Perencanaan Instalasi Gedung Bertingkat

• •

View clicks

Posted December 25th, 2007 by payiman

Teknik Elektro

Jika kita mendirikan bangunan, bukan hanya keindahan tampak bangunan dan keserasian bangunan terhadap lingkungan yang harus kita perhatikan. Namun juga keamanan bangunan tersebut terhadap segala bencana yang dapat diakibatkan oleh kurang diperhatikannya perencanaan instalasi yang terdapat didalam bangunan tersebut. Selain itu juga harus diusahakan kemudahan bagi penyelamatan penghuni bila terjadi bencana. Setiap rencana instalasi dari bangunan yang akan dilaksanakan harus diteliti dahulu oleh seksi Instalasi dan Perlengkapan Bangunan/TPIB (Team Penasehat Instalasi dan Perlengkapan Bangunan). Beberapa macam Instalasi yang harus diperhatikan : 1. Instalasi Pemadam Kebakaran Sistem yang bisa digunakan antara lain : * Sistem Hydrant * Sistem Sprinkler * Sistem Fire Alarm 2. Instalasi Elevator & Eskalator Didalam perencanaan instalasi Elevator dan Eskalator, yang harus diperhatikan: * Pola lalu lintas orang dan barang disekitar dan didalam gedung harus diperhatikan * Elevator penumpang, barang dan kebakaran harus terpisah * Cara penanggulangan bila terjadi keadaan darurat. 3. Instalasi Air Buangan Didalam perencanaan instalasi air buangan, yang harus diperhatikan antara lain : * Sistem jaringan air kotor dan air hujan diluar bangunan * Sistem pengelolaan air kotor * Pengolahan air kotor tidak boleh mengganggu lingkungan sekitarnya. 4. Instalasi Listrik Didalam perencanaan instalasi listrik yang harus diperhatikan adalah : * Sakelar khusus ukuran (rating) pengaman jenis pengaman dan penampang kabel * Penempatan generator genset * Sumber tenaga yang digunakan PLN, atau pembangkit tenaga listrik sendiri.

6.indoskripsi. AHU pada lokasi kebakaran harus mati secara otomatis berbarengan dengan fire alarm bekerja * Faktor keamanan yang dipakai. http://one. gelombang elektromagnetis ini menimbulkan "Spike / transient over-voltage" yang sangat merusak peralatan electronic di dalam gedung .. pohon yang tumbang / terbakar.5.terutama peralatan yang terhubung dengan sumber listrik dan jaringan komunikasi yang menggunakan kabel tembaga . Instalasi Plumbing Didalam perencanaan instalasi plimbing yang harus diperhatikan adalah : * Sistem pemipaan air bersih * Sistem pemipaan air limbah * Sistem pemipaan air hujan * Sistem pemipaan air limbah. Namun efek sekunder petir tidak-lah dapat di lihat langsung. bahkan juga kematian manusia dan hewan. Muatan energy arus listrik dari petir ini pernah di ukur mulai dari beberapa ribu ampere hingga di atas 200.com/node/289 Penangkal Petir (Lightning Protection) Petir adalah salah satu fenomena alam yang dahsyat dan dapat merusak.000 ampere! .. Instalasi Air Codition dan Refrigeration * Apabila harus terjadi kebakaran.cukup untuk menyalakan setengah juta lampu bohlam 100 watt meskipun arus petir pada saat mengalir ke bumi / tanah durasi nya singkat yaitu hanya 200 micro-second tetapi kerusakan yang di timbulkan dapat sangat besar Efek dari sambaran petir langusung cukup jelas terlihat dan langsung terasa seperti kerusakan pada bagian gedung.

Interaksi: memudahkan terjadi interaksi antara guru dan siswa maupun antar siswa. 2.Mobilitas: siswa dan guru mudah bergerak dari satu bagian ke bagian lain dalam kelas. Para peserta didik dapat melihat guru dan/atau melihat media visual dengan mudah dan mereka dapat saling berhadapan langsung satu dengan yang lain. yakni yang menyenangkan dan menantang. atau kelompok. maka sangat mungkin menggunakan beberapa formasi ini sesuai dengan yang diinginkan 1. berpasangan.Aksesibilitas: siswa mudah menjangkau alat atau sumber belajar yang tersedia. 2. Susunan ini ideal untuk membagi bahan pelajaran kepada peserta didik secara cepat karena guru dapat masuk ke huruf U dan berjalan ke berbagai arah dengan seperangkat materi.rafindo. Jika mubeler (meja atau kursi) yang ada di ruang kelas dapat dengan mudah dipindah-pindah. Formasi kelas berikut ini tidak dimaksudkan untuk menjadi susunan yang permanen. Formasi Corak tim .Formasi Huruf U Formasi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan.Sistim proteksi petir yang baik harus memadukan proteksi struktur bangunan dan proteksi peralatan electronic didalam gedung Dengan mengikuti petunjuk yang terdapat dalam buku standard untuk sistim proteksi petir kita memastikan proteksi penuh dari gangguan petir tp://www. namun ada beberapa pilihan yang dapat diambil sebagai variasi.co. 3. 26 Februari 2009 MENGELOLA RUANG KELAS TATA LETAK MEJA DAN BANGKU DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS Kursi dan meja siswa dan guru perlu ditata sedemikian rupa sehingga dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar yang mengaktifkan siswa. Tidak ada satupun bentuk ruang kelas yang ideal. Dekorasi interior kelas harus dirancang yang meungkinkan anak belajar aktif. 4.Variasi kerja siswa: memungkinkan siswa bekerjasama secara perorangan. yakni memungkinkan hal-hal sebagai berikut: 1. Lingkungan fisik dalam ruang kelas dapat mejadikan belajar aktif.id/inde Kamis.

6. . Susunan ini dapat membentuk perasaan formal jika pengajar ada pada ujung meja. Kelompok Untuk Kelompok Susunan ini memungkinkan anda melakukan diskusi fishbowl (mangkok ikan) atau untuk menyusun permainan peran. Susunan yang paling khusus terdiri dari dua konsentrasi lingkaran kursi. Susunan ini mengurangi pentingnya pengajar dan menambahkan pentingnya peserta didik. mesin. Meja Konferensi Ini terbaik jika meja relatif persegi panjang. 3. Sebuah lingkaran ideal untuk diskusi kelompok penuh. melakukan kerja laborat) tepat setelah didemonstrasikan. 4. berdebat atau observasi aktifitas kelompok. Workstation Susunan ini tepat untuk lingkungan tipe laboratorium. Tetapi hindarkan penempatan ruangan kelompok-kelompok kecil terlalu jauh dari ruang kelas sehingga hubungan diantara mereka sulit dijaga. Anda dapat meletakkan kursi-kursi mengelilingi meja-meja untuk susunan yang paling akrab. Sediakan ruangan yang cukup. letakkan meja-meja dan kursi dimana kelompok kecil dapat melakukan aktifitas belajar didasarkan pada tim. Breakout Groupings Jika kelas anda cukup besar atau jika ruangan memungkinkan. aktif dimana setiap peserta didik duduk pada tempat untuk mengerjakan tugas (seperti mengoperasikan komputer.Mengelompokkan meja-meja setengah lingkaran atau oblong di ruang kelas agar memungkinkan anda untuk melakukan interaksi tim. Atau anda dapat meletakkan meja pertemuan di tengah-tengah. Lingkaran Para peserta didik hanya duduk pada sebuah lingkaran tanpa meja atau kursi untuk interaksi berhadap-hadapan secara langsung. Tempatkan susunan pecahan-pecahan kelompok saling berjauhan sehingga tim-tim itu tidak saling mengganggu. papan tulis atau layar. Jika anda melakukan. Tempat berhadapan mendorong patner belajar untuk menempatkan dua peserta didik pada tempat yang sama 7. 5. beberapa peserta didik harus memutar kursi mereka melingkar menghadap ke depan ruang kelas untuk melihat anda. sehingga anda dapat menyuruh peserta didik menyusun kursi-kursi mereka secara cepat dalam berbagai susunan kelompok kecil. dikelilingi oleh kursi-kursi pada sisi luar.

Ingatlah : tidak masalah seberapa besar auditorium dan seberapa banyak audien. Jika terdapat banyak peserta didik (tiga puluh atau lebih) dan hanya tersedia meja oblong. anda masih dapat memasangkan mereka dan menggunakan aktifitas-aktifitas belajar aktif yang melibatkan pasangan-pasangan.Jika tempat-tempat duduk itu cocok. Jika tempat duduk-tempat duduk itu dapat dengan mudah dipindah-pindah. namun masih ada harapan. tempatkanmereka dalam sebuah arc (bagian lingkaran) untuk membentuk hubungan lebih erat dan visibilitas peserta didik. suruhlah peserta didik agar duduk sedekat mungkin ke pusat. pandangan lebih baik dan lebih memungkinkan untuk melihat peserta didik lain dari pada baris lurus. Kelas Tradisional Jika tidak ada cara untuk membuat lingkaran dari baris lurus yang berupa meja dan kursi. Dalam susunan ini. 10. tempat paling bagus ada pada pusat tanpa jalan tengah.Auditorium Meskipun auditorium menyediakan lingkungan yang sangat terbatas untuk belajar aktif. Cobalah membuat nomor genap dari baris-baris dan ruangan yang cukup diantara mereka sehingga pasangan-pasangan peserta didik pada baris-baris nomor ganjil dapat memutar jursi-kursi mereka melingkar dan membuat persegi panjang dengan pasangan tempat duduk persis di belakang mereka pada baris berikutnya. cobalah mengelompokkan kursi-kursi dalam pasangan-pasangan untuk memungkinkan penggunaan teman belajar.8. Susunan Chevroun Sebuah susunan ruang kelas tradisional tidak melakukan belajar aktif. barangkali perlu menyusun peserta didik dalam bentuk ruang kelas. 9. sekalipun dianggap barisan lepas dari sisi audotorium. . Susunan V mengurangi jarak antara para peserta didik. Berlaku asertif terhadap bentuk ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful