You are on page 1of 10

Asam amino adalah unsur2 yang membentuk protein. Kumpulan asam amino di sebut sebagai protein.

Sebagai contoh sederhana pengandaian : sebuah bangunan bisa diartikan sebagai protein, sedangkan semen, batu-bata, atap, jendela, pintu, kayu dan bahan2 yang membentuk bangunan tersebut bisa diibaratkan sebagai asam amino. Asam Amino sendiri di bagi menjadi 3 jenis : 1. Asam amino essensial. 2. Asam amino nonessendial. 3. Asam amino essensial bersyarat. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapat dari konsumsi makanan. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang bisa diprosuksi sendiri oleh tubuh, sehingga memiliki prioritas konsumsi yang lebih rendah dibandingkan dengan asam amino esensial. Asam amino esensial bersyarat adalah kelompok asam amino non-esensial, namun pada saat tertentu, seperti setelah latihan beban yang keras, produksi dalam tubuh tidak secepat dan tidak sebanyak yang diperlukan sehingga harus didapat dari makanan maupun suplemen protein. Jenis2 asam amino essensial : 1. Leucine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai bercabang) - Membantu mencegah penyusutan otot - Membantu pemulihan pada kulit dan tulang 2. Isoleucine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai bercabang) - Membantu mencegah penyusutan otot - Membantu dalam pembentukan sel darah merah 3. Valine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai bercabang) - Tidak diproses di organ hati, dan lebih langsung diserap oleh otot - Membantu dalam mengirimkan asam amino lain (tryptophan, phenylalanine, tyrosine) ke otak 4. Lycine - Kekurangan lycine akan mempengaruhi pembuatan protein pada otot dan jaringan penghubugn lainnya - Bersama dengan Vitamin C membentuk L-Carnitine - Membantu dalam pembentukan kolagen maupun jaringan penghubung tubuh lainnya (cartilage dan persendian) 5. Tyyptophan - Pemicu serotonin (hormon yang memiliki efek relaksasi) - Merangsang pelepasan hormon pertumbuhan

Prekursor untuk tyrosine .Bersama glycine dan methionine membentuk creatine .Diyakini merangsang produksi hormon pertumbuhan . Aspartic Acid . Alanine .Berpotensi menghambat keinginan akan gula 3.Diperlukan untuk memproduksi energi pada tingkat sel . mood.Memproduksi glucagon yang mengaktifkan glikogen . Phenylalanine . fokus mental .Digunakan dalam terapi depresi .Diyakini sebagai pemicu Nitric Oxide (suatu senyawa yang melegakan pembuluh darah untuk aliran darah dan pengantaran nutrisi yang lebih baik) dan GABA .Membantu tubuh membentuk asam amino lain .Merupakan bagian dari sel darah merah dan cytochrome (enzim yang terlibat dalam produksi energi) .Merupakan salah satu kunci dari siklus glukosa alanine yang memungkinkan otot dan jaringan lain untuk mendapatkan energi dari asam amino 4.Biasanya kekurangannya diderita oleh vegetarian 8.Membantu membuang zat racun pada organ hati dan membantuk regenerasi jaringan baru pada hati dan ginjal 7.Membangun daya tahan tubuh melalui immunoglobulin dan antibodi .Membantu pencegahan penumpukan lemak pada organ hati .Prekusor dari cysteine dan creatine . Methionine .Membantu tubuh mengembangkan daya tahan .Membantuk dalam fungsi otak (daya ingat) dan syaraf Jenis2 asam amino essensial bersyarat : 1.Komponen penting dari kolagen .Salah satu asam amino yang membantu detoksifikasi . Arginine (asam amino essensial untuk anak2) .Membantu mengubah karbohidrat menjadi energy .Meningkatkan daya ingat.6. Serine .Menurunkan kadar kolestrol darah .Membantuk menekan nafsu makan Jenis2 asam amino non-essensial : 1.Meredakan tingkat ammonia dalam darah setelah latihan 2. Threonine . Glyicine .

Dosis 2 gram cukup untuk memicu produksi hormon pertumbuhan .Pemicu dasar untuk glutamine.Salah satu nutrisi untuk otak dan kesehatan pencernaan . arginine.Membantu dalam meningkatkan volume sel otot 8.Bersama L-Aspartic Acid dan L-Citruline menetralkan radikal bebas .Mengingkatkan volume sel otot 7.Membantu daya tahan tubuh dan fungsi organ hati .Siap diubah menjadi energi .2.Dalam dosis besar bisa membantu produksi hormon pertumbuhan .Membantu dalam penyerapan dan pelepasan lemak . Cystine . ornithine. epinephrine.Membantu dalam membentuk daya tahan tubuh . dan lain-lain) .Membantu dalam penyembuhan dari penyakit .Pemicu hormon dopamine. melanin (pigmen kulit).Meningkatkan mood dan fokus mental 6.Asam amino yang paling banyak ditemukan dalam otot manusia . Glutamic Acid (Asam Glutamic) . Taurine . Tyrosine . glutathine. norepinephrine. ligamen.Diperlukan untuk kinerja otak dan metabolisme asam amino lain 5. proline. Glutamine . Histidine (asam amino essensial pada beberapa individu) .Sumber energi penting pada organ tubuh pada saat kekurangan kalori .Diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih .Merangsang aktivitas sel darah putih dalam peranannya meningkatkan daya tahan tubuh .Banyak digunakan untuk terapi rematik dan alergi 3. dan GABA .Salah satu elemen besar dari kolagen 4.Mengurangi efek kerusakan dari alkohol dan asap rokok .Salah satu zat yang menyerah ultraviolet dalam tubuh . hormon thyroid .Salah satu komponen yang membentuk otot jantung dan jaringan penyambung (persendian. Ornithine .

Memacu koordinasi otot. Mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal. Penting untuk pembentukan haemoglobin dan menstabilkan kadar gula darah (kekurangan dapat memicu gejala hypoglycemia). LYCINE (4.95%) Diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk menghasilkan tiroksin yang akan mencegah penyakit gondok. jaringan otot dan kulit (terutama untuk mempercepat penyembuhan luka post . Diperlukan untuk pembentukan asam amino non esensial lainnya. Mengurangi obesitas. Meningkatkan rasa ketenangan dan mencegah insomnia (membantu anak yang hiperaktif). Penting untuk mencegah alergi. Penting dalam pembentukan kolagen dan elastin. Dipakai untuk mengatasi depresi juga untuk mengurangi rasa sakit akibat migrain. Menghasilkan norepinephrine otak yang membantu daya ingat dan daya hafal. demam rematik dan toxemia pada kehamilan serta detoxifikasi zat-zat berbahaya pada saluran cerna. Mencegah penumpukan lemak di hati dan pembuluh darah arteri terutama yang mensuplai darah ke otak.Asam Amino Esensial 1. Kekurangan menyebabkan mudah lelah. otot-otot rangka dengan fungsi lipotropic.17%) Penting untuk metabolisme lemak. Menjaga kesehatan hati. Perkembangan kecerdasan. Menstabilkan emosi. ISOLEUCINE (4. THREONINE (4. osteoporosis. Mempertahankan keseimbangan nitrogen tubuh. rambut rontok.00%) Bahan dasar antibodi darah. pertumbuhan terhambat dan kelainan reproduksi. sistem syaraf pusat.17%) Meningkatkan kemampuan usus dan proses pencernaan. Membantu penyembuhan tulang. sulit konsentrasi. PHENYLALANINE (3. jantung. Mencegah serangan epilepsi. Menurunkan kadar triglyserida darah yang berlebih. 8. Mempertahankan keseimbangan protein. LEUCINE (5. 4.13%) Meningkatkan penggunaan dari vitamin B kompleks.00%) Memacu kemampuan mental. 5. Membantu perbaikan . Meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan yang penting dalam membakar lemak untuk mencegah obesitas dan baik untuk jantung. 3. Meningkatkan kesehatan syaraf. 2. 6. Memperkuat sistem sirkulasi. TRYPTOPHANE (1. VALINE (6. Membantu hati. jantung dan ginjal.13%) Diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal. menenangkan syaraf yang tegang.80%) Pemacu fungsi otak. 7.operative). menstruasi dan arthritis. Bersama proline dan Vitamin C akan membentuk jaringan kolagen. METHIONINE (2. anemia. Menambah tingkat energi otot. Membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan.

jaringan yang rusak. . Menjaga keseimbangan nitrogen.

6. 7.50%) Meningkatkan energi dan penggunaan oksigen di dalam sel. 9. Membantu pelepasan hormon pertumbuhan.94%) Merupakan bahan bakar utama sel-sel otak bersama glukosa.Asam Amino Non Esensial 1. Perlu untuk perbaikan jaringan. Mencegah serangan epilepsi dan pernah dipakai untuk mengobati depresi.97%) Sebagai bahan dasar glutamic acid. terutama penyembuhan luka bakar dan luka operasi. rheumatoid arthritis. ARGININE (5. Melindungi hati dengan membantu mengeluarkan amonia berlebih dari tubuh. Membantu penyembuhan kelainan pernafasan seperti bronchitis. Penting dalam metabolisme lemak dan asam lemak. 2. Perlu untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. ALANINE (5. PROLINE (2. tendon. Penting untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat. Meningkatkan aktifitas sel darah putih melawan penyakit. HISTIDINE (1. Penting untuk kesehatan sistem syaraf pusat.34%) Membantu perubahan karbohidrat menjadi energi sel. 8. CYSTINE (0. Membantu metabolisme glukosa menjadi energi tubuh. Diperlukan sistem imun untuk mensintesa asam amino non esensial. Menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Mengurangi gejala alergi makanan dan intoleransi. Menstabilkan gula darah dan metabolisme karbohidrat. Penting untuk pembentukan kulit. GLUTAMIC ACID (8.00%) Membantu pembentukan lemak pelindung serabut syaraf (myelinsheaths).82%) Memperkuat membran sel. Membantu produksi antibodi dan immunoglobulin. 4. pertumbuhan otot dan kesehatan sistem imun. .08%) Memperkuat hubungan antar syaraf khususnya syaraf organ pendengaran.98%) Penting untuk kesehatan reproduksi pria karena 80% cairan semen terdiri dari arginine. tulang rawan dan otot jantung. Membantu fungsi sel dan pembentukan RNA/DNA. 3. anemia. Membantu meningkatkan sistem imun. ASPARTIC ACID (6. Telah dipakai untuk memulihkan beberapa kasus ketulian. Mengurangi ketergantungan alkohol dan menstabilkan kesehatan mental. Membantu detoxifikasi hati pada sirosis hati dan fatty liver. SERINE (4. Perlu dalam pengobatan alergi.67%) Membantu kesehatan pankreas. GLYCINE (3. 5. Memperkuat persendian. Bersama lycine dan vitamin C akan membentuk jaringan kolagen yang penting untuk menjaga kecantikan kulit.

suara kasar.60%) Memperlambat penuaan sel. Mencegah ansietas dan depresi bersama niacin dan inositol. Penting dalam pengobatan bronchitis. E. Melindungi hati dan otak dari alkohol dan rokok. Komponen penting dari cairan empedu yang penting untuk pencernaan lemak. Penting untuk fungsi sistem imun dan fungsi hati yang sehat. D. 15. 14. daya ingat dan pendengaran menurun serta kejang otot. kulit kasar. TYROSINE (4. efek radiasi. Kekurangan menyebabkan hypothyroidism dengan gejala lemah. Merupakan bahan dasar glutathione yaitu salah satu antioksidan terbaik yang bekerja optimum bila bersama vitamin E dan selenium. CYSTEINE (**) Dibentuk dari asam amino methionine dengan bantuan vitamin B6. ORNITHINE (**) Membantu pelepasan hormon pertumbuhan yang memetabolisir lemak tubuh yang berlebihan jika digabung dengan arginine dan carnitine. hiperaktif dan fungsi otak yang buruk. Penting untuk pengobatan depresi. Dimetabolisir menjadi arginine. TAURINE (**) Menjaga kesehatan otot jantung. GAMMA . Mudah berubah menjadi cystine. Menekan pusat lapar di hipotalamus. Penting dalam detoxifikasi amonia yang merusak sel-sel sehat. lelah. K). Melindungi sel dari zat-zat berbahaya. TBC. Penting untuk fungsi kelenjar adrenal. alergi dan sakit kepala. dan muka. Disintesa dari asam amino cysteine. 12. kaki. Membantu produksi melanin. tiroid dan pituitary. Penting untuk detoxifikasi amonia dan membantu proses penyembuhan. emphysema. tidak tahan dingin. pembengkakan pada tangan. otot rangka dan sistem syaraf pusat. Menjaga kadar kolesterol darah. . CITRULLINE (**) Menghasilkan energi. Kekurangan menyebabkan ansietas. sel darah putih. dan rheumatoid arthritis. epilepsi. absorbsi vitamin larut dalam lemak (A. 13.10.AMINOBUTYRIC ACID (GABA) (**) Menghambat sel dari ketegangan. 11. Meningkatkan sistem imunitas.

degenerasi syaraf. Membantu mengatasi ansietas dan depresi. 3. juga penumpukan lemak di hati. Bersama biotin dapat mencegah terjadinya kebotakan. Efektif dalam mengobati dysplasia cervix. Dipakai oleh kelenjar adrenal untuk menghadapi stress mental dan fisik. 5. FOLIC ACID (0.Kandungan Vitamin Penting 1. 7. 6. CHOLINE (**) Penting dalam transmisi syaraf. juga tukak lambung dan hypoglicemia. Menstabilkan hormon wanita. pertumbuhan terganggu. Perlu dalam penggunaan vitamin B kompleks. 4. Kekurangan dapat meningkatkan sensitivitas terhadap alergi. Menormalisir kadar kolesterol. Penting dalam pembentukan lecithin yang dapat menormalisir kolesterol dan lemak hati yang berlebihan. Bermanfaat untuk penderita parkinson . Spirulina mengandung 250% lebih banyak vitamin B12 dibandingkan dengan hati sapi. Menjaga kesehatan jantung. protein dan lemak termasuk produksi asam lemak. Penting untuk sistem imun dan produksi antibodi serta kesehatan sistem saraf dan fungsi otak normal. PYRIDOXINE / B6 (3 mg/kg) Terlibat dalam metabolisme protein. 2. CYANOCOBALAMIN / B12 (2 mg/kg) Vitamin yang paling sulit didapat dari sumber nabati. DR. infeksi dan penyakit degeneratif seperti arthritis dan rheumatism.5 mg/kg) Penting untuk pembentukan haemoglobin pada eritrosit. tapi Spirulina justru sangat kaya dengan vitamin B12 ini. Dengan choline dipakai oleh hati untuk menghasilkan lecithin. pengaturan kandung empedu dan fungsi hati. Mengurangi edema. mudah lelah dan penyakit mental pemacu schizophrenia. Menjaga kesehatan kelenjar keringat.4 mg/kg) Membantu pertumbuhan sel. Perlu untuk metabolisme karbohidrat. Carl Pfeiffer pernah menunjukkan bahwa B6 dengan zinc dapat menyembuhkan beberapa bentuk schizophrenia. Kekurangan menyebabkan kebotakan dan dermatitis seborrheic. premature senility. Kekurangan menyebabkan anemia. BIOTIN (0. INOSITOL (350 mg/kg) Penting untuk pembakaran lemak yang mempertahankan kesehatan hati dan detoxifikasi zat carcinogens khususnya hormon wanita yang berlebih. Penting untuk perkembangan syaraf janin dan pertumbuhan normalnya. Kekurangan menyebabkan anemia pernisiosa. Kekurangan menyebabkan fungsi otak dan daya ingat terganggu. jaringan syaraf dan sumsum tulang. Merupakan vitamin kedua terbanyak dalam tubuh setelah niacin. PANTOTHENIC ACID (11 mg/kg) Dikenal sebagai vitamin anti stress. kelainan pigmentasi kulit dan rambut beruban dini. Perlu untuk kesehatan rambut dan kulit.

produksi antibodi. Zat yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Berfungsi sebagai antioksidan. pionir dibidang orthomolecular psychiatry yang terkemuka. Penting untuk pencegahan dan pengobatan osteoporosis. . VITAMIN C (**) Berfungsi sebagai antioksidan. DR. Meningkatkan daya tahan tubuh. Mencegah influensa dan infeksi saluran nafas. Mengubah glukosa menjadi glikogen yang disimpan di hati. Menjaga kestabilan kadar gula darah. berkurangnya jarak pandang. NIACIN (118 mg/kg) Dikenal juga dengan nama nicotinic acid dan niacinamide. 9. Mencegah buta senja. Penting dalam pembentukan kolagen dan penyembuhan luka. kerusakan jantung. mencegah pembentukan sel kanker. Penting untuk kesehatan mental. rickets dan hypocalcemia. terutama tulang dan gigi pada anak-anak. Penting dalam pembentukan eritrosit. Membantu menyembuhkan tukak lambung dan usus. kelainan kulit seperti acne/jerawat. telah berhasil mengobati gejala schizophrenia dengan menggunakan niacin. perut kembung. 11. kesehatan gusi dan kelenjar adrenal. 10. 13. mencegah infeksi dan meningkatkan sistem imun. 14. meningkatkan oksigenasi sel-sel. mata berair dan eczema yang tidak terkontrol. dan oksigenasi yang buruk. Memegang peranan dalam proses pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. Abbram Hoffer. Vitamin ini melindungi dan menjaga kesehatan pembuluh darah. 15. pertumbuhan janin dan mencegah ketombe. 8. Meningkatkan sistem imun. RIBOFLAVIN / B2 (40 mg/kg) Merupakan defisiensi vitamin yang paling sering dijumpai dan menyebabkan katarak. Mencegah kanker. Kekurangan menyebabkan kelemahan. Defisiensi berat menyebabkan kematian akibat toxemia yang berasal dari fragmen karbohidrat yang tidak termetabolisir. VITAMIN D (**) Penting dalam absorbsi calcium dan phosphor yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Memperlambat proses penuaan. Dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah atherosclerosis. Fungsi utama sebagai antioksidan. Memperlambat proses penuaan. Penting untuk perbaikan jaringan.dan tardive dyskinesia. 12. pernafasan sel. VITAMIN K (**) Penting dalam proses pembekuan darah. THIAMINE / B1 (55 mg/kg) Suatu koenzim dalam metabolisme karbohidrat. BETA-CAROTENE / PRO VITAMIN A (1700 mg/kg) Spirulina merupakan sumber makanan nabati terkaya mengandung beta carotene. TOCOPHEROL / VITAMIN E (190 mg/kg) Dalam jumlah gram yang sama Spirulina mengandung lebih banyak vitamin E dari pada biji gandum murni.

com/asam-amino-non-esensial.Sumber : http://www.supamas.html http://www.html .com/asam-amino-esensial.supamas.