Cara Belajar Efektif dan Efisien KIAT BELAJAR EFEKTIF - Jangan pernah lupa belajar secara efektif dan

efisien. Efektif artinya sejauh mana materi dapat dikuasai dalam waktu yang singkat dan beaya yang murah, dengan hasil yang memuaskan. Efisien artinya sejauh mana sesuatu yang dicapai itu bisa tercapai untuk peningkatan ilmu kita. Agar kita meraih prestasi dan memahami semua pengetahuan yang diajarkan dengan mudah, maka kita harus mengatur strategi belajar yang efektif. Stragi belajar yang akan kita terapkan harus meliputi hal-hal sebagai berikut : 1. Penentuan Target Tentukan target-target kita di semester ini, buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut. 2. Tingkatkan Konsentrasi Usahakanlah selalu berkonsentrasi penuh ketika mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kita dengar dengan konsentrasi akan mudah diingat lagi begitu kita menghafal ulang pelajaran tersebut. 3. Ulangi Apa Yang Kita Pelajari Beberapa teman kita mungkin merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran dengan komputer. Logikanya dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kita peroleh dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak untuk jangka waktu lebih lama. Lebih bagus lagi kalau kita mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. 4. Diskusikan Hasil Yang Kita Pelajari Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-kata sendiri. Supaya dapat terpatri lebih lama di memori otak, tulis kesimpulan tadi di catatan kecil. Dalam waktu senggang kita dapat membaca ulang catatan kita. 5. Gunakan Buku Catatan Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi membuka semua buku. 6. Ulangi Pelajaran Dengan Mengajarkan Pada Teman Lain Mengulangi pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru saja diperoleh bisa membuat kita selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi kita jadi lebih paham akan materi tersebut. 7. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam, Sejam Atau Semenit Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan kita

Pahamilah Orang Lain. 11. Malam hari dipergunakan untuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah. Cari Solusi Yang Lebih Baik Bila kita tidak mengerti akan bahan yang diajarkan hari ini. karena semangat masih tinggi. Suasana Belajar yang Mengasyikkan Gunakan suasana yang tenang dan mengasikkan. kalau perlu memakai tabel atau gambar ilustrasi supaya diingat. teman ataupun . Kondisi yang bagus ini jangan disia-siakan begitu saja. 9. Maka Mereka Akan Memahamimu 16. Jangan Terforsir Jika tubuh kita lemas dan capek. waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar. 14. Kerjakan Dahulu Mana Yang Lebih Penting ( Prioritas ) Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kita tentukan sendiri. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte tentang apa yang penting bagi kita. 10. Istirahatlah terlebih dahulu. 8.gunakan untuk mengulang pelajaran. Dengan begitu kita akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik di dalam kelas. 13. Coba cara lainnya misalkan dengan cara mendiskusikan dengan guru pengajar. Bertanggung Jawab Atas Diri Sendiri Tanggung jawab merupakan Tolok ukur sederhana dimana kita sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatian. Jadikanlah buku sebagai teman setiamu. pasti kita susah untuk berkonsentrasi. Maka jangan terlalu diforsir untuk belajar atau berkonsentrasi. seperti saat melihat sepakbola. 12. Anggap Dirimu Berada Dalam Situasi "Co-opetition" ( Bukan situasi "Win-Win" Lagi ) "Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" ( kerjasama) dan "competition" ( persaingan). Jadi selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberi masukkan ide baru. Yang penting badan masih segar setelah tidur / istirahat yang cukup. 15. Jadi tidak pernah ada kata begadang. anggaplah teman sebagai saingan juga di dalam kelas. Pagi digunakan untuk berkonsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya berkonsentrasi untuk mengulang kembali. dua pertiga malam. Pilih Waktu Belajar Yang Tepat Gunakan waktu di pagi hari. caranya selalu membuat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. atau diwaktu senja semua tergantung kita semua. Pusatkan Diri Terhadap Nilai Dan Prinsip Yang Kita Percaya Tentukan sendiri mana yang penting bagi diri kita. jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Dijamin belajarmu akan selalu menyenangkan dan penuh semangat.

Hal ini dapat membantu pemahaman yang lebih baik.membuat jadwal harian / mingguan . Membuat Daftar Waktu contoh : . Tantang Dirimu Untuk Selalu Maju 18.html .cc/2010/06/kiat-belajar-efektif.membuat daftar "pekerjaan" .kelompok belajar.merencanakan jadwal yang lebih panjang (Sumber : Kiat Sukses Menjadi Juara Kelas oleh Suranto Penerbit: Karya Mandiri Nusantara) http://www.smkjeunieb. Pengaturan Jadwal Belajar 19.co. 17.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful