You are on page 1of 3

PEDOMAN WAWANCARA MENDALAM SUAMI

Pelaksanaan wawancara
Identitas Informan
Nama : Pipit Santoso (Suami Ny. Aryanti)
Umur : 32 Tahun
Pendidikan Terakhir : SMA
Pekerjaan : Driver Online
Tanggal Wawancara
Mulai pukul : 8 April 2017 / 10.00-11.00
Tempat wawancara : Rumah Informan

I. Pemberian ASI eksklusif


1. Menurut bapak, apakah istri bapak pernah memberikan ASI kepada bayi bapak ?
Pernah sih mba.
2. Berapa lama istri bapak memberikan ASI kepada bayi ? probing: waktu mulai, waktu
berhenti?
Setahu saya istri saya itu biasanya nyusui anak malam ya mba pas pulang kerja
sampai pagi sebelum berangkat kerja. Semaunya anaknya aja mba 3 jam sekali
kayaknya
3. Selama bayi bapak berumur 0-6 bulan, pernahkah diberi makanan/minuman selain
ASI? Probing: air putih/madu/pisang
Pernah mba air putih umur 3 bulanan, tapi kalau pisang dikasihnya pas umur 6 bulan
ini mba, madu kayaknya belum pernah mba.

II. Dukungan Suami


1. Bagaimana sikap bapak ketika istri memberikan susu formula kepada bayi bapak?
Probing: jika setuju, apa alasannya
Ya mau gimana lagi ya mba. Kemarin itu lahiran operasi cecar. Asinya gak lancar
juga. sementara anaknya ini udah nangis terus. Udah 2 jam gitu dianya nangis aja. Pas
mau disusui kan belum keluar air susunya. Itu dikasih susu formula dulu daripada
kelaparan mba kasian dianya
2. Pernahkah bapak menganjurkan istri untuk memberikan makanan/minuman selain
ASI kepada bayi bapak saat umur 0-6 bulan ? probing: apa alasannya
Kalau keadaan darurat gitu ya saya bilang kasih susu botol aja daripada anaknya
nangis terus. Belum disusuin. Mau gimana lagi mba
3. Bagaimana cara bapak meyakinkan istri untuk memberikan ASI kepada bayi bapak ?
Saya sih terserah sama istri ya mba. Kalau urusan gitu biarlah dia yang nentuin. Yang
penting anak sehat aja. Saya selalu dukung apa yang dilakuin istri.
4. Pernahkan bapak memberikan pujian kepada istri karena memberikan ASI kepada
bayi bapak ? probing: jika pernah bagaimana bentuk pujiannya
Kalau itu sih enggak ya mba, itu udah kewajiban seorang istri jadi enggak perlu di
puji. paling saya cuma bantuin buatin susu sama jaga anak aja mba kalau lagi di
rumah.
5. Bagaimana reaksi bapak saat istri mengeluh (capek, stress, gelisah, pegal) selama
memberikan ASI ?
Ya saya bilang gini. Yauda istirahat saja. Gak usah bangun tengah malam dulu. Kalau
dianya nangis saya saja yang bangun kasih susu tengah malam. Karena kasian juga
mba. Dari pagi sampe malam baru sampe rumah terus belum lagi ngurus rumah dan
anak
6. Apa yang bapak lakukan agar istri tidak stress dalam periode menyusui bayi ?
Ya kadang-kadang kalau hari libur saya ajak jalan-jalan, makan diluar biar gak cepet
stress & bosan mba
7. Selama istri bapak dalam periode menyusui, bagaimana bentuk bantuan dalam hal
pekerjaan rumah yang bapak lakukan?
Paling saya bantuin bikin susu formula terus nyuciin botol-botol, jaga anak, kadang
nyuci baju dan nyuci piring juga
8. Bagaimana bentuk bantuan yang bapak berikan kepada istri agar ASInya dapat terus
lancar keluar ?
Saya coba kasih kacang-kacangan terus sayur-sayuran kayak daun katuk. Sekarang
asinya sudah lancar mba. Tapi ya tetap kalau di rumah sudah abis stok asi.nya.
anaknya dikasih susu formula aja gitu .