You are on page 1of 5

Insekta atau serangga mempunyai spesies yang paling banyak jumlahnya di antara

semua hewan. Jumlah spesies Insecta dapat mencapai 675.000 spesies. Hewan ini dapat

hidup di dalam tanah, di darat, di udara, di air tawar atau sebagai parasit pada tubuh makhluk

hidup lain. Akan tetapi, hewan ini jarang yang hidup di laut.

Kelas Insecta yang penting diketahui bagi dunia pengendalian hama permukiman

antara lain adalah ordo Dictyoptera atau Blattodea (lipas), ordo Diptera (lalat dan nyamuk),

ordo Hymenoptera (semut, tawon, lebah), ordo Siphonaptera (pinjal), ordo Phthiraptera

(subordo Mallophaga atau kutu penggigit dan subordo Anoplura atau kutu penghisap), ordo

Rhynchophthirina, ordo Hemiptera, ordo), ordo Coleoptera (kumbang), dan ordo Psocoptera.

Adapun kelas Arachnida yang penting diketahui antara lain ordo Parasitiformes (contohnya

caplak) dan Acariformes (contohnya tungau).

Kutu busuk, tubuhnya berbentuk oval, pipih, dorsoventral, berukuran 4-6 mm, dan
berwarna coklat kekuningan atau coklat gelap. Bersegmen terdiri atas kepala, thorax, dan
abdomen berwarna kunng coklat pada larva dan coklat merah pada imago. Cimex betina
sedikit lebih besar daripada jantan. Hidup pada sela-sela perabot rumah tangga seperti kursi,
tempat tidur, dan pada sela-sela dinding. Pada sarang burung waletjuga ada, hanya spesiesnya
berbeda, kandang ayam juga da kemungkinan merupakan habitatnya. Penyebarannya cukup
luas, banyak didaerha tropic. Menghisap darah pada malam hari atau di ruang gelap pada
siang hari (gedung bioskop). Mempunyai bau khas (busuk) sehingga disebut kutu busuk.
(Jumar,2000)

Bagian kepala.

Terdapat sepasang antenna bersegmen4 buah, sepasang mata faset dan proboscis berbentuk
penusuk dan penghisap, jika tidak digunakan dapat dilipat ke bagian ventral. Terdiri atas
segmen-segmen, terdapat alat-alat mandibula, maxilla, labial groove, labium, labrum
epifaring, akar mandible, dan maxilla. (Djaenudin, Parasitologi Kedokteran ; 330)

Bagian thorax.

Tibia kaki panjang dan tarsinya mempunyai tiga ruas. Kutu busuk dewasa mempunyai sepasang kelenjar bau di ventral toraks. Hewan jantan dan betina dibedakan pada segmen terakhir. Rata-rata antara 5-6 kali pergantian kulit. abdomennya terdiri atas 9 ruas yang jelas. Nimfa pertama akan berganti kulit menjadi nimfa ke-2. Dengan kata lain melalui tahap : telur nimfa dewasa. Dari telur menetas menjadi kutu busuk kecil yang kemudian tumbuh menjadi kutu busuk dewasa. sedangkan pada jantan berssegmen abdomen terkhir (ke-9) asimetris. Terdapat 3 pasang kaki. Fase anakan dikenal dengan nama nimfa. Telur-telur ini diletakkan pada kasur retak-retak pada tempat tidur. Nimfa ini kemudian melakukan pergantian kulit berkali-kali hingga akhirnya menjadi dewasa tanpa melalui fase kepompong. kuku. Labrumnya kecil dan tidak dapat digerakkan. 330) 2.Terdiri dari prosternum. namun ukuranya lebih kecil dan tidak bersayap. Telur disimpan selama 2 bulan per kelompok terdiri dari 10 hingga 50 telur. tibia. mesopleuron dan hemelytra. trochanter. dan yang muda mempunyai kelenjar serupa di dorsal abdomen. demikian seterusnya sampai nimfa kemudian berganti kulit lagi menjadi instar terakhir. Seluruh tubuhnya tertutup oleh rambut-rambut kasar (seta) dan beberapa rambut halus. 3.femur. Kutu busuk bertelur 1-5 butir sehari selama 2-10 bulan sampai seluruhnya diletakkan hingga kurang lebih 200 telur. 330) Bagian abdomen.5 Daur hidup Tiga tahapan siklus hidup kutu busuk yaitu telur. Banyaknya pergantian kulit berbeda-beda tergantung jenis. terdiri atas coxa. mesosternum. karena adanya adeagus. dan mengandung stilet maksila dan mandibula yang berguna untuk menusuk dan mengisap. tarsus. yang sering diebut juga metamorfosis tidak sempurna. Labium membentuk suatu tabung yang terdiri atas 4 ruas. Parasitologi Kedokteran . Telur berwarna putih dengan panjang 1 mm dan mempunyai operkulum. makanan dan suhu. Thorax segmen terakhir terdpat stink glands yang bermuara pada coxa kaki terakhir. Bentuknya pipih dan melebr. Nimpa terlihat seperti yang dewasa tetapi lebih kecil. Parasitologi Kedokteran . Stink glands adalah cirri khas bau kutu busuk (cimex) (Djaenudin. Biasanya memiliki penampilan yang sama dengan induknya. dinding dan langit langit rumah dll. perabot. Dalam waktu 3-14 hari pada suhu 23°C. Hewan betina segmen terakhir bilateral simetris (ada organ berlese) pada segmen ke-8 terdapat gonopodia. metasternum. sambil mengalami beberapa kali . telur akan menetas menjadi nimfa. (Djaenudin. nimpa dan dewasa.

Mereka kemudian merangkak pergi ke tempat persembunyian untuk mencerna makanan.edu) 2. kotak listrik. 2.osu. dan lipatan kasur. retak di plester. sedangkan bed bug dewasa dapat membesar dengan waktu sepuluh sampai lima belas menit. efek psikologis. anemia dan gejala alergi. (ohioline. Bed bugs awalnya dapat ditemukan sekitar jahitan.penukaran kulit. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia. Bed bugs sering merangkak ke atas untuk bersembunyi di hiasan dinding. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam. Mereka kebanyakan makan di malam hari ketika hust mereka tertidur. Bed bugs lebih memilih permukaan kain. retakan lantai.osu.edu) Bed bugs bersembunyi pada siang hari dalam gelap.8 Penyakit yang disebabkan Kutu Busuk Serangga parasit dari keluarga Cimicidae adalah spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. kayu. Mereka kemungkin bersembunyi di kusen jendela dan pintu. dan di bawah papan taktik dari dinding ke dinding karpet. dan kertas.7 Kebiasaan hidup dan tempat tinggal bed bug Bed bugs serangga pergerakan cepat yang aktif di malam hari. Laju perkembangan juga tergantung pada suhu dan makanan. Dengan menggunakan paruhnya yang tajam untuk menembus kulit host. khususnya pada tempat tidur. Kutu busuk betina tahan hidup tanpa makan darah selama 1 tahun dan juga terhadap suhu rendah (0°C) untuk waktu yang lama. meskipun mereka dapat melakukan perjalanan jarak jauh. (Wikipedia. Kutu busuk bisa menggigit korbannya tanpa ketahuan. tepian furniture. dan cetakan langit-langit. (ohioline. Perkembangan sempurna dari telur menjadi dewasa membutuhkan waktu 5 bulan bahkan lebih. kemudian menyebar ke celah-celah di ranjang. Hemiptera. mereka menyuntikkan cairan ludah yang mengandung antikoagulan yang membantu mereka menghisap darah. Kutu busuk dewasa bisa hidup selama 6-12 bulan. Nimfa dapat membesar dengan menghisap darah dalam waktu tiga menit. lipatan kain. Setiap kali akan mengalami penukaran kulit kutu busuk itu harus menghisap darah terlebih dahulu. 2014). tergantung pada temperatur dan ketersediaannya makanan. . Mereka biasanya tinggal dekat dengan host.

dan bahkan lecet. Diagnosis Gigitan kutu busuk sebenarnya tidak menyakitkan karena air liur meraka mengandung zat anestesi. bisa ringan atau bahkan berat. Menurut Studi epidemiologi dan eksperimental hepatitis B dapat ditemukan dengan serangga penghisap darah. Hal ini tergantung dari beberapa faktor. Tempat gigitan yang menjadi gatal digaruk-garuk dan faeces kutu busuk terdorong masuk kedalam luka bekas gigitan. Kutu busuk paling suka darah manusia. Akan tetapi adanya antikoagulan atau kandungan pengencer darah dalam air liur kutu busuk menyebabkan sebagian orang mengembangkan reaksi alergi pada kulitnya. . Demikian dikutip dari AsiaOne. Ditularkan melalui gigitan serangga pengisap darah ataupun kutu busuk. Tetapi ada juga orang-orang yang seolah-olah tidak merasa apa apa kalau digigit oleh kutu busuk. Kutu busuk dapat menularkan penyakit hepatitis B ketika mereka menggigit penderita dan menghisap darah pada host yang sudah memiliki virus hepatitis / penderita penyakit hepatitis. Mereka hisap darah untuk makanan mereka. Pada saat menghisap darah. unggas lainnya. lengan dan kaki. 331) Sampai sekarang tidak ada bukti-bukti bahwa kutu busuk berfungsi sebagai vektor transmisi penyakit-penyakit manusia. Kutu busuk mengganggu kesenangan manusia karena menggigit dan menghisap darah manusia. Beberapa saat setelah digigit kutu busuk. dermatolog di Dermatology Associates di Gleneagles Medical Centre. ini disebut sebagai penyakit ruam-ruam. mulut bekas menghisap darah penderita hepatitis B tadi akan masuk ke dalam jaringan kulit manusia dan virus yang ada di dalamnya akan menyebar dan bercampur dengan darah orang lain yang sehat. misalnya kekebalan individu yang bersangkutan. seperti nyamuk. Reaksi ini sebenarnya bervariasi di masing-masing orang. kemudian kutu busuk tersebut berpindah lagi pada objek lain dan langsung mengisap darah kembali. Selasa (17/9/2013). tempat yang digigit menjadi merah. Ada orang yang sangat sensitif terhadap gigitan kutu busuk.seperti wajah. kulit akan menjadi gatal dan timbul bentol yang memerah. Parasitologi Kedokteran . bengkak dun gatal. Kutu busuk mempunyai kebiasaan untuk degaekasi segara sehabis menghisap darah. Dijelaskan dr Chan Chew Yuin. tikus. gigitan kutu busuk umumnya muncul di bagian tubuh yang terbuka. tetapi kadang-kadang juga menghisap darah ayam. (Djaenudin. tetapi dengan cara ini tidak ada penularan penyakit 7. kutu busuk gigitan. leher. binatang-binatang lain.

parasitologi kedokteran. EGC : Jakarta. Djaenudin. Dkk. juni. Gramedia pustaka utama : Jakarta. Gigitan kutu busuk bisa jadi infeksi apabila orang yang digigit menggaruk berlebihan hingga menjadi luka. Prianto. 2005.1995. Meski luka bisa sembuh. Parasitologi kedokteran dituju dari orang tubuh yang di serang. . namun bisa jadi meninggalkan jaringan kulit atau terjadi peningkatan pigmentasi kulit sehigga muncul tanda hitam di bekas bentolan itu Natadisatra.