You are on page 1of 10

BAHASA PADA PEMROGRAMAN VISUAL

DISUSUN OLEH : NAMA : ESKARIYANTI HAFSHA UTAMI NIM : 09081003001

KELAS : SI 4A PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

5

.... 8 REFERENSI ………………………………………………………………………………………………… …………………… 9 5 ...... ...... 1 DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………… …………………..... Visual FoxPro …………………………………………………………………………………………. 3 A...TAHUN AJARAN 2009/2010 DAFTAR ISI COVER ………………………………………........ 7 C.... Jenis – Jenis Bahasa Pemrograman ………………………………………………………… 4 Pemrograman Visual ………………………………………………………………………………………………… …… 6 A......................... 2 Bahasa Pemrograman ………………………………………………………………………………………………… …......... Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman ………………………………………. Visual C++ ……………………………………………………………………………………………….... Visual BASIC …………………………………………………………………………………………… 6 B.............. 3 B.......

Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan angka 0 dan 1. Pembagian generasi bahasa adalah seperti berikut: 1. Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Perkembangan bahasa pemrograman mungkin tidak semudah yang kita kira. Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin. First-Generation Language (1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data. BAHASA PEMROGRAMAN A. Second-Generation Language (2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai bahasa assembly). 5 . 2. namun perkembangan tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini. yang diberikan kepada prosesor agar dapat bekerja.I.

Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”. Esekusi bahasa ini sangat cepat tapi sangat sulit pula untuk dipelajari manusia. Jenis – Jenis Bahasa Pemrograman Jenis jenis bahasa pemrograman secara umum dibagi menjadi tiga yaitu: Bahasa Mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin (komputer). Bahasa ini merupakan bahasa tingkat terendah (Low Level Language) dan berupa kode biner: 0 dan 1. 5 . Third-Generation Language (3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa digunakan sebagai alat kita untuk saling berkomunikasi. Contoh: untuk mesin IBM/370. namun dalam pengoperasiannya pun kita perlu untuk berkomunikasi dengan komputer tersebut guna menyampaikan perintah-perintah apa saja yang ingin kita lakukan. C. atau Java. Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasasumbernya. Sama halnya dengan komputer. B. Bahasa yang dimaksud disebut dengan bahasa pemrogramanan. yang biasanya di compile dengan compiler 3GL atau 4GL. Misal. Bahasa?? Sesuai dengan pengertian sebenarnya bahwa bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Sering juga disebut native code (bahasa yang sangat tergantung pada jenis mesin tertentu). seperti PL/1. sehingga makin mudah digunakan.3. walaupun komputer bukan makhluk bernyawa. Dan untuk member perintah tersebut kita menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer tersebut. 4.

5 . Assembler akan mencocokkan token simbol dari awal s/d akhir. Dibandingkan bahasa mesin dan Assembly. masih lebih mudah dipelajari daripada bahasa mesin. Visual Foxpro). fungsi. Sekumpulan kode-kode bahasa bahasa mesin. VB. C/C++) dan generasi ke-4 (Delphi. misalnya generasi ke-3 (Pascal. Bahasa Assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin.tidak seperti Misalnya: Turbo Assembler dan debug di DOS. memiliki dan lain-lain. Pada penjelasan selanjutnya akan membahas mengenai pemrograman visual yang notabennya adalah termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. MUL untuk perkalian. Contoh bahasa ini: Pascal. konstanta. Bahasa ini mendukung information hiding. misalnya: variabel. Bahasa Assembly juga program pen-debug-nya. loop.0001100000110101 = 1835 yang berarti mengkopikan isi register 5 ke register 3. kode program pendek tetapi eksekusinya menjadi lebih lambat. dan abstract data type. Eksekusinya cepat.NET. tipe data. kemudian dikodekan menjadi bahasa mesin. dan Java. Misalnya ADD untuk penjumlahan. ukuran file hasil sangat kecil. prosedur dan lainlain. Tetapi tetap kurang bersahabat untuk dipelajari (not resembles human language) dan programnya sangat panjang. Assembly dapat membentuk makroinstruksi. C++. High Level Language lebih mudah dipelajari dan bahasanya mendekati permasalahan yang akan dipecahkan. enkapsulasi. SUB untuk pengurangan. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa Assembly. Basic. struktur kontrol. Bahasa ini juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) yang lebih dekat dengan bahasa manusia. VB. Bahasa tingkat tinggi terdiri dari beberapa generasi.

. Tujuan pemrograman visual 5 .II. programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. Jadi. PEMROGRAMAN VISUAL Pemrograman visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar. dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. menunjuk.

bahasa pemrograman berorientasi objek yang berbasis Windows dari Microsoft yang mengizinkan pengguna mengembangkan aplikasi Windows dan Office dengan: (1) membuat tombol perintah. pada permulaan pengguna dapat menggunakan piranti geser dan turunkan (drag-anddrop) untuk mengembangkan antar muka pengguna grafis yang dibuaat secara otomatis oleh program. Misalnya . Karen penggunaanya mudah. (2) selanjutnya akan di-link ke program BASIC yang kecil yang melakukan tindakan tertentu. dan kemudian program akan merespons. Sejak diluncurkan pada 1990. Visual BASIC Contoh pemrograman visual adalah Visual BASIC. mempraktikanya secara memungkinkan pengguana untuk lebih fokus pada pemecahan masalah ketimbang cara menangani bahasa pemrograman. jendela dan toolbar. Visual BASIC merupakan even-driven. artinya program menunggu pengguna melakukan sesuatu (“event”). C++. 5 . pendekatan Visual Basic menjadi norma untuk bahasa pemrograman. dan Java. Visual BASIC memungkinkan programmer pemula untuk mencipatakan aplikasi-aplikasi berbasis windows yang menarik. seperti klik pada ikon. Visual C++ dan Visual Foxpro.adalah agar pemrograman menjadi lebih mudah bagi para programmer dan lebih mudah bahasa diakses OOP oleh kalangan atau nonprogrammer Pemrograman dengan dan visual meminjam (Object grafis Oriented visual. kotak teks. Programming). A. Pascal. Di sini Anda tidak perlu mempelajari sintaks atau menulis kode. Bahasa pemrograman Visual antara lain Visual Basic. Sekarang ada banyak lingkungan visual untuk banyak bahasa pemrograman termasuk C. Visual BASIC terkadang disebut rapid application development (RAD) karena memungkinkan programmer membuat aplikasi prototype dengan cepat.

Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991. B. tipe data. Microsoft Visual C++ datang bersama editor miliknya dan lingkungan pemrograman terpadu yang membuat pemrograman menjadi mudah dikelola. Kompiler C++ adalah perangkat yang digunakan komputer untuk memahami instruksi-instruksi bahasa C++ di dalam program Anda. Sesuai dengan perkembangan tehnologi dan kebutuhan komputing saat ini bahasa ini terus dikembangkan kemapuannya. struktur kontrol. merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. konstanta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer. fungsi. Didasarkan pada bahasa C. khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual C++ Visual C++ adalah bahasa pemrograman C++ versi Microsoft. Sebuah compiler C++ (bahasa pemrograman C++ C++ kita) mengambil yang merupakan bagian dari Visual bahasa C++ dan instruksi-instruksi menterjemahkannya ke dalam format yang dapat dibaca komputer. Visual C++ adalah bahasa yang dikompilasi. C++ adalah versi pembaharuan dari C yang mengambil bahasa C ke evolusi bahasa pemrograman aras berikutnya – yang menyediakan pemrograman berorientasi objek. prosedur dan lain-lain. misalnya: variabel. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung obyek. 5 . Visual Basic juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program.Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) dimana bahasanya lebih dekat dan mudah dimengerti oleh manusia. loop.

Program Anda harus melalui tahapan terakhir setelah pengkompilasian dan sebelum pengeksekusian. Praprosesor membaca simbolsimbol khusus di dalam kode yang disebut pengarah praprosesor yang Anda masukkan di dalam program. Perhatikan bahwa program Visual C++ Anda harus dilewatkan melalui praprosesor sebelum program dikompilasi. Tahapan ini disebut tahapan linking atau link editing.NET. Visual FoxPro Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman Pemrograman berorientasi objek dan pemrograman prosedural dari Microsoft. Visual FoxPro 3. Visual C++ dengan sendirinya membentuk langkah praprosesor. DOS. dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. untuk mengontrol pengkompilasian program. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984.Setelah Anda menulis kode Visual C++. Sebuah praprosesor membaca pengarah praprosesor program untuk mengontrol pengkompilasian. akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac OS dan Windows. 5 . program yang disebut linker memasok informasi yang diperlukan saat pengeksekusian ke program yang dikompilasi. C. Pada saat program Anda di-link. dan Unix. Anda menjalankannya melalui Visual C++.0. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual". Windows. menghasilkan instruksi yang terkompilasi dengan benar dan menjalankan program tersebut. sehingga tidak perlu pemahaman tambahan bagi Anda selain meletakkan pengarah praprosesor ke dalam program-program Anda. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi Component Object Model COM dan Microsoft telah menyatakan bahawa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft . versi "Visual" pertama. Versi terakhir FoxPro (9.0) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS.

id/tag/pemrogramanvisual/ http://sarengsami.REFERENSI http://danangdwidarmawan.ac.wordpress.wordpress.undip.wikipedia.students-blog.com/2009/07/09/bahasa-pemrogramanvisual-basic/ http://id.org/wiki/Visual_FoxPro http://ihsancreation.com/category/kuliah/pemprograman-lanjut/ 5 .