You are on page 1of 6

Belajar Bareng matematika-nurani.Comli.Com Copyright © 2009 matematika-nurani.Comli.

Com

PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE SATU DAN DUA
Dosen Pengampu : Usman Pagalay, M.Si. Posting : Administrator Email : f1d4_mtknurani@yahoo.co.id http://www.matematika-nurani.comli.com Lisensi Dokumen : Copyright © 2009 Matematika-Nurani.Comli.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Matematika-Nurani.Comli.Com 1. PENDAHULUAN Sebelum kita membahas lebih jauh tentang persamaan diferensial orde satu dan dua, alangkah bijaknya kita mengenal dan tahu dulu siapa, dimana persamaan diferensial itu. Untuk mengenali pertemuan kita, terlebih dahulu kita berkenalan dengan definisinya ; Definisi 1.1 Persamaan Diferensial Sebuah persamaan diferensial adalah sebuah persamaan yang terdapat satu atau lebih turunan – turunan. Definisi 1.2 Persamaan Diferensial biasa Suatu Persamaan Diferensial yang melibatkan satu atau lebih turunan – turunan dari sebuah fungsi dengan satu variabel tak gayut (variabel yang diturunkan hanya satu), maka persamaan diferensial ini kita sebut persamaan diferensial biasa Definisi 1.3 Persamaan Diferensial Parsial atau Sebagian Suatu Persamaan Diferensial yang melibatkan satu atau lebih turunan – turunan dari sebuah fungsi dengan lebih dari satu variabel tak gayut (variabel yang diturunkan lebih dari satu), maka persamaan diferensial ini kita sebut persamaan diferensial parsial. Definisi 1.4 Orde dari Persamaan Diferensial Orde dari Persamaan Diferensial adalah orde dari turunan orde tertinggi yang terdapat dalam persamaan diferensial. Wah, kok banyak definisinya?, enjoy ja, semakin kita banyak silaturohim, maka semakin panjang umur atau usia kita, jadi semakin banyak kita kenal teman baru, maka semakin Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu, tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu ... -1-

dny = f (x) dx n umumnya juga. jadi inti dari diberikannya persamaan diferensial adalah menaksir kira – kira persaman sejak awal sebelum diturunkan itu apa ?. jika diberikan f(0) = 1. dy = 2x dx  dy  2   = 4− y  dx  2 2 Æ persamaan diferensial biasa orde pertama derajat pertama Æ persamaan diferensial biasa orde pertama derajat kedua d 2 y  dy  Æ persamaan diferensial biasa orde kedua derajat pertama +  + y = 0 dx 2  dx  dz dz + =z Æ persamaan diferensial parsial orde pertama derajat pertama dx dy d 2u d 2u + + x + y − uz = 0 dx 2 dy 2 2 Æ persamaan diferensial parsial orde kedua derajat pertama  d 2z  d 3u dz + x 2  − xz + 10 = 0 Æ persamaan diferensial parsial orde ketiga derajat 3  dx  dx dx   pertama. ketika kita menghadapi teka – teki persamaan diferensial biasa. mudahkan ?.. dan itu pasti bermanfaat bagi kita. --. oke coy) d2y 1 1. Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu. Langsung Ja Coy. apakah memenuhi ?. tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu . masukkan ke 2 dx x dalam persamaan diferensial diatas. (ojo akeh – akeh soale. Kemudian di makalah ini akan dibahas klasifikasi persamaan diferensial biasa orde pertama dan orde kedua. pada tulisan ini hanya akan dibahas persamaan diferensial biasa terutama orde satu dan dua. penyelesaian persamaan diferensial berilkut ini . = 20 x 3 − 3 . kutuan lagi rambutnya. ke contoh persamaan diferensial. maka kita refresh dulu otak dan pikiran kita … (dari godaan syaitan yang terkutuk.Com banyak relasi yang kita punya.Comli.. apabila sudah tahu f(x) nya. maka pertanyaan yang sering muncul adalah tentukan solusi umum maupun khusus dari persamaan diferensial yang diberikan.Belajar Bareng matematika-nurani. Cari entah di mana tempatnya. lihat cermati dan resapilah . Sebelum kita lebih jauh membahas persamaan diferensial biasa. nah persamaan diferensial biasa umumnya ditulis .Comli.Sudah Selesai Pertanyaannya --Gymana soalnya. kemudian mencari solusi atau penyelesaian dari persamaan diferensial. udah pasti masuk neraka. -2- . he3x).Com Copyright © 2009 matematika-nurani.

derajat dan macam . jika tidak memungkinkan bisa dikirim lewat email website matematika nurani yang tertera di kop tulisan ini. jalan cerita. jika terdapat pengguanaan nama. Pembaca yang budiman dimohon untuk memperhatikan proses penurunan rumus – rumusnya. variasi parameter Kira – kira itulah klasifikasi dari persamaan diferensial biasa orde satu dan dua. dan tak lupa secangkir pemodelan matematika sebagai penutup dari tulisan ini.Comli. Persamaan Diferensial Orde pertama . karena kisah ini hanya fiktif belaka. Dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. baik di kampus. kemudian kita akan bahas satu persatu. selanjutnya ditambah aplikasi dari persamaan diferensial. apabila menemui kejanggalan dalam penjabaran rumusnya. Ocrey bos. 1) Persamaan Homogen dengan Koefisien Konstan 2) Persamaan Diferensial Bergantung Linier dan Wronskian 3) Persamaan Diferensial Tak Homogen dengan Koeffisien tak Tentu 4) Persamaan Diferensial Tak Homogen . tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu . -3- .Com Copyright © 2009 matematika-nurani. romantis dalam menikmati indahnya matematika. di kos atau waktu ketemu di jalan.. kemudian bisa langsung diberikan penulis.macamnya). Persamaan Diferensial Orde dua . Lanjuuut. a. mohon dikritik. Klasifikasi Persamaan Diferensial Orde satu dan dua Umumnya.Comli. 1) Persamaan Diferensial Orde pertama Linier 2) Persamaan Diferensial Orde pertama yang dapat dipisahkan 3) Persamaan Diferensial Orde pertama Homogen 4) Persamaan Diferensial Orde pertama Eksak 5) Persamaan Diferensial Orde pertama Tak Linier 6) Persamaan Diferensial Orde pertama Non Homogen 7) Persamaan Diferensial Orde pertama Bernoulli b. kejadian yang sama maka hal itu hanya kebetulan belaka. (dalam perspektif orde.. Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu.Belajar Bareng matematika-nurani. banyak liku – liku yang dihadapai maka akan semakin mesra. pengguanaan simbol. persamaan diferensial biasa orde satu dan dua terdiri atas . karena semakin panjang episodenya.Com II. dibenarkan mana yang salah. no body is perfect. yang ada di buku – buku dan sedikit penjelasan dari dosen.

y ) =− dx N ( x. tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu .Com Copyright © 2009 matematika-nurani.1 Persamaan Diferensial Orde Pertama Yang Dapat Dipisahkan Misalkan variabel yang diberikan dari persamaan diferensial biasa orde pertama ada dua.Belajar Bareng matematika-nurani. misal .x Æ dy = v dx + x dv M ( x. N ( x. -4- ..M ( x. karena jika dia homogen. y = v. x ≠ 0 dan t = dx t .y) dan N(x. II. hal pertama yang kita harus ketahui adalah sebuah persamaan diferensial biasa orde pertama dikatakan homogen dengan bentuk persamaan . variabel bebasnya x dan terikatnya y. maka kita dapat melakukan pemisahan variabelnya sehingga menjadi persamaan diferensial orde pertama yang dapat dipisahkan dengan melakukan subsitusi dari variabel – variabelnya. y )dy = 0 dy M ( x. M ( x. Pandang penjabaran rumusnya . M ( x)dx + N ( y )dy = 0 ∫ (M ( x)dx + N ( y)dy ) = ∫ 0 ∫ M ( x)dx + ∫ N ( y)dy = c f ( x) + g ( y ) = c dimana f ( x) = ∫ M ( x)dx dan g ( y ) = ∫ N ( y )dy dan c adalah konstanta.2 Persamaan Diferensial Orde Pertama Yang Homogen Kita akan gunakan konsep diatas (persamaan diferensial orde pertama yang dapat dipisahkan) untuk menyelesaikan persamaan diferensial orde pertama yang homogen. M ( x)dx + N ( y )dy = 0 kemudian penyelesaian umum dari persamaan diferensial tersebut adalah .Com II. y ) dy t. y )dy = 0 dipanggil homogen jika M(x. y ) x Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu. dikatakan dapat dipisahkan apabila fungsi hanya dengan variabel x didepan dx kemudian fungsi dengan variabel hanya y didepan dy atau ditulis ..Comli. y )dx + N ( x.Comli.y) adalah fungsi-fungsi homogen yang berderajat sama dalam x dan y. y ) 1 =− dengan t . y )dx + N ( x.

M ( x)dx + N (v)dv = 0 kemudian kita cari penyelesaian umumnya seperti persamaan diferensial orde pertama terpisah. misal . setelah selesai. dv dv = F (v) Æ v − F (v) = − x. y )dx + N ( x. y ) = ∫ M ( x.. kita kembali subsitusikan v = variabel x dan y. didapatkan = F   kemudian kita subsitusikan y = v. tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu .dv dx dx (v − F (v))dx + xdy = 0 dx dv + =0 x v − F (v ) terlihat bahwa variabel . t. -5- . II. y ) y y M (1.Com dy M (t.Comli. F  y  = −   = − y x y dx  N (1. sehingga menjadi . .. ) x x M (1 .x Æ dx dx dx x v + x. ) ) x dy x .y) dari persamaan diferensial yang akan diselesaikan untuk mendapatkan nilai d f ( y) . dy dv dy  y = v + x. y ) = N ( x.x. t. F ( x. Æ dx(v − F (v)) = − x.variabel x dan v sudah terpisah.Com Copyright © 2009 matematika-nurani. y ) =− Æ dx N (t.y) ke x menggantikan tetapan pengintegralan biasa dengan sebuah fungsi f(y) dari y. d d M ( x. ) N (1 . y ) ↔ M ( x. Diferensiasikanlah F(x. y )dx = G ( x. untuk merubahnya dalam x dG d dN d dN dG + f ( y) = → f ( y) = − dy dy dy dy dy dy Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu.3 Persamaan Diferensial Biasa Orde Pertama Eksak Algoritmanya .Belajar Bareng matematika-nurani.x.Comli. Integralkan M(x.y) = G(x. y ) + f ( y ) 2. y )dy = 0 dy dx 1.y) + f(y) yang diperoleh dari langkah 1 ke y dan bandingkanlah dengan N(x. dy y .

4 Persamaan Diferensial Orde pertama Linier Sebuah persamaan diferensial orde pertama dikatakan linier apabila terdapat variabel bebas dikalikan variabel tergantung... dy + y. -6- .Comli. dy ∫ dy f ( y )dy = 4. Sesungguhnya aku menjadi hina karena menuntut Ilmu.Com 3.. Integralkanlah d f ( y ) ke y untuk mendapatkan f(y). sehingga dapat dibentuk .Comli. tetapi aku menjadi mulia setelah dituntut menyebarkan Ilmu .Belajar Bareng matematika-nurani.P( x) = Q( x) dx To Be Continou .Com Copyright © 2009 matematika-nurani. y ) + f ( y ) + C = 0 II.. y ) = G ( x. dari langkah 1 dan 3 adalah . d f ( y) F ( x. Penyelesaian.