RADIOLOGI

A. Penjelasan dan Integrasi
y

Penjelasan

Radiologi adalah ilmu kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada awalnya frekuensi yang dipakai berbentuk sinar-x (x-ray) namun kemajuan teknologi modern memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan juga MRI (magnetic resonance imaging). Radiasi adalah proses dikeluarkannya energi radiasi dalam bentuk gelombang atau partikel, atau proses kombinasi dari pengeluaran dan pancaran energi radiasi. Sumber radiasi alam :
· · ·

Bahan radioaktif dalam bumi Radiasi kosmik dari angkasa luar Deposit radionuklei pada tubuh manusia

Elemen radiaktif seperti :
· · ·

Uranium Radium Torium

Radiasi buatan : 1. Radiasi sinar X 2. Radiasi sinar alfa : dihasilkan dari suatu mesin dengan sistem kerja linear akselerator. Unsur radioaktif yang digunakan biasanya radium. 3. Sinar radiasi beta : dihasilkan dari alat penghasil sinar beta yang disebut betatron dan unsur radioaktif stronsium -90. 4. Sinar radiasi gamma : dihasilkan dari alat penghasil sinar gamma yang disebut gammatron, dan unsur radioaktif yang digunakan an tara lain cobalt-60 dan uranium. 5. Sinar laser : dihasilkan dari alat yang disebut Stimulated Emission Unit.

menemukan suatu sinar yang : · · · Dapat menimbulkan flourescensi pada tabir barium platinum cyanida. Dapat menimbulkan bayangan pada layar. Useful Beam : sinar/radiasi primer yang keluar melalui window. Pembentukan sinar X ini terjadi dalam tabung gelas hampa udara yang disebut Tabung Crooks. Target/focal spot yaitu target yang akan dibombardir oleh berkas elektron. Sesuai penemuannya sinar ini dinamakan sinar roentgen/sinar X. Macam-macam Radiasi Sinar X : 1. Radiasi primer : radiasi yang keluar dari target tabung sinar X (anode). Sinar X terjadi bila seberkas elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi menumbuk target/anode.Terjadinya Sinar X Wilhelm Conrad Roentgent melakukan percobaan dengan tabung hampa udara. Ada 3 komponen penting untuk dapat timbulnya sinar X : · · · Elektron-elektron yang berbentuk berkas. salah satunya berguna untuk mendeteksi adanya kelainan-kelainan pada jantung (blok kardiovaskular) Foto dada merupakan pemeriksaan yang penting dalam penafsiran kelainan pada jantung dan paru. conus atau collimator. Generator yang dapat memberikan kecepatan tinggi pada elektron. 3. Radiasi tersesat : radiasi yang dikeluarkan oleh bagian dari tabung sinar X diluar y Integrasi dalam blok Pemanfaatan radiologi di bidang medis tentu banyak fungsinya. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan rutin dan merupakan juga pemeriksaan penyaring (screening) terhadap penderita atau orang sehat yang sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Dapat memberikan efek pada emulsi fotografi (seperti cahaya biasa). 2. Pemeriksaan dada akan menjadi petunjuk bagi .

Salah satu visualisasi penemuan Roentgen adalah foto jari-jari tanagan istrinya yang dibuat menggunakan kertas potret yang diletakan dibawah tangan istrinya dan disinari dengan sinar baru tersebut. bila perlu. yaitu sifat-sifat fisika dan kimianya. Roentgen dalam penyelidikan selanjutnya segera menemukan hampir semua sifat sinar Roentgen. baru di kemudian hari orang menamakan sinar tersebut sinar Roentgen sebagai penghormatan kepada Wilhelm Conard Roentgen Penemuan Roentgen ini merupakan suatu revolusi dalam dunia kedokteran karena ternyata dengan hasil penemuan itu dapat diperiksa bagin-bagian tubuh manusia yang sebelumnya tidak pernah dicapai dengan cara-cara pemeriksaan konvensional.pemeriksaan apa yang perlu dilanjutkan mengenai paru atau jantungnya. . Ia menemukan sinar baru atau sinar-X. Penilaian jantung Pandanglah foto itu secara menyeluruh dan kemudian tetapkanlah : 1. Periksalah letak jantung dan lam bung 2. Saat itu ia melihat timbulnya sinar fluoresensi yang berasal dari kristal barium platinosianida dalam tabung Crookes-Hittrof yang di aliri listrik. Paru-paru seluruhnya 6. maka tidak akan banyak kesalahan -kesalahan yang dibuat dan pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Namun ada satu sifat yang tidak sampai diketahuinya yaitu sifat biologik yang dapat merusak sel-sel hidup. Sejarah Radiologi Wilhelm Conard Roentgen seorang ahli fisika di Universitas Wurzburg. Bila pemeriksaan foto toraks dilakukan secara teliti. Situs (kedudukan organ didada dan dibawah diafragma). Jerman. Ukuran dan pembesaran jantung 4. pertama kali menemukan sinar Roentgen pada tahun 1895 sewaktu melakukan eksperimen dengan sinar katoda. Bentuk tulang punggung 3. Pembuluh-pembuluh darah besar (aorta dan arteri pulmonalis) 5. Pembuluh darah paru B.

Marie dan Pierre Curie menemukan unsure thorium pada awal tahu 1896. Pada Kongres Internasional Radiologi di . Setelah di katakan diatas. maka mulai diambil tindakantindakan untuk mecegah kerusakan tersebut. Mulai saat itu banyak sarjana yang menaruh harapan bahwa sinar ini juga dapat di gunakan untuk pengobatan. dr Knoch telah menderita kelaian-kelainan yang cukup berat. namun yang belum diketahui adalah sifat-sifat biologiknya. pada tahun 1896 menemukan unsure uranium yang mempunyai sifat yang hampir sama. Max Hermann Knoch. Namun pada waktu itu belum sampai tepikirkan bahwa sinar ini dapat membahayakan dan merusak sel hidup manusia. di Prancis. banyak pionir yang memakai sinar roentgen menjadi korban sinar ini. Tetapi lama -kelaman yaitu dalam dasawarsa pertama dan kedua abad ke -20. sehingga pada tahun 1904. Sifat ini baru diketahui beberapa tahun kemudian sewaktu terlihat kulit bias berwarna akibat penyinaran Roentgen. Polandia. Tidak lama kemudian. Beliau adalah dokter tentara di Jakarta yang pertama kali menggunakan alat roentgen di Indonesia. Misalnya pada waktu ia membuat foto seorang penderita patah tulang .Setahun setelah Roentgen menemukan sinar-X. seperti luka yang tak kunjung sembuh . Roentgen menemukan hampir semua sifat fisika dan kima sinar yang ditemuinya. anggota tubuh dan tanganya oun ikut terkena sinar. bahkan sampai merontokan rambut. Karena waktu itu belum diketahui bahaya sinar roentgen maka ia bekerja tanpa menggunakan proteksi terhadap radiasi. Dosis sinar yang lebih tinggi lagi dapat megakibatkan lecet kulit sampai nekrosis. seperti yang baru diadakan pada tahun lima puluhan. sedangkan pada akhir tahun yang sama pasangan suami-istri tersebut menemukan unsure ketiga yang dinamakan polonium sebagai penghormatan Negara asal merka. seorang Belanda kelahiran Paramaribo yang bekerja sebagai ahli radiologi di Indonesia. bahkan bila penyinaran masi saja dilakukan nekrosis itu akan menjelma menjadi tumor kulit ganas atau kanker kulit. Setelah diketahu bahwa sinar Roentgen dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang dapat berlanjut sampai berupa kanker kulit bahkan leukemia. pada kedua belah tanganya. maka Henri Becquerel. Penemuannya diumumkan dalam kongres Akademi Ilmu Pengetahuan Paris pada tahun itu juga. Kelainan biologik yang diakibatkan sinar roentgen adalah berupa kerusakan pada sel-sel hidup yang dalam tingkat dininya hanya sekedar peubahan warna sampai penghitaman kulit. Tidak lama setelah itu mereka menemukan unsure radium yang memancarakan radiasi kira kira 2 juta kali lebih banyak daripada uranium. Salah seorang korban sinar roentgen adalah dr.

sinar Roentgen terutama digunakan di rumah sakit Militer dan rumah sakit pendidikan dokter di Jakarta dan Surabaya. jas. yang menetapakn peraturan-peraturan lengkap untuk proteksi radiasi sehingga diharapkan selama seseorang mengindahkan semua petunjuk tersebut. Prof. Belanda. Menurut laporan.Kopenhagen tahun 1953 dibentuk The International Committee on Radiation protection. Notokworo yang lulus dokter di Universitas Leiden. . Orang Indonesia yang telah mengguankan sinar Roentgen pada awal abad ini ialah R.M. kursi fluroskopi. Selanjutnya pada awal abad ke-20 ini. berlapis timah hitam (Pb) dan mengadakan pengeceka berkala dengan memakai film-badge dan pemeriksaan darah. beliau sering diperikas dengan sinar Roentgen dan inilah saat pertama beliau tertarik pada radiologi. Almarhum tidak saja dianggap sebagai Bapak Radiologi bagi para ahli radiologi. melainkan juga oleh semua orang yang berkecimpung di dunia radiologi termksud para radiografer. khususnya jumlah sel darah putih (leukosit). di pualu Rote. Pada akhir tahun duapuluhan dr Johannes jatuh sakit berat sehingga dianggap perlu dirwat cukup lama . Johannes meninggal dunia dalam melakukan tugasnya di Eropa pada bulan September 1952. dilahirkan seorang bayi yang mempunyai nama awal mirip Roentgen. Pada tahun 1939 Johannes mendapat brevet Roentgenoloog dari Prof. maka pada tahun yang bersamaan dengan penemuan sinar Roentgen oleh Wilhelm Conard Roentgen. menggunakan alat-alat proteksi bila harus berdekat dengan sinar seperti sarung tangan. Diantara petunjuk-petunjuk proteksi terhadap radiasi sinar Roentgen tersebut adalah menjauhkan diri dari sumber sinar. yang kemudian hari berkecimpung di dunia radiologi. Indonesia. alat Roentgen sudah digunakan sejak tahu 1898 oleh tentara kolonial belanda dalam perang di Aceh dan Lombok. Van der Plaats. rok . maka tidak perlu khawatir akan bahaya sinar Roentgen. Beliau juga adalah Bapak Radiologi dalam bidang pendidkan dan keorganisasian. yaitu Wilhelmus Zacharias Johannes. Seperti telah ditakdirkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. yaitu pada tahun 1895. Pada tahun 1952 beliau diberi tugas untuk mempelajari perkembangan-perkembangan ilmu radiologi selama beberapa bulan di Eropa. Di Indonesia penggunaan sinar Roentgen cukup lama. penyakit yang diderita ialah nyeri pada lutut kanan yang akhirnya menjadi kaku ( ankilosis) dan sejak saat itu Johannes berjalan pincang . Nusa Tenggara Timur.

Hasil pemeriksaan dengan alat Bone Densitometry ini dapat digunakan untuk menentukan diet yang tepat agar seseorang terhindar dari resiko osteoporosis dan over weight. kimia. fisika. antara lain : Computed Radiography (CR). elektronika. Kateterisasi Jantung dan Bone Densitometry. ASO dan BMV. Selain dapat mengetahui kadar kalsium dalam tulang. Direct Digital Radiography (ddR). biologi. Cara-cara pemeriksaan yang menghasilkan gambar tubuh manusia untuk tujuan diagnostik dinamakan pencitraan diagnostik (diagnostic imaging).C. Modalitas pencitraan canggih yang sedang berkembang pesat di Indonesia saat ini. komputer dan sebagainya. Kemajuan ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. antara lain : PTCA dan balon pada orang dewasa. untuk pertama kalinya diperkenalkan konsep Computed Radiography (CR) yang menggunakan teknologi pelat photostimulable phosphor dimana data analog yang terdapat pada pelat tersebut diubah menjadi data digital melalui proses digitalisasi dengan menggunakan teknologi komputer. alat ini juga mampu mengukur kadar lemak dalam tubuh. sedangkan Kateterisasi Jantung dipergunakan untuk mendiagnosa kelainan yang ada pada jantung. pemeriksaan yang sedang berkembang di Indonesia saat ini. antara lain : Trans Arterial Chemo Embolization (TACE) dan Kateterisasi Jantung. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan kedua modalitas pencitraan ca nggih tersebut dibandingkan dengan penggunaan modalitas pencitraan konvensional. sementara pada anak ± anak dilakukan terapi ADO. Trans Arterial Chemo Embolization (TACE) adalah tindakan untuk menangani kanker dengan kemoterapi yang bersifat langsung dan terlokalisasi pada organ yang terkena kanker. . Trans Arterial Chemo Embolization (TACE). Dalam bidang Radiologi Intervensional. Perkembangan Pemeriksaan radiologis dari hari ke hari kian maju pesat seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran. Perkembangan alat Radiologi yang saat ini banyak mendapat perhatian masyarakat karena mampu mendeteksi secara dini resiko terjadinya osteoporosis adalah Bone Densitometry. Pada tahun 1981. Modalitas pencitraan canggih lain yang juga berbasis teknologi komputer yaitu Direct Digital Radiography (ddR). sekaligus sebagai terapi pada kelainan jantung dengan cara.

Jakarta.org/wiki http://seminarradiologi. Gaya Baru.blogspot.html http:// www./2009/02/sejarah-radiologi.my/wiki/index. 2000. Radiologi Diagnostik.com.Daftar Pustaka Junqueira L. Sjahriar. dkk. Yan.com/ http:// my radiology.klik dokter.wikipedia. Penerbit Buku Kedokteran . Jakarta. Histologi Dasar . Jakarta http://id.php/Sejarah_mikroskop http://id. Penerbit Buku Kedokteran .blogspot. 1995 .com/extra/institute/equipment/46 .C . dkk .medicine. Sinopsis Histologi .ukm. 1998 .org/wiki/Halaman_Utama Rasad. Tambajong.wikipedia. http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful