RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

TKJ SMKN 1 SINGKAWANG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Kompetensi Kode Durasi Pemelajaran : SMK : SMK NEGERI 1 SINGKAWANG : KOMPETENSI KEJURUAN : X/2 : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan Periferal : HDW.MNT.202.(2).A : 12 jam @ 45 menit

I. Standar Kompetensi : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan Periferal

1. II. Kompetensi dasar: Mengisolasi permasalahan

III. Indikator: o Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan, agar proses diagnosis dan atau perbaikan tidak menimbulkan permasalahan baru lainnya, o Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan, jika gejala yang muncul sama untuk masalah dengan penyebab yang berbeda. o Tindakan yang bisa dilakukan saat diagnosis dengan cara penukaran perangkat/modul sebagai langkah isolasi sumber permasalahan ditentukan.

IV. TUJUAN 1. Peserta diklat mampu mengklasifikasikan permasalahan pengoperasian PC dan peripheral berdasarkan kelompok masalah 2. Peserta diklat mampu mengidentifikasi kemungkinan penyebab permasalahan pengoperasian PC dan peripheral. 3. Peserta diklat mampu menentukan hipotesa awal penyebab permasalahan pengoperasian PC dan peripheral.

KTSP 2006

Halaman 1 dari 4

Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik i. Guru mengadakan remedial untuk siswa yang belum KTSP 2006 MATERI AJAR Pemeriksaan PC Berdasarkan Urutan yang Telah Ditentukan MEDIA SUMBER Wakt u 1. permasalahan. permasalahan. f. Guru menggali pengetahuan awal Peserta Diklat sehingga Peserta Diklat dapat menangkap gagasan utama dengan pertanyaan-pertanyaan b. si permasalahan. d. Guru memberikan contoh Mengisolasi permasalahan. Guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan. B.RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN TKJ SMKN 1 SINGKAWANG STRATEGI PEMBELAJARAN A. b. h. Penutup a. Guru memberikan posttest “Mengisolasi permasalahan”. Pendahuluan a. mengisolasi • Buku Instalasi PC • Majalah Komputer • Koran • Internet 2) Langkah-langkah ini perlu dilakukan guna memfokuskan permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan tepat. • PC AMI Modul BIOS Interaktif 2. Peserta Diklat memberi kesimpulan terhadap seluruh materi g. mengidentifika menganalisis c. Buku Teknisi PC IBM Komputer BIOS • Buku Manual PC 1) Untuk mendiagnosis permasalahan pada komputer perlu dilakukan suatu langkah yang terstruktur. Peserta Diklat mengerjakan Jobsheet secara berkelompok dan mempresentasikan hasil percobaan di depan kelas. d. Guru melaksanakan test formatif. Halaman 2 dari 4 . c. c. mengklasifikasi kan permasalahan. C. Kegiatan Inti a. • PC AWARD Jobsheet BIOS • 3. e. j. b. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam. Peserta Diklat menerima informasi tentang kompetensi yang akan dicapai kemudian mengemukakan materi pelajaran yang akan dipelajari yaitu Mengisolasi permasalahan. Guru memberi tugas awal mengenai materi selanjutnya untuk dikerjakan di rumah. b. Dengan menggunakan Jobsheet Peserta Diklat secara berkelompok melakukan percobaan untuk Mengisolasi permasalahan. c. Peserta Diklat menjawab soal-soal pretest d. menentukan hipotesa awal penyebab masalah dan e. Peserta Diklat menyimak apersepsi guru melalui tanya jawab tentang Mengisolasi permasalahan. yaitu : a. Peserta Diklat menceritakan kembali pengetahuan yang didapatnya dengan menggunakan kerangka referensi yang dimilikinya. memberi perhatian dan memeriksa kehadiran Peserta Diklat . Guru memberikan penguatan dan klarifikasi terhadap seluruh kesimpulan yang datang dari Peserta Diklat.

software. 2 dan 3 2. Fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC 3. Mengisolasi permasalahan Tes Formatif 5 Apabila anda menjawab TIDAK pada salah satu pernyataan di atas. maka isilah cek lis (÷) seperti pada table pernyataan di bawah ini dengan sikap jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. d.RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN TKJ SMKN 1 SINGKAWANG kompeten dengan memberikan pertanyaan yang relevan dan/atau penugasan. Klasifikasi permasa-lahan pada pengope-rasian PC (permasa-lahan yang terjadi pada PC berdasarkan hardware. maka pelajarilah modul ini. pengperasian dan penyebab eksternal) 4. Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan 5. CEK KEMAMPUAN PESERTA DIKLAT Untuk mengetahui kompetensi awal yang telah Anda miliki. Saya dapat Melakukan Pekerjaan ini dengan Kompeten Bila Jawaban “Ya” Kerjakan Sub Kompetensi Pernyataan Ya 1. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan Tidak Tes Formatif 1. Guru mengucapkan salam. Jenis-jenis suara dan penampakan visual yang melambangkan masalah terhadap pengoperasian PC dan peripheral 2. Mengisolasi permasalahan Tes Formatif 4 3. KTSP 2006 Halaman 3 dari 4 . lingkungan kerja. Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul 1. d.

dan buat tabel (bebas) proses yang terjadi pada saat melakukan percobaan pada PC. Tes Formatif 4 No Indikator o Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan. agar proses diagnosis dan atau perbaikan tidak menimbulkan permasalahan baru lainnya. Sebut dan jelaskan langkahlangkah mendiagnosis permasalahan PC yang sesuai dengan struktur dalam mendiagnosis permasalahan komputer! 2. VGA card. Tugas 1) 2) 3) Lakukan langkah-langkah mendiagnosis permasalahan komputer secara terstruktur dan aplikasikan dengan melakukan percobaan pada PC. o Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan. Jika tampilan gambar dilayar monitor komputer terlalu kasar resolusinya. yang harus dilakukan adalah a) b) c) d) mengidentifikasi permasalahan yaitu tampilan layar monitor resolusinya kasar atau rendah menganalisis kemungkinan sumber permasalahan yaitu monitor. Sedangkan secara software permasalahan tersebut terjadi dapat disebabkan oleh belum terinstalnya driver display VGA adapter atau ketidak sesuaian setting driver display VGA adapter atau setting pengaturan resolusi monitor. Membuat Laporan Hasil Diagnosa Butir-butir soal 1. o Tindakan yang bisa dilakukan saat diagnosis dengan cara penukaran perangkat/modul sebagai langkah isolasi sumber permasalahan ditentukan. Selanjutnya dapat dilakukan pemeriksaan pada bagianbagian tersebut.RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN TKJ SMKN 1 SINGKAWANG e. apakah perlu memformat hard disk? Kalau tidak. yaitu memfokuskan permasalah pada monitor. Amati. bagaimanakah diagnosa dari permasalahan tersebut! Tingkat kesulitan Sedang sedang Mudah Kunci Jawaban 1) 2) Lihat langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan komputer pada uraian materi 5 di muka. setting VGA card dan driver VGA card. jika gejala yang muncul sama untuk masalah dengan penyebab yang berbeda. Mengisolasi permasalahan. catat. e) KTSP 2006 Halaman 4 dari 4 . atau software mengklasiifikasi permasalahan yaitu kerusakan terjadi pada hardware (monitor dan VGA card) atau software (driver VGA card dan pengaturan setting resolusi) menentukan hipotesa awal penyebab permasalahan yaitu secara hardware permasalahan tersebut terjadi dapat disebabkan oleh kerusakan pada monitor atau VGA Card. f. Hard disk tidak perlu diformat. VGA card.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful