You are on page 1of 4

NITROGEN DAN FOSFOR

Nitrogen dan fosfor adalah golongan VA yang elektronegatif, dan membentuk ikatan kovalen
dengan unsur elektronegatif lainnya. Secara umum keduanya memerlukan tiga electron untuk
memenuhi aturan octet seperti NH3 dan PH3. Nitrogen merupakan unsur pembentuk protein
sebagai senyawa utama dalam organism. Sedangkan fosfor dalam asam nukleat yang terdapat
dalam inti sel pembentuk kromosom.
Nitrogen

Nitrogen terdapat diudara sekitar 78% volume sebagai molekul diatom (N2) yang berikatan
kovalen rangkap tiga. Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang
memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa
bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi
dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak
aktif bereaksi dengan unsur lainnya.
Nitrogen mengisi 78,08 persen atmosfer Bumi dan terdapat dalam banyak jaringan hidup. Zat
lemas membentuk banyak senyawa penting seperti asam amino, amoniak, asam nitrat, dan
sianida.

Pembuatan nitrogen

Dilaboratorium nitrogen dapat dibuat dengan memanaskan larutan yang mengandung garam
ammonium (seperti NH4Cl) dan garam nitrit(misalnya NaNO2). Bila dipanaskan terjadi reaksi
NH4+(aq) + NO2(aq) ———–> N2(g) + 2H2O(l)
Secara komersial nitrogen dibuat dengan mencairkan udara, kemuadian didestilasi, akhirnya
dapat nitrogen sekitar 99% yang mengandung argon dan oksigen.

Nitrogen sangat diperlukan sebagai bahan pembuat senyawa penting seperti ammonia dan urea.
Nitrogen dipakai sebagai gas pelindung terhadap oksigen dalam pabrik kimia dan dapat juga
digunakan untuk membekukan makanan secara cepat.

Kegunaan gas nitrogen

1.Nitrogen merupakan unsure utama pembentuk protein dan salah satu bahan
untuk membuat pupuk urea.
2.Nitrogen cair digunakan membekukan makanan dengan cepat.
3.Nitrogen digunakan sebagai gas pelindung terhadap oksigen dalam pabrik
kimia dan industri logam.

beracun. Sedangkan dalam bentuk senyawa anorganik meliputi ortofosfat dan polifosfat. . Fosfat merupakan unsur yang penting dalam pembentukan protein dan membantu proses metabolisme sel suatu organisme. maka satu atom fosfor memerlukan tiga electron untuk stabil. dimana 10% sebagai ion fosfat dan 90% dalam bentuk HPO42-. 2Ca3(PO4)2 + 6SiO2 —————–> 6CaSiO3 + P4O10(g) P4O10(g) + 10C ———————> P4(g) + 10 CO(g) Fosfor putih berstruktur tetrahedral sehingga sudut P-P-P = 60o dan mengakibatkanterjadi ketegangan dalam ikatan P-P.hal ini menyebabkan P4sangat reaktif terutama terhadap oksigen. memancarkan cahaya. berada dalam bentuk senyawa organik dan anorganik.) Fosfor hitam kurang reaktif dibanding fosfor merah . Fosfor putih digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam fosfat di industri. Fosfor di dalam air laut.) Fosfor merah bersifat tidak reaktif. kurang beracun. 2. Sehingga satu atom fosfor harus berikatan kovalen dengan tiga fosfor lain. Fosfor merah terbentuk jika fosfor putih dipanaskan atau kena ultraviolet yang mengakibatkan atom fosfor dalam tetrahedron saling berikatan.fosfor merah dicampur pasir untuk bahan korek api. yaitu fosfor putih (P4). fosfor dapat berupa gula fosfat dan hasil oksidasinya. Dalam bentuk senyawa organik. Sifat Kimia Unsur Fosfor 1. Fosfor adalah unsure golongan VIA. Fosfor merah kurang reaktif biasa dipakai untuk bahan peledak seperti bom dan kembang api. Fosfor Unsur Fosfor merupakan bahan makanan utama yang digunakan oleh semua organisme untuk pertumbuhan dan sumber energi. atom fosfor tersusun dalam bidang datar melalui ikatan kovalen .) Fosfor putih bersifat sangat reaktif. Fosfor merah digunakan sebagai bahan campuran pembuatan pasir halus dan bidang gesek korek api. nukloeprotein dan fosfo protein.Senyawa nitrogen Salah satu contoh senyawa nitrogen adalah amoniak. Fosfor padat yang murni mempunyai tiga bentuk Kristal. mudah terbakar di udara.silicon dioksida dan karbon pada suhu 1300oC dalam tungku listrik. 3. fosfor merah (Pn). Senyawa anorganik fosfat dalam air laut pada umumnya berada dalam bentuk ion (orto) asam fosfat (H3PO4). antara bidang terdapat gaya van der waals yang lemah. Amoniak adalah gas yang tidak berwarna. Fosfor putih sangat beracun dan membakar kulit. memiliki bau yang merangsang dan terbentuk bila senyawa organik yang mengandungnitrogen menjadi busuk. dan fosfor hitam (Pn). fosfor putih dapat dibuat dengan mereaksikan garam fosfor.

odol. 8. telah menjadi bahan penting pertanian dan produksi tani lainnya. . asam fosfor yang mengandung 70% – 75% P2O5. 3. dan deterjen. 7. pestisida. Ketika fosfor putih ditembakan atau dibakar udara maka akan bereaksi dengan oksigen membentuk fosfor pentaoksida (P2O5). perunggu fosfor. Fosfor bom memiliki sifat utama membakar. sementara fosfor dapat ditemukan pula pada berbagai jenis mainan yang dapat berpendar dalam gelap (glow in the dark). Walaupun fosfor berbahaya namun yang paling berbahaya yaitu terletak pada proses pembakaran fosfor dan hasil pembakaran fosfor bukan pada ledakannya. Kegunaan 1. Fosfor sangat penting dan dibutuhkan oleh mahluk hidup tanpa adanya fosfor tidak mungkin ada organik fosfor di dalam Adenosin trifosfat (ATP) Asam Dioksiribo nukleat (DNA) dan Asam Ribonukleat (ARN) mikroorganisme membutuhkan fosfor untuk membentuk fosfor anorganik dan akan mengubahnya menjadi organik fosfor yang dibutuhkan untuk menjadi organik fosfor yang dibutuhkan. Fosfor merupakan bahan makanan utama yang digunakan oleh semua organisme untuk energi dan pertumbuhan Kerugian Penyalahgunan fosfor menjadi Bom yang sangat mengerikan. 2. 5. dan asam nukleat. jaringan saraf dan tulang. dan produk-produk lainnya. 4. untuk metabolisme karbohidrat. Fosfor juga digunakan dalam memproduksi baja. paru-paru. terus membakar dan menghanguskan serta menyebabkan nyeri berkepanjangan. dan usus para korban selama bertahun-tahun. kembang api. Kegunaan fosfor yang terpenting adalah dalam pembuatan pupuk. Trisodium fosfat sangat penting sebagai agen pembersih. Fosfor juga merupakan bahan penting bagi sel-sel protoplasma.Kegunaan dan Kerugian Unsur Fosfor a. bahan pembersih lantai dan insektisida. dan untuk menjaga korosi pipa-pipa.Selain itu fosfor diaplikasikan pula pada LED (Light Emitting Diode) untuk menghasilkan cahaya putih. Kegunaan fosfor yang paling umum ialah pada ragaan tabung sinar katoda (CRT) dan lampu fluoresen. lemak. sebagai pelunak air. 6. bahan korek api. bahan tambahan dalam deterjen. Zat fosfor biasanya akan menempel di kulit. Para korban bom ini akan mengeluarkan gas fosfor hingga nafas terakhir.

Dalam prosesnya. P4O10 (g) direduksi dengan karbon . yaitu fosfor putih.Pembuatan fosfor Sumber utama industry fosfor adalah Ca3(PO4)2. Ca3(PO4)2 dicampur dengan karbon dan silika (SiO2) pada temperature 1400⁰C .1500⁰C (dengan bunga api listrik). P4 hasil pengolahan merupakan salah satu bentuk alotropi fosfor. Reaksinya sebagai berikut : 2 Ca3(PO4)2 (l) + 6 SiO2 (l) → 6 CaSiO3 (l) + P4O10 (g) Kemudian . . Hal itu guna menghindari terjadinya oksidasi dengan oksigen dari udara yang cepat terjadi pada temperatur 30⁰C berupa nyala fosfor. reaksinya sebagai berikut : P4O10 (g) + C (s) → P4 (g) + 10 CO2 (g) P4 (g) yang terjadi dikristalkan dan disimpan di dalam CS2 cair atau di dalam air. SiO2 bereaksi dengan Ca3(PO4)2 pada temperature tersebut mengahasilkan P4O10 (g).