You are on page 1of 8

Pedoman Wawancara Peserta Didik

No. Pertanyaan Jawaban


1. Apakah pembelajaran menggunakan software tracker menarik
untukmu? Apa alasanmu?

2. Kesulitan apakah yang kamu rasakan pada saat mengikuti


kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker?

3. Dapatkah kamu menjawab permasalahan yang dikemukakan


oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?

4. Apakah lebih paham belajar dengan menggunakan software


tracker atau belajar dengan cara yang biasa dilakukan sehari-
hari?

5. Apakah kamu makin termotivasi belajar fisika setelah


mengikuti pembelajaran dengan menggunakan software
tracker?

6. Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan


pembelajaran menggunakan software tracker?

7. Apakah ada saran agar pembelajaran menggunakan software


tracker lebih mudah dipahami?
Transkrip Wawancara

Peserta Didik 1

Guru : Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh..
PD 1 : Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh.. Nama saya
Rangga Sugara dari kelas X MIPA 3
Guru : Apakah pembelajaran menggunakan software tracker menarik
untukmu? Apa alasanmu?
PD 1 : Ya menarik, pertama disini kita belajar tentang GLBB
bahwasanya bisa didefinisikan melalui software atau tracker
selain menggunakan benda-benda di lab fisika
Guru : Kesulitan apakah yang kamu rasakan pada saat mengikuti
kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker?
PD 1 : Aaaa.. menggunakan garis dan metode untuk menganalisa garis
yang seperti warna merah dan warna biru
Guru : Dapatkah kamu menjawab permasalahan yang dikemukakan
oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?
PD 1 : Ya, dimana permasalahannya adalah bagaimana menentukan
kecepatan mobil pada GLBB
Guru : Apakah lebih paham belajar dengan menggunakan software
tracker atau belajar dengan cara yang biasa dilakukan sehari-
hari?
PD 1 : Sebenarnya sih kedu-duanya lebih spesifik lebih seru, tapi yang
pertama lebih seru menggunakan tracker karena disini kita
mendapatkan sesuatu yang baru yang waktu SMP kita masih
belajar menggunakan metode dasar seperti mobil yang habis tu
kita tarik kemudian kita lepas dan bola yang menggelinding.
Guru : Apakah kamu makin termotivasi belajar fisika setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan software tracker?
PD 1 : Ya, saya termotivasi karena disini saya sangat seru karena kita
bisa mencoba hal-hal yang lebih baru
Guru : Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan pembelajaran
menggunakan software tracker?
PD 1 : Keuntungannya yang pertama saya merasa seperti menemukan
hal baru untuk pembelajaran disini, untuk SMP saya hanya
belajar hal sederhana yang seperti bola ditarik tapi disini
didefinisikan melalui software dan dianalisis menggunakan
komputer
Guru : Apakah ada saran agar pembelajaran menggunakan software
tracker lebih mudah dipahami?
PD 1 : Sarannya yang pertama mudah-mudahan metode tracker ini
tersebar ke seluruh Indonesia maupun pelosok-pelosok
daerah,bahwasanya ini loh zaman sekarang bukan menggunakan
metode yang seperti dahulu tapi ada definisi yang lebih seru
menggunakan software tracker yang lebih mudah

Peserta Didik 2

Guru : Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh..
PD 2 : Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh.. Nama saya
Alya Jeni Fira Nirwana dari X MIPA 3
Guru : Apakah pembelajaran menggunakan software tracker menarik
untukmu?
PD 2 : Ya sangat menarik
Guru : Apa alasanmu?
PD 2 : Karena belajar menggunakan software tracker tu lebih mudah
daripada belajar secara manual
Guru : Kemudian kesulitan apakah yang kamu rasakan pada saat
mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker?
PD 2 : Mungkin kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker
dirasa sulit karena letak-letak pada tombol software tracker ini
belum diketahui karena dirasa aplikasinya masih baru
Guru : Dapatkah kamu menjawab permasalahan yang dikemukakan
oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?
PD 2 : Ya bisa
Guru : Jadi permasalahan yang dikemukakan oleh guru bisa kamu
jawab semua?
PD 2 : Iya bisa
Guru : Oke berarti kamu pahamlah ya pembelajarannya gimana?
PD 2 : Iya bisa
Guru : Apakah lebih paham belajar dengan menggunakan software
tracker atau belajar dengan cara yang biasa dilakukan sehari-
hari?
PD 2 : Iya saya lebih paham belajar menggunakan software tracker
karena lebih seru dan praktis
Guru : Oo jadi dari belajar menggunakan software tracker itu kamu
sudah paham gitu percepatan dan kecepatan bedanya gimana?
PD 2 : Ya sudah
Guru : Apakah kamu makin termotivasi belajar fisika setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan software tracker?
PD 2 : Iya kak sangat termotivasi belajar fisika menggunakan software
tracker karena dengan teknologi yang digunakan lebih canggih
jadi semakin ingin tau belajar fisika menggunakan software
tracker
Guru : Ya jadi kamu lebih paham ya belajar fisika menggunakan
software tracker?
PD 2 : Iya lebih paham belajar fisika dengan software tracker
Guru : Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan pembelajaran
menggunakan software tracker?
PD 2 : keuntungannya lebih mudah dan efisien
Guru : Terus? Ada lagi gak?
PD 2 : lebih paham dan efisien
Guru : Apakah ada saran agar pembelajaran menggunakan software
tracker lebih mudah dipahami?
PD 2 : Emm.. saya rasa belajar menggunakan software tracker ini
sudah cukup jelas asal kita mengetahui teknologi
Guru : Jadi gak perlu saran lagi ya?
PD 2 : Ya kak sudah cukup karena ada pedomannya sudah jelas.

Peserta Didik 3

Guru : Nama kamu siapa, kelas berapa?


PD 3 : Muhammad Zikra Assaufi kelas X MIPA 3
Guru : Oke gini bapak mau nanya beberapa pertanyaan, apakah
pembelajaran menggunakan software tracker menarik untukmu?
PD 3 : Menurut saya sangat menarik
Guru : Alasannya apa ya?
PD 3 : Alasannya karena kita kan kalo biasanya kan menghitung
kecepatan atau gitu kan menggunakan alat-alat yang susah
digunakan kalo pake alat tracker ini tinggal masukkan videonya,
pokoknya kayak gitulah pak..
Guru : Oh gitu yo
PD 3 : Iyo pak mudah jadinyo pak
Guru : Emang alat yang pernah kamu pake apo be emang?
PD 3 : Eee timer lah pak
: Timer? Emang pernah pake timer?
PD 3 : Pernah di pake hape itu kan sulit pak
Guru : Ha pertanyaan selanjutnya yo, kesulitan apakah yang kamu
rasakan pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan
software tracker?
PD 2 : Emmm
Guru : Ada gak kesulitannya?
PD 3 : Alhamdulillah kayaknyo dak ado pak
Guru : Oh serius dak ado?
PD 3 : Dak ado
Guru : Dapatkah kamu menjawab permasalahan yang dikemukakan
oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?
PD 3 : Dapat pak, setelah menggunakan software tadi jawabannya
dapat pak
Guru : Apakah lebih paham belajar dengan menggunakan software
tracker atau belajar dengan cara yang biasa dilakukan sehari-
hari?
PD 3 : Dengan software tracker lebih praktis pak
Guru : Apakah kamu makin termotivasi belajar fisika setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan software tracker?
PD 3 : InsyaAllah termotivasi pak
Guru : Oke, Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan
pembelajaran menggunakan software tracker?
PD 3 : Keuntungannyo, itu tadi pak lebih mudah, lebih praktis, tidak
ribet
Guru : Oke yang terakhir ya, apakah ada saran agar pembelajaran
menggunakan software tracker lebih mudah dipahami?
PD 3 : Dak ado kayaknyo pak
Guru : Jadi cukup itu be yo?
PD 3 : Iyo pak

Peserta Didik 4

Guru : Selamat siang ini dengan adek siapa ya?


PD 4 : Miftah Alfiqri
Guru : Ibu mau nanya ya, kan ini sudah belajar tentang software
tracker tadi sudah ada percobaannya, apakah pembelajaran
menggunakan software tracker menarik untukmu?
PD 4 : Ya pembelajaran menggunakan software tracker sangat menarik
Guru : Alasannya?
PD 4 : Karena dengan menggunakan tracker kita dapat mengetahui
percepatan, jarak dan kecepatan, dan perubahan kecepatan benda
setiap waktu
Guru : Apakah ada kesulitan yang dirasakan pada saat mengikuti
kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker?
PD 4 : Kesulitannya adalah hanya pada saat menguraikan sumbu-
sumbu pada diagram tracker
Guru : Disini apakah kamu dapat menjawab permasalahan yang
dikemukakan oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?
PD 4 : Dapat..
Guru : Emm oke, Apakah kalau kita belajar menggunakan software
tracker lebih paham atau dengan cara belajar yang biasa
dilakukan sehari-hari?
PD 4 : Lebih mudah dengan menggunakan software tracker
Guru : Lebih mudah menggunakan software tracke ya.. Apakah dengan
ini kamu makin termotivasi belajar fisika setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan software tracker?
PD 4 : Ya semakin termotivasi
Guru : Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan pembelajaran
menggunakan software tracker?
PD 4 : Keuntungan yag pertama adalah kita dapat dengan mudah
menghitung percepatan itu melalui kecepatan benda dalam tiap
satuan waktu dan yang kedua kita dapat menentukan selisih jarak
pada lintasan tersebut tiap waktunya
Guru : Disini apakah ada saran agar pembelajaran menggunakan
software tracker lebih mudah dipahami?
PD 4 : Sarannya sebaiknya software tracker dibuat dalam bahasa
Indonesia agar lebih mudah dipahami.
Peserta Didik 5

Guru : Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh..
PD 5 : Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh.. Nama Ayu
Safitri kelas X MIPA 3
Guru : Apakah pembelajaran menggunakan software tracker menarik
untukmu? Apa alasanmu?
PD 5 : Software tracker menarik, bisa mendapatkan analisis gerak
benda
Guru : Kesulitan apakah yang kamu rasakan pada saat mengikuti
kegiatan pembelajaran menggunakan software tracker?
PD 5 : Kesulitannya adalah pada mengetrek benda
Guru : Dapatkah kamu menjawab permasalahan yang dikemukakan
oleh guru pada awal kegiatan pembelajaran?
PD 5 : Ya dapat
Guru : Apakah lebih paham belajar dengan menggunakan software
tracker atau belajar dengan cara yang biasa dilakukan sehari-
hari?
PD 5 : Ya lebih paham menggunakan software tracker
Guru : Apakah kamu makin termotivasi belajar fisika setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan software tracker?
PD 5 : Termotivasi..
Guru : Apakah keuntungan yang kamu dapatkan dengan pembelajaran
menggunakan software tracker?
PD 5 : Keuntungannya bisa mengetahui, bisa menghitung dan juga bisa
mendapat itu.. grafik-grafik, menentukan grafik dan kecepatan
Guru : Apakah ada saran agar pembelajaran menggunakan software
tracker lebih mudah dipahami?
PD 5 : Saran untuk diri sendiri?
Guru : Saran untuk semuanya agar belajar tracker lebih mudah
dipahami
PD 5 : Sarannya agar semua siswa dapat mengetahui dan siswa dapat
mendalami tentang tracker dalam pembelajaran fisika