperbanyak shalat. Kita sebagai makhluk yang paling sempurna dengan adanya akal yang dianugerahkan Allah pada kita. Perhatikanlah apa yang dilakukan Imam Malik rahimahullah jika telah memasuki Ramadhan. terutama kaum perempuan suka yang namanya kupu-kupu. Dari kepompong menjelma seekor kupu-kupu yang cantik nan menawan. tentu Ramadhan harus mampu melahirkan dan meluluskan alumni-alumni manusia yang jauh lebih baik dari makhluk-makhluk lainnya. ia mengeram. Semua orang geli bahkan takut sama ulat. Ayam. Binatang ulat. menjelma menjadi ular baru. serba baru. terutama kaum perempuan.menyiapkan diri menyambutnya. boleh jadi binatang ulat adalah binatang yang paling rakus di dunia ini. ada baiknya kita renungkan beberapa model alumni shaum binatang di sekitar kita. Ia menutup kitab-kitabnya. Binatang ular mempunyai keunikan. dan subhanallah! Lahir anak-anak ayam yang lucu-lucu. Ternyata perubahan itu di awali dari proses panjang shaum alias tidak makan selama hampir satu tahun. Praktis semua orang. Sampai-sampai mulut ayam selalu menganga dan mengeluarkan suara. yang lebih baik. Apa yang terjadi setelah tiga pekan? Telur-telur itu menetas. merubah diri menjadi muda lagi. Ia hanya mngambil Al Quran dan berkata. Namun. Bulan ini adalah bulan Ramadhan. melahirkan sosok baru. Subhanallah! Oleh karena itu. tidak berfatwa dan tidak melayani diskusi dengan orang lain. berubah menjadi kepompong. berkulit baru lagi. bulannya Al Quran. Dalam rentang waktu tiga pekan kurang lebih. mempesona dan membawa manfaat. Sebagai contoh: ular. tentunya takkan rela untuk menyia-nyiakan keistimewaan dan keutamaan Ramadhan. Itulah model alumni shaum binatang. beramal di dalamnya sebanyak-banyaknya. ketika bertelur dan mau memiliki anak. mengecil dan akhirnya ular keluar dari kulit lamanya.

07:51:08 :: kategori Fiqh Penulis: Bulletin al Wala' wal Bara . Kewajiban. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan. 16 September 2005 . Amalan di bulan Ramadhan (Adab. diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kalian agar kalian bertakwa. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya): "Hai orang-orang yang beriman. Dan berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. Amiin. Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjukNya yang diberikan kepada kalian. Karena itu. Hikmah. pada hari-hari yang lain. sebanyak hari yang ditinggalkannya itu." (Al-Baqarah:183-185) Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: . maka itulah yang lebih baik baginya. maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. & Adab-adab Puasa Ramadhan Kewajiban Puasa Ramadhan Puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban yang jelas yang termaktub dalam Kitabullah. maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. (yaitu): memberi makan seorang miskin. Sunnah Rasul-Nya dan ijma' kaum muslimin. maka (wajiblah baginya berpuasa). Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah. supaya kalian bersyukur. dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka). bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).untuk memaksimalkan seluruh amalan Ramadhan kita. Wallahu alam biishawab. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa diantara kalian ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka).: :. barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu. agar kita dapat terlahir kembali menjadi manusia baru yang lebih baik. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan. dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian. Allah menghendaki kemudahan bagi kalian. Hikmahnya) Jumat.

sementara bagi anak wanita ditandai dengan haidh (menstruasi). Puasa juga tidak wajib bagi anak kecil sampai dia 'aqil baligh. Hikmah dan Manfaat Puasa Shaum (puasa) yang disyari'atkan dan difardhukan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya mempunyai hikmah dan manfaat yang banyak sekali. baik itu karena gila atau penyakit syaraf atau sebab lainnya. Maka barangsiapa yang mengingkari kewajiban puasa Ramadhan. menunaikan zakat. Ini bagi anak laki-laki. jika kuat dan tidak membahayakannya. maka tidak wajib baginya berpuasa dan tidak pula menggantinya dengan membayar fidyah. Puasa juga tidak wajib bagi orang yang kehilangan akal. 'Aqil balighnya ini diketahui ketika dia telah masuk usia 15 tahun atau tumbuh rambut kemaluannya atau keluar air mani (sperma) ketika bermimpi. sebaiknya seorang anak (yang belum baligh pent) disuruh untuk berpuasa. Maka jika seorang anak telah mendapati tanda-tanda ini."Islam dibangun di atas lima hal: bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah. dia harus dibunuh karena kekafirannya. . Kalau mau bertaubat dan mau mengakui kewajiban syari'at tadi maka dia itu muslim kembali." (Muttafaqun 'alaih dari Ibnu 'Umar) Sementara itu kaum muslimin bersepakat akan wajibnya puasa Ramadhan. harus disuruh bertaubat. Ini berarti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sempat melakukannya selama sembilan kali. Puasa Ramadhan diwajibkan mulai pada tahun kedua hijriyyah. Jika tidak. berpuasa pada bulan Ramadhan dan haji ke Baitullah. Maka puasa tidak wajib bagi orang kafir dan tidak akan diterima pahalanya jika ada yang melakukannya sampai dia masuk Islam. Di antara hikmah puasa adalah bahwasanya puasa itu merupakan ibadah yang bisa digunakan seorang hamba untuk bertaqarrub kepada Allah dengan meninggalkan kesenangan-kesenangan dunianya seperti makan. Berkenaan dengan inilah jika ada orang yang telah menginjak dewasa namun masih tetap idiot dan tidak berakal sehat. Akan tetapi dalam rangka sebagai latihan dan pembiasaan. berarti dia telah murtad dan kafir. maka dia telah 'aqil baligh. mendirikan shalat. minum dan menggauli istri dalam rangka untuk mendapatkan ridha Rabbnya dan keberuntungan di kampung kemuliaan (yaitu kampung akhirat pent). Puasa Ramadhan wajib bagi setiap muslim yang telah 'aqil baligh dan berakal sehat.

musik ataupun nasyid. yakni takwa dan menghambakan diri kepada Allah. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya): "Hai orang-orang yang beriman. yang itu semuanya dapat melalaikan dari ketaatan kepada Allah. berdusta. menjual barang dagangan yang haram. Hikmah puasa yang lain adalah bahwa puasa adalah sarana untuk menghadapi derajat takwa apabila seseorang melakukannya dengan sesungguhnya (sesuai dengan syari'at)." (Al-Baqarah:183) Orang yang berpuasa berarti diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah. mengadu domba antar mereka. dan kata takwa ini ketika dimutlakkan (penggunaannya) maka mengandung makna mengerjakan perintah-perintah dan meninggalkan larangan-larangan. demikian juga menjauhi hal-hal yang diharamkan baik berupa perkataan maupun perbuatan. minum dan menggauli istri.1903) Berdasarkan dalil ini. yakni dengan mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Al-Bukhariy no. mendengarkan apa saja yang haram untuk didengarkan seperti lagu-lagu.Dengan puasa ini jelas bahwa seorang hamba akan lebih mementingkan kehendak Rabbnya daripada kesenangan-kesenangan pribadinya. Jadi bukan hanya sekedar melatih untuk meninggalkan makan. Apabila kita membaca ayat tersebut. maka tidak boleh mencela. diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kalian agar kalian bertakwa. ghibah (menggunjing orang lain). Lebih cinta kampung akhirat daripada kehidupan dunia. . Adapun takwa adalah meninggalkan keharaman-keharaman. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: (( )) "Barangsiapa yang tidak bisa meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh terhadap amalan dia meninggalkan makanan dan minumannya. maka diperintahkan dengan kuat terhadap setiap orang yang berpuasa untuk mengerjakan segala kewajiban. Inilah tujuan agung dari disyari'atkannya puasa. maka tentulah kita mengetahui apa hikmah diwajibkannya puasa. serta menjauhi segala bentuk keharaman lainnya." (HR.

Sehingga ia akan mampu memimpin jiwanya untuk meraih kebahagiaan dan kebaikannya di dunia dan di akhirat serta menjauhi sifat kebinatangan. karena inilah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: . Puasa juga mengandung berbagai macam manfaat kesehatan yang direalisasikan dengan mengurangi makan dan mengistirahatkan alat pencernaan pada waktu-waktu tertentu serta mengurangi kolesterol yang jika terlalu banyak akan membahayakan tubuh. bukan karena riya`. seperti makan. Diantara hikmah puasa juga adalah melatih seseorang untuk menguasai dan berdisiplin dalam mengatur jiwanya. Dengan begitu ia akan berderma kepadanya dalam bentuk shadaqah dan perbuatan yang baik lainnya. Bahwasanya wajib bagi seorang muslim untuk berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah semata. Akan tetapi betapa sedihnya. yang ternyata tidak dimudahkan untuk mendapatkannya.Apabila seseorang mengerjakan semuanya itu dalam satu bulan penuh dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah maka itu akan memudahkannya kelak untuk istiqamah di bulan-bulan tersisa lainnya dalam tahun tersebut. kebanyakan orang yang berpuasa tidak membedakan antara hari puasanya dengan hari berbukanya. hendaklah bagi seorang muslim untuk mengerjakannya karena penuh keimanan dan mengharap pahala kepada-Nya. sum'ah. Allah telah memudahkan baginya untuk itu. Demikian juga shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih -pent). bahkan seringkali perbuatan-perbuatan tersebut merusak pahala puasa sehingga hilanglah pahalanya. mereka tidak merasakan keagungan dan kehormatan puasa. Juga manfaat lainnya dari puasa sangat banyak. mengikuti keluarganya atau penduduk negerinya bahkan wajib baginya bahwa yang membawanya berpuasa adalah keimanannya bahwasanya Allah telah mewajibkan puasa tersebut kepadanya dan mengharap pahala di sisi-Nya dalam melaksanakan puasa tersebut. Maka dengan begitu ia akan bersyukur kepada Rabbnya atas karunia nikmat ini dan mengingat saudaranya yang miskin. mereka tetap menjalani kebiasaan yang biasa mereka lakukan yakni meninggalkan kewajiban-kewajiban dan mengerjakan keharaman-keharaman. Perbuatan ini memang tidak membatalkan puasa tetapi mengurangi pahalanya. taqlid kepada manusia. Adab-adab Berpuasa 1. Hikmah puasa yang lainnya adalah seorang kaya akan mengetahui nilai nikmat Allah dengan kekayaannya itu di mana Allah telah memudahkan baginya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. minum dan menikah serta apa saja yang dibolehkan oleh Allah secara syar'i.

akan tetapi terhadap orang yang puasa lebih dikuatkan perintahnya. sesuai sabda Nabi: "Makan sahurlah kalian karena di dalam sahur ada barakah. mendengarkan ghibah." 2. sesuai dengan firman Allah: "Hai orang-orang yang beriman. Berbuka puasa dengan ruthab (kurma yang sudah matang). mencela. khianat. . melihat sesuatu yang haram seperti melihat lawan jenisnya yang bukan mahramnya. (Lihat HR. nyanyian. dan barangsiapa yang shalat di malam harinya (shalat tarawih) karena iman dan mengharap pahala kepada-Nya maka diampuni dosanya yang telah lalu dan barangsiapa yang shalat malam bertepatan dengan datangnya lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala kepadaNya maka diampuni dosanya yang telah lalu. ucapan dusta dan sejenisnya.1095) 6. mendengarkan hal yang haram seperti musik. serta perbuatan haram lainnya yang harus dijauhi oleh orang yang sedang berpuasa dan selainnya.1923 dan Muslim no. mencaci." (HR. amal kebaikan. Menjauhi apa yang diharamkan Allah berupa kebohongan. berdasarkan sabda Nabi: "Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa. diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kalian agar kalian bertakwa. Al-Bukhariy no. jika tidak didapatkan boleh dengan tamr (kurma yang belum sampai ruthab). Al-Bukhariy no. 4. beliau menjadi lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan tatkala Jibril menjumpainya untuk bertadarrus Al-Qur`an.1902) 5. menyegerakan berbuka tatkala telah jelas benar tenggelamnya matahari. Termasuk adab terpenting dalam berpuasa adalah membiasakan diri kita bertakwa kepada Allah dengan mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Makan sahur dan mengakhirkannya. berbuat baik kepada orang lain. Sungguh Rasulullah adalah orang yang paling dermawan. menipu. Fataawash Shiyaam karya AsySyaikh Ibnu Baz dan lain-lain serta kitab Fataawal 'Aqiidah wa Arkaanil Islaam karya Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin dengan beberapa perubahan} Wallaahu A'lam."Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala kepada Allah maka diampuni dosanya yang telah lalu. Al-Bukhariy no.1903) 3. terutama di bulan Ramadhan. jika itupun tidak diperoleh maka dengan air." (Muttafaqun 'alaih dari Sahl bin Sa'ad AsSa'idiy) {Diambil dari kitab Fataawash Shiyaam karya Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin." (HR. Memperbanyak shadaqah." (Al-Baqarah:183) Sesuai pula dengan sabda Nabi: "Barangsiapa yang tidak bisa meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh terhadap amalan dia meninggalkan makanan dan minumannya.

Sebulan penuh umat Islam menjalani proses tadzkiyatun nafs (pembersihan jiwa). Sebulan penuh umat Islam melakukan riyadhatur ruhiyah (olah rohani). Hai orang-orang yang beriman. Sebulan penuh umat Islam bagai ulat dalam kepompong Ramadhan. Al-Baqarah (2): 183] . Umat Islam melepas belenggu materialisme dunia dengan menghidupkan dunia ruhiyah. Bulan ini adalah bulan rihlah ruhaniyah (wisata rohani). diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. [QS.233 Oleh: Mochamad Bugi 217 Share Save 42 Comments Ramadhan punya makna tersendiri di hati umat Islam.Amal-amal Selama Di Bulan Ramadhan Hadits 12/9/2007 | 29 Sya'ban 1428 H | Hits: 24. Diharapkan di akhir Ramadhan kondisi rohani mereka secantik kupu-kupu.

begitu kata Rasulullah saw. (HR. Bukhari. Bukhari dan Muslim). bersabda. maka nilai puasa kita akan berkurang kadarnya. ada rambu-rambu yang harus ditaati. Tapi. maka hal itu akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. Inti puasa adalah melatih kita menahan diri dari hal-hal yang tidak benar. Bukankah (hakikat) puasa itu sekadar meninggalkan makan dan minum. maka jangan Anda . Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi) Jangan pernah tidak berpuasa sehari pun tanpa alasan yang dibenarkan syariat.. (HR. Kata Rasulullah saw. Makanan sahur semuanya bernilai berkah. Meninggalkan puasa tanpa uzur adalah dosa besar dan tidak bisa ditebus meskipun orang itu berpuasa sepanjang masa. Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan sepenuh iman dan kesungguhan. dalam AlQuran surat Al-Baqarah (2) ayat 183-187. agar puasa kita tidak sia-sia. hal itu (merupakan dosa besar) yang tidak bisa ditebus bahkan seandainya ia berpuasa selama hidup. Barangsiapa yang selama berpuasa tidak juga meninggalkan kata-kata bohong bahkan mempraktikkanya. bersabda. Sebab. Hal ini diperintahkan Allah swt. yaitu sekadar meninggalkan makan dan minum. juga berkata. maka akan diampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan. Semua itu tidak akan bisa kita lakukan kecuali dengan bersungguh-sungguh dalam melaksankannya. At-Turmudzi) Jauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan menggugurkan nilai puasa Anda. Rasulullah saw. Dengan begitu. puasa yang kita lakukan menghasilkan ganjaran dari Allah berupa ampunNya. melainkan meninggalkan perbuatan sia-sia dan kata-kata bohong. Barangsiapa tidak puasa pada bulan Ramadhan sekalipun sehari tanpa alasan rukhshah atau sakit. maka tidak ada nilainya bagi Allah apa yang ia sangkakan sebagai puasa. puasa bukan sekadar tidak makan dan tidak minum. Rasulullah saw. Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah). Muslim.Amal-amal apa saja yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan agar kita bisa memperoleh derajat takwa? 1. Berpuasa (Shiyam) Amal yang utama di bulan Ramadhan tentu saja berpuasa. perdalamlah wawasan kita tentang puasa yang benar dengan mengetahui dan menjaga rambu-rambunya. melakukan makan sahur sebelum tiba waktu subuh. Rasulullah saw. Rasulullah saw. (HR. (HR. dan Abu Dawud) Salah satu bentuk kesungguhan dalam berpuasa adalah. Bila hal-hal itu tidak bisa ditinggalkan. Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian mengetahui rambu-rambunya dan memperhatikan apa yagn semestinya diperhatikan. Karena itu. menerangkan. (HR.

Membaca Al-Qur an (Tilawah) Al-Qur an diturunkan perama kali di bulan Ramadhan. maka di bulan Ramadhan kita bisa memasang target dua kali khatam. pahami. Yang pertama ialah doa orang-orang yang berpuasa sehingga mereka berbuka. Sesungguhnya termasuk hamba Allah yang paling dicintai olehNya ialah mereka yang menyegerakan berbuka puasa. Alah dan para malaikat mengucapkan salam kepada orang-orang yang makan sahur. dan amalkan isinya. lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. memberi contoh bersegera berbuka puasa walaupun hanya dengan ruthab (kurma mengkal). doa orang yang berpuasa mustajab. maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut. Sebab. Ini kata Rasulullah saw. jangan lupa berdoa. adalah memberikan santapan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa.. Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa. Jika di bulan-bulan lain kita khatam membaca Al-Qur an dalam sebulan. Buat target. Insya Allah. Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi. Selama berpuasa. Imam AzZuhri berkata. Memberikan makanan (Ith amu ath-tha am) Amal Ramadhan yang juga dianjurkan Rasulullah saw. tamar (kurma). kita akan menjadi insan yang berkah. meskipun hana dengan seteguk air. Apabila datang Ramadhan. Rasulullah saw. begitu kata Rasulullah saw. Ini bisa dijadikan program unggulan bersama keluarga. Turmudzi dan An-Nasa i) .tinggalkan. Ahmad dan Turmudzi) 2. Maka tak heran jika Rasulullah saw. Ada tiga kelompok manusia yang doanya tidak ditolak oleh Allah. Lebih baik lagi jika ditambah dengan menghafal satu juz atau surat tertentu. Abu Dawud dan Ahmad). maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur an. 3. Doa yang banyak. (HR. juga bentuk kesungguhan kita dalam berpuasa. menyegerakan berbuka ketika magrib tiba. Selain sahur. atau seteguk air. (HR. (HR.

Perhatikan kesehatan Berpuasa adalah ibadah mahdhah. Keharmonisan keluarga juga bisa kita dapatkan dari shalat berjamaah dan tadarrus bersama. Jadi. 5. Tapi. berobat dengan berbekam. Rasulullah saw. Karena. termasuk tidak berwajah cemberut. Berdakwah Selama Ramadhan kita punya kesempatan berdakwah yang luas. 6. . Termasuk dalam mengharmoniskan hubungan keluarga. berkata. Masih banyak bentuk sedekah yang bisa kita lakukan jika kita punya kelebihan rezeki. maka kamu akan sehat. Jaga keharmonisan keluarga Puasa adalah ibadah yang khusus untuk Allah swt. tapi juga memenuhi hak-hak keluarganya. dan memperhatikan penampilan. Dalam praktik keseharian. baik ketika berbuka atau sahur. jangan sia-siakan kesempatan ini. siapapun di bulan itu kondisi ruhiyahnya sedang baik sehingga siap menerima nasihat. Jadi. Makanya Rasulullah saw. baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun. tetap memperhatikan kesehatan giginya dengan bersiwak. berpuasa bukan berarti menjauh dari istri karena taqarrub kepada Allah sepanjang malam. Tak heran jika selama berpuasa Rasulullah saw. Peduli dan sigap menolong orang lain adalah sifat yang ingin dilatih dari orang yang berpuasa. 4. Rasulullah saw. bersabda. punya efek yang luas. Berpuasalah kamu.Sebenarnya memberi makan untuk orang berbuka hanyalah salah satu contoh bentuk kedermawanan yang ingin ditumbuhkan kepada kita. berpuasa. Bukan juga tiada hari tanpa i tikaf. Tapi orang yang berpuasa juga sebenarnya adalah orang yang peduli dengan kesehatan. barangsiapa menunjuki kebaikan. Di bulan lain hal ini sulit dilakukan. hanya di bulan Ramadhan kita bisa makan bersama secara komplit sekeluarga.

buat tulisan. bisa mengambil artikel-artikel dari majalah. Jika tidak bisa berceramah. Jika tidak bisa. silakan Anda qiyamul ramadhan sesuai dengan kadar kemampuan dan antusiasme Anda. Beberapa riwayat yang sampai kepada kita tentang jumlah rakaat shalat tarawih menyiratkan ragam shalat sesuai dengan keadaan dan kemampuan masingmasing. sedangkan mereka shalat 21 atau 23 rakaat. lalu sebarkan. 7. ashar. dan subuh di musholah atau masjid. Sebarkan ke orang-orang yang Anda temui. di saat kekhawatiran akan diwajibakannya shalat tarawih sudah tidak ada lagi. Saat itu Rasulullah saw. Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti di atas. Kata Rasulullah saw. berkah. melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama para sahabat tidak sepanjang Ramadhan. Rasulullah saw. jadilah pembicara di kultum ba da sholat zhuhur. Ini sebenarnya hanyalah langkah awal bagi kerja yang lebih serius lagi. sesungguhnya Anda sedang melatih diri untuk menjadi sosok yang bermanfaat bagi orang lain. fotocopy. Tapi. tergantung semangat dan antusiasmenya masing-masing. I tikaf . kadang 21. Ada yang meriwayatkan hanya tiga hari. Ibnu hajar Al-Asqalani Asy-Syafi i berkata. 8. Jadi. Insya Allah. Abdur Razzaq dan baihaqi). Bisa juga menjadi penceramah di waktu tarawih. dan terkadang 23 rakaat. Kadang ia mampu melaksanakan shalat 11 rakaat. Shalat Tawawih (Qiyamul Ramadhan) Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Umar bi Khattab menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih adalah 21 atau 23 rakaat (HR.Jika mampu. karena khawatir akan dianggap menjadi shalat wajib. mereka membaca bacaan-bacaan yang pendek dengan tetap memperhatikan masalah thuma ninah sehingga tidak membuat mereka sulit.. mukmin yang baik adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.. Dahulu mereka shalat 11 rakaat dengan bacaan yang panjang sehingga mereka bertelekan dengan tongkat penyangga. melakukannya secara berjamaah sebanyak 11 rakaat dengan bacaan surat-surat yang panjang.

yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. pernah beri tikaf pada awal Ramadhan. Malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. pertengahan Ramadhan. Bahkan. amat menjaga-jaga untuk bida meraih lailatul qadar. Aneh benar keadaan orang Islam. ibadah ini dianggap berat oleh kebanyakan orang Islam. Abu Sa id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Begitu kata Rasulullah saw. Ampunilah aku. karena nilainya setara denagn haji bersama Rasulullah saw. Beliau menyuruh kita mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hal ini dikomentari oleh Imam Az-Zuhri. Karena. pahalanya akan berlipat-lipat. Umrah Jika Anda punya rezeki cukup. Kenapa? Karena. . agar apabila datang bulan Ramadhan. dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lailatul Qadar Ada bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa: lailatul qadar. dewasa maupun anak-anak. berkata kepada Ummu Sinan. 9. hendaklah ia melakukan umrah. Zakat Fitrah Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir oleh umat Islam. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin. mengajarkan kita sebuah doa. seorang wanita Anshar. maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. pergilah umrah di bulan Ramadhan.Inilah amaliyah ramadhan yang selalu dilakukan Rasulullah saw. Rasulullah saw. (HR. Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa fu annii. 10. Rasulullah saw. mereka meninggalkan i tikaf padahal Rasulullah tidak pernah meninggalkannya sejak beliau datang ke Madinah sampai beliau wafat. Maka. malam yang penuh berkah. Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Bukhari dan Muslim) 11. Sayangnya. baik lelaki-perempuan. untuk mendapatkan malam penuh berkah itu. Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab. I tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribada kepada Allah swt. Rasulullah saw. Mudah-mudahan Anda bukan dari golongan yang kebanyakan itu. Ya Allah. jadi sedikit yang mengamalkannya.

tidak memperdulikan masalah yang mulia ini walaupun sedikit perhatianpun. dan sabda beliau: Agama itu nasehat (riwayat Muslim no. (untuk) memusnahkan penyimpangan orang-orang sesat dari sunnah. (untuk) memusnahkan penyimpangan orang-orang sesat dari sunnah.menduduki kedudukan yang tinggi. dan mematahkan takwilan para pendusta dari sunnah dan menyingkap kepalsuan para pemalsu Sunnah. Orang yang melihat dunia para penulis dan para pemberi nasehat akan melihat bahwa mereka -kecuali yang diberi rahmat oleh Allah. Sejak bertahun-tahun sunnah telah tercampur dengan hadits. tapi akan kita cukupkan sebagian contoh yang baru masuk dan mashyur di kalangan manusia dengan sangat masyhurnya.12. (Ini semua) sebagai pengamalan hadits: Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat (riwayat Bukhari 6/361). karena adanya sesuatu yang teramat penting yang tidak diragukan lagi sebagai peringatan bagi manusia. bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi kita untuk bertaubat kembali ke fitrah kita. walaupun banyak sumber ilmu yang memuat keterangan yang shahih yang menyingkap yang bathil. Sejak bertahun-tahun sunnah telah tercampur dengan hadits. dan sebagai penegasan terhadap kebenaran. Hadits-Hadits Dhaif Yang Tersebar Seputar Bulan Ramadhan Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla telah menetapkan sunnah Nabi secara adil. serta pengaruh yang akan terjadi pada ilmu dan manusia. Hal ini telah diterangkan oleh para imam terdahulu dan ulama salaf dengan penjelasan dan keterangan yang sempurna.hadits dhaif. dusta. diada-adakan atau lainnya. hingga tidaklah engkau membaca makalah atau mendengar nasehat kecuali hadits-hadits ini -sangat disesalkan.hadits dhaif. dusta. Hal ini telah diterangkan oleh para imam terdahulu dan ulama salaf dengan penjelasan dan keterangan yang sempurna. dan mematahkan takwilan para pendusta dari sunnah dan menyingkap kepalsuan para pemalsu Sunnah. diada-adakan atau lainnya. membukakan pintu ampunan bagi hamba-hambanya dan setiap malam bulan Ramadhan Allah membebaskan banyak hambaNya dari api neraka. maka kami katakan: Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla telah menetapkan sunnah Nabi secara adil. Karena itu. Maksud kami bukan membahas dengan detail masalah ini. Kami menilai perlunya dibawakan pasal ini pada kitab kami. Perbanyaklah Taubat Selama bulan Ramadhan Allah swt.55) .

yang bisa menghentikan mereka dari menyebut hadits dhaif.Maka kami katakan wabillahi taufiq: Sesungguhnya hadits-hadits yang tersebar di masyarakat banyak sekali. penyakitnya pada Jabir bin Ayyub. Wahai manusia. niscaya umatku akan berangan-angan agar satu tahun Ramadhan seluruhnya. Juga dinukilkan perkataan Abu Nu'aim. biografinya ada pada Ibnu Hajar di dalam Lisanul Mizan (2/101) dan beliau berkata: Masyhur dengan kelemahannya. hingga mereka hampir tidak pernah menyebutkan hadits shahih -walau banyak. Dia suka memalsukan hadits. 2. jadikanlah ilmu shahih yang telah tersaring sebagai jalan (hidup) kita. Mungkarul hadits dan dari An Nasa'i. Semoga Allah merahmati Al Imam Abdullah bin Mubarak yang mengatakan: (Menyebutkan) hadits shahih itu menyibukkan (diri) dari yang dhaifnya. berkata. Kalaulah seandainya kaum muslimin tahu apa yang ada di dalam Ramadhan. dan Bukhari. 1886) dan Ibnul Jauzi di dalam Kitabul Mauduat (2/188-189) dan Abul Ya'la di dalam Musnad-nya sebagaimana pada Al Muthalibul 'Aaliyah (Bab/A-B/ tulisan tangan) dari jalan Jabir bin Burdah dari Abu Mas'ud Al Ghifari. Allah menjadikan puasa (pada bulan itu) sebagai . Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (no. Hadits ini maudhu' (palsu). Jadikanlah imam ini sebagai suri tauladan kita. Dan (yang termasuk) dari hadits-hadits yang tersebar digunakan (sebagai dalil) di kalangan manusia pada bulan Ramadhan diantaranya: 1. dan ibnu Khuzaimah berkata serta meriwayatkannya. Jika haditsnya shahih. karena dalam hatiku ada keraguan pada Jarir bin Ayyub Al Bajali. bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. matruk (ditinggalkan) haditsnya. Ibnul Jauzi menghukumi hadits ini sebagai hadits palsu. Sesungguhnya surga dihiasi untuk Ramadhan dari awal tahun kepada tahun berikutnya Hingga akhir hadits ini. sungguh bulan yang agung telah (menaungi) kalian.

Dhaif berkata Ibnu Abi khaitsamah. Demikianlah di dalam Tahdizbut Tahdzib (7/322-323). Inilah bulan yang awalnya adalah rahmat. Di dalamnya ada kelemahan dan jangan berhujjah dengannya. dari Suhail bin Abi Shalih dari Abi hurairah. Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (1887) dan Al Muhamili di dalam Amalinya (293) dan Al Ashbahani dalam At Targhib (q/178. Berkata Ibnu Hajar di dalam Al Athraf. Hadits yang mungkar.satu kewajiban dan menjadikan shalat malamnya sebagai amalan sunnah. karena lemahnya Ali bin Zaid. Hadits tersebut merupakan potongan dari hadits riwayat Ibnu Adi di dalam Al Kamil (7/2521) dari jalan Nahsyal bin Sa'id. karena jelek hafalannya. dari Ad Dhahhak dari ibnu Abbas. berkata Imam Ahmad bin Hanbal. Jangan berhujjah dengan hadits ini. Nahsyal termasuk yang ditinggal (karena) dia pendusta dan Ad Dhahhak tidak mendengarkan dari ibnu Abbas. Hadits ini juga panjang. dan. Dan Ibnu Khuzaimah berkata setelah meriwayatkan hadits ini. Sumbernya pada Ali bin Zaid bin Jad'an. berkata Ibnu Sa'ad. Tidak kuat. berkata Ibnu Khuzaimah. dari Zuhair bin muhammad. pertengahannya ampunan dan akhirnya adalah merupakan pembebasan dari api neraka sampai selesai. Berpuasalah. tulisan tangan) dari jalan Ali bin Zaid Jad'an dari Sa'id bin Al Musayyib dari Salman. Barangsiapa yang mendekatkan diri pada bulan tersebut dengan (mengharapkan) suatu kebaikan. . 3. Jika benar kabarnya. berkata Ibnu Ma'in. niscaya kalian akan sehat. maka sama (nilainya) dengan menunaikan perkara wajib pada bulan yang lain . Diriwayatkan oleh At Thabrani di dalam Al Ausath (1/q 69/ Al Majma'ul Bahrain) dan Abu Nu'aim di dalam Ath Thibun Nabawiy dari jalan Muhammad bin Sulaiman bin Abi Daud. 23714-tertib urutannya). kami cukupkan dengan membawakan perkataan ulama yang paling masyhur. Dan sanad hadits ini lemah. dan dia lemah. Dan Ibnu Abi Hatim menukilkan dari bapaknya di dalam Illalul Hadits (1/249). Lemah di segala penjuru. sebagaimana hal ini dinukilkan oleh Imam As Suyuthi di dalam Jam'ul Jawami' (no. Hadits ini sanadnya dhaif.

dan terlebih lagi segala puji hanya bagi Allah.Berkata Abu Bakar Al Atsram. akan tetapi (hadits-hadits ini) sendiri tidak boleh kita sandarkan kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam. dan hadits ini darinya. Wasubhaanakallahu wa bihamdika. Dan inilah petunjuknya dalam puasa Ramadhan. membedakan yang shahih dari yang jelek. Aku mendengar Imam Ahmad -dan beliau menyebutkan riwayat orangorang Syam dari Zuhair bin muhammad. astaghfiruka. yang sesuai dengan syari'at kita yang lurus baik dari Al Qur'an maupun Sunnah. Wahai saudaraku yang haus akan ketaatan kepada Allah. Mudah-mudahan Allah memberi rizki pada kami kebaikannya. Aku katakan: dan Muhammad bin Sulaiaman Syaami. Tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian hadits-hadits ini memiliki makna. biografinya (disebutkan) pada Tarikh Damasqus (15/q386-tulisan tangan) maka riwayatnya dari Zuhair sebagaiman dinaskhkan oleh para Imam adalah mungkar. Al Ajalaiy berkata. karena jeleknya hafalan dia.umat ini telah Allah khususkan dengan sanad dibandingkan dengan umatumat yang lain.makna yang benar. Ibnu Abi Hatim berkata. demikianlah yang terdapat pada Tahdzibul Kamal (9/427). bersegeralah kepada kebaikan.pent) yang dhaif itu. Hadits-hadits yang mereka riwayatkan dari ahli Syam ini tidak membuatku kagum. .berkata. Dengan sanad ini dapat diketahui mana hadits yang dapat diterima dan mana yang harus ditolak. wa atuubu ilaika. Hafalannya jelek dan hadits dia dari Syam lebih mungkar daripada haditsnya (yang berasal) dari Irak. asyhadu anlaa ilaha illa anta. inilah sifat puasa Nabi dihadapanmu. telah benar dan baik orang yang menamainya (yakni Al Isnad) adalah: Ucapan yang dinukil dan neraca pembenaran khabar. Mereka meriwayatkan darinya (Zuhair -pent) beberapa hadits mereka (orang-orang Syam. Ilmu sanad adalah ilmu yang paling rumit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful