You are on page 1of 8

1.

Tuan Andi merupakan seorang direktur perusahaan yang sedang mempunyai masalah pribadi
dengan keluarganya yang mengakibatkan hatinya resah kemudian sesampainya di kantor ia
memarahi anak buahnya sebagai pelampiasan kekesalannya. Sikap Tuan Andi
mencerminkan MAWAS
2. Kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan disebut PELUANG
3. Peluang usaha yang sudah diambil akan mengakibatkan dua kemungkinan yaitu ...
4. Seorang siswa yang haus akan ilmu pengetahuan dan selalu berusaha untuk menjadi lebih
baik merupakan siswa yang memiliki sikap KERJA KERAS
5. Meraih keberhasilan diperlukan sikap kerja keras, makna dari kerja keras adalah ...
6. Bukan termasuk tujuan menerapkan perilaku kerja prestatif adalah …
a. meningkatkan motivasi bekerja
b. meningkatkan hutang perusahaan
c. meningkatkan komunikasi timbal balik
d. meningkatkan efesiensi dalam bekerja
e. meningkatkan keuntungan perusahaan
7. 1). Terlalu bersikap nepotisme
2). Strategi distribusi tidak tepat
3). Sumber daya manusia yang lemah
4). Launching produk yang kurang tepat
5). Tidak menggunakan konsep tim
Faktor penyebab kegagalan usaha dari aspek manajemen menurut Karakaya dan Kobu
adalah … 1, 3, dan 5
8. Keberhasilan wirausaha dari segi produk didukung oleh adanya ...
a. promosi yang efektif
b. disiplin dalam perbuatan
c. menguasai bidang usaha
d. jujur terhadap orang lain
e. kerjasama dengan para ahli
9. 1). Usaha penggemukan sapi 4). Usaha supplier obat-obatan
2). Usaha kerajinan kayu jati 5). Usaha perkebunan karet
3). Usaha budidaya jamur merang
Jenis lapangan usaha yang termasuk dalam bidang usaha agraris adalah 1-3-5
10. 1). Usaha penangkaran rusa 4). Usaha pertambangan pasir
2). Usaha penangkapan ikan laut 5). Usaha perkebunan karet
3). Usaha budidaya kerang mutiara (ragu-ragu)
Jenis lapangan usaha yang termasuk dalam bidang usaha ekstraktif adalah 2-4
11. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang bukan termasuk pengertian kewirausahaan…
a. termasuk peluang dalam sistem ekonomi.
b. proses mengidentfikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan

d. kemauan keras b. sanggup memikul resiko c. .. makna dari kerja keras adalah . Menurut Bygrave karakteristik wirausahawan itu antara lain … a b c d e  Prestatif  Team  Prestatif  Decided  Decisiveness  Creative work  Positive  Dicipline  Determination  Innovation  Destiny thinking  Discuss  Dedication  Initiate  Take a  Planning  Director  Devotion risk  Problem Responsibili solving ty 15.. penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari. 12. pesimistis d. sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. dapat membantu masyarakat di dalam usaha c. tanggung jawabnya sangat besar dan berat. mengabaikan resiko b. fleksibel b. merencanakan sebelum bertindak.. Berikut ini yang tidak termasuk keuntungan menjadi wirausaha adalah … a. Pernyataan berikut ini yang bukan termasuk karakteristik wirausahawan adalah … a. bekerja secara tekun dan mandiri 13. Kata wira artinya … a. berfikir maju kedepan d. keterampilan e. belajar dari pengalaman c.. c. bekerjasama dengan orang lain d. menghasilkan sesuatu untuk orang lain e. Ditinjau dari asal usul kata. kreatifitas c.. Meraih keberhasilan diperlukan sikap kerja keras. orang yang berani menanggung resiko untuk bekerja secara mandiri demi mempertahankan kelangsungan hidupnya e. kewirausahaan berasal dari 2 (dua) kata yaitu “wira” dan “usaha”. b. dapat mendemonstrasikan potensi secara penuh 17. dapat menjadi bos dalam perusahaan sendiri d. bekerja sama 16. 14. kemampuan untuk lebih baik e. a. dapat mencapai tujuan usaha yang dikehendaki. e. Berikut ini yang tidak termasuk sifat-sifat seseorang wirausahawan adalah .

Memberikan pendapatan/royalty 2). tersedianya bahan baku b. Meminimalisir pemalsuan 3). Mendorong kreatifitas dan inovasi 4). adanya minat dan selera masyarakat 20. Terbukanya lapangan pekerjaan Manfaat yang diperoleh dari perlindungan hak kekayaan intelektual terhadap hasil temuan (karya) adalah 2-4 25. Terbukanya lapangan pekerjaan Manfaat yang diperoleh dari perlindungan hak kekayaan intelektual bagi para penemu adalah 1-3 24. Meningkatkan daya saing produk 5). Hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada investor atas hasil invensinya di bidang teknologi yang melaksanakan sendiri invensinya atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya adalah PATEN 22. manajemen yang profesional d. 1). a. Bahan baku mudah didapat 4). Meminimalisir pemalsuan 3). selera masyarakat b. trend dan perubahan yang terjadi . Persaingan produk sejenis 2).18. Proses produksi cukup rumit 3). Faktor-faktor yang termasuk aspek eksternal dari analisis SWOT adalah Oppurtunities dan Threats 19. yang termasuk analisis faktor weakness terhadap sebuah produk adalah 2-4 21. Meningkatkan daya saing produk 5). Memberikan pendapatan/royalty 2). tempat tinggal konsumen d. mudah ditiru oleh pihak lain 5). Bukan termasuk faktor opportunities bagi sebuah usaha adalah… a. permintaan masyarakat c. adanya fasilitas kredit lunak c.. Mendorong kreatifitas dan inovasi 4). pasar sasaran sangat menyukai Berdasarkan pernyataan di atas. kemudahan pengurusan izin usaha e. Bukan termasuk faktor yang diperhatikan oleh wirausahawan dalam proses pembuatan produk barang adalah . 1). Seseorang yang dengan sengaja menjiplak hasil karya orang lain disebut PLAGIATOR 23. 1).. kemudahan dan keamanan e.

dapat berubah-ubah e. bantuan pihak ketiga yang tidak memihak dan aktif membimbing kearah penyelesaian. membuat kesepakatan yang dituangkan secara tertulis dan disetujui oleh semua pihak. mentransfer teknologi ke negara asing e. Berikut ini yang bukan termasuk fungsi dari pembuatan prototype adalah . tidak dapat diukur c.. d. b. Merekrut karyawan 3). . memamerkan. memiliki daya tahan d. a. Mendesain bentuk produk 4). e.Kemasan yang langsung melekat pada produk disebut kemasan primer 32. Ketentuan bagi pemegang paten yang diterbitkan di Indonesia antara lain … a. a. meminta saran atau masukan dari pihak ketiga yang professional c. untuk menyempurnakan suatu desain c.26. 1). Putusan penyelesaian sengketa Hak Paten harus diucapkan paling lama dalam …setelah pendaftaran gugatan. 34. Sebelum sebuah produk dijual dalam jumlah banyak kepada para konsumen terlebih dahulu dibuat prototype yakni Pengertian Prototipe atau light user 29. melibatkan seorang pihak ketiga atau lebih yang profesional di bidangnya. membuat orang lain menganggap serius sebuah bisnis e. Mengumpulkan ide 2). Mediasi merupakan alternative penyelesaian sengketa dengan cara … a. untuk menjaga prestise wirausaha b.TERSIER 27. merekrut tenaga kerja dalam negeri c. tidak dapat dipisahkan 28. merekrut tenaga kerja asing b. Bukan termasuk ciri-ciri dari produk jasa adalah . mengedarkan atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta dapat dipidana dengan hukuman Maksimal 5 tahun penjara dan dendan 500 jt 35. Merumuskan aspek-aspek fisik Dari pernyataan di atas tahap-tahap dari pembuatan prototype adalah 1-3-5 31. harus memproduksi patennya di luar negeri d. mendapatkan investor dalam negeri 33.. Sengaja menyiarkan.SEKUNDER. Menentukan jumlah permintaan 5). bantuan pengadilan untuk memberikan sangsi atau hukuman. dapat menguji performa berbagai bentuk perencanaan 30.. Menurut intensitasnya kebutuhan manusia itu dikelompokkan menjadi PRIMER.. sebagai alat bantu deskripsi sebuah produk d. tidak berwujud b.

a. promosi c.100.Biaya implisit (implicit cost) Berarti nilai input yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dalam aktivitas produksinya sendiri. Sebuah usaha percetakan mengeluarkan biaya sebagai berikut: beli kertas dan bahan pembantu lainnya Rp 2.00. produksi d. contohnya .2.500. Biaya rata-rata 4).000.000.00/bulan . Biaya listrik Rp 500. 1).000.000. Biaya gaji karyawan 2 orang.00/bulan.00/bulan Dari data di atas maka jumlah Biaya Variabel (Variable Cost) adalah Rp.6..000/bulan.36. Biaya gaji karyawan 2 orang. biaya retribusi c. Biaya variabel 5). Biaya produksi merupakan semua pengeluaran yang dilakukan wirausahawan untuk memperoleh Faktor faktor produksi dan bahan mentah untuk menciptakan produksi 38. Prototype SALAH e.. Biaya sewa tempat Rp.000.. Biaya Implisit 5). Biaya Tetap 4). 1). 600.500. masing-masing Rp 1. biaya gaji karyawan 43. Biaya marginal 2).000. Proses pembuatan contoh atau model sebuah produk dinamakan a.00. masing-masing Rp 1. Biaya Eksplisit 3). Biaya variabel merupakan biaya yang sifatnya berubah-ubah sesuai dengan volume barang atau jasa yang dihasilkan. biaya sewa b. biaya bahan baku e.500. biaya penyusutan d. prototyping ini benar 37. Biaya tetap 3)..000 44. Biaya Variabel Yang termasuk biaya jangka pendek adalah 1-3-5 39. desain b. Sebuah usaha percetakan mengeluarkan biaya sebagai berikut: beli kertas dan bahan pembantu lainnya Rp 2. 40. 41.000/bulan. Biaya Total 2). contohnya adalah Biaya bahan baku 42. 600. Biaya listrik Rp 500.00/bulan. Biaya semi variabel Jenis biaya jika dilihat dari volume kegiatannya terdiri atas .. Biaya sewa tempat Rp.000..000 atau Rp. Biaya implisit merupakan biaya yang tidak secara langsung terlihat.000. Berikut ini yang bukan termasuk biaya tetap atau fixed cost adalah .

1.000. Biaya listrik Rp 500.. masing-masing Rp 1.00/bulan. masing-masing Rp 1. Dari data di atas maka jumlah Biaya Overhead adalah Rp.000. Biaya listrik Rp 500.00/kg 09-10-2018 Masuk proses produksi 6000 kg. Bukan termasuk dimensi menganalisis kegiatan protyping adalah .000. 01-10-2018 Persediaan 4000 kg @ Rp 1000.000 49..000 46..00/kg 08-10-2018 Pembelian 5000 kg @ Rp 2000.00- 51..000 45.000.000- 50.6.000. Sistem pencatatan barang masuk atau keluar dalam kegiatan proses produksi dikenal ada 2 (dua) macam yakni prepetual dan periodik 48..000 47. Jika menggunakan Metode Rata-rata maka harga pokok persediaan dari 8000 kg bahan baku adalah Rp. PT “ESEMKA BISA” yang bergerak dalam lapangan usaha pembuatan briket tempurung kelapa memiliki data bahan baku selama 2 minggu pertama Oktober 2018 sebagai berikut .11.10.000. Perusahaan perabotan rumah tangga PT “ OTO SKENDA” mempunyai data keuangan sebagai berikut: Pembelian bahan baku besi Rp 3. dimensi evolusi . Biaya gaji karyawan 2 orang. Biaya Penyusutan Alat Rp 20.100.678.600.00/bulan. Keuntungan yang ingin dicapai 30%.. 600. dimensi presisi b.000. PT “ESEMKA BISA” yang bergerak dalam lapangan usaha pembuatan briket tempurung kelapa memiliki data bahan baku selama 2 minggu pertama Oktober 2018 sebagai berikut .00/kg 08-10-2018 Pembelian 5000 kg @ Rp 2000. 01-10-2018 Persediaan 2000 kg @ Rp 1000. Jika menggunakan Metode FIFO maka harga pokok persediaan dari 6000 kg bahan baku adalah Rp.800. PT “ESEMKA BISA” yang bergerak dalam lapangan usaha pembuatan briket tempurung kelapa memiliki data bahan baku selama 2 minggu pertama Oktober 2018 sebagai berikut .600. Harga jual per unit nya adalah Rp.000.000..500. 600. Sebuah usaha percetakan mengeluarkan biaya sebagai berikut: beli kertas dan bahan pembantu lainnya Rp 2. Jika menggunakan Metode LIFO maka harga pokok persediaan dari 6000 kg bahan baku adalah Rp. Biaya sewa tempat Rp.100.. Biaya sewa tempat Rp.12.000.00. Biaya Listrik Rp 200.00/bulan Dari data di atas maka jumlah Biaya Tetap (Fixed Cost) adalah 3.00.000/bulan.00.00/bulan.00/bulan. Sebuah usaha percetakan mengeluarkan biaya sebagai berikut: beli kertas dan bahan pembantu lainnya Rp 2.000.00/kg 09-10-2018 Masuk proses produksi 8000 kg.000.000.00/bulan Dari data di atas maka jumlah Biaya Produksi (Total Cost) adalah Rp.000/bulan.000. Jumlah produk “Rak Piring” yang dihasilkan 10 unit. 01-10-2018 Persediaan 2000 kg @ Rp 1000. Upah tenaga kerja Rp 2.00/kg 08-10-2018 Pembelian 6000 kg @ Rp 2000.00- 52.000.000. a.500.00/kg 09-10-2018 Masuk proses produksi 6000 kg.00. Biaya gaji karyawan 2 orang.000.

prototype 57... bentuknya kasar atau halus b.. bentuk-bentuk simetris 56.. Trend 2). a. a. Penawaran 5). a. tulisan dan gambar b. khusus . Logo merupakan salah satu desain komunikasi . dimensi revolusi d. desain d. logo b. Logotype merupakan sebuah identitas yang awalnya berupa . merek c. logo b. Suatu huruf atau lambang yang mengandung makna terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama badan usaha disebut .. Logo sebagai simbol identitas pertama kali digunakan oleh senat atau rakyat di Roma/Yunani 55. menggambarkan prediksi siklus hidup suatu prototype d. umum b. tulisan tanpa gambar c. a. dimensi representasi 53. Bentuk/marking 4). Analisis kegiata prototyping dari aspek dimensi interaktif contohnya adalah . c. menggambarkan tingkat ketelitian prototype yang akan dievaluasi 54. gambar hitam putih d... diagram e. Menarik mata Desain logo mempunyai tujuan utama sebagai 135 59. Identitas yang digunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga atau perusahaan maupun organisasi disebut . diagram e. pembeli menyukai atau tidak terhadap layanan pihak perusahaan e. gambar warna warni e.. bersifat sekali pakai atau permanen c.. desain d. 1). dimensi interaktif e. merek c. a.. Permintaan 3). prototype 58.

c. pesan yang ingin disampaikan wirausaha kepada karyawan d. pesan yang ingin disampaikan publik kepada wirausaha c.. manual e. a. Faktor yang paling mendasar untuk dijadikan sebagai konsep logo adalah . visual d. pesan yang ingin disampaikan karyawan kepada wirausaha e. komersil 60.. peasn yang ingin disampaikan wirausaha kepada pemerintah . pesan yang ingin disampaikan wirausaha kepada publik b.