NeoProfil

Ahem, Naynee, Ouch! Bersama

Virtual Friend

Selagi berselancar di galaksi Internet, NeoTek berjumpa sekelompok mahluk maya yang friendly tetapi bawel. Mereka mengaku bisa menjadi teman yang menyenangkan selagi kita berkomputer. Untuk anda, Bung Anto melakukan virtual tele-interview dengan mereka.

NeoTek (NT) Anda dijuluki Virtual Friend. Dari mana sebenarnya nama itu didapat? Virtual Friend (VF) Haptek yang memberi nama itu pada kami. Kami ini sebenarnya diciptakan untuk membuat anda-anda yang riil itu tidak terlalu 'pegel' ketika berkomputer. Artinya kami dapat mengurangi suasana yang membosankan ketika anda berkomputer. Mungkin karena itulah kami lalu disebut sahabat, tetapi karena berasal dari dunia maya maka ditambahkanlah kata virtual atau maya di depan kata Friend-nya itu. NT sejak kapan anda menghirup udara maya?
Monkey Do Clown menemani anda dengan celotehnya ketika anda mengutak-atik komputer. ”Heee...heee.“Temui Howie di www.haptek.com.

VF Belum lama juga. Tahun 1998 kami pertama kali dirilis. Tetapi walaupun masih berbau kencur kami sudah cukup populer, lho. Mungkin nge-topnya kami adalah karena fungsi kami yang unik. Selama ini belum ada kan mahluk maya yang dapat ditempatkan di situs dan menjadi seksi cuap-cuap situs anda? Kami bisa berfungsi demikian. Belum lagi fungsi lainnya. NT Iya, sebenarnya apa saja fungsi anda bagi pengguna komputer dan netters? VF Buaanyak—dalam tanda kutip. Kami bilang banyak karena relatif selama ini belum ada yang menangani fungsi seperti yang kami lakukan. Maksudnya, dilihat dari sudut itu secara kualitatif prestasi kami belum ada yang menandingi. Tetapi bicara soal fungsi, pertama kami dapat diinstal di komputer lalu 'mencereweti' anda selagi anda berkomputer. Ungkapan-ungkapan seperti Ahem, Naynee, Ouch, Hello akan menjadi bagian dari aktivitas berkomputer anda. Fungsi kami yang lain adalah menjadi jubir situs. Maksudnya begini. Anda membayar sejumlah tertentu kepada Haptek untuk 'menyewa' Anna dan kawan-kawan membacakan kami. Lalu anda dapat menempatkan saya di situs anda untuk berbagai Romeo dan Juliet, ayat-ayat Alkitab serta Al Qur’an,dan ribuan buku lain fungsi. Menjawab pertanyaan pengunjung, memperkenalkan situs pada Project Gutenberg di anda, atau menjadi semacam guide pada situs anda. Ini semua www.simtalk.com/ spokenWord. mungkin dilakukan karena kami bisa berbicara, untuk ”Ahem... ahem.“ sementara ini, dalam tiga bahasa: Inggris, Jerman, dan Spanyol. Di masa depan kemampuan bahasa kami akan terus berkembang. Kami juga bisa menjadi teman ngobrol jika anda ikut serta chatting di homepage Haptek. Pesan-pesan yang biasanya hanya tertulis bisa kami sampaikan secara lisan. Itu namanya kemajuan, kan? Agar tahu lebih rinci tentang manfaat kami, baca deh NeoTek nomor ini pada halaman 30-31 dan 40-41.

Sven anda menjawa di w seputar b pertan y m ”Nay ww.allou asalah f aan it nee.. t .nayn training ness .com ee.“ .

NT Ngomong-ngomong kalau ada pembaca kami yang ingin berkenalan lebih jauh, di mana sih alamat kalian? VF Datang saja ke kantor kami di www.haptek.com.

Home Page

Berakhir Tahun
DUNIA TEKNOLOGI BARU
Kartun bulan ini

Bersama NeoTek
www.neotek.co.id

NeoTek

P

Sama sekali awam mengenai Internet? Setiap edisi NeoTek disertai bahasan untuk pemula, yaitu NeoStart…

Dimana Mendapatkan NeoTek?
Jakarta: Jl. Kramat Raya 3K, Gedung Maya Indah, Tel 021-345 6568, 315 7542, 314 9033. Bandung: Jl. Merdeka 6, Tel. 022–420 4795, 420 8955 Semarang: Jl. Singa Tengah 2/4, Tel. 024–717 425 Surabaya: Jl. Simo Sidomulyo 2/60, Tel. 031–532 5811, 546 5328 Malang: Jl. Emas 118, Tel. 0341–486 659 Yogyakarta: Jl. Mataram 90, Tel. 0274–587544 Bandar Lampung: Jl. Mawar 3 Rawa Laut, Tel. 0271–255 935 Palembang: Jl. Dharmapala 16 (Bukit Besar), Tel. 0711–441 116 Padang: Jl. Teknologi 3 Siteba, Tel. 0751–51857 Medan: Jl. Bilal 100B Pulau Brayan Barat, Tel. 061–618 330

www.creative-women.com/cartoon.html

NeoStart hlm. • Berlangganan Internet Gratis Lewat TelkomNet • Mendapat Account Email Gratis Lewat TelkomNet • Mengenal Browser & Email • Mengirim Email? Gampang!

8

ing death! Itulah yang terjadi jika anda 'gugur' dalam suatu pertempuran pada suatu game online. Istilah ini digunakan oleh para gamers komputer untuk menggambarkan pemain yang mati entah tertembak atau terkena senjata apa saja pada suatu permainan karena keterlambatannya dalam bereaksi disebabkan oleh bandwith Internet yang digunakannya tidak besar atau lebar. Game online, saudarasaudara pecinta game, bukan lagi perkara sederhana. Di baliknya terdapat teknologi canggih sebagai pendukungnya ditambah dengan kreativitas para penciptanya.

Maka yang kemudian tersaji bagi anda adalah game-game menawan yang belakangan juga dapat anda nikmati dan mainkan lewat Internet. Ada banyak situs yang menyediakan arena bermain seperti ini. Salah satu situs yang kami ambil sebagai contoh pada nomor liburan kami kali ini adalah Wireplay. Pada situs seperti ini anda bisa bertanding seru dengan gamers lain di seluruh dunia untuk beberapa permainan yang digemari orang ramai, seperti Quake. Untuk game yang disebutkan belakangan ini, situs Indonesia seperti IndoNet pun menyelenggarakan suatu komunitas yang memungkinkan anda berpartisipasi dalam game. Game dan liburan menjadi fokus perhatian kami kali ini bukan hanya karena Desember dikenal sebagai holiday seasons, tetapi karena bagi kita di tanah air bulan Desember 2000 ini menjadi istimewa. Pada bulan ini umat Islam dan Kristiani merayakan hari besarnya dengan hanya selang dua hari. Sebuah koinsidens yang akan jarang kita jumpai. Bagi anda yang merayakan hari raya di bulan Desember ini, kami memilihkan anda beberapa situs yang menyediakan eCards atau kartu elektronik. Kartu yang dapat dikirimkan lewat email ini, selain berisi ucapan selamat juga disertai animasi dan lagu sehingga penerimanya dapat menikmati sesuatu yang 'hidup' pada kartu yang diterimanya. Redaksi redaksi@neotek.co.id

Desember 2000 • NeoTek

1

Daftar Isi
Virtual Friend bisa menjadi ‘sohib’ para netters saat berselancar. NeoTek memperkenalkan mereka lewat NeoProfil. Pemimpin Umum Fachri Said Pemimpin Redaksi Kosasih Iskandarsyah Redaktur Ahli Onno W. Purbo Michael S. Sunggiardi Pemimpin Usaha Fahmi Oemar Ridwan Fachri Redaktur Pelaksana Gianto Widianto Redaktur Produksi Dadi Pakar Dewan Redaksi Hardi The, Supriyanto, Ma’mun Abdul Malik, Elvy Risma Nainggolan Pemasaran Mario Iskandarsyah Hedhi Sabaruddin Sirkulasi Deddy Ardiansyah Keuangan Aswan Bakri Administrasi Iklan Wina Wilandari Koresponden Amir Hamzah (Bandung), Tuti Sundari (Semarang), Sukmawati Ganie (Surabaya), Hauw Tio Hong (Singapura), Sophis Roongruangvoratus (Thailand) Alamat Redaksi/Pemasaran Gedung Cahaya Palmerah Suite 507 Jl. Palmerah Utara III/9 Jakarta 11480 Telp. 021-5481457, Fax. 021-5329041 e-mail: redaksi@neotek.co.id Bank Bank BNI a.n. PT Neotek Maju Mandiri No. rekening 070.001709720.001 Percetakan CV Angkasa, Bandung Kulit Muka M. Hadi Fr. 4 4 5 5 5 6 6 7 7 7

Desember 2000

NeoTek
Fokus Bulan Ini
Di hari raya kita membuncahkan kebahagiaan dengan para kerabat. Internet hadir dengan electronic cards yang memungkinkan kita berbagi keceriaan dan kebahagiaan dengan kerabat dan handai taulan.

3

dengan eCards
28

Berbagi Kebahagiaan

Tantangan Baru Bagi Percetakan:

Digital Fulfillment
37

Dunia penerbitan dan percetakan perlu berjaga-jaga untuk kehadiran era digital fulfillment di mana pencetakan dan penerbitan buku dapat dilakukan dengan tiras rendah.

Virtual Friend
41

Membacakan Anda Ribuan Buku
Kunjungi perpustakaan lisan di Internet. Di sana ada Erin, ‘seorang’ Virtual Friend yang dapat diminta membacakan berbagai buku klasik dari koleksi Project Gutenberg.

NeoRagam Ini & Itu di Internet
Buku Baru Stephen Hawking: Untuk Orang Kebanyakan Manifesto Heboh e-Economy Kekuasaan Ada di Tangan Konsumen Pemakai MP3.Com Kini Harus Bayar Fans MP3 Napster: Siap-siap Bayar Iuran Keanggotaan Musik dan Video di Internet: Gratis dan Legal! Lara Croft... Minggir! Lagi-lagi VoIP Kejuaraan Dunia Pertama untuk Computer Games Inbox NeoTek menjawab surat pembaca 8

NeoStart Untuk yang Masih Awam
Berlangganan Internet Gratis lewat TelkomNet 10 Mendapat Account Email Gratis lewat TelkomNet 12 Mengenal Browser & Email 13 Mengirim Email? Gampang!

www.neotek.co.id
2 NeoTek • Desember 2000

NeoGame

NeoTutor Tepat–Jelas Langkah demi Langkah 20 Dasar-Dasar HTML dalam Delapan Langkah
Membuat Heading dan Paragraf pada halaman Web

Horai, Liburan Tiba!
Saatnya Nge-Game

14 Games Center Dihambat tapi Terus Berkembang
Walaupun dianggap menimbulkan hal-hal yang negatif, tempattempat permainan tetap digandrungi orang.

NeoTekno 22 Belajar Menjadi Hacker
Saran dari Onno W. Purbo

NeoSearch

!
TIP

17 Online Computer Game 18 Online Game dengan Wireplay
Wireplay menyediakan lebih dari 50 jenis permainan secara online. NeoEdu

24 Cepat Dapat dengan Xrefer
Xrefer membantu anda mencari informasi dengan cara unik

26 Nano, Nano Ramai Hasilnya
Anda ingin mengembangkan pencarian informasi? Nano dapat membantu.

40 Belajar Lafal Bahasa Inggris 41 Bacakan Aku ‘Romeo & Juliet’
Bacaan klasik di koleksi Project Gutenberg kini ada dalam bentuk ebook yang dapat dibaca atau didengar dengan ‘Native Speaker’

NeoStyle 28 eCards Kartu Ucapan di Era Cyber 30 Salam Damai Lewat Sahabat Maya
Virtual Friend dapat membantu kita menyampaikan ucapan selamat hari raya.

NeoTek Januari 2001
eInk & ePaper Setelah eBook, kini dikembangkan tinta cetak elektronik dan kertas elektronik. Revolusi akan terjadi di dunia penerbitan. Mendapat komisi lewat affiliate programs Daripada dibiarkan menganggur, situs Web bisa menjaring uang jika anda mengikuti program yang satu ini. Mengelola mailing list Bagaimana sih cara membuat dan mengelola mailing list?

32 Situs eCard Lain 33 Chatting di Televisi Gaya MTV
MTV dilengkapi sarana chatting untuk kawula muda.

NeoBiz 34 ISSN dan Barcode Majalah
NeoTek mulai bulan Desember 2000 ini memakai barcode.

37 Digital Fulfillment
Mengubah percetakan menjadi konsultan pemasaran Desember 2000 • NeoTek 3

NeoRagam

Ini&Itu di Internet
Rilis Baru
Buku Baru Stephen Hawking: Untuk Orang Kebanyakan
Buku baru ini, Universe in a Nutshell, akan lebih mudah dimengerti untuk orang kebanyakan. Buku ini akan membahas masa depan alam semesta, bentuk dari waktu, dan ramalan mengenai manusia 500.000 tahun yang akan datang. Buku itu sendiri yang judulnya diambil dari kutipan dari Hamlet, "I could be bounded in a nutshell and count myself king of infinite space" akan sarat dengan gambargambar dan merupakan pelengkap dari buku Stephen Hawking sebelumnya, A Brief History of Time dan Black Holes and Baby Universe yang terus menerus menjadi bestseller selama 4 tahun berturut-turut. NT

Film & Buku

Manifesto Heboh

S

eorang reporter paling kontroversial di Amerika Serikat baru-baru ini meluncurkan sebuah buku berjudul Drudge Manifesto. Buku itu ditulis oleh Matt Drudge, seorang reporter yang selama tujuh tahun terakhir ini membuat gerah, bahkan kebakaran jenggot, sejumlah pihak—bahkan sampai Gedung Putih sekalipun ketika ia habis-habisan membongkar skandal Lewinsky dan Bill Clinton.

agi mereka yang belum mampu mencerna bestseller A Brief History of Time, tulisan Stephen Hawking, professor fisika dari Cambridge University ini, tidak lama lagi akan diterbitkan pelengkap dari bestseller-nya yang ditujukan untuk mereka.

B

Ketika media massa atau wartawan lain berdebat masalah etika, eufimisme, dan norma-norma jurnalisme, Drudge menggelinding dengan tulisan yang nyeleneh, apa adanya, tanpa tedeng aling-aling. Orang memakinya, tetapi juga mengangkat topi untuknya. Dan medianya? Internet. Ia melansir semua tulisan reportasenya, yang dibaca oleh tujuh juta orang di seluruh Amerika, di dunia maya ini. Tidak perlu editor, pengacara, bahkan presiden sekalipun. Drudge-lah contoh jurnalis yang jeli memanfaatkan Internet sebagai sarana berekspresi bebas seenak udel-nya. Dan menjadi tersohor karenanya. Dalam Drudge Manifesto, Drudge menjawab para pengritiknya dan berceloteh kepada para pendukungnya tentang bagaimana ia mengguncang sendi-sendi jurnalisme abad 21 yang kadang menimbulkan gelombang marah berbagai pihak, mulai dari Hollywood sampai Gedung Putih. Dan belum apa-apa, beberapa toko menolak menjual buku ‘sampah’ ini. Lalu bagaimana nasib buku itu? Laris manis. www.drudgereport.com

Penjelasan sederhana mengenai tulisan Hawking dapat diperoleh di www.imbecility.com/universe.htm atau kunjungi situs-situs web Hawking yang lebih 'resmi': www.hawking.org.uk www.psyclops.com/hawking/ www.thirteen.org/hawking/html/home.html ada akhir tahun ini dirilis beberapa film baru, mulai dari melodrama sampai fiksi ilmiah. Film-film itu adalah: Dungeons & Dragons Jeremy Irons, Thora Birch www.seednd.com

P

kejahatan Profion. Film ini dihiasi efek khusus animasi komputer yang menawan. Proof of Life Meg Ryan, Russel Crowe, David Caruso

Dalam suatu situasi penyanderaan, sang negosiator jatuh hati Film yang berseting dunia khayal ini berkisah pada istri dari pria yang harus diselamatkannya. tentang upaya durjana Profion untuk mengThe Vertical Limit uasai kerajaan Sumdall Chris O'Donnell, Bill yang diperintah oleh Paxton Ratu Savina dan upaya www.sonypictures2000.com Ratu untuk melawan

Kisah perjuangan seorang pendaki gunung yang berupaya menyelamatkan nyawa saudara wanitanya serta tim pendaki gunungnya dari jebakan sebuah puncak gunung yang berbahaya. Film yang menegangkan ini dibintangi aktor nominasi Golden Globe, Chris O’Donnel NT
Dungeons & Dragons (atas) dirilis bulan Desember dan What Women Want (bawah) dirilis November 2000.

4

NeoTek • Desember 2000

NeoRagam

E-ECONOMY: KEKUASAAN DI TANGAN KONSUMEN

PEMAKAI MP3.COM KINI HARUS BAYAR
y.MP3.com setelah setuju membayar ganti rugi sebesar US$53,4 juta kepada Universal Music, kini akan memulai kembali jasa yang kontroversial itu. Namun kini sedikit berbeda, selain penyimpanan MP3 secara digital dan men-download-nya dari mana saja (akan terdapat iklan di situ), My.MP3. com juga menyediakan jasa berlangganan (tanpa gangguan iklan) dengan iuran yang besarnya belium ditetapkan. Gebrakan My.MP3.com ini

M

merupakan pergeseran tren pada perusahaan musik web yang kini beralih pada pemakai sebagai sumber penghasilannya dan bukan hanya dari iklan. Sebelumnya, 95% penghasilan My.MP3.com berasal dari iklan. Universal Music sendiri sudah mencoba menyediakan akses tak terbatas pada 20.000 lagu yang ada pada katalognya NT

my.mp3.com

al besar berikutnya yang akan tiba di internet adalah software yang memberikan kekuasaan yang lebih besar pada konsumen. Software yang dimaksud adalah software yang berfungsi mencari dan membandingkan informasi yang ada di web menurut spesifikasi yang diinginkan konsumen. Misalnya kita ingin membeli mobil bekas lewat internet, maka kita dapat menyuruh software ini mencarikannya untuk kita, membandingkan harganya, serta mungkin memeriksa apakah ada yang menyertakan juga CD player atau aksesori lainnya. Aplikasi lainnya adalah sehubungan dengan pasar modal. Software pencari ini akan mencarikan saham mana yang dapat memberikan penghasilan yang terbaik bagi investor. Lebih lanjut lagi, software serupa dapat menginformasikan pada bagian pembelian suatu pabrik di mana mendapatkan bahan baku yang paling murah untuk kebutuhannya. Dengan kata lain, loyalitas konsumen kini akan mengarah pada spesifikasi yang diinginkannya, bukan lagi pada merek atau penjual tertentu. Konsumen-konsu-

H

men ini yang akan menginformasikan pada perusahaan-perusahaan penyedia barang atau jasa mengenai barang apa yang mereka inginkan, bagaimana spesifikasinya, serta pada harga berapa mereka mau membayar. Perusahaan-perusahaan yang tanggap akan berusaha memenuhi permintaan ini. Jadi kondisinya berbalik sekarang. Bukan lagi produksi dulu baru memasarkan, melainkan ada pasar dulu, baru memproduksi. Beberapa situs web seperti ini sudah mulai bermunculan, di antaranya byallaccounts.com sehubungan dengan pencarian informasi saham serta online shopping pada copernic.com. Pengembang software lainnya tidak membuka situs sendiri, melainkan menjual software jenis ini pada perusahaan portal yang lebih besar, seperti Fractionless Commerce, Cambridge, Massachussetts yang menjual software mereka ke lycos.com. NT

FANS MP3 NAPSTER: SIAP-SIAP BAYAR IURAN KEANGGOTAAN
www.napster-news.com www.napster.com/pressroom/qanda.html orai! Napster kemunginan besar tidak akan kelengar. Penyebabnya? Perusahaan berlogo kepala orang dengan headphone itu menggalang kemitraan dengan Bertelsmann, perusahaan yang membawahkan perusahaan rekaman BMG. Tetapi anda jangan terlalu bergembira. Kerja sama dengan perusahaan besar itu memang menjamin kelangsungan napas Napster, tetapi Bertelsmann tentunya tidak akan membiarkan Napster menggratiskan MP3. Kini sedang dicari formula paling pas yang memungkinkan para fans Napster dapat tetap menikmati lagu berformat MP3, tetapi bukan dengan cara ‘haram’.

H

Ada kabar sepoi-sepoi yang mengatakan bahwa nantinya anda-anda yang sudah terbiasa keenakan mencomot lagu gratisan harus membayar biaya keanggotaan. Katanya sih sekitar US$4.95 per bulan. Lalu silakan deh sepuasnya pesta nyedot MP3 dari komputerkomputer yang tersambung ke Napster. Tetapi ingat, bulan depan bayar lagi. Uang dari kita-kita itulah nantinya yang akan dibayarkan kepada yang berhak mendapat royalti, semisal penyanyi, pencipta lagu dsb. Nah, kalo yang nyambung ke Napster ada 38 juta orang di seluruh muka bumi ini, berapa yang akan ditangguk dia orang? Smart, ya? NT

byallaccounts.com copernic.com Desember 2000 • NeoTek 5

NeoRagam

A

Musik dan Video di Internet: Gratis dan Legal!
namun kini televisi mendapatkan penghasilan dari iklan dengan memberikan tayangan-tayangan bermutu secara gratis, kecuali televisi kabel dan TVRI. Musik Gratis Musik gratis (dan legal) dapat diperoleh dari www.music4nothing.com yang memberikan musik utuh secara gratis, bukan sekedar klip audio untuk menggoda para netter agar membeli CD-nya. Untuk memainkan musikmusik gratis ini, kita perlu men-download 4Play Player yang terdiri dari 2 versi utuh (asli dan berwarna) dan 2 versi plug in (untuk Real Audio dan Microsoft Media Player). Apabila kita memainkan 4Play Player maka akan tampil iklan (sumber pendapatan mereka) yang berganti-ganti setiap kali kita mengakses lagu baru dari situs ini. Untuk dapat men-download lagu-lagu dalam format 4Play ini, kita terlebih dahulu harus terdaftar dengan memberikan alamat jangan dihapus. Walaupun permainan ini bersifat linear, anda dapat terus masuk ke tahap berikutnya, walaupun misalnya gagal membunuh musuh. Perlengkapan Julie mencakup pedang, pistol, celurit, pelempar api, peluncur roket, namun hebatnya lagi, kedua tangan Julie dalam game dapat diaktifkan untuk memegang berbagai jenis senjata dan dikendalikan melalui tombol mouse yang sesuai. Tangan kiri dikendalikan oleh tombol mouse kiri dan yang kanan dengan tombol kanan. email dengan password. Selanjutnya setelah login dengan nama yang terdaftar itu, kita dapat men-download berbagai jenis lagu. Tentunya dari para artis dan industri rekaman yang sepaham dengan gagasan musik gratis ini. Webcast: Audio dan Video Gratis Apabila televisi dipancarkan secara luas (broadcast), maka penyiaran lewat internet disebut webcast. Webcast menjadi populer sebagai bagian dari broadband content, yaitu content di Internet yang memerlukan akses Internet supercepat. Tidak lama lagi Telkom akan menyelenggarakam ADSL, suatu teknologi broadband yang lebih cepat daripada cable

pabila IRAA berusaha mematikan Napster dan mendenda MP3.com dalam jumlah yang besar yang menjadikannya praktis bangkrut, di pihak lain tidak semua perusahaan dalam industri hiburan sependapat dengan mereka. Survei menunjukkan bahwa sebenarnya anggota komunitas musik Napster yang 38 juta orang itu membeli lebih banyak CD asli dengan semakin banyaknya mereka bertukar-tukar file MP3. Lagipula 4 dari 5 orang berpendapat bahwa bertukartukar file MP3 bukanlah pencurian. Jadi RIAA bukan hanya menghadapi Napster tetapi juga konsumen yang merupakan lawan tangguh yang sebenarnya. Ada pendapat alternatif yaitu: “Perangi pembajakan dengan menjadikannya gratis.” Lalu dari mana pendapatan diperoleh? Ya, dari iklan. Kini industri hiburan di Internet sudah seperti televisi, terutama setelah menjamurnya koneksi Internet broadband. Televisi sebelumnya menarik iuran,

modem dan memberikan akses stabil 512Kbps. Portal webcast yang baru dibuka adalah www. m2bworld.com yang berisi delapan saluran yang masing-masing channel mempunyai karakteristik masing-masing seperti Pertunjukan tahun 70-an, komedi Damon sebagai polisi kota Chicago, konserkonser, pertunjukan ballet klasik, sampai opera sabun Cina. NT

Lara Croft… Minggir!
Kebanyakan monster pada FAKK2 lebih bersifat mengganggu daripada berbahaya (nyamuk, burung). Namun mereka tetap merupakan tantangan. FAKK adalah singkatan dari Federation Assigned Ketogenic Killzone, yang pada dasarnya adalah berita bahaya bagi mahluk berbahan dasar karbon. FAKK2 lebih cocok untuk permainan orang dewasa mengingat banyaknya pose eksotik dan adegan yang bersifat untuk orang dewasa. NT www.ritual.com

H

eavy Metal FAKK2 menampilkan pahlawan wanita baru di dunia maya: Julie Strain. FAKK2 adalah petualangan orang ketiga yang penuh teka-teki. Anda yang memandu Julie dengan menetapkan kapan Julie harus melompat. Game ini harus sering-sering di-save, dan tahap-tahap sebelumnya

6

NeoTek • Desember 2000

NeoRagam

Lagi-lagi VoIP

Kejuaraan Dunia Pertama untuk
ntuk pertama kalinya kejuaraan dunia computer game diadakan. World Cyber Game Challenge (WCGC) di Seoul ini memperebutkan hadiah sebesar US$200.000 dan diikuti 170 peserta dari 17 negara seperti Korea, Cina, Singapura, Australia, Amerika Serikat, dsb. Kejuaraan berlangsung dari tanggal 8-15 Oktober 2000. Skor dalam permaian dicatat sebagai banyaknya lawan yang dibunuh (frag) dalam permainan selama 15 menit. Dalam Quake 3, para pemain mengembara dalam suatu dunia maya yang penuh dengan pintu dan lorong, berusaha saling menembak. Selain Quake 3, permainan yang juga disertakan dalam kejuaraan dunia pertama ini adalah Starcraft, FIFA

Computer Games
2000, dan Age of Empire II Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Samsung Electronics. Penyelenggara berharap dapat mengadakan lagi kejuaraan setiap tahun, yang akan mengarah pada penyelengaraan olimpiade computer game. NT

U

B

iasanya jika menelepon ke luar negeri (IDD atau SLI) kita harus memilih mau murah atau mau kualitas suara yang baik. Biasanya telepon SLI standar mempunyai kualitas suara yang lebih baik daripada yang menggunakan fasilitas VoIP namun lebih murah. Sebagai contoh, Singtel menyediakan jasa IDD dengan nomor panggil 001, 013, dan 019 yaitu mulai dari yang terbaik (paling mahal) sampai yang termurah (paling rendah mutunya). Tetapi kini di Singapura secara resmi telah beroperasi perusahaan VoIP yang bermarkas di Amerika Serikat,

yaitu WhereverLink IDD 1533 (www.idd1533.com). Dengan jaringan yang dikelola sendiri, WhereverLink IDD 1533 menjanjikan kualitas prima dengan harga yang sangat terjangkau. Biaya IDD ke Amerika Serikat misalnya hanya S$0,089 per menit, sedangkan ke Inggris S$0,098. Ke Indonesia? Tetap saja sekitar 40 sen, yaitu S$0,420 per menit. Di Indonesia, membuka perusahaan jasa telekomunikasi murah seperti ini masih ilegal, karena adanya monopoli Telkom dan Indosat. NT www.idd1533.com

Logo World Cyber Games
Tiga lingkaran menandai dunia cyber, dunia nyata, dan jembatan antara keduanya yaitu World Cyber Games. WCG diharapkan dapat mempertemukan kedua dunia itu.

elamat atas penerbitan majalah NeoTek, saya tertarik membeli dan membacanya karena majalah ini sesuai dengan keinginan saya untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai komputer terutama untuk saya yang masih awam mengenai Internet. Kalau boleh dalam surat perdana ini, saya ingin mengajukan pertanyaan sebagai berikut: 1. Bagaimanakah cara dan prosedur melakukan download, syarat-syarat apa saja yang harus diperhatikan? 2. Apa perbedaan antara situs/portal /URL yang ditulis: a. XXX.com b. XXX.com.id c. XXX.net.id 3. Bagaimanakah cara menghemat biaya didalam pemakaian Internet? Tolong jelaskan bagaimana cara dan prosedur menyimpan dan mengeprint informasi yang ada di internet secara cepat dan hemat biaya? 4. Bagaimanakah cara mempromosikan website yang kita buat agar dibaca oleh khalayak ramai serta bagaimana cara memperoleh uang (transaksi pembelian) dengan jalan menjual informasi di Internet? Adakah cara lain untuk membuat informasi di Internet selain dengan pembuatan web (seperti yang dibahas dalam majalah NeoTek edisi pertama)?

S

5. Yang terakhir berupa saran, bagaimana jika pada terbitan yang akan datang mengupas pula istilah-istilah komputer/Internet yang disajikan pada majalah agar pembaca tidak membuka kamus atau mencari-cari artinya. Widi Winaryo Jl Raya Condet- Jakarta Timur Terima kasih, NeoTek memang hadir untuk memperkenalkan Internet bagi masyarakat Indonesia. Itulah cita-cita kami. Adapun pertanyaan saudara, kami jawab sebagai berikut: 1. Download adalah pengambilan/ transfer suatu file melalui sebuah modem dari suatu server komputer yang ada di Internet ke komputer kita. Dapat hanya dapat dilakukan setelah komputer kita tersambung ke Internet dan di komputer sudah terpasang program browser, seperti Internet Explorer atau Netscape Navigator. Tidak ada cara khusus untuk mendownload, kita hanya perlu meng-klik nama file yang kita perlukan yang terdapat pada situs yang kita kunjungi. File itu secara otomatis akan ditransfer oleh server komputer situs itu ke hard disk komputer kita. Waktu yang diperlukan untuk download, bergantung pada kecepatan modem yang kita pakai. Semakin cepat modem, download pun akan semakin cepat selesai.

2. Setiap alamat Internet mempunyai sufiks (akhiran) setelah kata yang menunjukkan perusahaan atau individu pemilik alamat itu. Sufiks yang umum adalah ac untuk academy, co untuk company, com untuk commercial, edu untuk education, gov untuk government, net untuk penyedia jasa internet, org untuk organisasi non-komersial, sch untuk school, id untuk Indonesia, us untuk United States, uk untuk United Kingdom Maka URL: - xxx.com berarti situs itu bersifat komersial. - xxx.co.id berarti situs komersial yang berlokasi di Indonesia. Sedangkan di Singapura, perusahaan komersial memakai xxx.com.sg. - xxx.net.id berarti situs jasa pelayanan Internet yang berlokasi di Indonesia. 3. Untuk menghemat biaya dalam berInternet, sebelum mengaktifkan koneksi, pastikan apa yang hendak kita lakukan apakah mencari informasi, mengirim email atau hanya sekedar surfing. Bila ingin mencari informasi, carilah kata kunci yang diperlukan. Kata kunci itu dapat digunakan untuk melakukan pencarian lewat search engine seperti Yahoo, Alta Vista, atau Google. Bila ingin mengirim atau membalas email, ketik dulu pesan yang ingin dikirim secara off line kemudian save file itu dan pada saat

Inbox
online, kita tinggal mengklik Send. Kalau hanya sekedar surfing, batasi waktu online. Informasi dapat disimpan lewat menu File pada browser, lalu pilih Save As. Demikian pula untuk mencetak, klik menu File, lalu Print. 4. Untuk mempromosikan situs, anda dapat mengikuti program Linkexchange di alamat www.bcentral. com/ledefault.asp. Ada banyak situs yang memberikan gagasan mengenai cara ‘menjual’ informasi. Anda dapat memulainya dari www.ideaexchange.com 5. Saran saudara mengenai daftar istilah komputer/Internet sejalan dengan rencana kami. Kami berharap dapat merealisasikannya dalam waktu dekat.

Desember 2000 • NeoTek

7

NeoStart

Berlangganan Internet

Gratis Lewat TelkomNet

Kita bisa mengakses Internet tanpa harus membayar biaya berlangganan. ISP yang menyediakan fasilitas itu adalah TelkomNet.

LANGKAH

1

Untuk dapat tersambung ke Internet, kita perlu menyetel ‘Dial Up Networking.’ Klik Start/Settings/ Control Panel. Pada window Control Panel klik Network. Pada Network klik Add, muncul Select Network Component Type. Kemudian pilih Adapters dan klik Add. Pada Manufacturers pilih Microsoft, dan pada Network Adapters pilih Dial-Up Adapter, lalu klik OK.

LANGKAH

2

Kita akan mendapatkan window Network Configuration yang pada tahap ini hanya berisi ikon DialUp Adapter. Kita akan merinci lebih jauh Dial-Up Adapter ini agar dapat digunakan untuk menghubungi ISP. Untuk itu, klik tombol Add.

LANGKAH

3

Sekarang pilih Protocol yang akan menampilkan window Select Network Protocol. Pilih Microsoft, kemudian TCP/IP.

LANGKAH

7
8

Pada window Make New Connection, ketik nama koneksi yang kita inginkan yaitu Telkomnet. Jenis modem yang ada pada komputer tampil secara otomatis pada kotak Select a device. Kemudian klik Next.

LANGKAH

8

Karena TelkomNet ada di Jakarta, maka ‘Area code’ kita pilih 021. Lalu ketik 080989999 pada ‘Telephone number’ dan pilih Indonesia (021) pada ‘Country code.’ Selanjutnya klik Next.

LANGKAH

9

Kita telah berhasil membuat koneksi Dial-Up Networking dengan nama Telkomnet. Dengan DialUp Networking ini kita dapat berhubungan dengan Telkomnet melalui perantaraan modem dan kabel telepon di rumah kita. Lalu klik Finish.

NeoTek • Desember 2000

NeoStart
CARA PEMAKAIAN Nomor telepon : User name : Password : elkomNet (http://plasa.com/instan) dari PT Telkom menyediakan layanan jasa Internet tanpa abonemen tetapi dengan tarif (rate) pulsa telepon Rp150/menit (mohon tarif ini anda cek kembali). Tarif sudah termasuk biaya akses Internet dan pulsa lokal. Tarif ini adalah tarif flat karena dihitung tidak berdasarkan jarak (lokal 1, lokal 2 dan zona 1) dan waktu (jam normal atau sibuk). Di bawah ini kami memberikan cara langkah demi langkah agar anda dapat mulai ber-Internet lewat 0809 8 9999 telkomnet@instan telkom

T

TelkomNet. Lewat cara ini anda dapat langsung mengakses Internet (instan) tanpa harus melalui prosedur pendaftaran dan tanpa membayar uang tertentu di muka. Kami mengasumsikan bahwa komputer anda telah dilengkapi modem yaitu alat tambahan yang dapat menyambungkan komputer ke Internet. Selain modem, kami mengasumsikan komputer anda menggunakan Windows 95/98 dan sudah dilengkapi dengan browser Internet Explorer (IE).

LANGKAH

4

Selanjutnya pilih Client yang akan menampilkan window Select Network Client. Pilih Microsoft, lalu Client for Microsoft Network. Klik OK.

LANGKAH

5

Anda mungkin diminta memasukkan CD ROM Windows 95/98. Selanjutnya tampil window yang menunjukkan progress bar bahwa file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Dial-Up Networking disalin dari CD ROM Windows 98 ke hard disk.

LANGKAH

6

Klik Start/Programs/Accessories/Communication/Dial-Up Networking, maka akan tampil window yang berisi folder Make New Connection. Klik dua kali folder itu untuk membuat koneksi ke TelkomNet.

LANGKAH

10

Pada folder Dial-Up Networking sekarang muncul ikon Telkomnet yang berbentuk dua komputer yang terhubung melalui pesawat telepon. Di atas ikon itu, klik tombol kanan mouse, lalu pilih Properties untuk menyetel konfigurasi yang sesuai dengan Telkomnet.

LANGKAH

11

Pada window ‘Properties’ Telkomnet, klik tab Server Types. Lalu pada ‘Type of Dial-Up Server,’ pilih PPP,Internet,Windows NT Server, Windows 98/95. Pada sub menu ‘Advanced options’, pilih Enable software compression. Pastikan bahwa hanya TCP/IP yang dipilih untuk sub menu ‘Allowed Network Protocols.’ Jangan lupa mengklik OK.

Klik dua kali ikon TelkomNet. Muncul window Connect To seperti di atas. Ketik telkomnet@instan di ‘User name’ dan telkom untuk ‘Password.’ Kemudian klik tombol Connect. Jika koneksi berhasil, di sudut kanan bawah layar komputer akan tampil ikon bergambar dua komputer yang saling tersambung. Selanjutnya jalankan browser Internet Explorer untuk mengakses situs di Internet (lihat NeoTek No 1, Oktober 2000, hlm. 10, Mengenal Browser.)

LANGKAH

12

Desember 2000 • NeoTek

9

NeoStart

Mendapat Account Email
Gratis Lewat TelkomNet
http://mail.telkom.net http://plasa.com

Kita bisa mempunyai alamat email secara gratis. Kembali, TelkomNet menyediakan fasilitas Internet yang paling banyak digunakan orang ini.

Email berbasis Web—Langkah 1-6

LANGKAH

1

Jalankan Internet Explorer atau Netscape Navigator. Pada kotak Address atau Location, ketik mail.telkom.net, lalu tekan Enter. Browser akan menampilkan situs mail server milik TelkomNet. Di sini kita bisa mendaftar untuk mendapat account email gratis. Untuk itu, klik tombol Register.

LANGKAH

2

Email berbasis POP3—Langkah 7-12

Sekarang isi formulir pendaftaran yang terdiri dari Your personal account information dan Your desired email account@telkom. net. Yang harus diingat dari semua data yang diisikan adalah User name dan Password karena kita memerlukannya pada saat login nanti. Pada contoh ini user name adalah bunganto. Setelah selesai, klik Submit.

LANGKAH

3

Jika kita mengisi dengan benar dan User name yang kita isi belum dipakai pengguna lain, maka akan tampil halaman Web seperti di atas. Untuk login ke mail box (kotak surat maya) yang telah disediakan untuk kita oleh TelkomNet, klik tombol Back pada browser.

Pada Langkah 1-6, kita telah membuat account email berbasis Web . Sekarang kita membuat versi email berbasis POP3 dengan program aplikasi email dari Windows yaitu Outlook Express. Setelah program itu dijalankan, klik Tools/Accounts/Add/New/Mail. ‘Internet connection wizard’ akan muncul di layar. Ketik nama yang kita inginkan muncul pada kolom From dari ‘Outgoing message’ pada Display name.

LANGKAH

LANGKAH

7

8

Pada kotak Email address, ketik alamat kita beserta User namenya, seperti pada Email berbasis Web. Ketik bunganto@telkom. net. Jadi ‘bunganto’ adalah user name dan ‘telkom.net’ adalah alamat server surat elektronik kita. Sedangkan lambang @ dibaca at yang berarti pada/di. Setelah selesai klik Next.

LANGKAH

9

Pilih POP3 pada kotak ‘My incoming mail server is a’ dan ketik pop3.telkom.net pada kotak ‘Incoming (POP3 or IMAP) mail server.’ Sedangkan pada ‘Outgoing mail (SMTP) server,’ ketik smtp.telkom.net. Lalu klik Next.

10

NeoTek • Desember 2000

NeoStart

F

asilitas yang paling banyak digunakan orang di Internet adalah email—singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Email digunakan para pengguna Internet untuk saling berkirim pesan dari belahan bumi mana saja. Sama seperti ketika berkirim surat di dunia riil, untuk ber-email, kita perlu mempunya email address untuk mengirim dan menerima pesan ke dan dari pengguna Internet lain. TelkomNet menyediakan fasilitas untuk anda mendapatkan alamat email. Siapa pun bisa memperolehnya dari situs TelkomNet. Dan TelkomNet menyediakan dua bentuk email gratis yaitu web-based email (email berbasis web) dan POP3-based email (email berbasis POP3). Asalkan kita bisa menyetelnya, kita cukup mendaftar (sign up) satu kali saja, untuk bisa memanfaatkan kedua fasilitas itu. Untuk membuat account email pada email berbasis Web, kita perlu menjalankan browser seperti Internet Explorer atau

Netscape Navigator dan masuk ke situs TelkomNet. Langkah 1-6 menjelaskan cara mendapatkan email berbasis Web.Dengan email berbasis Web kita bisa mengakses mail box kita dari komputer manapun di muka bumi ini asalkan komputer itu terhubung ke Internet. Kita harus menggunakan browser untuk mengakses email ini dan prosesnya biasanya relatif lebih lambat dibandingkan proses pada email berbasis POP3. Langkah 7-12 menjelaskan cara menyesuaikan account email berbasis Web agar dapat juga diakses lewat POP3. Untuk email berbasis POP3 kita memerlukan program email seperti Outlook Express atau Eudora. Berbeda dengan yang berbasis Web, email POP3 dapat dibaca secara offline. Kita perlu terhubung ke Internet hanya pada saat mengambil dan mengirim pesan saja dan tidak perlu online terus menerus.

LANGKAH

4

Bila ingin mengubah data pada Your personal account information atau Password, klik Utility. Demikian juga jika ingin menghapus account yang kita buat.

LANGKAH

5

Untuk mencoba account yang telah dibuat, masukkan User name dan Password pada menu Web mail di halaman Web seperti di atas. Pastikan bahwa User name dan Password yang diisi sama dengan yang diisikan pada saat mendaftar sebelumnya. Setelah itu klik tombol Log In.

Inilah bentuk mail box yang didapat dari TelkomNet. Bila ingin membaca email yang masuk, klik Inbox/Show dan jika ingin menghapus email, klik Delete. Apabila ingin menulis email baru, klik Compose. Setelah selesai menggunakan fasilitas ini, jangan lupa mengklik tombol Logout agar account email anda tidak digunakan orang lain.

LANGKAH

6

LANGKAH

10

Pada window Internet Mail Logon ini, isi Account name dengan User name yang telah dibuat pada email berbasis Web di situs TelkomNet sebelumnya yaitu bunganto, demikian juga Password-nya. Kemudian klik Next.

LANGKAH

11

Pada Berlangganan Internet Gratis Lewat TelkomNet (hlm. 8-9), kita telah membuat ‘Dial-up connection’ ke TelkomNet. Oleh karena itu, pada window Dial-Up Connection pilih Use an existing dial-up connection dan TelkomNnet. Laku klik Next.

LANGKAH

12

Congratulations! Anda telah berhasil membuat email berbasis POP3 di TelkomNet dengan menyetel Outlook Express. Untuk menyimpan hasil set up, klik Finish.

Desember 2000 • NeoTek

11

NeoStart

Mengenal Browser & Email
Internet Explorer
1. Title Bar Menampilkan nama perangkat
lunak yang digunakan dan lokasi Internet yang dikunjungi.

1

2

3

4

5 6

2. Menu Bar Menampilkan semua menu:
File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help.

7

3. Tool Bar Tempat semua tombol kontrol
yang digunakan ketika kita menjelajahi Internet. Dengan tombol-tombol ini kita dapat mundur (Back) atau maju (Forward) dari suatu halaman, menghentikan (Stop), kembali ke situs awal (Home), atau mencetak (Print).

8

9 10

4. Address Window Ini merupakan bar yang penting—di sini kita bisa memasukkan alamat Web yang dituju. 5. Tombol pada Title Bar Tomboltombol untuk mengecilkan layar, membuka layar sepenuhnya dan menutup program. 6. Logo Internet Explorer Jika mengklik logo ini, kita akan dibawa ke halaman web Internet Explorer. 7. Tombol Go Klik tombol ini sekali
setelah kita mengetik alamat Web atau klik Enter, maka kita akan dibawa ke halaman Web yang dituju. 8. Jendela Browser Menampilkan isi halaman situs tujuan. Nama situs bersangkutan biasanya berada di bagian atas atau tengah jendela 9. Link Teks (bergaris bawah) dan

gambar tertentu pada halaman Web terhubung ke situs yang relevan di Internet. (Kursor berubah menjadi tangan yang tengah menunjuk jika diletakkan di atas link.)

10. Status Bar Bar ini menunjukkan aktivitas Internet dan memberikan indikasi jika ada masalah pada koneksi.

Outlook Express
Delete Reply to all
Klik ini untuk menjawab (reply) semua pihak yang tercantum pada daftar email yang pernah diterima.

Send and receive
Klik ini untuk mengecek email yang diterima dan dikirim.

Forward message
Klik ini untuk meneruskan email ke pihak lain

Reply
Klik ini untuk menjawab email yang diterima.

Klik ini untuk menghapus surat atau pesan yang dipilih (highlighted)

Address book
Klik ini untuk menyimpan atau mengambil alamat email teman atau kontak.

New Mail
Klik ini untuk menulis surat atau berita baru.

Pilihan
Email atau pesan yang dipilih

Paper clip
Menunjukkan bahwa email bersangkutan mempunyai lampiran (attachment)

Message folders
Inbox – email yang diterima Outbox – email yang belum dikirim Sent items – email yang sudah dikirim Deleted items – email yang dihapus Drafts – konsep email Samples – contoh email standar

Email messages
Daftar pesan email pada folder yang dipilih

Message area
Menunjukkan isi dari pesan email yang dipilih

12

NeoTek • Desember 2000

NeoStart

Mengirim Email...? Gampang!

LANGKAH Pertama, kita harus menjalankan

1

Outlook Express. Klik Start, lalu geser kursor sampai ke Programs. Selanjutnya geser ke Outlook Express (OE) atau klik ikon OE pada taskbar.

Bingkai (frame) di sebelah kiri berisi daftar folder-folder email. Jika layar di atas tidak tampak, coba klik Outlook Express pada bagian atas daftar tersebut. Bingkai di sisi kanan akan berubah.

LANGKAH Outlook Express kini terbuka.

2

lembar isian pesan yang masih kosong. (Jika muncul pesan yang menanyakan apakah anda ingin membuat Outlook Express sebagai program email default, klik Yes.)

LANGKAH Klik ikon 'Sending Mail.' Muncul

3

LANGKAH Baris berikutnya adalah 'CC' (Carbon

4

Copy). Di sini dapat dituliskan alamat email dari orang-orang yang kita anggap perlu menerima tembusan email yang kita kirim. Ketikkan tanda titik koma (;) di antara masing-masing alamat.

LANGKAH Jika ingin mengirim tembusan

5

pesan kepada seseorang tetapi tidak ingin mereka tahu siapa lagi yang dikirimi, ketikkan alamat emailnya pada baris 'BCC' (Blind Carbon Copy).

LANGKAH Pindahkan kursor ke baris 'Subject',

6

lalu klik sekali. Subject adalah hal pertama yang akan dilihat penerima saat mereka menerima email. Jadi ada baiknya tuliskan sesuatu yang menarik.

Menerimanya Lebih Gampang Lagi

patkan kursor di bagian kosong ('Body') di bagian bawah layar, klik sekali, lalu mulai ketikkan isi email. Ada baiknya mencantumkan sarana lain yang dapat digunakan untuk menghubungi anda (misal, nomor telepon) di akhir pesan.

LANGKAH Kini waktunya menulis pesan. Tem-

7

Express setelah tersambung ke Internet, semua pesan yang sudah antre otomatis masuk ke Inbox. Angka dalam kurung di samping kanan folder Inbox menunjukkan jumlah email baru yang masuk.

LANGKAH Saat pertama kali membuka Outlook

1

kursor pada ikon Inbox, lalu klik satu kali. Bingkai di sisi kanan berubah. Pada bagian atas tampak daftar subyek email, sementara di bawahnya terpampang teks dari pesan yang dipilih.

LANGKAH Untuk membaca email, tempatkan

2

LANGKAH Email yang dikirim akan berpindah

8

ke folder Outbox, lalu muncul sebuah progress bar. Bar ini memberitahukan bahwa email tengah dikirim—untuk email berisi teks, biasanya proses ini berjalan cepat.

LANGKAH Dengan dua kali mengklik ikon

3

amplop yang berada di samping email yang akan dibaca, maka akan terbuka satu window baru.

LANGKAH Jika ingin mengetahui apakah ada email

4

lain yang masuk, klik ikon Send and Receive pada bagian atas toolbar. Semua pesan baru akan dikirimkan ke Inbox.

Desember 2000 • NeoTek

13

NeoGame

Games Center
G
ames center sudah ada sejak tahun 60-an. Kehadirannya menyedot banyak pengunjung, bukan hanya anak-anak melainkan juga orang dewasa. Sejak awal kehadirannya games center sudah menimbulkan kontroversi. Para pendidik merasa prihatin dengan anakanak yang lupa belajar dan menghabiskan uang jajan (bahkan uang sekolah mereka!) untuk merasakan nikmatnya main game. Game juga diselewengkan menjadi judi terselubung yang melibatkan anak-anak maupun orang dewasa, sehingga menjadi binis yang setengah terang setengah gelap, yang memerlukan backing untuk menjalankannya. Sudah sering kita dengar mesin-mesin game seperti pinball disita dan dimusnahkan petugas karena digunakan untuk judi terselubung. Kini games center tradisional yang berdiri kokoh selama hampir 40 tahun itu mendekati kepunahan. Penyebabnya bukanlah larangan para guru, razia kepolisian, ataupun mafia, melainkan karena teknologi internet dan LAN (local area network)! Kemerosotan games center tradisional sudah mulai dirasakan oleh perusahaanPong memang bukanlah video game yang pertama, tetapi Pong adalah permainan pertama yang dioperasikan dengan koin pada mesin permainan. Mainkan versi Java dari Pong pada di http://www.classicgaming.com/ museum/pong.shtml

Dihambat tapi Terus Berkembang
perusahaan besar di seluruh dunia. Penyebabnya adalah bahwa para pemain (yang kebanyakan berusia muda) berpindah ke warnet yang kini menjadi games center interaktif. Atau dapat juga bermain game secara online dari rumah lewat Internet. Manusia memang mahluk bermain, begitu kata para filsuf, dan games center berkembang ke bentuknya yang sekarang; memanfaatkan komputer, internet, dan local area network. Permainan arcade game (laga) kini tidak menarik lagi apabila hanya melawan mesin. Tembak-tembakan dimainkan oleh sesama pemain, baik dalam ruang yang sama (LAN center) atau bahkan dengan rekan yang tidak kita kenal melalui cyberspace. Adanya broadband internet memungkinkan permainan melalui cyberspace ini.

Video game yang pertama adalah Spacewar, diprogram oleh mahasiswa MIT, Steve Russel, dan berjalan pada komputer mini yang mahal PDP-1. Versi Java dari Spacewar dapat dimainkan pada alamat web http://mevard.www.media.mit.ed u/groups/el/projects/spacewar/ Ini permainan asli, diperoileh dari source code aslinya!

Mesin pinball yang pernah mengalami masa kejayaannya pada tahun 60-an sampai awal 80-an

Sejarah Computer Game
Pada tahun 60-an, games center menggunakan mesin-mesin mekanis dengan permainan favorit pada waktu itu adalah pinball. Popularitas pinball kemudian diteruskan dalam bentuk video game, baik pada

Pacman dan Frogger, permainan yang paling populer pada tahun 80-an. Kini terdapat versi web-nya di www.sunjournal.com/egames/

14

NeoTek • Desember 2000

NeoGame
konsol khusus maupun sebagai program pada komputer pribadi. Video game akhirnya muncul dalam berbagai sarana: video game console, komputer pribadi, game watch, dan terakhir pada Nokia handphone! Video game itu sendiri baru muncul pada tahun 1972 tapi baru mulai memasyarakat di tahun 1977. KIta akan membahas kilas balik video game sejak tahun 1977 pada boks khusus di halaman ini. Ada baiknya juga tahu apa yang dimainkan bokap anda sewaktu muda kan?

Sejarah Singkat Video/Computer Game
1975 Atari Pong Permainan memukul bolak-balik suatu bola dan mendapatkan high score. Pemain harus mempunyai sedikit keahlian elektro untuk mengatur channel RF pada televisinya. 1977 Atari Video Pinball Permainan pinball yang merupakan bentuk video console dari pendahulu mekanisnya. Suara berasal dari speaker kecil dalam konsol itu saja. Pemain tinggal mencolokkan mesin ini ke televisi. Tidak perlu menjadi teknisi terlebih dahulu untuk mulai bermain game. Permaian yang populer: Donkey Kong, Frogger, Pacman, Video Pinball 1979 Mattel Intellivision Pelbagai permainan dalam bentuk cartridge game. Menggunakan televisi, matriks 160 x 92, 16 warna. Permainan yang populer: Donkey Kong, Frogger, Backgammon, Popeye 1982 Atari 5200 Game console dengan cartridge game juga. Mengirimkan signal lebih halus ke televisi. Permainan yang populer: Donkey Kong, Frogger, Popeye, Pacman, Mario Bros, Dig Dug, Congo Bongo, Centipede 1984 Awal berpindahnya video game ke home computer. Komputer yang populer waktu itu Texas Instruments TI 99/4a yang harganya hanya US$200, sedangkan video game console waktu itu US$150 1985 Nintendo Entertainment System (NES). Generasi awal Nintendo. Permainan yang populer: Super Mario Bros, Zelda, Contra, Dragon Warrior 1986 Sega Masters System Permainan yang populer: Sudah hampir tidak dapat dijumpai di pasar akibat kurangnya dukungan pengembang game pihak ketiga. Terlindas oleh Nintendo Entertainment System yang mempunyai pelayanan purna jual dan dukungan pihak ketiga yang lebih baik. Selanjutnya pada tahun 1989 berusaha bangkit dengan Sega Genesis, namun tetap tidak mampu menggeser Nintendo, kecuali di Eropa. Demikian pula perluasannya lebih lanjut, Sega CD, tidak mencapai sukses di pasar. 1989 Nintendo Game Boy Permainan yang populer: Tetris, Zelda Strategy Game, Mortal Combat 1992 Philips CD-i Permainan CD interactive. Sayang tidak berumur lama.

Simulasi Video Game Tempo Doeloe
Mau tahu bagaimana rasanya bokap anda main game sewaktu muda? Simulasi video game klasik itu terdapat di Internet dalam bentuk Macromedia Flash atau virtual video games. Zaman 70-an sampai 80-an didominasi oleh arcade game yang menggunakan karakterkarakter grafik sederhana dengan hanya menggunakan 8 sampai 16 warna (jangan bandingkan dengan Sony Playstation 2 yang menggunakan 16,7 juta warna!)
Panasonic 3DO. Mesin video game pertama yang menggunakan prosesor 32 bit. Mesin game pertama yang mampu menampilkan grtafik tiga dimensi yang realistis pada permainan-permainannya. Untuk sistem yang umurnya pendek, Panasonic 3DO mempunyai banyak sekali permainan-permainan yang baik. Salah satu permainan 3DO adalah Need for Speed, yang mensimulasikan balap mobil secara realistis.

1993 3DO. Generasi pertama video game 32 bit dari Panasonic. Awal computer game tiga dimensi. Harganya yang mahal membuatnya tidak berkembang dominan di pasar. Walaupun umurnya pendek, terdapat banyak game yang baik, di antaranya: Gex, Star Control 2, Super Street Fighter, dan Captain Quazar. 1994 Sega Genesis Mesin video game 32 bit. Perang prosesor pun dimulai! 1995 Sega Saturn, Nintendo VirtualBoy, Sony Playstation Persaingan ketat antara tiga raksasa video game: Sega, Nintendo, dan Sony. Sega Saturn: Tomb Raider dengan Lara Croft-nya, Mario Tennis, SimCoaster, Quake. Nintendo VirtualBoy: Tetris 3D, Pokémon, Zelda, Perfect Dark, Crystalis, Warlocked. Sony Playstation (video game berbasis CD): Mortal Kombat III, Tekken, Doom 1996 Nintendo N64 Mesin 64 bit yang pertama. Permainan yang populer: Doom 64, Hexen, Mortal Kombat 4, Perfect Dark, Quake 64, Quake III, Dinosaur Hunter 1999 Sony Playstation 2. Menggunakan RISC procesor 32 bit. Permainan yang populer: Dino Crisis, Quake II, dan WipeOut 3.

Nintendo Entertainment System (NES) yang diluncurkan pada tahun 1985 bertahan selama satu dekade. Hal ini dikarenakan dukungan pembuat game pihak ketiga.

Desember 2000 • NeoTek

15

NeoGame eGames on eSJ
www.sunjournal.com/egames/ Memuat beberapa video game klasik dalam format Macromedia Flash seperti Frogger dan Pacman. Selain itu terdapat pula versi Java dari Tetris, permainan yang populer sejak tahun 1989 melalui GameBoy (di Indonesia dikenal sebagai Game Watch).
Sega Genesis yang diluncurkan pada tahun 1989 walaupun grafiknya jauh lebih unggul daripada NES, tetap tidak dapat menggesernya

Nintendo GameBoy
Nintendo GameBoy yang di Indonesia dikenal sebagai game watch pernah sangat populer pada tahun 1989 sampai awal-aweal 90-an dengan Tetris-nya. Permainan ini begitu menyita waktu, sehingga mengkhawatirkan para orang tua dan guru http://www.komkon.org/fms/ GameBoy/

Lebih dikenal sebagai game watch yang membuat anakanak dan orang dewasa tergila-gila dan lupa waktu memainkan Tetris, permainan yang paling populer waktu itu. Ingin mencobanya lagi?

Download Virtual GameBoy (Virtual GameBoy Emulator) yang tersedia untuk Windows 95/98/NT, Solaris, Sun OS, Linux, bahkan Macintosh.

Classic Gaming
http://www.classicgaming.com/museum

Dapatkan segala macam video game klasik disini. Produk-produk yang sudah sulit diperoleh di pasaran.

Disini dibahas nyaris segala macam video game sejak awal sejarahnya: Pong, Atari 2600, Odyssey, Intellivision, Vectrex, Arcadia 2001, ColecoVision, Nintendo Entertainment System, Sega Masters System, Turbo Grafx-16, Sega Genesis, 3DO, dan sistemsistem lain yang lebih tidak populer. NT

NeoTek Dapat Diperoleh di TB Gramedia
BEKASI • Mal Metropolitan Lt 3 Telp.(021)8848611 & 8853964 TANGERANG • Plaza Bintaro Jaya Lt 2 Telp.(021)7353774 & 7353442 • Kompleks Mahkota Mas Lt 2 Jl. MH Thamrin, Cikokol Telp. (021)5475873-76 CIREBON • Grage Mal Lt 2 & 3 Telp.(0231)223161 BANDUNG • Jl. Merdeka No 43, Bandung 40117 • Hero Kopo Lt 2. Kompl. Kopo Plaza Telp.(022)6070886/7 SEMARANG • Jl.Pandanaran 122, Semarang 50241 Telp(024)318647/493 • Java Supermal Lt 3 no 312 Telp(024)8410410-12 SALATIGA • Jl. Jend. Sudirman 162, Salatiga 50715 Telp(0298)21057 YOGYAKARTA • Jl.Jend. Sudirman 54-56, Yogya 56224 Telp.(0274)512621 & 564846 • Mal Malioboro Telp(0274)560641 SURABAYA • Jl. Basuki Rachmat 95, Surabaya 60116 Telp.(031)5345475/5574/0329 • Jl. Manyar Kertoarjo 16, Surabaya 60116 Telp(031)5930745/6 • Plaza Tunjungan I Lt IV No 4.11-4.12 Telp(031)5314990 & 5321390 JEMBER • Jl. Trunojoyo No 85, Jember 68137 Telp. (0331)489360 BALI • Duta Plaza Lt Basement Telp. (0361)221026 • Mal Bali Galeri Lt.2 Telp.(0361)758072/082 MALANG • Jl. Basuki Rachmat3, Malang 65119 Telp(0341)366277 & 324540 BANDAR LAMPUNG • Jl Raden Intan No 63, Tg. Karang Telp.(0721) 267917 & 267677 PALEMBANG • Jl. Kol. Atmo 45, Palembang 30125 Telp(0711)353493 & 357733 PADANG • Jl.Damar No 63, Padang 25116 Telp(0751) 23714 MEDAN • Jl. Gajah Mada 23, Medan 20153 Telp(061) 4528776 & 4535956 • Medan Mal Lt 4 Telp. (061)4154232/4232/4422/4602 BALIKPAPAN • Balikpapan Center Lt 1 Telp.(0542) 423094 BANJARMASIN • Jl. Veteran No 45. Banjarmasin Telp. (0511)253368&252798 MAKASAR • Mal Ratu Indah Lt 2 no. 260 Telp.(0411) 834408-9 MANADO • Jl. Sam Ratulangi No. 45, Menado Telp.(0431) 862692 & 864754 OFFICE 1 SUPERSTORE JAKARTA • Mal Ambassador • Kebon Jeruk

JAKARTA • Jl. Gajah Mada 104-107, Jakarta 11140 Telp.(021) 2601234/1555 ext 4609 • Jl. Pintu Air 72, Jakarta 10710 Telp. (021) 3459257 • Jl. Melawai III/12-18 & Jl Melawai IV/13 Blok M Telp.(021)7203322/3445/7397523 • Mal Kelapa Gading Lt 2 Telp.(021) 4526986 & 4528606 • Mal Pondok Indah Bl D Lt 1, Jkt 12310 Telp.(021)7506997 & 7506998 • Mal Ciputra Unit No V-09 Telp. (021)5681479 & 5606363 • Mega Mal Lt 2 Telp.(021)46683610/20/30 • Mal Puri Indah Lt 1 Telp. (021) 5822524 & 2526 • Hero Gatot Subroto Lt 2 Telp.(021)8317752-3 • Cempaka Mas Lower Ground Blok E No 3 Tel. (021)42877708-10 • Mal Taman Anggrek Ground Level G.05 16-19 Telp.(021)56999488/89/90 BOGOR • Mal Cinere Lt 2, Jln Raya Cinere, Limo Tel. (021)7540663 & 7545174 • Hero Lt Dasar, Jl Pajajaran, Tel. (0251)356341

16

NeoTek • Desember 2000

NeoGame

Online Computer Game
Klasifikasi Computer Games pat sambutan orang banyak adalah yang dinamakan Real Time Strategy, misalnya Age of Empires, Heavy Metal FAKK 2, dan Force Commander. Di sini tokoh-tokoh yang dimainkan menjadi tokoh pihak ketiga yang kita mainkan. ini memang zamannya kesejagatan. Bukan hanya untuk bisnis dan ilmu pengetahuan, melainkan juga (atau terutama juga) untuk permainan (game). Permainan lewat jaringan (LAN) dan Internet yang paling populer adalah Quake, sampaisampai ada komunitas pemain Quake hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Permainan Quake ini populer sebab termasuk kategori yang paling digemari, yaitu First Person Shooter, yaitu kita memainkan permainan ini seolah kita sendiri yang menembak dan menghabisi musuh di suatu arena maya yang penuh lorong dan pintu-pintu rahasia. Kita dapat memainkan Quake sendirian (melawan komputer) atau dengan orang lain melalui jaringan komputer (LAN) atau melalui internet. Apabila melalui LAN atau Internet, maka lawan kita adalah orang lain yang berperan sebagai dirinya sendiri. Kita akan menembak meFirst Person Shooter
Aliens vs Predator Daikatana Delta Force: Land Warrior Deus Ex Half-Life Hidden & Dangerous Kingpin Mechwarrior 3 Quake Quake 2 Quake 3 Rogue Spear Serious Sam Soldier of Fortune Star Trek Voyager: Elite Force Starsiege Tribes Unreal

K

reka atau mereka yang menembak kita. Skenarionya saling menghabisi satu sama lain tanpa ampun. Tentu saja setelah terbunuh, kita (atau orang lain yang terbunuh) dapat saja masuk lagi ke jaringan (atau Internet) dan bermain lagi. Yang menang adalah yang mendapatkan skor terbanyak dalam suatu waktu pemainan tertentu. Penyelenggara permainan ini menentukan jadwal permainan dan lamanya waktu. Dengan adanya jadwal itu, kita dapat bertemu dengan teman-teman bermain kita (lawan-lawan kita) pada waktu yang ditentukan itu. Adapun tempatnya dapat di rumah masing-masing (jika lewat Internet) atau di warnet (jika menggunakan LAN). Dapat pula dalam kompetisi resmi seperti yang dilangsungkan di Korea dalam World Cyber Game Challenge, atau di tempat-tempat lain di seluruh dunia! Wah, hobby main game sudah sama bergengsinya seperti main golf ya! Kelompok permainan berikutnya yang juga menda-

Permainan Real Time Strategy yang paling anyar adalah Age of Empire II: The Age of Kings. Di sini kita belajar membangun suatu peradaban dari sekedar pemanah dan milisi menjadi kekuatan militer dahsyat yang didukung kekuatan ekonomi. Kita secara tidak langsung mempelajari sejarah dengan memainkan game ini. Ada beberapa peradaban yang dapat dipilih untuk dikendalikan. Di antaranya Franks, Jepang, Byzantium, Viking, Mongol, Celtic, dan lain sebagainya. Download Age of Empire di situs web www.microsoft.com/ games/age2/ Selanjutnya yang juga populer adalah yang menguji keterampilan pribadi kita. Ada tiga kelompok yang serupa di sini, yaitu balap mobil, olah raga, dan simulasi penerbangan. Pada ketiganya kita dapat bermain melawan komputer atau melawan orang lain melalui LAN ataupun internet. Seru kan?

Real Time Strategy
Age of Empires Age of Empires II Age of Wonders Baldur's Gate Force Commander Ground Control Heavy Metal FAKK 2 Icewind Dale Pharoah Revenant Roller Coaster Tycoon Shogun: Total War Total Annihilation Warcraft II

Flight Sims
Air Attack Microsoft Flight Sim 2000 Starlancer X-Wing Alliance

Driving Games
Colin McRae Rally Grand Prix 3 Monster Truck Madness 2 Motocross Madness Series Rally Masters Sega Rally 2

Sport Games
Actua Soccer 2 Links LS 2000 Tony Hawk's Skateboarding 2

Desember 2000 • NeoTek

17

NeoGame

Online Game
alah satu komunitas online gaming yang perlu diperhitungkan adalah Gameplay (www. gameplay.com) yang merupakan komunitas pemain online game yang cukup lengkap. Untuk memainkan game secara online, kita perlu mendownload Wireplay browser, untuk Instalasi/Registrasi

S

dapat memanfaatkan jasa permainan multiplayer dari Gameplay. Gameplay menyediakan lebih dari 50 macam permainan yang bisa kita pilih. Ada permaian yang sifatnya tenang-tenang saja seperti catur atau permainan papan lainnya. Ada juga yang 'gawat' yang main tembak saja seperti Quake. Pilih game yang sesuai dengan selera anda, lalu dapatkan berita terakhir dari komunitas permainan ini pada game forum-nya.

Instalasi Wireplay Untuk mulai ikut dalam komunitas gameplay, kita harus men-download software Wireplay browser (http://ftp. gameplay.com/cgi-bin/ftp/ track.cgi? wireplay/ WP3Setup_r1.exe). Setelah itu instal Gameplay browser dengan dua kali klik pada file WP3Setup_r1.exe dan ikuti perintah-perintah instalasi seperti biasa. LANGKAH

1

LANGKAH Mencari Software Terpasang Di tengah-tengah proses instalasi Wireplay browser, browser ini akan mencari game yang dapat didukung olehnya di komputer kita. Game yang didukung di antaranya Quake 2, Quake 3 Arena, Age of Empire, Air Attack, Half-Life, dan lain sebagainya. Karena kita belum mempunyai software apa pun di hard disk kita, jadi kita abaikan saja langkah ini. Klik ‘Next.’

2

Setelah instalasi selesai, akan tampil Wireplay Logon. Di sini kita perlu menciptakan account baru yang pada dasarnya memasukkan alamat email kita, nama account, nama samaran, serta password. Setelah proses registrasi selesai, kita mendapatkan pesan bahwa kita akan mendapatkan email dari Gameplay yang akan mengkonfirmasi nama account, nama samaran, dan password kita.

LANGKAH

3

Mulai Bermain

LANGKAH Pilihan Game yang Didukung Pada tombol Navigation di sebelah kiri atas Wireplay browser, klik ‘Play Games.’ Akan tampil klasifikasi games yang dapat dimainkan: 3D Shooter, Flight Sim, Racing, Strategy, Sports, dan Alphabetically. Kita pilih lagi Flight Sim, lalu pilih Air Attack, maka berbagai variasi Air Attack ditampilkan pada jendela bagian tengah browser.

7

LANGKAH Download Air Attack Kita pilih Play Games > Flight Sim > Air Attack. Pada windows bagian tengah akan tampil Informasi mengenai Game, Info, Forum, Community, Downloads, dan Setup. Pilih Downloads untuk men-download games Air Attack dan launcher-nya. Launcher perlu diinstalasi bersamaan dengan gamenya agar dapat dimainkan secara online dengan Wireplay.

8

LANGKAH Setup Software pada Wireplay Setelah kedua file ini diinstalasi, selanjutnya klik tombol Setup pada bagian Information untuk memberi tahu ada di mana software Air Attack ini pada hard disk kita. Kita tidak perlu mem-browse sendiri, cukup klik Search for Game dan Wireplay browser akan mencari game yang dimaksud, bila ditemukan browser akan menuliskan path-nya secara otomatis.

9

18

NeoTek • Desember 2000

NeoGame

dengan

Wireplay
Spank! Majalah ini membahas video game secara keseluruhan, bukan hanya computer online game, tetapi juga sistem-sistem lain.
www.gameplay.com

Anda mungkin perlu juga men-download modifikasi atau perbaikan terakhir dari game tersebut (patches). Untuk dapat menemukan teman bermain (lawan bermain), kita perlu ikut dalam komunitas Gameplay melalui chatting pada channel yang disediakan. Chatting dapat menggunakan mIRC (lihat NeoTek November 2000) atau menggunakan program chat berbasis Java yang disediakan gratis pada situs ini. Gameplay juga mempunyai e-zine yang diberi nama

LANGKAH

4

Logon ke server Gameplay Tanpa email itu pun dari sini kita sudah dapat logon ke server Gameplay dengan menggunakan Wireplay browser dengan menggunakan nama account yang baru kita ciptakan tadi. Lalu klik ‘Connect.’

LANGKAH Terhubung ke Server ‘Welcone to Wireplay’. Pada browser ini terlihat beberapa rincian seperti: Navigasi (Play Games, News, Newbies Guide, dan Forums), Chat (Open chat dan Live Help Room), Help, dan statistik mengenai berapa orang dan berapa player yang terhubung ke server pada saat itu serta jumlah proposal yang mereka ajukan.

5

LANGKAH Chat Mencari Rekan/Bantuan Kalau kita klik tombol Live Help Room, kita akan terhubung ke chatting room #wp3_gamepro, yaitu tempat kita bertanya bagaimana caranya mulai bermain secara online pada orang-orang yang ada dalam chat room ini. Kalau belum ada tanggapan, tidak apa, kita coba permainan melalui server saja, bukan peer-to-peer yang mengharuskan kita berkomunikasi langsung dengan pemain lain.

6

LANGKAH Join Game Klik tombol Game dan pilih arena pertandingan yang ada. Dalam hal ini kita pilih yang kedua Free for All (karena sudah ada pemainnya), lalu klik Join Game. Permainan ini menggunakan server, jadi kita tidak perlu membuat atau menanggapi proposal terlebih dahulu. Pada potongan window sebelah tengah bawah akan tampak siapa saja yang sedang terlibat dalam permainan Air Attack ini.

10

Password Masuk ke Server Kita akan diminta memasukkan password untuk masuk ke server ini, dan permainan pun dimulai. Air Attack akan diluncurkan di Internet oleh launcher-nya dan tidak lama kemudian tampak layar pembuka yang menunggu akses game ini ke server Gameplay, yang beralih ke Main Menu dari game Air Attack. LANGKAH

11

LANGKAH Siap Tempur! Dari Main Menu, bila kita pilih Fly, maka kita diminta untuk memasukkan nama pilot yang baru serta pesawat yang dipilih. Setelah itu terbanglah kita di angkasa. Hati-hati lawan-lawan kita semua akan menembak semua pesawat yang masuk ke arena permainan. Termasuk pesawat kita. Sebagai pemula, wajar saja kalau pesawat kita mudah tertembak. Latihan terus… suatu saat nanti anda yang jadi juara!

12

Desember 2000 • NeoTek

19

NeoTutor

Dasar-dasar HTML
Membuat heading dan paragraf pada halaman Web dengan Notepad

P

ada nomor terdahulu, telah dibahas cara membuat halaman Web sederhana dan diperkenalkan dasar kode HTML. Pada nomor ini diketengahkan cara membuat heading dalam suatu dokumen HTML (Langkah 1-4). Sedangkan pada Langkah 5-8, dibahas cara membuat paragraf dan baris baru pada halaman Web. Heading digunakan untuk mengatur besar huruf atau font pada halaman Web. Heading tingkat 1 <H1>

adalah yang ukuran hurufnya paling besar, sedangkan heading tingkat 6 <H6> adalah yang terkecil, tetapi dengan pengaturan atau tag tertentu, ukuran huruf dapat ditentukan sesuai keperluan. Paragraf pada halaman Web, seperti halnya alinea pada buku, diperlukan untuk mengatur alur tulisan dan memisahkan topik-topik yang berlainan. Paragraf dibuat dengan membubuhkan tag <P> pada dokumen HTML.

MEMBUAT HEADING. Heading dapat digunakan untuk mengatur isi atau body dokumen Web. Tag heading <h1> sampai dengan <h6> yang dibubuhkan pada dokumen HTML akan memerintahkan browser untuk memformat teks yang berada di antara tag tersebut sebagai heading. Untuk latihan, ketik teks di atas dan Save dengan nama Latihan 2.htm. LANGKAH

1

LANGKAH Buka Internet Explorer, lalu klik File/Open. Browse atau cari file yang anda save dengan nama Latihan 2.htm. Terlihat bahwa huruf pada Heading 1 (h1) adalah yang terbesar sedangkan pada Heading 6 (h6) terkecil.

2

LANGKAH MEMBUAT PARAGRAF. HTML tidak mengenal tombol Enter untuk mengakhiri suatu paragraf atau alinea. Kita harus membubuhkan tag <P> untuk memulai suatu paragraf baru. Setiap heading, <H1> sampai <H6> secara otomatis memasukkan suatu paragraph break; karena itu tag <P> hanya digunakan untuk paragraf baru yang tidak mengikuti suatu heading.

5

LANGKAH Terlihat bahwa tulisan yang kita ketik terformat dalam 3 paragraf. Paragraf pertama terbentuk setelah kita membubuhkan tag <h1> dan pada 2 paragraf berikutnya setelah tag <p>. Perhatikan baik-baik teks dokumen HTML pada Langkah 5 yaitu pembubuhan tag </h1> dan <p> untuk menghasilkan paragraf baru.

6

20

NeoTek • Desember 2000

NeoTutor

dalam Delapan Langkah
Struktur dasar homepage: Head dan Body Struktur dasar homepage terdiri dari 2 bagian utama: Head dan Body. Head berisi Title. Kebanyakan browser akan menampilkan Title ini pada title bar pada saat dokumen ditampilkan. Suatu halaman Web hanya mempunyai satu Title. Title harus spesifik dan deskriptif, karena Title terekam pada history list browser seperti bookmarks, dan di dalam indeks atau program lain. Title tidak dapat di-link dengan halaman lain. Bagian Body berisi informasi seperti gambar, teks, dan lainlain yang akan muncul di layar. Selain informasi, pada bagian inilah peselancar di dunia maya dapat melakukan aktivitas yang ada kaitannya dengan Internet.

LANGKAH Anda dapat menggunakan Heading untuk membuat Style sendiri. Sebagai contoh, jika ingin mengubah ukuran huruf h1 ke 24 point, gunakan tag <STYLE> untuk mendefinisikan kembali tag h1. Dengan menempatkan tag <STYLE> pada bagian <HEAD>, anda mendefinisikan kembali tag h1 untuk seluruh dokumen

3

LANGKAH Bandingkan hasil pemformatan Heading level 1 pada Langkah 1 dan 3. Ukuran huruf yang tampil pada layar browser akan berbeda. Pada Langkah 1, ukuran huruf sesuai dengan default-nya (lihat gambar Langkah 2), sedangkan pada Langkah 3 huruf Heading 1 diformat menjadi 24 pt seperti tampak pada gambar di atas.

4

LANGKAH Tag <p> secara otomatis membentuk satu spasi di atas paragraf. Tetapi bila kita ingin menempatkan suatu teks pada baris baru tanpa spasi, maka kita bisa menggunakan tag line-break <br>. Tidak ada tag penutup untuk tag ini.

7

LANGKAH Gambar di atas menunjukkan hasil pemformatan paragraf dengan line break. Tampak bahwa tag <br> tidak menciptakan spasi di antara paragraf yang satu dengan yang lain. Bandingkan hasil di atas dengan hasil yang didapat lewat Langkah 5.

8

November 2000 • NeoTek

21

NeoTekno

Belajar Menjadi Hacker
Onno W. Purbo
Banyak informasi mengenai teknik hacking yang bisa diperoleh di Internet. Anda pun bisa mempelajarinya, tetapi untuk tujuan yang baik tentunya.
Saran dari Pakar Internet
erus terang saya mengambil risiko menulis artikel ini. Saya sangat berharap informasi yang saya tuliskan ini digunakan untuk hal-hal yang baik dan jangan digunakan untuk merusak/ melakukan hal yang tidak baik. Tulisan ini memang tidak akan menjelaskan secara detail teknik untuk melakukan hacking dan cracking terhadap sebuah sistem jaringan komputer, paling tidak pointer untuk mencari informasi yang dibutuhkan akan diterangkan di sini. Bagi para pemula saya sangat sarankan untuk membaca berbagai Frequently Asked Questions (FAQ) tentang keamanan jaringan yang www.sans.org tersedia di rootshell.com www.iss.net/vd/mail.html.

T

Teknik-teknik hacking/cracking merupakan bagian dari teknik keamanan jaringan (network security) secara umum. Tentunya sebagai pribadi lebih baik memposisikan diri sebagai pengaman jaringan daripada perusak jaringan. Sebagai sampel ada dua situs di Internet yang termasuk paling baik menjelaskan masalah teknik keamanan jaringan ini. Situs tersebut adalah: http://www.sans.org http://www.rootshell.com. Tentunya masih banyak situs keamanan jaringan yang ada di Internet yang akan saya jelaskan di bawah. Masalah utamanya adalah kemampuan untuk mengerti berbagai dokumentasi /informasi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Di SANS Institute (www. sans.org) cukup banyak informasi dan fasilitas yang diberikan, seperti: • Berita tentang keamanan jaringan. • Kumpulan berita tentang keamanan jaringan yang dapat dikirimkan mingguan atau bulanan. Kumpulan berita ini dipisahkan antara yang sifatnya waspada (alert) maupun yang dikhususkan bagi pengguna Windows. • Resource—menyediakan banyak sekali artikel yang akan bermanfaat bagi pengaman jaringan. Misalnya dokumentasi kesalahan yang sering dilakukan oleh para operator jaringan, teknik serangan dll. • Publikasi SANS—dokumentasi dari berbagai teknik & pengetahuan yang sudah di strukturkan sehingga enak untuk dibaca. Antara lain membahas roadmap (peta)

akan hal-hal yang berkaitan dan harus dikerjakan pada saat terjadi serangan (compromise); Langkah-langkah untuk mengamankan server windows NT. • Projek—merupakan kumpulan dokumentasi berbagai projek yang berkaitan dengan keamanan jaringan. Situs yang kedua adalah Root Shell (rootshell.com). Situs ini agak berbeda dengan SANS Institute yang sifatnya lebih akademis. Root Shell lebih menjelaskan berbagai teknik dan berita tentang keamanan jaringan. Berbagai berita tentang eksploitasi jaringan bisa dibaca di bagian Exploit. Sedang bagian dokumentasi dibuat bagi anda yang tertarik untuk membaca dokumentasi yang lebih terstruktur tentang keamanan jaringan. Contoh dokumentasi yang di sediakan di bagian dokumentasi adalah tentang teknik yang diadopsi oleh cracker dalam memasuki sebuah sistem/jaringan. Dalam dokumentasi tersebut di jelaskan dengan cukup panjang lebar berbagai teknik untuk memasuki jaringan komputer lawan dan file apa saja yang biasanya diubah untuk masuk. Dokumentasi yang ada biasanya di arahkan untuk administrator jaringan komputer dan bukan untuk si cracker sendiri. Di samping ke dua situs di atas masih banyak situs Web yang memberikan keterangan tentang keamanan jaringan (lihat boks di halaman 23). Beberapa di antara situs keamanan jaringan merupakan situs resmi pemerintah (khususnya pemerintah Amerika Serikat), seperti:

22

NeoTek • Desember 2000

NeoTekno
http://www.itpolicy.gsa.gov/ http://www.cit.nih.gov/secur ity.html http://cs-www.ncsl.nist.gov/ Yang agak berbahaya adalah situs keamanan Internet bawah tanah. Sering kali informasi yang di tampilkan "agak" berbahaya bagi umum. Sebaiknya anda menggunakan informasi yang diperoleh untuk suatu kebaikan. Adapun situs tersebut adalah: http://www.phrack.com/ http://www.2600.com/ Ada cukup banyak tool atau perangkat software yang bisa digunakan untuk membantu kita melakukan pengamanan jaringan komputer. Sebagian besar perangkat ini sifatnya public domain jadi dapat digunakan tanpa perlu membayar royalti. Sebagian bahkan tersedia dalam bentuk source code. Hanya saja perangkat tersebut umumnya bekerja di sistem operasi UNIX (seperti FreeBSD & Linux) bukan Windows. Adapun perangkat tersebut adalah: • Host-based Auditing Tools: COPS, NCARP, crack, Tiger, Tripwire, logcheck, tklogger, Safesuite, NetSonar • Network Traffic Analysis & Intrusion Detection Tools: tcpdump, synsniff, NetRanger, NOCOL, NFR, RealSecure, Shadow • Security Management and Improvement Tools: crack, localmail, smrsh, logdaemon, npasswd, op, passwd+, S4-kit, sfingerd, sudo, swatch, watcher, wuftpd, LPRng • Firewall, Proxy amd Filtering Tools: fwtk, ipfilter, ipfirewall, portmap v3, SOCKS, tcp_wrappers, smapd • Network-Based Auditing Tools: nmap, nessus, SATAN, Safesuite • Encryption Tools: md5, md5check, PGP, rpem, UFCcrypt • One-Time Password Tools: OPIE, S/Key • Secure Remote Access and Authorization Tools: RADIUS, TACACS+, SSL, SSH, Kerberos Tool atau perangkat keamanan jaringan di atas sebagian besar dapat di ambil di situs FTP yang membawa perangkat keaman jaringan seperti tercantum pada boks di halaman ini Masalah yang kemudian menjadi penting adalah tempat kita bertanya. Kita cukup beruntung pada saat ini cukup banyak tempat diskusi di Internet yang berkaitan dengan keamanan jaringan. Sebaiknya monitoring dulu diskusi mereka dan baca arsip-arsip diskusi yang lalu agar kita familiar dengan isu atau teknik yang dijelaskan. Karena umumnya orang di Intenet tidak terlalu suka menjelaskan berulangulang hal yang sama. Daftar tempat berlangganan mailing list tempat diskusi tentang keamanan jaringan tercantum pada boks di halaman ini. Biasanya untuk subscribe dilakukan dengan mengirim pesan "subscribe nama-mailing-list" ke alamat majordomo / listserv untuk masing-masing mailing list. Kalau boleh saya memberikan sedikit nasihat teknik keamanan jaringan tidak berbeda dengan sebuah pisau—dia dapat kita gunakan untuk hal-hal yang jelek dan merusak; tapi juga dapat digunakan untuk hal-hal yang baik yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Pilihlah sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, nama anda akan dikenang selamanya belum lagi kalau dihitung masalah rizki dan pahala yang akan di peroleh dengan melalui amal kebaikan yang anda lakukan dengan ilmu yang anda miliki. • www.cerias.purdue.edu • java.sun.com/security/ • www.telstra.com.au/info/security.html • www.ntbugtraq.com/ • www.nsi.org/compsec.html • www.securityportal.com • www.icsa.net/ • www.tno.nl/instit/fel/intern/wkinfsec.html • 0pht.com/ • ftp.porcupine.org/pub/security/index.html • www.boran.com/security/ • ftp://ciac.llnl.gov/pub/ciac/sectools/unix/ • ftp://ftp.cerias.purdue.edu • ftp://ftp.cert.org/pub/tools/ • ftp://ftp.win.tue.nl/pub/security/ • ftp://ftp.funet.fi/pub/unix/security/
Tools keamanan jaringan dapat diambil di: Situs mengenai keamanan jaringan:

Cerias adalah lembaga penelitian yang didirikan Universitas Purdue untuk melakukan penetlitan antar disiplin di bidang keamanan informasi.

Mailing list yang mendiskusikan keamanan jaringan: • Best of Security List (bos)—best-of-securityrequest@cyber.com.au • Bugtraq Full Disclosure List—listserv@netspace.org • CERT Advisories—cert-advisory-request@cert.org • CIAC Advisories (ciac-bulletin)—Majordomo@rumpole.llnl.gov • COAST Security Archive —coastrequest@cerias.purdue.edu • Firewalls Digest (firewall-digest)—majordomo@greatcircle.com • Firewall Wizards (firewall-wizards)—majordomo@nfr.net • FreeBSD Security issues—majordomo@freebsd.org • Intrusion Detection Systems (ids)—majordomo@uow.edu.au • Linux Security Issues—linux-security-request@RedHat.com • Legal Aspects of Computer Crime (lacc)— majordomo@suburbia.net • NT Bugtraq—listserv@listserv.ntbugtraq.com • NT Security Issues (ntsecurity)—majordomo@iss.net • The RISKS Forum (risks)—majordomo@csl.sri.com • WWW Security (ww-security-new)— majordomo@nsmx.rutgers.edu • The Virus Lists (virus-l & virus)—LISTSERV@lehigh.edu

Desember 2000 • NeoTek

23

NeoSearch

Cepat Dapat
dengan
ita dapat menemukan apa saja yang kita ingin ketahui di Internet—itu kata orang. Tetapi mereka memang benar, asalkan anda tidak keberatan duduk mengaisngais 1,2 milyar halaman lebih di dunia maya untuk menemukan informasi yang anda butuhkan. Itulah sulitnya dengan kebanyakan mesin pencari di Internet—kebanyakan tidak memilah-milah jika anda hanya perlu menemukan sebuah kata, definisi atau informasi latar belakang mengenai suatu topik. Di sinilah Xrefer menunjukkan manfaatnya. Mesin pencari yang satu ini menjadi semacam ensikopledi online yang tidak menyedot seluruh informasi dari Internet. Yang menjadi acuannya adalah beberapa karya referensi terpilih. Anda dapat menggunakannya untuk menemukan definisi suatu istilah (bahkan untuk istilah yang anda lupa ejaannya), entri ensiklopedi dan quotation. Jika anda perlu mencari sesuatu dan ingin cepat mendapat jawaban, Xrefer adalah sarana yang tepat. Kerjanya cepat. Dapat diandalkan. Bahkan dapat membantu anda menemukan kata untuk mengisi teka-teki silang, dalam bahasa Inggris tentu saja!

Xrefer

K

Apakah yang dimaksud dengan gnome? Anda tidak perlu memberitahu kami karena kami sudah mafhum jawabnya—berkat Xrefer.

LANGKAH Acuan silang. Tetapi bagi yang haus informasi, Xrefer masih mempunyai sesuatu yang lain. Pada kolom kanan terdapat daftar acuan silang (xreferences) yang diambil dari publikasi yang sama atau publikasi lain. Jadi jika anda rasa anda perlu membaca topik sejenis dari buku lain pada kepustakaan Xrefer, anda dapat mengklik salah satu acuan silang yang pada kolom kanan.

3

Tips
Kemudahan yang ditawarkan Xrefer
• Kata untuk teka-teki silang Sulit melengkapi kata yang belum terisi lengkap pada teka-teki silang? Ketik kata tersebut pada Xrefer dengan mengganti semua huruf yang tidak diketahui dengan tanda tanya, lalu tekan tombol Go untuk memperoleh sebuah daftar kemungkinan jawaban. • Mencari dengan angka Katakan anda ingin mengetahui tentang fesyen pada paruh waktu kedua abad dua puluh. Anda cukup mengetikkan "fashion >1950" pada kotak pencari dan biarkan Xrefer yang mencarikannya untuk anda. • Menggunakan wildcards Anda dapat menggunakan asteriks (*} sebagai 'wildcard', yaitu pengganti berapa saja jumlah huruf pada suatu kata. Misalnya, anda dapat mengetik '*ism' untuk menemukan semua kata yang berakhiran 'ism', seperti 'schism', 'prism', dan 'Cubo-Futurism'. LANGKAH Pencarian quotation. Ingin mencari quotation yang cocok untuk suatu artikel? Pilih Search Quote dari menu pull-down, kemudian ketikkan kata kuncinya. Pada contoh di atas, misalnya, kami berhasil menemukan tiga kaidah robotik Isaac Asimov dengan mencari "asimov", tetapi anda juga dapat membatasi pencarian berdasarkan konsep atau frasa.

6

24

NeoTek • Desember 2000

NeoSearch

LANGKAH Pustaka acuan. Ketik www.xrefer.com di window browser Web. Ketikkan kata atau frase yang akan dicari pada bagian atas halaman Xrefer, tekan tombol Go dan Xrefer akan memberikan daftar hasil pencariannya. Pertama hasilnya tampak seperti mesin pencari Web yang lain. Namun sebenarnya, hasil pencarian itu didapat dari perpustakaan referensi Xrefer, sedangkan nama buku acuannya dituliskan langsung di bawah setiap entri.

1

LANGKAH Hyperlink topik lain. Klik salah satu hasil pencarian (yang paling mendekati pencarian ditempatkan pada bagian atas daftar) untuk membaca seluruh teks mengenai topik itu. Pada contoh di atas, perhatikan bahwa pada uraian yang didapat dari A Dictionary of Science itu mengandung hyperlink (kata yang digarisbawahi). Jika diklik, hyperlink tersebut akan membawa anda pada uraian yang berhubungan pada publikasi itu sendiri.

2

LANGKAH Entri yang berdekatan. Xrefer tidak hanya berhenti dengan acuan silang melainkan masih punya apa yang disebut entri yang berdekatan (adjacent entries). Jika anda menurunkan layar dengan scroll bar, pada bagian paling bawah anda akan menemukannya. Entri ini adalah sekumpulan istilah dan frasa dari publikasi yang sama dan dipilih hanya berdasarkan kemiripan alfabetisnya.

4

LANGKAH Pembatasan dalam pencarian. Jika anda ingin lebih sistematis dalam mencari, Xrefer menyediakan sarana yang memungkinkan anda membatasi pencarian berdasarkan quotation, fakta, kata atau ketiganya. Misalnya, jika yang anda cari hanya sebuah definisi sederhana, pilih Search Words dari menu pull-down tersebut agar pencarian lebih terbatas dan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

5

LANGKAH Pencarian frasa. Agar Xrefer dapat menemukan frasa yang sama persis dengan yang anda inginkan, ketikkan frasa tersebut di antara tanda kutip. Misalnya, dengan mengetikkan "black hole", Xrefer akan mencari entri yang persis mengandung frasa tersebut, bukan sebagai dua kata terpisah "black" dan "hole".

7

LANGKAH Kata tidak lengkap. Ragu mengenai ejaan dari kata yang anda cari? Untuk yang satu ini anda dapat mengetikkan lambang tilde (~) di depan kata yang anda cari. Xrefer akan mencarikannya untuk anda. Kami mencoba memasukkan "~assimov". Xrefer muncul dengan serangkaian hasil pencarian. Silakan pilih yang cocok untuk Isaac Asimov. Smart juga ya, Xrefer?!

8

Desember 2000 • NeoTek

25

NeoSearch

Nano, Nano...
N
ano adalah nama sebuah program sederhana tetapi amat membantu bagi mereka yang haus akan informasi. Nano dapat membantu anda mengembangkan pencarian di Internet dengan metode rujuk silang. Dengan berbekal Nano, pengguna Internet dapat mencari informasi tambahan atas suatu bacaan atau topik yang

Ramai Hasilnya

Nano dapat membantu anda mencari informasi lanjutan di Internet. Cukup dengan mengklik tombol kanan mouse.
didapatnya pada suatu situs. Informasi tambahan yang disajikan Nano, seperti pada Xrefer (lihat NeoTek nomor ini halaman 24-25), didapat dari situs berita dan situs referensi semacam ensikopledi atau kamus. Seluruh informasi tambahan itu bisa diakses lewat menu ‘What to Read’ dan ‘Reference.’

LANGKAH Cara kerja Nano. Nano akan muncul di layar tersendiri dan mencari rujuk silang selama beberapa saat. Jika pencarian telah selesai dilakukan, layar Nano akan menampilkan menu ‘What to Read’, ‘What to buy’, ‘What to Do’ dan ‘Reference’ dan jika salah satu hyperlink pada menu-menu itu diklik, Nano akan memanggil situs terkait untuk ditampilkan pada browser Internet yang anda gunakan.

3

LANGKAH What to Read. Fasilitas ini dimaksudkan agar anda mendapat masukan yang lebih luas atas suatu topik. Pencarian dilakukan berdasarkan kemiripan kata atau frasa yang anda cari. Situs-situs yang menjadi rujukan silang adalah situs berita berbahasa Inggris. Pada contoh di atas terlihat bahwa berita yang mengandung kata ‘mass media’ (dari U.S. News) diletakkan pada urutan pertama.

4

LANGKAH What to Do. Pada menu ini pengguna dapat memilih situs yang menawarkan fasilitas chat (mengobrol), menyajikan berita web events, dan Internet communities.

7

LANGKAH Reference. Pada menu ini Nano mengumpulkan beberapa situs referensi berisi ensiklopedi atau kamus. Berbeda dengan ‘What to Read’, pada bagian ini informasi yang diberikan bisa berupa definisi atau pengertian langsung atas kata atau topik yang anda cari.

8

26

NeoTek • Desember 2000

NeoSearch

LANGKAH Homepage Nano. Agar dapat menggunakan Nano, anda harus men-download program kecil ini dari situsnya w (www.nano.com). Setelah diinstal, Nano akan tersimpan di memori dan siap untuk dipanggil.

1

LANGKAH Mengaktifkan Nano. Kini, jika memerlukan informasi tambahan atas suatu kata atau topik yang anda jumpai pada suatu situs, anda cukup menyorot (highlight) kata atau frasa tersebut. Setelah itu, klik tombol kanan mouse. Pada bagian bawah window yang muncul terdapat menu “nano”. Klik menu itu untuk mengaktifkan Nano. Pada contoh ini kita mencoba mencari informasi tambahan atas frasa ‘mass media’.

2

LANGKAH Rujukan silang. Setelah hyperlink pertama diklik, inilah situs U.S. News Online yang menyajikan berita dengan judul “Emancipation perturbation. The mass media wrestle with slavery.”

5

LANGKAH What to Buy. Lewat menu ini pengguna dapat membeli beberapa produk yang ditawarkan oleh vendor (pemasok) yang bekerja sama dengan Nano. Daftar produk yang ditawarkan disertai harga.

6

LANGKAH Isi ensiklopedi. Dengan mengklik salah satu hyperlink atau situs yang terdapat pada menu ‘Reference’ pengguna akan disajikan informasi tambahan. Contoh di atas berasal dari situs Britannica.com, salah satu situs referensi yang dipilih oleh Nano.

9

LANGKAH Melakukan pencarian. Jika merasa belum puas dengan hasil yang disajikan oleh salah satu situs referensi, anda dapat melakukan pencarian (search) dengan memasukkan kata kunci yang anda perlukan pada kolom ‘Search.’ Situs bersangkutan akan menayangkan hasil pencarian di layar dan anda dapat mengklik hyperlink topik yang anda cari itu.

10

Desember 2000 • NeoTek

27

NeoStyle

eCards
A

www.bluemountain.com/

Kartu Ucapan di Era Cyber
Untuk kartu ucapan umat Kristiani, terdapat kategorisasi lebih lanjut: Katolik, Katolik Ortodoks, dan Protestan. Demikian juga untuk agama Buddha yang dibedakan dengan Buddhist Tibet. Selanjutnya, kartu-kartu ucapan juga tersedia dalam pelbagai bahasa: Itali, Perancis, Spanyol, Jerman, Portugis, Jepang, Cina, dan Korea. Khusus untuk kartu ucapan Bahasa Cina, terbagi lagi atas yang tradisional (Taiwan) dan yang disederhanakan (RRC). Selain kartu ucapan hari-hari raya, terdapat juga kartu ucapan persahabatan, cinta, ulang tahun, penghiburan, remaja, anak-anak, dan lain sebagainya. Tidak heran bila Blue Mountain mengaku sebagai situs eCard terpopuler.

da banyak pilihan situs web yang menyediakan jasa pengiriman eCard. Ada yang sederhana dan ‘dikirim apa adanya’, ada yang dapat dimodifikasi, ada yang dapat dirancang sendiri, dan ada pula yang dilengkapi animasi dan musik. Inipun ada yang ‘dikirim apa adanya’ atau dapat kita pilih sendiri. Di sini dipilih situs Blue Mountain sebagai contoh, bukan karena kecanggihan teknologi eCard yang disajikannya, melainkan karena kelengkapan kategori yang disediakan. Bahkan untuk kartu ucapan bulan puasa, Lebaran, 1 Muharram, ataupun Maulid Nabi, terdapat pilihan dalam Bahasa Indonesia/Malaysia.

LANGKAH

3

Islamic eCard Page

LANGKAH

Kita akan dibawa ke Islamic eCard page. Di sini terdapat beberapa kategori: Friendship, All Purpose Islamic Card, Ramadan, Idulfitri, 1 Muharram, dan Maulid Nabi. Pada contoh ini kita pilih salah satu pilihan pada Ramadan, yaitu pilihan kedua (kaligrafi) yang berjudul Happy and Blessed Ramadan.

4

Gambar Kartu Ucapan Lengkap

Kita dapat melihat bentuk kartu lengkapnya, apakah cocok dengan yang kita inginkan. Bila tidak, kita dapat kembali ke halaman Web sebelumnya untuk melihat kartu yang lain. Pada contoh kita, kartu ini sudah sesuai dengan yang kita inginkan, jadi kita teruskan ke langkah berikutnya.

LANGKAH

7

Periksa Dulu dan (Mungkin) Perlu Diedit

Sebelum mengirimkan eCard ini, terlebih dahulu klik tombol ‘PREVIEW HERE before sending.’ Kita lihat dulu apakah masih ada yang kurang atau salah ketik. Oh… teks ucapan kita masih dalam Bahasa Inggris. Kita klik ‘EDIT your card.’

Selain ucapan standar (yang dapat dipilih dari tiga bahasa tadi), kita dapat juga mengisikan ucapan kita sendiri pada kolom yang sudah disediakan. Bila tidak diubah, sudah ada teks dalam Bahasa Inggris di situ. Kita ubah menjadi ‘Semoga Bulan Suci ini Membawa Berkah.’

LANGKAH

8

Mengganti Teks Ucapan

28

NeoTek • Desember 2000

NeoStyle

LANGKAH

1

Masuk ke Situs Blue Mountain

Pertama-tama, masuk ke situs Blue Mountain di www.bluemountain.com dan akan tampak halaman awal yangbukan hanya eCards, tetapi juga Video, Invitation, dan lainnya. Kita akan bahas eCard saja.

LANGKAH

2

Pilih Kategori

Selanjutnya scroll ke bagian bawah halaman awal ini untuk mendapatkan kategori yang kita inginkan. Dalam contoh kita, pilih Religion > Islamic dan klik hypertext yang bersangkutan.

LANGKAH

5

Modifikasi Kartu

Kita dapat memodifikasi kartu. Ada dua bagian yang dapat dimodifikasi di sini. Pertama adalah ucapan kita sendiri dan yang kedua adalah pilihan teks standar, yang dapat dipilih dari Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Semuanya kurang lebih artinya sama, yaitu Happy and Blessed Ramadan.

LANGKAH

6

Menuliskan email (atau email-email)

Selanjutnya scroll sedikit ke atas untuk mengetikkan email penerima (dan namanya) serta email kita sendiri (dan nama kita sendiri). Alamat email di sini harus diisikan, kalau tidak proses selanjutnya tidak dapat dilanjutkan. Kita dapat tambahkan penerima eCard ini sampai maksimum 5 alamat email.

LANGKAH

9

Jadwal Pengiriman Dapat Diatur

Klik lagi tombol ‘PREVIEW HERE before sending’. Kita akan dapatkan komposisi kartu yang telah diubah. Selanjutnya cukup klik tombol SEND. Ada pilihan tanggal untuk mengirim kartu ini. Misal, kita pilih tanggal 15 Desember 2000 agar kartu tiba sebelum Idulfitri.

10

CLONE

Terkirim! Tapi akan Diterima Kelak

Setelah kita klik ‘SEND’ akan tampil ucapan selamat bahwa kartu ucapan kita telah terkirim. Kartu ini sendiri baru akan diterima di pop mail penerima pada tanggal yang kita jadwalkan, yaitu tanggal 15 Desember 2000 itu. Desember 2000 • NeoTek 29

NeoStyle

Salam Damai
ada bulan Desember umat Kristiani biasa merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Dan urusan dunia maya atau Internet bukan hanya urusan informasi. Di sana anda juga bisa berbisnis, berkolaborasi, dan—khusus yang berkaitan dengan bulan Natal—berkirim ucapan selamat Natal. Situs Web Haptek (www.haptek.com) menyediakan kartu ucapan elektronik atau eCard yang agak berbeda dibandingkan yang lain. Situs ini menyediakan Virtual Friend

Lewat Sahabat Maya
www.haptek.com cards.haptek.com/index.php3 yang dapat menyampaikan salam damai Natal anda dengan nyanyian dan ucapan lisan dengan tokoh yang dapat anda pilih. Sebelum memulai proses pengiriman kartu ucapan, anda terlebih dahulu harus men-download plug in Virtual Friend 3 dari situs yang sama. Setelah plug in diinstal di komputer, anda dapat mengklik link Greeting Cards. Langkah selanjutnya dapat anda lakukan seperti yang disajikan pada dua halaman ini.

P

LANGKAH

3

Memilih jenis kartu

LANGKAH

VF mempersilakan anda memilih kartu ucapan apa yang anda inginkan. Untuk contoh ini, kita memilih kategori Happy Holidays yaitu kartu ucapan untuk Natal.

4

Memasukkan alamat email

Selanjutnya klik tombol Personal yang akan memunculkan formulir email pengiriman. Masukkan alamat email anda sebagai pengirim dan alamat email orang yang anda kirimi kartu. Setelah itu, hanya opsional, anda dapat memilih karakter VF untuk penyampai pesan anda.

LANGKAH

7

Mengatur pemunculan VF

LANGKAH

Tombol Position akan mengantarkan anda ke layar di atas. Di sini anda dapat mengatur posisi pemunculan VF (tombol 1, dilanjutkan tombol 2, dan diakhiri pada tombol 3). Untuk melihat hasil pengaturan, tekan tombol Test.

8

Memilih pencahayaan

Yang tidak kalah menarik adalah pilihan pencahayaan yang juga berfungsi sebagai latar belakang kartu. Ada dua kategori pada pilihan ini yaitu Scene dan Effect. Silakan pilih yang sesuai dengan jenis kartu anda dan dengan selera anda.

30

NeoTek • Desember 2000

NeoStyle

LANGKAH

1

Link untuk greeting cards

Setelah masuk ke situs Haptek dan menggeser layar agak ke bawah, pilih link untuk kartu ucapan elektronik (greeting cards).

LANGKAH

2

Halaman greeting cards

Anda akan diantar ke halaman kartu ucapan disertai pesan untuk menunggu yang diucapkan Virtual Friend (VF) dan senandung la, la, la. Di sinilah plug in bekerja agar VF dapat dimunculkan.

Tekan tombol Character untuk memilih tokoh yang anda anggap cocok sebagai penyampai pesan anda. Atau anda cukup memilih skin untuk mengubah penampilan wajah VF. VF memberi advis bahwa skin akan memperbesar file kartu yang anda kirimkan dan memperlambat kerja saluran Internet penerima.

LANGKAH

5

Memilih karakter atau tokoh

LANGKAH

6

Mengetikkan pesan

Pesan dimasukkan dengan terlebih dahulu menekan tombol Voice. Pada kotak yang muncul, ketikkan pesan anda. Pesan berbahasa Indonesia akan dibaca VF dengan lafal bahasa Inggris. Anda juga dapat menyisipkan beberapa ucapan yang disediakan Haptek dengan mengklik tombol Insert Clip.

LANGKAH

9

‘Dimainkan’ sebelum dikirim

Sampai langkah ini, proses ‘pembuatan’ kartu ucapan sudah rampung. Sebelum dikirim anda dapat melihatnya terlebih dahulu di layar komputer. Klik tombol Previewdi pojok kanan atas. Kartu dengan kategori Happy Holidays akan dimulai dengan sebuah lagu natal.

LANGKAH

10

Mengirim salam damai itu

Setelah anda menekan tombol Send, VF meminta konfirmasi anda dengan pertanyaan pada layar atas. Layar bawah menampakkan pesan VF bahwa kartu anda sudah berhasil dikirim. Selamat hari Natal! Desember 2000 • NeoTek 31

NeoStyle

Situs eCard Lain
ada halaman ini kami memilihkan beberapa situs lain yang juga menyediakan kartu ucapan elektronik sehingga anda bisa memilih dari beberapa alternatif yang ada dan tidak perlu melakukan pencarian dari nol. Link pada beberapa situs dapat digunakan untuk masuk ke situs lain yang juga menyediakan eCard. Mungkin yang menarik adalah kartu yang dilengkapi animasi, tetapi perlu diperhatikan bahwa file yang mempunyai animasi atau musik biasanya berukuran lebih besar sehingga akan lebih lambat ketika dikirim dan diterima lewat Internet. music-city-cardshop.net ‘Toko’ kartu ini menyediakan berbagai kartu inspirasional yang diiringi musik. Setelah halaman pembuka, anda dapat mengklik ‘Why not check out our other nice cards’ dan anda akan diantar masuk ke toko kartu. Kartu natal bisa didapat pada kategori Holidays.
SITUS

P

1

Musical Cardshop

SITUS

2

Blab

www.blab.com Situs ini menyediakan eCards animasi dengan Macromedia Flash dalam berbagai kategori. eCard Natal, Ramadan, Islamic NewYear, Chinese Holidays dapat ditemukan pada kategori Holidays yang mempunyai 100 subkategori.

SITUS

3

Hallmark

www.halmark.com Hallmark menyediakan eCards. Kartu-kartu ucapan untuk hari raya dapat ditemukan pada kategori Upcoming Holidays. Isi situs Hallmark dibuat dinamis mengikuti hari raya yang terdekat.

SITUS

4

Aeticket Card

www.aeticket.com/ecard/ Perusahaan penjual label printer ini menyediakan eCard juga dan cukup indah! Yang istimewa di antaranya woodblock print, baik karya seniman Amerika maupun Jepang, dengan menggunakan teknik dari Jepang.

SITUS

5

Senyal Multimedia

www.senyal.com/any2000/eng/classic.htm Situs multimedia dari Spanyol ini menyajikan desain eCard klasik maupun modern, yang dilengkapi dengan musik yang dapat kita pilih sesuai dengan jenis desainnya.

32

NeoTek • Desember 2000

NeoStyle

Chatting di Televisi:
nda menonton Ricky Martin di MTV dan ingin ngegosipin sesuatu tentang Ricky Martin dengan sesama fans di seluruh Asia? Bisa! Caranya melalui mobile phone messages, yang akan segera tampil 'hidup' di layar TV anda. Handphone yang dipakai dapat yang menggunakan fasilitas SMS (Short Message Service) ataupun WAP (Wireless Application Protocol). Teknologi ini diselenggarakan oleh IteruNet (www.iteru.net) suatu mobile application provider di Singapura.

Gaya MTV

A

Acara itu sendiri adalah “MTV U-Pop” suatu program interaktif baru dari MTV Asia. Di sini penonton dapat berinteraksi dengan Donita Rose, Utt, dan VJ MTV lain yang populer, sambil menikmati video musik mutakhir dari para penyanyi pop idola mereka. Target pasar program ini memang mereka yang berusia 18 sampai 25 tahun. Program ini disponsori oleh Nokia. Acara ini dimulai awal Oktober 2000 selama 15 menit setiap hari pada pk. 05.30 WIB secara serempak di Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Acara serupa juga diselenggarakan di MTV India dan MTV Chinese pada waktu siar yang berbeda.

Setiap acara akan mengambil tema tertentu seperti musik, cinta, karier, dan fesyen. Lima baris terbawah pada layar televisi akan menampilkan pesanpesan para peserta chatting ini. Untuk dapat ikut serta dalam chatting ini pemirsa harus mendaftarkan username dan password terlebih dahulu. Di Indonesia operator SMS yang mendukung fasilitas ini adalah Satelindo, Telkomsel, dan Excelmindo Apabila dulu penonton televisi disamakan dengan orangorang kesepian, kini hal itu tidak berlaku lagi. NT
Temui Ricky Martin dan video klip terbarunya, She Bangs, di situs web MTV, www.mtvasia.com/ Video/#

Nomor panggil MTV U-Pop Chat via SMS
Satelindo Telkomsel Excelmindo 0816-14-ITERU 0811-1-ITERU 0818-8-ITERU

Topik-topik pada acara MTV U-Pop
Show 1 Show 2 Show 3 Show 4 Show 5 Show 6 Show 7 Show 8 Show 9 2/10/2000 3/10/2000 4/10/2000 5/10/2000 6/10/2000 9/10/2000 Say “Hi” on MTV UPop What sport are you into? Who is the real Madonna? Hip hop - the new rock? Are you watching too much TV? Which celebrity would you like to date?

Cara Menggunakan SMS
Ingin tampil di MTV? Segera daftar ke MTV U-Pop 'live' SMS dan segera chat! Langkah Satu: Masuk ke fungsi SMS pada handphone anda. Enter function. Langkah Dua: Ketikkan username pilihan anda, diikuti oleh spasi. Setelah itu masukkan password anda, diikuti oleh spasi lagi dan terakhir masukkan alamat email anda. Langkah Tiga: Kirimkan setelan ini pada nomor-nomor telepon yang terdaftar pada box Nomor Panggil MTV U-Pop (boleh Satelindo, Telkomsel, ataupun Excelmindo). Begitu terdaftar, maka kini saatnya mengirim pesan-pesan SMS anda pada MTV U-Pop. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengetikkan “upop” yang diikuti oleh spasi dan kemudian pesan anda. Kirimkan pesan anda pada nomor telepon mana saja yang terdaftar pada nomor panggil MTV U-Pop. Keren kan?

10/10/2000 Is there too much skin in music videos? 11/10/2000 Cover versions - yes or no? 12/10/2000 Can boy bands sing?

Show 10 13/10/2000 What's the best or worst chat-up line? Show 11 16/10/2000 Say “I Love You” on MTV Upop Show 12 17/10/2000 If you had 3 wishes, what would they be? Show 13 18/10/2000 What's the coolest computer game Show 14 19/10/2000 Who is the ultimate fashion icon of pop? Show 15 20/10/2000 Where is your favourite hang-out? Desember 2000 • NeoTek 33

www.iteru.net www.mtvasia.com/Channel/Shows/MTVU-Pop

NeoBiz

ISSN dan Barcode Majalah
www.issn.org

P
7 digit Nomor dasar ISSN Check digit ISSN

ada NeoTek edisi Oktober 2000 dibahas ISBN dan penerapan barcode untuk buku, maka ada yang bertanya-tanya. Majalah NeoTek membahas barcode pada edisi pertamanya, tetapi mana barcode untuk Majalah NeoTek itu sendiri. Kekurangan itu akan dilengkapi mulai NeoTek edisi ini dan untuk selanjutnya Majalah NeoTek juga dilengkapi dengan barcode sendiri! ISSN sendiri merupakan kode yang digunakan sebagai penanda terhadap suatu penerbitan berkala. Berbeda dengan ISBN yang menunjukkan asal buku itu, maka ISSN tidak menunjukkan informasi apa-apa mengenai asal penerbitan, bahasa, ataupun isinya. Kode ISSN hanya 8 digit, yang digit kedelapan merupakan sisa hasil pembagian 11 dari algoritma tertentu dari tujuh digit yang di depannya. Bandingkan dengan ISBN, yang terdiri dari 10 digit, dengan digit kesepuluh merupakan sisa hasil pembagian 11 dari algoritma tertentu dari 9 digit di depannya. ISSN merupakan standar ISO 3297. Pusat ISSN dunia ada di ISSN International Center, Paris, Perancis. Di Indonesia, pusat ISSN ada di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Di negara lain pusat ISSN mungkin ada di perpustakaan nasionalnya, bersama-sama dengan ISBN.

Barcode yang digunakan untuk ISSN ada dua macam, yaitu EAN-13 dan 128 code. EAN-13 biasanya untuk majalah-majalah komersial, sedangkan 128 code banyak untuk penerbitan berkala ilmiah, mengingat kapasitasnya yang mampu melacak sampai ke setiap artikel dalam penerbitan berkala yang bersangkutan. Sistem Penomoran untuk Penerbitan Berkala: ISSN ISSN merupakan suatu sistem penomoran 8 digit (dituliskan sebagai dua kelompok 4 digit yang dipisahkan oleh tanda hyphen: xxxx-xxx) dengan satu digit terakhirnya merupakan check digit. Check digit adalah suatu sistem untuk memastikan bahwa nomor yang diinputkan ke dalam suatu sistem komputer (baik melalui keyboard ataupun scanner) merupakan nomor yang benar. Bagaimana check digit ini bekerja akan kita bahas. Sebagai contoh, Majalah NeoTek mendapatkan nomor ISSN dari LIPI sebagai 1411-6480. Nomor ISSN Majalah NeoTek tanpa check digit sebenarnya hanyalah 7 digit pertamanya, yaitu 1411-648x, dengan digit kedelapan x dapat berupa angka 0 sampai dengan 10 (dengan 10 dinyatakan sebagai X). Check digit diperlukan untuk memeriksa apakah ada salah

ketik dalam penulisan suatu ISSN. Jadi check digit akan khas untuk nomor ISSN tertentu. Tujuh digit pertama ISSN Majalah NeoTek adalah 1411-648. Kita akan menghitung bagaimana check digit 0 yang menjadikan nomor ISSN lengkap Majalah NeoTek (14116480) itu diperoleh 1 4 1 1 6 4 8 × × × × × × × 8 7 6 5 4 3 2 = 8 = 28 = 6 = 5 = 24 = 12 = 16 99

ISSN 1411-6480

Kode harga (2 digit)

Check digit EAN-13

ISSN Prefix (977)

Nomor dasar ISSN

ISSN International Centre / Centre international de l'ISSN 20 rue Bachaumont, 75002 Paris, FRANCE TEL: +33 (0)1 44.88.22.20 FAX: +33 (0)1 40.26.32.43 http://www.issn.org Email issnic@issn.org

34

NeoTek • Desember 2000

}

}

Total

Bagilah hasil penjumlahan ini (99) dengan 11 dan dapatkan sisanya, yaitu 99 dibagi 11 menjadi 9 tanpa sisa (sisa = 0). Maka diperolehlah check digit 0, yang berarti nomor ISSN lengkap Majalah NeoTek adalah 1411-6480. Barcode untuk Penerbitan Berkala Barcode adalah awal dari automatic data entry. Barcode reader (scanner) adalah mata dari komputer yang kita pakai. Ini dapat dibandingkan dengan nomor produk yang harus kita ketikkan secara manual lewat keyboard dengan mata kita sendiri yang membaca nomor produk yang perlu diketikkan. Pada kedua cara di atas diperlukan check digit untuk

NeoBiz
Nomor ISSN tanpa check digit Check digit sistem EAN-13 3 =

Check Digit Calculator
prefiks ISSN

Check digit calculator adalah sebuah applet java yang dapat diperoleh di: www.albar.co.uk/tooltips.htm#issncdc. Pada situs ini terdapat juga check digit calculator untuk EAN-8, UPC-A, serta UPC-E. memastikan bahwa scanner tidak salah membaca atau kita tidak salah mengetikkan nomor produk itu. ISSN dan EAN-13 EAN-13 adalah kode distribusi barang yang paling banyak digunakan di dunia. Apabila untuk buku diberikan prefiks ISBN 978, maka pada majalah diberikan prefiks ISSN 977. Dengan demikian, bila mengikuti sistem EAN-13, maka setiap majalah dan penerbitan berkala lain selalu dimulai dengan 977. Untuk majalah NeoTek, kode EAN-13 adalah sebagai berikut. Dari 8 digit akan menjadi 13 digit sistem EAN-13 dengan pengaturan sebagai tampak pada gambar di kanan atas. Jadi Majalah NeoTek yang nomor ISSN-nya 1411-6480 mempunyai nomor EAN-13 yang setara 9771411648006, yang kalau dibuatkan barcode-nya akan sebagai berikut: Untuk majalah bulanan seperti NeoTek, kode perluasan itu 01 sampai dengan 12, yang menandakan penerbitan Januari sampai dengan Desember. Untuk majalah mingguan dapat 01 sampai 54. Kode perluasan yang lazim digunakan adalah extended code 2 digit (UPC 2 digit ext). Terlihat bahwa bila menggunakan extended code 2 digit, maka barcode Majalah NeoTek Oktober 2000 akan sama persis dengan barcode majalah ini pada
Barcode ISSN EAN-13 dengan UPC 2 digit extended

Kode harga 23 x

1411648

Gunakan check digit calculator untuk EAN-13 untuk memudahkan perhitungan check digit baik untuk ISSN ataupun ISBN. 977

00
= =

977-1411648-00-x
bulan Oktober 2001, 2002, dan seterusnya. Untuk menangani kerancuan ini dapat digunakan nomor yang bersambung terus, misalnya dengan nomor extended 5 digit (UPC 5 digit ext), walaupun sebenarnya menurut standar, kode 5 digit ini digunakan untuk koran. Barcode lengkap untuk Majalah NeoTek Vol. 1 bulan Maret dengan demikian dapat dilihat sebagai dua macam di bawah ini.
Barcode ISSN EAN-13 dengan UPC 5 digit extended

Menentukan check digit pada EAN-13

9

Selanjutnya, untuk keperluan komersial, dapat digunakan barcode perluasan (extended code) untuk menandai nomor penerbitannya.

7 7 +

7 + 7

1 1 +

4 + 4

1 1 +

1 + 1

6 6 +

4 + 4

8 8 +

0 + 0

0 0

x

9 +

69 25 94

Dari 94 untuk mencapai persepuluhan ke atas (menjadi 100) diperlukan 6, maka check digit =

6

Desember 2000 • NeoTek

35

NeoBiz

Kode SISAC dan Perincian SICI-nya
Kode SISAC

Pemanfaatan ISSN
• Sebagai kode identifikasi yang unik • Mengendalikan, melengkapi, dan
membangun database terhadap penerbitan serial

Siapa Penggunanya?
• Penerbit • Perpustakaan dan katalog

Perincian SICI-nya:
1. ISSN; di sini 1144-875X. 2. Tanggal penerbitan, diletakkan di antara kurung, yang mengikuti formula YYYYMMDD (199303 artinya Maret 1993). 3. Nomor volume dan penerbitan, dibatasi oleh titik-koma (di sini 52:1). 4. Nomor versi dari standar, di sini 1. 5. Terakhir adalah tanpa hubung yang diikuti oleh control character, yang dihitung berdasarkan karakter-karakter sebelumnya; di sini 0. Bila ingin melacak lebih lanjut identifikasi per artikelnya, maka perlu digunakan kode SISAC. ISSN dan SISAC Code SISAC singkatan dari Serials Industry Systems Advisory Committee, suatu organisasi yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1982 untuk mengembangkan format pertukaran standar untuk menangani penerbitan berseri. Khususnya menangani transaksi antara perpustakaan, agen berlangganan, dan penerbit.

• Pusat dokumentasi dan database • Agen berlangganan • Reproduction Rights Organization • Jasa pengiriman pos tertentu Simbol barcode SISAC menggunakan 128 symbology, suatu barcode padat yang mampu meng-encode baik angka maupun huruf, yang memungkinkan melacak secara pasti setiap penerbitan dari suatu serial melalui ISSN yang diikuti oleh untai data yang diformat mengikuti kronologi penerbitan dan penomorannya (volume, nomor penerbitan, dan lain sebagainya). Kode SISAC pada dasarnya adalah representasi barcode dari SICI code (Serial Item and Contribution Identifier), yang diperinci pada American Standard ANSI/NISO (Z39.56-1991). Dengan SICI identifikasi dapat dilakukan secara pasti bukan saja pada setiap edisi, melainkan sampai setiap artikel di dalamnya. Barcode Software Untuk membuat barcode, diperlukan software. Salah satu yang dianjurkan oleh redaksi NeoTek adalah BarCode Magic (NeoTek Oktober 2000) yang dapat didownload dari www. ichiku.com. Shareware ini berlaku 15 hari dan setelah itu dapat diregistrasi dengan biaya registrasi US$20. NT
(RRO)

gabungan

Barcode Dictionary
Ingin mengetahui informasi tentang barcode dari A sampai Z? Kunjungi situs www.n-barcode.com/jiten-en/

36

NeoTek • Desember 2000

NeoBiz

Digital Fulfillment
engan semakin populernya electronic-book (e-book) dan pencetakan atas permintaan (on-demand-printing) kini istilah fulfillment, atau tepatnya digital fulfillment semakin banyak digunakan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan fulfillment, lalu apa bedanya dengan digital fulfillment? Kali ini kita hanya akan membahas digital fulfillment dalam industri penerbitan buku.

Mengubah Percetakan Menjadi Konsultan Pemasaran
mata rantai utama yang ditekuninya dikenallah istilah pengarang, agen hak cipta, desainer, typesetter, penerbit, percetakan, distributor, dan toko buku. Pengarang, misalnya, menekuni rantai nilai tambah yang paling awal, yaitu penciptaan naskah. Apabila seseorang atau suatu badan usaha, selain menciptakan naskah juga menangani desain, typesetting, sampai film siap cetak maka orang atau badan itu merupakan pengarang plus. Pengarang plus ini (dikenal sebagai packager) menjual karyanya pada penerbit. Penerbit di lain pihak, setelah mendapatkan naskah dari pengarang, mengolahnya dengan fasilitas yang ada padanya seperti penyuntingan, desain, typesetting, sampai pembuatan film. Lalu dengan bantuan percetakan, menghasilkan buku yang siap dipasarkan. Bila penerbit itu mempunyai bagian pemasaran sendiri, jadilah ia penerbit yang lengkap (fullservice publisher). Penerbit dapat saja membeli film jadi dari packager (dari sisi masukan) atau menyerahkan distribusi bukunya pada pihak lain (dari sisi keluaran). Atau dapat juga semua ditangani sendiri. Perlu diperhatikan, bahwa bila perusahaan yang sama mempunyai juga percetakan, kita tetap harus membedakannya menjadi dua divisi dalam perusahaan itu, yaitu divisi penerDesember 2000 • NeoTek 37 bitan dan divisi percetakan. Banyak orang di Indonesia, sayangnya, tidak dapat membedakan penerbitan dengan percetakan. Atau lebih parah lagi, tidak dapat membedakan penerbitan dengan toko buku! Hal ini menunjukkan tingkat budaya baca masyarakat kita yang masih kurang.

D

Fulfillment Tradisional
Yang dimaksud dengan fulfillment agency di sini adalah seseorang atau suatu badan yang tugasnya menyampaikan buku yang diterbitkan oleh penerbit ke pembaca. Dalam arti yang paling sempit, fulfillment agency adalah suatu agen distribusi dari penerbit. Secara tradisional, fulfillment agency menangani hal-hal sebagai berikut: a. b. c. d. e. Pergudangan dan distribusi Manajemen persediaan Pengolahan order Penanganan retur Pengepakan dan pembundelan

Rantai Nilai Tambah dalam Industri Penerbitan
Untuk dapat memahami istilah-istilah tekno baru ini, ada baiknya kita kembali ke awal, mencari pemahaman tentang industri penerbitan (khususnya buku atau majalah) itu sendiri. Kali ini kita akan memandang suatu industri penerbitan dari rantai nilai tambahnya dan memahami jenis-jenis bisnis apa saja yang bermain sepanjang rantai nilai tambah ini. Bahan baku suatu buku adalah naskah. Jelas kan? Hasil akhirnya adalah buku yang ada di toko buku. Jelas juga. Nah, dari naskah menjadi buku di toko buku terdapat proses yang melibatkan banyak pihak. Setiap proses yang membawa perubahan dari naskah ke buku di toko buku itu adalah suatu mata rantai nilai tambah. Satu atau beberapa mata rantai ditekuni oleh orang atau perusahaan tertentu, dan dari

Digital fulfillment secara umum mencakup Digital Product Rights Management dan Digital Warehousing. Metode penyampaian isi (content) secara digital ini tak terbatas hanya untuk buku, melainkan juga untuk software, musik, foto, dan lain sebagainya. Konsep ekonomis digital fulfillment adalah mengkonversi fixed cost menjadi variable cost. Dapatkan informasi lebih jauh tentang hal ini di situs web berikut: www.cybersource.com/ services/fulfillment/ warehouse/

NeoBiz Digital Fulfillment System
Lightning Source, Inc. cara tentang digital fulfillment, agak tidak nyambung, sebab konsep fulfillment sendiri tidak dikenal di Indonesia. Konsep fulfillment di Indonesia lebih lekat dengan konsep distributor tunggal, yang peran itu dimainkan mungkin oleh toko buku, oleh distributor buku, atau oleh rekan penerbit lain.

Digital Fulfillment dan Digital Printing
Pada konsep tradisional, peran fulfillment baru dimulai setelah buku selesai dicetak. Peran fulfillment agency dimulai dengan diterimanya buku dari penerbit di gudangnya. Dengan berkembangnya teknologi digital, lebih lanjut lagi teknologi Internet, sekarang ini sedang terjadi perubahan besar-besaran dalam konsep fulfillment. Peran fulfillment agency kini sudah dimulai bahkan sejak naskah selesai disunting! Pada era serba komputer sekarang ini, para penerbit dapat dipastikan menyimpan naskahnya di hard disk komputer dalam bentuk file. Digital fulfillment adalah proses menyampaikan isi file ini pada pelanggan. Penyampaian ini dilakukan dalam berbagai bentuk: a. Cara tradisional: cetakan biasa b. Digital printing: dicetak sesuai kebutuhan c. eBook format: secure delivery Pada pencetakan biasa, agar isi buku dapat disampaikan pada pelanggan secara ekonomis, diperlukan tiras minimum tertentu. Umumnya tiras minimum ini sekitar 3.000 eks. Hal ini berkaitan dengan tingginya biaya tetap (fixed cost) untuk mencetak suatu buku (film, plat, biaya minimum cetak). Adanya tiras minimum ini mengakibatkan diperlukannya investasi yang relatif besar untuk me-

www.lightningsource.com
Penerbit menyediakan judul-judul buku yang diletakkan pada situs web penerbit itu atau menerima order pesanan. Toko buku (atau dapat juga pembeli langsung) memesan suatu judul langsung melalui situs web penerbit atau melalui toko buku tradisional. File dari penerbit dikonversi oleh jasa konversi file Lightning Source, sedangkan order dari toko buku merupakan masukan bagi perpustakaan digital Lightning Source. Dari perpustakaan digital inilah dapat dibentuk ebook atau buku cetakan on demand. Penyampaian ebook ataupun cetakan ini dengan demikian harus melalui content clearing yang memanfaatkan Digital Rights Management.

f. Jasa pelayanan order per telepon g. Pelaporan dan pelacakan penjualan h. Pelayanan pelanggan Di negara-negara yang industri perbukuannya sudah maju, jasa fulfillment (atau distribusi plus) ini memainkan peran besar. Bahkan di Jepang, jasa fulfillment ini mencakup juga penagihan, administrasi, dan 38 NeoTek • Desember 2000

akuntansi untuk kepentingan penerbit! Di negara-negara ini yang dinamakan penerbit tidak mencakup percetakan dan distribusi. Di Indonesia (dan juga negaranegara Asia Tenggara lain seperti Thailand), penerbit cenderung melakukan segalanya sendiri, termasuk percetakan dan distribusi. Jadi bila pada era digital ini banyak yang bi-

NeoBiz
nerbitkan sebuah buku. Inilah yang mengakibatkan penerbitan menjadi perusahaan yang bersifat padat modal (printing capitalism). Buku-buku yang sudah habis terjual, namun permintaan terhadapnya berada di bawah tiras minimum dikategorikan sebagai OOP (out of print). Dengan adanya digital printing, buku dapat dicetak dengan tiras rendah. Walaupun digital printing menerima tiras sekecil 30 eksemplar, umumnya 300 sampai 1000 eksemplar cukup ekonomis untuk memperpanjang umur suatu judul. Kini fasilitas digital printing sudah dapat diperoleh di Indonesia melalui PT Astra Graphia (Xerox Docutech). Digital printing bukan saja untuk memperpanjang umur buku, melainkan juga untuk buku-buku yang pasarnya memang sudah terbatas, seperti jurnal-jurnal ilmiah. Kualitas digital printing untuk cetakan hitam putih sudah sangat memadai. Digital printing pada dasarnya adalah memindahkan isi hard disk penerbit langsung ke plat cetak tanpa melalui film. Teknologi yang ada bukan hanya untuk hitam putih melainkan sudah sampai teknologi full colour untuk pencetakan sampul buku. nya). Semua format elektronik ini disampaikan dalam bentuk terproteksi (secure delivery) untuk mencegah pembajakan ebook (ebook piracy).

Lightning Source
Konsep DRM (Digital Rights Management) inilah yang membuat Lightning Source menjadi penyedia jasa digital fulfillment yang utama. Perusahaan ini telah menjalin aliansi strategis dengan berbagai penerbit besar seperti Simon & Schuster dan Penguin Putnam.

Mengubah ”Tukang Tinta“ Menjadi ”Konsultan Pemasaran“
Konsep digital fulfillment inilah jawaban terhadap ancaman perubahan teknologi terhadap kelangsungan hidup percetakan. Baru dalam beberapa tahun terakhir ini juga perubahan teknologi dalam scanning telah membuat banyak perusahaan separasi warna gulung tikar. Teknologi ini pulalah yang mengubah percetakan dari sekedar ”tukang tinta“ menjadi konsultan pemasaran. Digital fulfillment secara sederhana adalah proses untuk memenuhi permintaan pelanggan terhadap literatur yang dimiliki suatu perusahaan (tidak harus penerbitan). Suatu proses yang kini jauh melebihi sekedar jasa pergudangan dan distribusi. Di Amerika Serikat, 25% dari pendapatan percetakan sudah berasal dari digital printing dan kecenderungannya terus meningkat. Diperkirakan keseimbangan portofolio pendapatan ini akan dicapai setelah pencetakan konvensional hanya menyumbang 25% pendapatan saja dan sisanya dalam bentuk digital printing atau ebook. Masa-masa sekarang ini adalah masa-masa yang paling menantang bagi industri percetakan. Percetakan yang masih

Digital Fulfillment dan eBook
Kini digital fulfillment mencakup juga penyiapan eBook. Isi hard disk penerbit di-standarkan dalam suatu format digital tertentu dan dengan software DRM (Digital Rights Management) dapat disampaikan pada pemesan dalam bentuk cetakan maupun elektronis. Dalam bentuk elektronis, dapat disampaikan dalam berbagai format eBook (Microsoft Reader, Adobe PDF, Rocket eBook, Glassbook, dan lain-

ingin bertahan hidup akan mengubah dirinya menjadi perusahaan penyedia jasa fulfillment, yang berarti penggabungan fungsi percetakan, pergudangan, distribusi, dan yang utama: digital rights management. Digital Rights Management adalah suatu sistem yang masih terus dikembangkan, yang pada dasarnya adalah teknologi untuk melindungi hak cipta (dari penggandaan tanpa izin), baik dalam bentuk cetakan maupun ebook. NT

Beberapa contoh percetakan atau perusahaan distribusi yang telah mengkonversikan diri mereka menjadi digital fulfiller. Menggabungkan percetakan, pergudangan, dan distribusi dengan teknologi digital membentuk digital printing, digital prepress, digital warehousing, dan digital secure delivery.

www.digitalcmyk.com www.digitalds.com www.jkgprint.com Desember 2000 • NeoTek 39

NeoEdu

Belajar Lafal Bahasa Inggris dengan

‘Native Speaker’

V
Di All Out Training, Sven yang berasal dari Swedia dapat menjawab pertanyaan tertentu dari pengunjung.

irtual Friend (VF) atau sahabat maya adalah karakterkarakter artifisial dengan kemampuan reaksi realtime. Oleh karena itu, tokoh-tokoh VF dapat segera memberikan reaksi ketika kita menginputkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan tokoh-tokoh itu diprogram. Di situs All Out Training, misalnya, ditempatkan ‘seorang’ VF bernama Sven yang berasal dari Swedia. Di situs fitness center ini, Sven—yang dapat setengah menangkupkan tangannya di telinga agar dapat mendengar lebih baik—bertugas sebagai instruktur kebugaran yang juga akan menjawab pertanyaanpertanyaan sekitar masalah kebugaran tubuh. Agar VF dapat ‘dijalankan’ di komputer anda, anda perlu menginstal semacam pemutar yaitu plugin dari VF. Plugin tersebut dapat didownload dari situs Haptek sehingga komputer anda menjadi VF3enabled. Setelah plugin bermukim di komputer anda, anda dapat memasuki situs-situs yang VF3enabled dan ber-

Halaman Welcome pada Vritual Friend 3 Demos dapat dimanfaatkan oleh kita untuk mempelajari pronunciation atau lafal kata-kata bahasa Inggris, serta cara pengucapan kalimat tanya, kalimat seru dsb. Demikian pula pengucapan satuan angka dalam bahasa Inggris.

interaksi dengan para VF yang dipasang sebagai petugas tertentu di sana. Pada situs Haptek sendiri, misalnya, jika anda mengklik Virtual Friend 3 Demos, salah satu demo yang dapat anda pilih adalah halaman Welcome. Di halaman ini VF akan mengucapkan teks apa saja yang anda ketikkan pada kotak yang disediakan. Karakter angka akan dibaca sebagai angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan dst. tetapi tentu saja dalam bahasa Inggris. Kalimat bahasa Inggris yang pada bagian akhirnya diberi tanda tanya akan diucapkan sebagai kalimat tanya. Tanda baca koma, akan membuat VF memberi penekanan tertentu pada kata yang diberi koma itu. Perbedaan pengucapan pun akan terdengar jika anda memberi tanda seru di akhir kalimat. Dengan cara ini kita dapat

belajar mengucapkan lafal atau pronounciation bahasa Inggris dengan bimbingan ‘seorang penutur asli’ atau native speaker. Selain halaman Welcome, di halaman demo ini pun anda dapat mengirim kartu ucapan atau greeting card yang dilengkapi dengan VF yang akan menyampaikan pesan yang anda kirimkan secara lisan (lihat halaman 30-31 untuk rincian mengenai hal ini), mengikuti chat (jika biasanya anda ngobrol tertulis, kali ini anda benar-benar ngobrol karena semua yang anda tuliskan akan diucapkan oleh tokoh VF yang anda pilih, lalu anda pun dapat mencoba Virtual Friend Homepage Builder yaitu membuat situs yang tentu saja dilengkapi dengan VF. Selamat belajar! NT www.haptek.com

Haptek membanggakan ‘kehalusan’ software personalities-nya. Anda melihat flek kulit serta beningnya bola mata Erin yang berwarna kehijauan?

40

NeoTek • Desember 2000

NeoEdu

Bacakan Aku

Romeo & Juliet
www.simtalk.com/spokenWord www.haptek.com/news

Kunjungi perpustakaan lisan dan mintalah Erin membacakan anda buku-buku klasik yang jumlahnya ribuan judul.

A

nda ingin membaca buku tetapi malas melakukannya sendiri? Bagaimana jika ada ‘orang lain’ yang bersedia melakukannya untuk anda? Malah anda bisa mendengarkannya membaca buku sementara anda tiduran atau kerokan di rumah! Kembali Internet yang memungkinkan hal itu anda nikmati dan kembali Virtual Friend dari Haptek yang bersedia membacakan ribuan buku di Perpustakaan Gutenberg tanpa mengeluh sedikitpun. Sebelum dapat menikmati fasilitas ini, anda harus mendownload plugin Virtual Friend 3 dari situs Haptek. Lalu instal plugin itu di komputer anda. Setelah itu, komputer anda jadi VF3-enabled. Artinya bisa berinteraksi dengan tokoh Virtual Friend yang ditugaskan di berbagai situs yang juga VF3-enabled.

Salah satu situs itu bernama The Spoken Word dari SimTalk. Situs ini, bekerja sama dengan Project Gutenberg. Setelah masuk ke homepage The Spoken Word, anda dapat mengklik link ke Project Gutenberg. Di layar kemudian akan muncul window tersendiri ‘Sim Talk: Project Gutenberg’. Pada window inilah anda dapat memilih buku untuk dibacakan oleh ‘tukang baca’ yang ditugaskan. Anda dapat memilih ‘salah seorang petugas’ dari lima yang bertugas. Buku dapat dicari lewat tab Search pada bagian atas Window. Tetapi, jika anda sudah mengetahui pasti judul bukunya, silakan klik tab Titles. Demikian juga jika anda sudah mengetahui pengarangnya, silakan klik tab Authors. Ketika kami mencoba mengklik tab Authors, lalu memilih abjad D, kami menemukan Charles Dickens (di sini ditulis Dickens, Charles) dengan judul-judul seperti Nicholas Nickleby, A Christmas Carol, Our Mutual Friend dan yang lainnya. Ketika salah satu judul itu diklik, kami dibawa kembali ke halaman dengan ‘tukang baca’ yang sudah siap membaca untuk kita. Setelah itu kami cukup menekan tombol Read, maka

Project Gutenberg h (http://promo.net/pg/h istory.html) adalah proyek kultural yang dirintis oleh Michael Hart dari University of Illinois pada tahun 1971. Filosofi yang menjadi dasar proyek ini adalah bahwa bacaan harus bisa dijangkau oleh sebanyak mungkin orang. Proyek ini mengumpulkan Etext dari light dan heavy literature serta buku referensi agar dapat diakses oleh siapa pun yang berminat.

Dan, salah ‘seorang’ petugas baca pada perpustakaan Gutenberg. Selain Dan, ada empat petugas lain ditugaskan oleh The Spoken Word untuk melayani pengunjung.

mulailah si petugas membacakannya untuk kita. Selain, buku-buku fiksi klasik, pada situs The Spoken Word, kita juga bisa minta dibacakan ayat-ayat suci dari Alkitab dan Al Qur’an, tetapi keduanya tentu saja dalam bahasa Inggris. Dan sayangnya, walaupun para ‘tukang baca’ dapat membaca dalam bahasa Jerman dan Spanyol, mereka belum bisa melakukannya dalam bahasa Indonesia. Kapan giliran kita?