You are on page 1of 17

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PENGARUH SENYAWA KIMIA YANG TERKANDUNG DI
DALAM PLASTIK KRESEK TERHADAP
PERKEMBANGAN EMBRIO KATAK

BIDANG KEGIATAN:
PKM PENELITIAN

Diusulkan oleh:

Iis Setiana (G34120092/2012)
Ulva Puri Ayu Prahastiani (G34120075/2012)
Uswatun Khasanah (G34120008/2012)

INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2013

Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan Bogor. M. 196507201991031002 Wakil Rektor Bidang Dosen Pembimbing Kemahasiswaan Yonny Koesmaryono Ir. Tri Heru Widarto. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 orang 5. Jurusan : Biologi d. 19620513 198703 1 003 . Tri Heru Widarto.com 4. 19581228 198503 1003 NIP. Institut : Institut Pertanian Bogor e. G34120092 NIP. Nama Lengkap : Iis Setiana b. Ciluar Bogor /081282135643 6.460. Alamat email : iissetiana95@gmail. Sc. Si. Tegal/0857419704 f. Ditlitabmas Ditjen Dikti : Rp 5. NIP. NIM : G34120092 c. Ketua Pelaksana Kegiatan a.000 b. Sumber Lain :- 7. PENGESAHAN USULAN PKM PENELITIAN 1. Alamat Rumah /HP : Bumijawa. M. Sc. Dosen Pendamping a. Iman Rusmana. Telp/HP : Jl Bali No 148 Pondok Aren. Biaya Kegiatan Total a. Alamat Rumah dan No. M. Iis Setiana NIM. Judul kegiatan : Pengaruh Senyawa Kimia yang Terkandung di dalam Plastik Kresek Terhadap Perkembangan Embrio Katak 2. NIDN : 001305620 c. b. Bidang Kegiatan : PKM-P 3. 18 Oktober 2013 Menyetujui Ketua Departemen Biologi Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Nama Lengkap dan Gelar : Ir. Ir.

..................... 2 1................2 Tahapan Penelitian . 5 3........................ 4 3.............................................................. 2 1..........6 Metode Analisis Data .................................................................. 6 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN .... 5 3................................................................................................ 5 3.......................................................................................... 4 3.........................................................................................1 Latar Belakang ...1 Lokasi Penelitian ..............................................................5 Teknik Pengumpulan dan Pemeriksaan Data ......... 1 1.....................................3 Tujuan ..........................................................................4 Sumber Data Penelitian ........................................................................... 2 1........................2 Perumusan Masalah ........... 2 BAB III METODE PENELITIAN 3............. 6 4................1 Anggaran Biaya ...........................................3 Fokus Penelitian ........................... DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN DAFTAR ISI RINGKASAN BAB I PENDAHULUAN 1................... 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA ..................................................................2 Jadwal Kegiatan .....................................................4 Luaran yang Diharapkan ...............................................5 Kegunaan .................... 6 BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.......

termasuk membuangnya ke sungai. Pembuangan sampah plastik ke dalam ekosistem sungai sangat berbahaya bagi kehidupan organism perairan. mengandung berbagai senyawa kimia yang dapat mengganggu proses fisiologi tubuh. Kesadaran mayarakat yang rendah tentang kelestarian lingkungan. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mempelajari pengaruh senyawa kimia yang terkandung didalam plastik kresek terhadap perkembangan embrio katak. menyebabkan mereka memuang sampah plastik secara sembarangan. Hal ini disebabkan karena dalam plastik. Fase ini merupakan fase yang sensitif bagi perkembangan katak karena mudah terganggu oleh faktor lingkungan abiotiknya. . RINGKASAN Peningkatan penggunaan plastik membuat jumlah sampah plastik dikalangan masyarakat juga semakin banyak. Salah satu hewan yang dapat terganggu kehidupannya adalah katak yang dalam siklus hidupnya melalui fase berudu. terutama plastic kresek.

sulitnya mencari tempat pembungkus makanan alami seperti daun menjadi faktor pendukung kian maraknya penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari (Mulyadi 2009). Sampah yang dibuang ke lingkungan perairan akan mencemari rantai makanan dan mengancam kelangsungan hidup organisme yang hidup di daerah perairan tersebut. Contohya saja plastik kresek yang seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai tempat pembungkus makanan atau tempat belanjaan. terus meningkat. dari 116 juta ton pada 1992 menjadi 255 juta ton pada 2007. Sebanyak 10-15% dari sampah yang dihasilkan tersebut adalah sampah plastik yang umumnya sukar terurai oleh mikroorganisme tanah. benzena dan banyak senyawa karbon yang volatil. timbal. setiap orang di Indonesia per tahunnya memproduksi sampah 700 kantong plastik. Berbagai jenis plastik yang berada di lingkungan dapat melepaskan bermacam-macam bahan kimia misalnya phthalates. bahan tahan api. Meningkatnya jumlah sampah plastik di Indonesia tidak sebanding dengan ketersediaan tempat pembuangan sampah (TPS) sebagai tempat penampungan (Rosyidi. BAB I PENDAHULUAN 1. 4-nonylphenol. et al 2013). formaldehyde dan acetaldehyde. Akibatnya jumlah sampah plastik yang masuk ke lingkungan perairanpun semakin besar. bisphenol A. Selain itu. timah dan kadmium. Akibatnya seringkali masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai atau ekosistem perairan lainnya. Jumlah produksi plastik dunia. UNEP memperkirakan. Penggunaan plastik yang begitu masif membuat kondisi jumlah sampah plastik saat ini kian mengkhawatirkan Menurut riset yang dilakukan oleh organisasi lingkungan hidup Greeneration Indonesia pada 2009. karena setiap hari manusia menghasilkan sampah.1 Latar Belakang Sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia yang sampai saat ini belum ditemukan solusi yang tepat untuk menanggulanginya. namun yang lainnya didapati dalam konsentrasi yang lebih tinggi (Lithner 2011). Jumlah sampah terus meningkat tiap tahunnya. MTBE (methyl tert-butyl ether). karena memerlukan waktu puluhan bahkan hingga ratusan tahun untuk membuat plastik terurai secara alamiah. . Tumpukan sampah plastik menjadi beban berat bagi negara yang masih mengandalkan pemusnahan akhir sampah dengan landfill seperti Amerika Serikat dan Indonesia. jumlah konsumsi plastik dan sampah plastik akan terus meningkat dalam sepuluh tahun ke depan (EPA 2013). menurut Data Program Lingkungan PBB (UNEP). bisphenol-A dimethacrylate. Hal ini dikarenakan dalam plastik kresek terdapat senyawa-senyawa yang berbahaya membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Pada beberapa kajian bahan kimia tersebut ditemukan dalam konsentrasi rendah. Harganya yang murah dan bentuknya yang praktis membuat penggunaannya kian marak di kalangan masyarakat. terutama para penjual makanan. Plastik memang sulit dipisahkan dari hidup manusia modern.

2) Dampak zat kimia yang terkandung dalam plastik terutama terhadap perkembangan embrio katak.4 Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan dari pembuatan karya tulis ini adalah menghasilkan artikel ilmiah mengenai pengaruh senyawa bahan kimia didalam kantong plastik kresek terhadap perkembangan embrio katak. diharapkan masyarakat menjadi lebih menyadari tentang bahaya penggunaan plastik secara sembarangan dan tidak lagi membuang sampah plastik atau sampah lainnya ke sungai.Menurut riset yang dilakukan oleh organisasi lingkungan hidup Greeneration Indonesia pada 2009. 1. setiap orang di Indonesia per tahunnya memproduksi sampah 700 kantong plastik. 3) Mengumpulkan atau menambah data ilmiah efek sampah plastik terhadap hewan air untuk kemudian digunakan dalam mengingatkan masyarakat tentang bahaya penggunaan plastik yang tidak bijak. 2) Mengetahui dampak zat kimia yang terkandung dalam plastik terutama terhadap perkembangan embrio katak. Data yang didapat diharapkan dapat digunakan oleh pegiat lingkungan dalam mengkampanyekan penggunaan plastik secara bijak oleh masyarakat serta diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai. Menurut Data Program Lingkungan PBB (UNEP). Selain itu.2 Perumusan Masalah Sesuai latar belakang di atas.1.5 Kegunaan Manfaat penelitian ini adalah mengetahui bahan-bahan kimia berbahaya yang terdapat didalam plastik. terutama plastik kresek hasil daur ulang. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari semakin lama semakin meningkat.3 Tujuan Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah sebagai berikut: 1) Menganalisis zat kimia yang terkandung dalam plastik kresek. baik yang berwana maupun tidak berwarna serta pengaruhnya terhadap perkembangan embrio katak. agar ekosistem sungai tidak terganggu. diantaranya : 1) Kondisi sampah plastik di Indonesia. agar komponen ekosistem sungai tidak terganggu. jumlah produksi plastik dunia terus meningkat dari 116 juta ton pada 1992 menjadi 255 juta ton pada 2007. maka dapat dirumuskan berbagai permasalahan. 1. 1. Setelah krisis .

0002 ppm. Senyawa fenol dapat pula ditemukan di perairan. biasanya ditambahkan berbagai zat kimia sebagai bahan tambahan. bisphenol-A dimethacrylate. et al (2009). Sifat praktis ini dan ekonomis ini menyebabkan plastik sering kali dijadikan barang sekali pakai. UNEP memperkirakan. menemukan bahwa pada kadar rendah bisphenol-A memperlambat perkembangan berudu menjadi katak dewasa. . Reaksi berlangsung lambat pada keadaan netral. timah dan kadmium. penanganannya tidak bisa dilakukan dengan metode landfill atau open dump. Sampah plastik yang menumpuk merupakan lahan pekerjaan bagi para pemulung. MTBE (methyl tert-butyl ether). 4-nonylphenol. Pemusnahan sampah plastik dengan cara pembakaran (incineration). yaitu sebesar 265 juta ton per tahun pada 2010. Peningkatan pemanfaatan plastik ini terjadi karena sifat plastik yang ringan. reaksinya akan berlangsung cepat. Plastik kresek mengandung zat kimia yang sangat berbahaya yaitu bisphenol-A (BPA). Selanjutnya dilelehkan pada suhu tertentu. kurang efektif dan beresiko sebab dengan pembakaran akan mengakibatkan lepasnya polutan beracun ke atmosfir (Ramadhan & Munawar 2011). et al 2013). reksinya dapat berlangsung dalam suasana asam maupun netral. Sampah plastik yang tidak terpungut oleh pemulung. Proses metamorfosis terganggu karena terganggunya sinyal hormon tiroid yang berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan hewan. menyebutkan bahwa kantong plastik kresek berwarna hitam sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat kimia ini yang terdapat dalam kemasan plastik bisa menyebabkan gangguan di bagian organ reproduksi pria yang bisa menyebabakan kemandulan. Namun dalam suasana asam kuat. Heimeier. akibatnya sampah plastik meningkat terus-menerus dan menyebabkan masalah lingkungan yang serius. Biasanya para pemulung mengumpulkan sampah plastik untuk di daur ulang menjadi bahan lain seperti plastik kresek (Napitupulu. yakni 85 menit pada suhu 45 oC dan 8-10 jam pada suhu kamar. dan ekonomis. Keberadaanya dapat menjadi sumber pencemar yang membahayakan kehidupan manusia maupun hewan air lainnya. Nonilfenol (NP) adalah anggota yang paling banyak digunakan dari alkylphenol besar dan alkylphenol keluarga etoksilat surfaktan non-ionik. benzena dan banyak senyawa karbon yang volatil. yang kemudian didaur ulang. praktis. Berdasarkan beberapa percobaan.ekonomi. produksi plastik mencapai rekor baru. formaldehyde dan acetaldehyde. Zat pewarna hitam yang digunakan untuk pewarna kantong plastik kresek dapat terdegrasi dan mengeluarkan zat yang menjadi salah satu pemicu kanker jika terkena panas. Batas maksimum yang diperbolehkan untuk air minum maupun air bersih adalah 0. Plastik kresek berwarna hitam lebih berbahaya dibanding yang lainnya karena plastik ini terbuat dari plastik bekas yang dikumpulkan oleh pemulung. Hasil penelitian Badan Pengawasan Obat dan Makanan. jumlah konsumsi plastik dan sampah plastik akan terus meningkat dalam sepuluh tahun ke depan (EPA 2013). Selama proses daur ulang. senyawa fenol dengan iodium monobromida. BPA adalah senyawa yang dapat menghambat sekresi endokrin. Kantong kresek dapat beraneka ragam warnanya. timbal.

nonilfenol juga telah terdeteksi dalam ASI payudara. Katak dewasanya diidentifikasi di Museum Zoologi LIPI Cibinong. Nonilfenol sangat beracun untuk organisme air karena dapat mengganggu reproduksi dan perkembangan embrio pada organisme akuatik. Selain pada plastik kresek.1 Lokasi Penelitian Penelitian ini dilkukan di laboratorium Perkembangan Hewan.2 Tahapan Penelitian Tahapan pelaksanaan penelitian untuk mengetahui pengaruh senyawa kimia didalam plastik kresek terhadap perkembangan embrio katak adalah sebagai berikut. Departemen Biologi. Berudu katak untuk penelitian ini diambil dari kolam-kolam atau perairan yang ada di sekitar kampus IPB. dan urin dan berhubungan dengan efek reproduksi dan perkembangan pada ikan. Persiapan Penelitian Bahan Penelitian dan Pengumpulan Data Analisis zat kimia didalam Data sekunder rendaman plastik kresek (studi literatur) Pengujian air rendaman plastik kresek pada berudu Data primer Pengolahan/analisis data Penyusunan laporan Gambar 1 Tahapan pelaksanaan penelitian . 3. darah. Nonilfenol merupakan bahan kimia organik yang diproduksi dalam jumlah besar di Amerika Serikat. Senyawa ini cukup larut dan tahan terhadap degradasi alami dalam air. FMIPA IPB. Bogor. BAB III METODE PENELITIAN 3. Senyawa ini dapat mengganggu hormon manusia.

Untuk mendapatkan berudu dangan usia yang sama. Tabel 1 Hasil pengamatan perkembangan berudu katak Rendaman 0 hari Rendaman 3 hari Rendaman 7 hari Ulangan Kontrol Hitam Berwarna Tak H W tW H W tW (H) (W) Berwarna (tW) 1 2 3 4 5 . meliputi suhu. dan 7 hari. berudu kehilangan ekornya. yaitu warna plastik dan lama perendaman. dan yang transparan (tW). Kantong plastik kresek berbagai warna (5 warna) direndam didalam 20 liter air. 4. Air rendaman tersebut kemudian diambil 100 ml untuk dianalisis kandungan bahan kimianya.5 Teknik Pengumpulan dan Pemeriksaan Data Data diperoleh dari hasil ekperimen yang dirancang sebagai berikut : 1.4 Sumber Data Penelitian Data diperoleh dari hasil percobaan yang telah dilakukan di laboratorium.3 Luaran/Fokus Penelitian Fokus penelitian ini adalah mengetahui adanya senyawa kimia yang terkandung dalam plastik kresek serta pengaruhnya terhadap perkembangan embrio katak yang merupakan komponen pada ekosistem perairan seperti sungai. parameter fisik dan kimia juga akan diukur. Kemudian data-data tersebut digabungkan untuk selanjutnya ditulis sebagai karya ilmiah. akan dilakukan fertilisasi buatan. sebagai data skunder. 2. 6. pH dan kandungan berbagai bahan kimia. munculnya kaki belakang dan munculnya kaki depan. Ulangannya berjumlah 5 dengan masing-masing ulangan berisi 1 berudu 5. Telur diambil dari tubuh katak betina yang sudah disuntik dengan larutan ekstrak hipofise katak sehingga terjadi oogenesis. Air rendaman kantong plastik lalu digunakan untuk memelihara berudu dengan menggunakan toples kaca. Selain parameter biologis. Selain data primer. 3. Telur tersebut kemudian dicampur di cawan Petri dengan sperma yang diambil dari testis katak jantan. Data ini sebagai data primer. warna hijau/merah/lainnya (W). 3. Lama perendaman plastik di dalam air adalah 0. 3. Warna plastik yang digunakan adalah hitam (H). Rancangan percobaannya adalah rancangan faktorial dengan dua taraf perlakuan. 3. Parameter yang akan dikur meliputi masa yang diperlukan berudu hingga menjadi dewasa meliputi waktu yang dibutuhkan: telur untuk menetas. data diperoleh juga dari studi literatur.3. Berikut rancangan tabel pengamatan.

1 Anggaran Kegiatan Berikut ini disajikan anggaran kegiatan penelitian.6 Metode Analisis Data Data akan dianalisa dengan metode Two-way Analysis dengan program SAS atau Minitab. No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp) 1 Peralatan penunjang 2.000 4. Tabel 2 Jadwal kegiatan pelaksanaan penelitian Bulan Bulan Bulan Bulan Bulan ke-1 ke-2 ke-3 ke-4 ke-5 Tahapan Kegiatan 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Pengumpulan data Persiapan bahan percobaan Percobaan di laboratorium Pengolahan/analisa data Penyusunan laporan .610.000 3 Perjalanan 600.3. seminar.000 4 Lain-lain (administrasi.300. BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.425. 950.2 Jadwal Kegiatan Berikut ini merupakan jadwal kegiatan pelaksanaan penelitian. publikasi.000 laporan) Total 5.000 2 Bahan habis pakai 1.

Rancang bangun mesin pencacah sampah plastic. M. Rancang bangun pres pneumatic pengepak sampah. [EPA].epa. A P.2008-1503. Swedia Mulyadi. The xenoestrogen bisphenol A inhibits postembryonic vertebrate development by antagonizing gene regulation by thyroid hormone. DAFTAR PUSTAKA Heimeier. Lestary. Analisa kegagalan hasil produksi moulding dengan bahan baku polypropylene (PP) dan polyethylene (PE). . Aman. Subkhan. 2011. Aquatic life criteria for nonylphenol. Agus Riyanto. Pengolahan sampah plastic menjadi minysk menggunakan proses pirolisis. [internet]. R. Jurnal Fakultas Teknik. B Das.[diunduh 2013 Oktober 15].Jurnal Manutech. 2013. Environmental and Health Hazards of Chemicals in Plastic Polymers and Products.gov/scitech /swguidance /standards /criteria/aqlife/nonylphenol/. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan. 2013. S. Jurnal Austenit. M.Munawar A. Ph.1210/en. Napitupulu. 2009. Lithner. R. 4(1) Rosyidi. 1(1). 2009. DR Buchholz and YB Shi. 2013. Department of Plant and Environmental Sciences University of Gothenburg. 2011. thesis. D. Endocrinology doi:10. Ramadan. Tersedia pada: http://water. D N. M I.D.

000 Analisis zat 6x3 100.000 210. AnggaranKegiatan Tabel 3 Anggaran kegiatan Pengeluaran Jumlah Harga satuan Biaya total (Rp) (Rp) Toples kaca 30 buah 30.000 laporan Penjilidan 5 buah 10.000 300.000 Handycam Sewa Kamera 2 buah 200.000 putih Plastik kresek 2 bungkus 10.000 900.000 Total 5.000 20.000 250.000 transparan Ember plastik 7 buah 30.000 Transportasi 1 paket 600.000 hitam Plastik kresek 2bungkus 10.000 1.000 kimia di plastik Analisis data 1 250.000 Kertas A4 3 rim 40.000 referensi (1 paket) Sewa 1 buah 400.000 100.000 Penggandaan 1 paket 100. LAMPIRAN 7.000 naskah Pengadaan 1 tim 250.800.000 600.000 Tinta printer 2 paket 150.000 20.000 400.000 20.000 250.000 120.000 merah Plastik kresek 2 bungkus 10.000 Plastik kresek 2 bungkus 10.000 50.460.000 400.000 20.000 .

Suryobroto. T. . V. Bogor. The influence of nonylphenol on the life-history of earthworm Dendrobaena octaedra Savigny: Linking effects from individual. Mempelajari Hubungan Larva Kijing Taiwan (Anodonta woodiana) dan Inangnya dan Menjajagi Kemungkinan Produksi Massal Kijing Muda secara In Vivo untuk Budidaya dan konservasi. 2004. 13 Mei 1962 Agama : Islam Status : Menikah Alamat/HP : Jl Bali No 148 Pd. 38:233- 245 Widarto.104 Widarto T. Australia. R. Aren Ciluar.Sc. A. Demikian Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. M. Discrimination of Macaques by Macaques: The Case of Sulawesi Species. Hayati 3(2): 21-25 Widarto..com Pendidikan : 1995 Master of Science James Cook University. T. K. P. PubScieAEIF 3(1): 42-45 Fujita. Stimulatory effects of nonylphenol on fecundity of Folsomia candida. H. 1985 Sarjana Biologi Fakultas MIPA. 1995.D. Bogor/081282135643 Email : thwipb@gmail. Departemen Biologi FMIPA IPB. Perwitasari. 1997. Hayati 2(1):34-41 Widarto. Tempat/tanggal lahir : Purwokerto. Lucas. and Forbes VE. T. Watanabe. Ecotox Environ Saf 58(2):147-159 Widarto.H. T.H. Beberapa Aspek Biologi Reproduksi Velesunio ambiguus Phillipi yang Hidup di Daerah Tropis.H. Sc.R. Osmoregulasi Kijing Air Tawar (Velesunio ambiguus Phillipi).. Farajallah. B. . T.to the population-level . K. (2003). Individual-versus population-level studies on responses to xenobiotics. DAFTAR RIWAYAT HIDUP Saya yang bertanda tangan di bawah ini Nama : Ir.H. Ecotox Environ Saf 67(2007): 369-377 Widarto TH.H.H. Tri Heru Widarto. dan John S. Forbes. T. but not its population growth rate . Hayati 14 (3) : 98 . in Tropical Ecology. 1996. Tri Heru Widarto. Shell variability of a tropical freshwater mussel Velesunio ambiguus Philippi.H. 2007. M. Institut Pertanian Bogor 1980 Senior High School SMAN 1 Jakarta 1976 Junior High School SMPN 47 Jakarta 1973 Primary School SDN Percetakan Negara Jakarta Publikasi: Widarto.E. 2007. Primates. Krogh. Holmstrup M. 17 Oktober 2013 Ir. Widarto. 1995.

divisi EM (2013) Semarak Bidikmisi 3 IPB. ( ) Anggota 1 Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Lengkap : Ulfa Puri Ayu Prahastiani NRP : G34120075 Tempat. divisi PSDM (2013) Panitia BYEE. 2012 Organisasi/kepanitiaan : FORCES IPB. kec. kabupaten. Bumijawa-Tegal Email : iissetiana95@gmail. 6 November 1994 Departemen/Fakultas : Biologi/FMIPA Universitas : Institut Pertanian Bogor Alamat : Jl Damaran RT 05/04. 5 Maret 1995 Departemen/Fakultas : Biologi/FMIPA Universitas : Institut Pertanian Bogor Alamat : Desa Cempaka. 1998 SD Negeri 2 Cempaka. 2011 Juara 1 LCT Pertanian IPB. tanggal lahir : Tegal. 2009 S1 Institut Pertanian Bogor.id . 2011 Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. divisi konsumsi (2013) Panitia PIMPI. magang divisi HRD (2013) Himabio. Blora Telepon : 0852085212911870 Email : ulfapuryayu@yahoo.co. anggota (2013) Omda IMT. tanggal lahir : Blora. 2000 SMP Negeri 2 Bumijawa. divisi PDD (2013) Prestasi : Juara 2 lomba Mapel Biologi tgk. magang divisi Pamabi (2013) Aspect FMIPA.com Telepon : 085741970426 Riwayat pendidikan : TK Miftahul Huda Cempaka. DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS Ketua pelaksana Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama lengkap : Iis Setiana NRP : G34120092 Tempat. 2006 SMA Negeri 3 Slawi. divisi BMG (2013) Panitia LCTB. 2010 Juara 2 OSN Biologi tingkat kabupaten. divisi konsumsi (2013) Panitia Try Out Silence.

Riwayat pendidikan : TK Miftahul Santa Theresia Jepon SD Negeri 8 Jepon SMP Negeri 1 Blora SMA Negeri 1 Blora S1 Institut Pertanian Bogor Organisasi/kepanitiaan : Panitia BEF. Provinsi Lampung. Lampung Tengah SMA Negeri 1 Kalirejo. 2012 Demikian Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. tanggal lahir : Wayakrui. 15 Oktober 1993 Departemen/Fakultas : Biologi/FMIPA Universitas : Institut Pertanian Bogor Alamat : Wayakrui. ( ) .com Riwayat Pendidikan : SD Negeri Wayakrui. Kalirejo-Lampung Tengah SMP Negeri 1 Kalirejo. Kalirejo Lampung Tengah Telepon : 085773584344 Email : uswatunhasanah1555@yahoo. divisi humas (2012) PSN. Lampung Tengah Organisasi/kepanitiaan : ECC (English Conversation Club) 2009-2012 Dewan Mushola Asrama 2012-2013 Rohis Kelas TPB P02 2012-2013 Rohis Biologi Angkatan 49 Panitia Qurban Asrama 2013-2013 Panitia Open House Angkatan 50 2013 Panitia SUMMER IKMT TPB 2013 Panitia FIMNAS 2013 Panitia Pesta Sains Nasional 2013 Panitia IPB Bussines Festival 2013 Prestasi : Juara 3 Lomba LCC tgk. divisi lead officer (2013) Prestasi :- Demikian Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. ( ) Anggota 2 Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Lengkap : Uswatun Hasanah NRP : G34120008 Tempat.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya. Bogor. Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidak sesuaian dengan pernyataan ini. 18 Oktober 2013 Mengetahui. 19581228 198503 1003 NIM G34120092 . Wakil Rektor Bidang Ketua pelaksana Kemahasiswaan Yonny Koesmaryono Iis Setiana NIP. maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara. SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA Saya yang bertandatangan dibawah ini: Nama : Iis Setiana NIM : G34120092 Program Studi : Biologi Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Penelitian dengan judul Pengaruh Senyawa Kimia yang Terkandung di dalam Plastik Kresek Terhadap Perkembangan Embrio Katak yang diusulkan untuk tahun anggaran 2013/2014 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga lain atau sumber dana lain.