Jumat, 27 Maret 2009

Apa itu Ruh
Sama siapa ? sapa pak Heriyadi teman di BPDE yang sekarang pindah ke KPU, ketika bertemu di RS Petala Bumi. sama Ruh jawabku dengan enteng. sebelum dia menanya lebih lanjut aku jelaskan bahwa yang sakit adalah jasadku, lagi batuk pilek biasa lagi musim hujan. wah juragan kalung sakit juga katanya sambil terkekeh.. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dibingungkan oleh pemahaman akan jiwa dan ruh. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa jiwa dan ruh itu berbeda maknanya. Masyarakat meyakini bahwa jiwa manusia itu berada di balik hati nurani. Mereka meyakini pula jika di saat kita tidur, ruh kita terbang dan ruh itu nantinya akan kembali pada kita jika Allah menginginkan. Sementara, sebagian masyarakat lainnya menganggap bahwa jiwa dan ruh bermakna sama. Jiwa adalah ruh, dan ruh adalah jiwa. Lantas, manakah yang benar? Apakah jiwa itu? Apakah jiwa memiliki persamaan makna dengan ruh? Benarkah anggapan masyarakat tentang jiwa yang bersemayam di balik hati nurani? Potensi jiwa berada di balik kemampuan otak. Dengan kata lain, kekuatan otak merupakan kekuatan jiwa. Sementara, ruh adalah suatu anugerah dari Allah yang dimiliki oleh manusia. Ruh merupakan anugerah yang besar karena setiap ruh (baca: ruh manusia) mewarisi sebagian sifat-sifat Allah. Maha Suci dan Maha Besar Allah atas segala sesuatu yang dikehendakiNya. Pengertian umum jiwa dan ruh Jiwa adalah dzat di dalam diri kita yang memiliki kemampuan untuk memilih. Sedangkan ruh adalah dzat yang menyebabkan munculnya kehidupan pada bendabenda mati sekaligus menularkan sifat-sifat ketuhanan kepadanya. Dengan ditiupkannya ruh, maka sesuatu yang tadinya mati, tak bernyawa, menjadi ada atau hidup. Allah mengimbaskan sebagian dari sifat-sifatNya kepada manusia lewat ruh, sehingga disamping bersifat hidup, manusia juga memiliki kehendak, kasih sayang, keikhlasan, dan sifat-sifat lain yang membuat manusia berderajat lebih tinggi dibandingkan makhluk ciptaan Allah lainnya yang hanya terimbas sifat hidup saja. Perbedaan jiwa dengan ruh 1. Berdasarkan subtansi Dalam QS. A Nahl (16):78, QS. Yusuf:22, QS. Al Insaan (76):1, dan QS. Asy Syam (91):7-10 dijelaskan bahwa jiwa merupakan dzat yang labil kualitasnya. Bisa naik, 1

Setiap sel mampu melaksanakan aktifitas kehidupan. [QS. dll. dan berkualitas tinggi. As Sajdah (32):9 digambarkan sebagai dzat yang selalu baik. QS. ruh dalam QS. bersih. Berdasarkan sifat Jiwa berpotensi dapat merasakan kesedihan. Berdasarkan fungsi Jiwa adalah ‘sosok’ yang bertanggung jawab atas segala perbuatan kemanusiannya. Jadi jiwa dalah ‘akibat’. Sedangkan ruh bersifat stabil. Ruh adalah kutub positif dari sifat kemanusiaan sebagai lawan dari sifat setan yang negatif. Al Hijr (15):29. QS. Dengan ditiupkannya ruh. Subhanallah! Dalam buku disimpulkan bahwa Allah menciptakan manusia dari unsur tanah dan kemudian meniupkan sebagian RuhNya kepada badan itu. ketenangan. bukan ruhnya. 2. Tatkala seseorang terlelap dalam tidur. yaitu manusia. Bahkan merupakan ‘turunan’ dari Dzat Ketuhanan. hembusan nafas dan detak jantungnya masih terdengar karena yang ditahan oleh Allah adalah jiwanya. Jiwa dapat mengikuti petunjuk ruh lantas menuju pada kebaikan atau justru tertarik pada badan yang cenderung mengtuhankan hawa nafsu dan menggiring manusia pada keburuka 2 . kotor. ruh berfungsi sebagai ‘sesuatu’ yang menjadikan manusia itu hidup dan jiwa merupakan ‘sosok’ penentu setiap pilihan dalam kehidupan. dan umurnnya. Jiwa muncul akibat interaksi antara ruh dengan badan. Akibat dari bersatunya badan dan ruh. ruh merupakan anugerah Allah yang menularkan sebagian sifat-sifat Allah. seperti respirasi oleh mitokondria. ilmu. Secara tidak langsung kita telah menemukan jawaban bahwa ternyata ruh itu bersemayam di setiap sel tubuh. Jiwa memiliki kebebasan untuk memilih kebaikan atau keburukan dalam hidupnya. Berbeda dengan jiwa. Pertanggungjawaban itu akan dipikul oleh jiwa ketika ia dikembalikan ke badannya pada hari kebangkitan kelak. Intinya. Keberadaan jiwa dan ruh Posisi Jiwa berpusat di otak. Perbedaan makna jiwa dengan ruh dapat kita lihat dalam kegiatan sehari-hari. sejak saat itu pula mulai aktiflah jiwa manusianya. Selanjutnya sel-sel itu bersatu membentuk jaringan-organ-sistem organ-organisme. sekresi oleh kompleks golgi. Perkembangan kualitas jiwa seseorang terjadi seiring dengan pengalaman hidup. kegembiraan.turun. suci. serta proses pencernaan oleh lisosom. dan seterusnya. Tahrim (66):12. Lantas dimanakah posisi ruh? Sebagaiman kita ketahui bahwa sel merupakan unit terkecil kehidupan. Sementara. Az Zumar (39):42] 3. yaitu pada sektor-sektor tertentu di dalam otak. Maka hiduplah ‘bahan organik tanah’ menjadi badan manusia. saat itulah manusia dapat bernafas. alias kita.

Syaraf penciumannya tidak dapat mengolah dengan baik setiap implus bau atau aroma yang dikirim oleh indera penciuman. kita dapat merenungi akan diri kita (manusia) serta memahami lebih jauh akan tempat atau keberadaan jiwa dan ruh dalam tubuh kita. Namun keduanya memiliki hubungan yang terikat satu dengan yang lain. Kini kita menjadi tahu bahwa jiwa dan ruh itu berbeda. kedua. kita tidak dapat mengelak lagi jika kekuatan otak merupakan penentu kekuatan jiwa. KELEBIHAN.T. Orang yang ‘bermasalah’ dengan jiwanya. Secara tersirat kesimpulan kita terbukti. jika kekuatan jiwa erat kaitannya dengan kekuatan otak. Sementara jiwa sama halnya dengan program aplikasinya. kesehatan otak adalah kesehatan jiwa. Entah besar atau kecil skala kerusakan sel-sel otak itu berdampak pada besar atau kecilnya gangguan kesehatan jiwanya. jalan dekatNya sedang kita lalui. Berdasarkan pemahaman itu. jiwanya terguncang dalam persentase yang kecil atau bahkan besar. jelaslah bahwa jiwa itu bersemayam di otak. KEKURANGAN.Jika kita mengumpamakan aktifitas tubuh manusia sama dengan aktifitas robot. akan membangun rasa syukur pada Allah S.W. tentu akan terguncang kesehatan jiwanya. dengan demikian. Jadi sekali lagi. Dari pengandaian tersebut. maka ruh-manusia itu bagaikan suatu operating system robot. Seseorang yang mengalami gangguan pada sel-sel otaknya. tidak hanya melibatkan dokter psikis atau dokter jiwa. yaitu hidung. setelah mengetahui bahwa kita adalah makhluk yang sempurna. namun juga mendapatkan intervensi dokter syaraf. bagaimana menderitanya orang tersebut! Bagaiman perasaanya?! Sangat tersiksa pastinya. dalam penanganan medisnya. kita menjadi semakin tahu dan mengagumi betapa Maha Besar dan Maha Kuasa Allah S. juga memberikan beberapa manfaat pada kita antara lain: pertama. Coba bayangkan. DAN KEBERMANFAATAN Buku “Menyelam ke Samudera Jiwa dan Ruh” selain membantu kita dalam memahami akan makna jiwa dan ruh.T. Seorang korban kecelakaan yang mengalami kerusakan pada syaraf-syaraf penciumannya. menyebabkan ia tidak mampu lagi membedakan bau benda-benda di sekelilingnya ataupun aroma masakan. Dan pusat pengendalian program aplikasi tersebut berada di ‘otak’ robot yaitu CPU. ketiga. penulis menuturkan kesempurnaan manusia sebagai ciptaaan Allah dibandingkan makhluk lainnya.W. Tidak akan ‘berfungsi’ dengan baik 3 . Tidak menutup kemungkinan. itulah makna tasawwuf. yang lebih umum kita sebut dengan ‘gila’. atas apa yang diciptakanNya sebab dengan terbuka. Sebagaimana suatu program aplikasi yang bersemayam dan dikendalikan oleh CPU sebagai otak komputer.

maka ruh akan masuk kepada jasad yang sempurna pertumbuhannya. dua hal perlu baginya. lesu. ruh itu juga perlu makan. Manusia tanpa ruh.seorang manusia apabila jiwa dan ruhnya tidak saling berinteraksi dengan baik. maka ruh akan kembali kepada Sang Pencipta. Ruh juga perlu istirahat. soto betawi. maka ia cuma mayat. justru mendekatkan diri kepada-Nya. opor ayam dll. berdoa. setelah 4 bulan (3 kali 40 hari). Ruh tanpa jasad (jasmani) maka ia juga belum bisa disebut manusia. Jadi antara jasad dan ruh. tidak bertenaga. Jika seorang wanita hamil. Jiwa ada sebagai akibat bersatunya ruh dengan badan. Jka pertumbuhan jasad (yang sudah 120 hari) kurang sempurna pertumbuhannya. Ruh juga akan lelah kalau tak pernah istirahat. harus ada “kerjasama” sehingga keduanya bisa bersatu menjadi manusia. mereka dapat menentukan pilihan hidupnya karena ada peranan jiwa di dalam tubuh manusia. Jasmani yang kurang makan akan lemas. ia harus disertai dengan aspek kejiwaan yang berusaha menjadikan ilmu yang diperolehi sebagai suatu landasan untuk merasakan kebesaran Allah. bacaan al-Quran. Pertama . Ruh juga tidak mau tinggal di badan manusia yang tidak sempurna. maka jasad tadi akan gugur (miscariage) Dalam Islam. al-Hadis dan lain-lain bukan sekadar makanan akal bahkan juga boleh dianggap sebagai makanan ruh. dan selama manusia itu hidup. Banyak lagi makanan ruh yang boleh ‘disuapkan’ seperti berzikir. Semasa manusia itu berada dalam dunia ini. Karena Ruh tidak bisa tinggal pada jasad yang mati. tempe goreng. ruhlah yang menjadikan manusia hidup. Jumat. Lha kalau makanan Ruh itu apa ? Sebagaimana jasmani. Manusia yang jasadnya sudah rusak dan akhirnya mati. Sebagaimana jasmani. melindungi dan mengasuh(memelihara) Ruhnya dan 4 . mungkin masih di alam ruh. dan ruh. Kalau makanan jasmani sudah jelas. Ruh yang sejahtera mampu mengatasi gangguan syaitan yang dapat mengganggu daya kreativitas. Aktivitas membaca dan mengkaji dalam Islam tidak dilihat dari segi kognitif semata-mata. akal. berpuasa dan menziarahi kubur. 27 Maret 2009 Makanan ruh Manusia terdiri daripada komponen jasmani. Ruh yang kurang santapan juga akan lapar.

begitu berlebihan. Ruh itu sepatutnya memelihara tubuh. ia perlu memelihara untanya. 36 : 39-40) Telah kita pahami. Kita akan sedih bila tubuh kita terlalu kurus atau terlampau gemuk. Akal dan Ruh. Ibarat orang yang hendak mengerjakan Haji ke Mekah. harus mendapatkan ‘makanan’ yang sama. Ketiganya diberikan untuk mendapat perhatian yang seimbang. maka binasalah Ruh itu. Untuk makanannya pun kita tidak pernah alpa untuk memuaskannya. perlulah kemauan itu disekat dan dibatasi dengan undang-undang syariat yang dibawa oleh Rasul-Rasul. Oleh itu. Yang paling bergizi tinggi selalu disediakannya. Makanan Ruh itu seperti yang tersebut sebelum ini. Fitness Center tersedia dimana-mana untuk pemenuhan perhatian kepada komponen ini. Ketiganya harus memperoleh porsi perhatian yang sama. merupakan hasil ciptaan dari Sang Maha Pencipta. Tetapi keinginan tubuh yang ada pada seseorang untuk mendapatkan tiga hal itu cenderung melawan akal dan melebihkan dari tiga hal itu. Tidak dilebihkan komponen ruh atas kedua komponen yang lain. yakni Jasad. bukan malaikat. 5 . Tubuh itu akan hancur tetapi Ruh tetap hidup.Keduanya . pakaian. yaitu : Jasad. memelihara dan menyelenggara tubuhnya. karena Sang Maha Pencipta mengetahui bahwa Dia mencipta manusia. yang dilengkapi tiga komponen utama oleh Sang Pemberi. kita telah dan akan senantiasa memperhatikan pertumbuhan dan komponen jasad ini. Makhluk. tidak dilebihkan satu dari yang lain. tetapi juga pada makhluk Alloh lainnya (QS. betapa perhatian kita terhadap komponen kedua. Dengan kata lain. tetapi jika ia menghabiskan masa dengan memberi makan dan menghias untanya saja. dan tempat tinggal. Keseimbangan ini pun dapat kita perhatikan tidak hanya pada diri kita. sengaja waktu disisakan untuk pergi berbelanja dan memasak hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan satu komponen ini. ialah Mengenal dan Cinta kepada Alloh. maka kafilah akan meninggalkan ia di belakang dan binasalah ia di padang pasir. Keperluan tubuh manusia itu terbagi kepada tiga saja yaitu makanan. manusia. Jika cinta itu ditumpukan sepenuhnya kepada " ghair Alloh" (selain Alloh). Tubuh itu hanya ibarat binatang tunggangan bagi Ruh.

dan kalau kita sanggup menyisakan waktu 3 jam sehari untuk makan pagi siang dan malam. depresi yang amat sangat? Jiwa/ruh kita terombangambing. Benar! Ruh menuntut suatu pemuasan berupa pendekatan kepada Sang Pencipta. Begitu pula ‘makanan’ akal berupa ilmu pengetahuan senantiasa dicari dimana-mana walaupun jauh dari kampung halaman sekalipun. Kebutuhan jasad berupa makanan yang lezat dan minuman yng segar tak pernah sekalipun terlupakan. 002 : 030) 6 . Selalu kita puaskan komponen ini dengan membaca dan menimba berbagai ilmu pengetahuan yang selalu up to date. Tak sadar kita berdoa. Pengerahan ketiga potensi tersebut erat kaitannya dengan "tugas fungsional utama" yang diberikan Aloh SWT yaitu sebagai "Khalifah fil Ardh" sebagaimana yang ditegaskan Alloh SWT dihadapan para malaikat tatkala akan menciptakan manusia di jagad raya. belajar tak mampu. pergi jauh meninggalkan keluarga dan sanak saudara untuk memenuhi ‘makanan’ bagi sang akal pun sanggup kita jalani. mengapa kita (sebagai muslim) tidak mampu bahkan tidak mau menyisakan sekurangnya 5 x 10 menit sehari untuk sholat? Seorang muslim yang baik mampu mengerahkan ketiga potensi yang diberikan kepadanya itu dengan cara-cara yang paling baik dan benar sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam Al Qur’an dan juga Al Hadits. memohon kiranya kesulitan yang menghimpit segera hilang. Alloh SWT berfirman : "Dan ingatlah ketika Robb-mu berkata kepada malaikat: ‘Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang Khalifah di muka bumi…’ " (QS. tentunya menuntut suatu pemuasan seperti halnya kedua komponen yang lain. Makannya berupa ‘dzikir’. Apakah kita sadar apa sebenarnya ‘makanan’ ruh ini? Apa yang terjadi manakala kita mengalami tingkat kesulitan. akal? Sama saja perhatian kita terhadap komponen ini. mengingat Alloh SWT. Islam mengajarkan cara pemuasan yang sangat simpel dan lugas. makan dan minum pun tak enak.Bagaimana dengan komponen yang ketiga. dan kalau kita mampu untuk tidur 6 jam sehari semata-mata untuk menjaga kondisi tubuh/jasad kita. Alloh SWT. Apabila kita mampu belajar untuk memenuhi kebutuhan akal sampai 10 jam sehari. Bahkan. Sholat 5 waktu. Al Baqarah. Lalu bagaimana perhatian kita terhadap komponen yang pertama? Ruh. Itulah saat ruh menuntut suatu pemuasan tersendiri kepada suatu Dzat Yang Maha Esa.

sebagai pedoman hidup manusia untuk mengerahkan potensinya semaksimal mungkin. Al Qur’an terdiri dari 3 hal utama (potensi eksternal) yaitu : 1. seperti berjan. apabila penelaahan tersebut memakai pendekatan dan alat yang salah. disiapkan Sang Pencipta untuk menangkap dan meyakini sesuatu yang bersifat abstrak / ghaib / unreal. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku. dsb. (QS. Sebagai potensi eksternal. sehingga dari kajian tersebut akan lahir perkembangan Ilmu dan Teknologi. Akal dan Jasad yang disebut Alloh sebagai "Ahsani Taqwim" (sebaik-baik penciptaan). Hukum (perdata dan pidana). Sedangkan Akal berfungsi untuk mengkaji serta mencerna fenomena alam yang bersifat ilmiah. 2. Al-Isra': 85) Allohu’lam bish showab. Agar penelaahan dan pengaplikasian ketiga komponen eksternal itu dapat dilakukan secara tepat. maka manusia perlu menggunakan ketiga potensi internanya secara akurat. seperti yang telah diungkapkan adalah Ruh. Iman yang bersifat ghaib. Ternyata Alloh SWT tidak hanya memberikan ketiga potensi internal itu saj di sisi lain Dia pun menurunkan "Guide Book". Ruh / Jiwa / Hati. reproduksi. akan terjadi disfungsionalisasi yang berakibat kesesatan dan kerusakan. 7 . pokok-pokok isi Al Qur’an sangat cocok dengan 3 potensi internal tersebut. Alloh SWT menyertakan ketiga komponen utama yang tidak diberikannya kepada makhluk yang lain (mahluk lain memperoleh secara parsial saja). Sebab. minum. makan. Badan / Tubuh / Raga. Pada garis besarnya. yang tidak mungkin dicerna oleh akal dan badan.Untuk tugas utama yang telah diberikan inilah. berlari. Ilmu Pengetahuan. dan 3. Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Al Qur’an Al Karim. dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". merupakan instrumen pelksana dalam hal-hal yang menyangkut kerja fisik. Dan manusia baru dapat melakukannya hanya dengan memahami islam melalui pendidikan islam yang menyeluruh dan mencakup semua komponen di atas. Ketiga komponen itu.

Sistem limbik ini juga mengatur alam bawah sadar yang menyimpan memori seperti kebaikan keburukan atau sikap manusia yang dianggap baik maupun buruk. kegiatan seksual. Bagian ini sangat bertanggung jawab terhadap fungsi luhur yang sangat berhubungan erat dengan emosi seseorang Seperti sikap adil.5 kg. tekanan darah. Bagian untuk mengatur kestabilan suhu badan. Hypothalamus. Pada bagian inilah proses pengaturan denyut jantung. 8 . analisa. pertumbuhan dan mentruasi bagi perempuan yang dikendalikan secara hormonal. pemaaf mencintai sedih gembira dan menderita. yang berisi kurang lebih 100 milyar sel yang tersusun dengan sangat canggih yang berfungsi sebagai pusat pengendali aktivitas manusia . Otak manusia bila dicermati memiliki tiga bagian penting yaitu : Bagian pertama : . Bagian ini bentuknya mirip huruf C dan berada di tengah otak Dibagian inilah yang memberikan pertimbangan rasional terhadap fungsi luhur manusia. Dari bagian otak tersebut diatas yang ditinjau secara global ada beberapa bagian didalam otak yang memiliki peran sangat penting yaitu : Thalamus. Otak manusia adalah jaringan lunak dalam tubuh manusia yang memiliki berat kurang lebih 0.sampai proses pemahaman. mengatur prose terjadinya gerakan organ tubuh melalui kombinasi kulit otak dan otak kecil.rasa lapar dan haus. Kulit otak ( cortex cerebri ) yang berada di bagian luar otak yang merupakan basis dari aktifitas yang berkaitan dengan kamampuan manusia untuk berfikir secara rasional Bagian Kedua : Yaitu sistem limbik dan bagian tengah otak yang masih sangat misterius. Bagian yang terdapat di otak depan yang berfungsi mengatur proses masuknya informasi dari luar otak ke kulit otak. Posisi dibawah thalamus.pada bagian ini sangat terkait dengan fungsi dasar kehidupan. Hippocampus. membuat keputusan sampai melakukan gerakan motorik. seperti ingtan jangka pendek. pernafasan. termasuk pengaturan keseimbangan serta kehalusan melakukan gerakan. Bagian Ketiga : Bagian pada batang otak dan otak kecil . Bagian untuk menyimpan memori rasional. mulai dari menerima sinyal dari badan kita .MISTERI OTAK DAN JIWA MANUSIA OTAK MANUSIA Otak manusia bentuknya sangat kecil dibanding kepala manusia tetapi memiliki fungsi yang sangat luar biasa. jujur.

Proses Keluarnya Ruh dari Jasad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan proses keluarnya ruh dari jasad dalam hadits Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu yang panjang. JIWA MANUSIA Jiwa adalah sosok non fisik yang berfungsi dan bersemayam di tubuh manusia yang bertanggung jawab terhadap kemanusiaannya.Neorotransmiter. sedangkan badan tidak mati karena ruh masih bekerja. tapi tidak memiliki pengaruh terhadap ruh. namun jika jiwa tidak bekerja ruh akan tetap bisa berfungsi Ruh adalah yang memiliki pengaruh paling besar karena ia berpengaruh pada kerja jiwa dan badan sekaligus. 9 . Misalnya seseorang mengalami pingsan karena sesuatu hal. Ruh manusia skalanya lebih luas dari jiwa. Jadi jiwa adalah akibat. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu menyebutkan hadits ini dalam Ash-Shahihul Musnad. pingsan adalah pengaruh jiwa. Jiwa memiliki pengaruh terhadap badan. An-Nasa’i. Penyebab utama adalah masuknya ruh ke dalam badan kemudian muncullah jiwa sebagai interaksi antara ruh dengan badan. Al-Imam Ahmad. Ibnu Majah. Jika jiwa kita kuat maka badan kita juga akan kuat dan jika jiwa kita lemah maka badan lemah.. namun lemahnya badan tidak sampai nol melainkan sampai pada fungsi dasarnya yang menjadi wilayah kekuasaan ruh.Eksistensi jiwa terbentuk ketika ia bergabung dengan fisiknya dan akan tidak berfungsi ketika terpisah dari badannya. Ini zat kimia di dalam otak yang berfungsi membawa pesan antar sel saraf Dengan gambaran tersebut diatas maka sebenarnya kegiatan atau kehidupan manusia dikendalikan oleh jaringan otak. dan Al-Hakim. Ada pendapat yang mengatakan jiwa ya sama dengan ruh manusia namun demikian menurut hemat kami ternyata memang ada perbedaan. Jika roh tidak berfungsi maka jiwa dan badan tidak berfungsi alias mati. yang diriwayatkan Abu Dawud. wilayah cakupan ruh meluas sampai kecakupan infrastruktur dalam tubuh manusia sampai yang terkecil yaitu sel dan ruh mengatur dasar kehidupan. sehingga jika ruh tidak berfungsi maka jiwa tidak akan berfungsi . Sedangkan jiwa adalah jaringan yang bekerja pada sistem kerja ruh. bukan penyebab. Jiwa dan fisik adalah sisi yang berbeda seperti mata uang dimana keduannya akan berfungsi secara bersama sama.

Keluarnya ruh seorang mukmin dan kabar gembira baginya. dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ُ ْ َ َ ُ َ ُ ْ ُ ْ ُ ِ ّ ِ ّ َ ْ ِ ُ ِ ْ ََ ُ َ ْ َ َ َ ُ َ َ ّ َ ُ َ ِ َ َ ْ ُ ِ ْ ََ ُ ّ َ َ َ ُ َ َ ْ ّ ُ ُ َ ّ َ ُ َ ‫ِ ّ ّ ِ ن‬ ‫إن الذي َ قالوا ربنا ال ثم استقاموا تتنزل عليهجم الملئكجة أل تخججافوا ول تحزنججوا وأبشجروا بالجنجة التججي كنتجم توعجدون. نججزل مججن غفججور رحي جم‬ ِ َ َ ْ ّ ِ َ َ ْ ِ ْ ُ ُ َ ِْ َ “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Rabb kami ialah Allah’ kemudian mereka istiqamah. Ini adalah bukti kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap hamba-Nya.’ Maka ruh tersebut keluar dari jasadnya seperti tetesan air yang mengalir dari bibir tempat air minum. Malakul maut pun mengambil ruh yang sudah keluar dari jasadnya itu. Mereka duduk di tempat sejauh mata memandang. Sebagai hidangan (bagimu) dari Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. dan keluarlah bau wangi misik yang paling harum yang dijumpai di muka bumi. نحجن‬ ٍ ِ َ ٍ ُ َ ْ ِ ً ُ ُ َ ُ ّ َ َ َ ِ ْ ُ ََ ْ ُ ُ ُ ْ َ ِ َ ْ َ َ َ ِ ْ ُ ََ ِ َ ِ ْ ‫أوليججاؤكم فججي الحيججاة ال جدنيا وفججي الخ جرة ولك جم فيهججا مججا تش جتهي أنفس جكم ولكججم فيهججا مججا تججدعون. lalu berkata: ‘Wahai jiwa yang baik.” (Fushshilat: 30-32) 10 . ْ ُ َ ُ ُ ّ َ َ ِ ُ ُ ْ ُ ِ ِ َ ّ َ ِ ٌ َ ِ َ َ ِ ْ َِ َ َ َ ِ َ ِ ْ َ ِ ٍ َ ْ َِ َ ْ ّ َ ِ ٍ َ ِ ْ ِ َ َ َ ِ َ ِ ْ ُ ْ َ ْ َ ْ ّ ِ ‫إن العبد المؤمن إذا كان في انقطاع من الدنيا وإقبال مجن الخجرة نجزل إليجه ملئكجة مجن السجماء بيجض الوججوه كجأن وججوههم‬ ‫الشمس معهم كفن من أكفان الجنة وحنوط من حنوط الجنة حتى يجلسوا منه مد البصر ثم يجيء ملك الموت عليه السلم حتى‬ ّ َ َ ّ ِ ْ ََ ِ ْ َ ْ ُ ََ ُ ِ َ ّ ُ ِ َ َ ْ ّ َ ُ ْ ِ ُ ِْ َ ّ َ ِ ّ َ ْ ِ َُ ْ ِ ٌ ُ َ َ ِ ّ َ ْ ِ َ ْ َ ْ ِ ٌ َ َ ْ ُ َ َ ُ ْ ّ ‫يجلس ِند رأسه فيقول: أيتها النفس الطيبة اخرجي إلى مغفرة من ال ورضوان. Kemudian datanglah malakul maut r hingga duduk di samping kepalanya. Tiba-tiba para malaikat rahmat yang menunggu tidak membiarkan ruh tersebut berada di tangannya sekejap mata pun. maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih. di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Mereka segera mengambil dan menaruhnya di dalam kafan dan wangiwangian tersebut.” Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para malaikat-Nya untuk memberi kabar gembira kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan istiqamah di atas agama yang sempurna ketika menghadapi sakaratul maut. wajahnya seakan-akan matahari yang bersinar. keluarlah engkau menuju ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan keridhaan-nya. قال: فتخرج تسيل كما تسيل القطرة مجن فججي‬ ِ ْ ِ ُ َ ْ َ ْ ُ ِ َ َ َ ُ ِ َ ُ ُ ْ َ َ َ َ ٍ َ ْ ِ َ ِ َ ِ ٍ َ ِ ْ َ َِ ِ ُ ْ ُ َ ّ ّ ُ ْ ّ َ ُ ّ َ ُ ُ َ َ ِ ِ ْ َ َ ْ ‫َ ِْ َ ع‬ ‫السقاء َيأخذها فإذا أخذها لم يدعوها في يده طرفة عين حتى يأخذوها فيجعلوها في ذلك الكفن وفي ذلك الحنوط ويخ جرج منهججا‬ َ ْ ِ ُ ُ ْ َ َ ِ ُ َ ْ َ َِ ِ َ ِ َ َ ْ َ َِ ِ َ َُ ْ َ َ َ ُ ُ ْ َ ّ َ ٍ ْ َ َ َ ْ َ ِ ِ َ ِ َ ُ َ َ ْ َ َ َ َ َ َ ِ َ َ ُ ُ ْ َ ‫ّ َ ِ ف‬ ِ ْ َْ ِ ْ َ ََ ْ َ ِ ُ ٍ ْ ِ ِ َ ْ َ ِ َ ْ َ َ ‫كأطيب نفحة مسك وجدت على وجه الرض‬ “Sesungguhnya seorang hamba yang mukmin apabila akan meninggal dunia. membawa kain kafan dan wangi-wangian dari jannah (surga).’ Kamilah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat.1. maka para malaikat rahmat turun kepadanya.

turunlah malaikat azab dari langit. قال: فتفرق في جسده فينتزعها كما ينتزع السفود من الصوف المبلول فيأخذها فإذا أخذها لم يدعوها فججي ي جده طرف جة‬ ِ ْ َْ ِ ْ َ ‫عيججججن حتججججى يجعلوهججججا فججججي تلججججك المسججججوح ويخججججرج منهججججا كججججأنت ِ ريججججح جيفججججة وجججججدت علججججى وجججججه الرض‬ ََ ْ َ ِ ُ ٍ َ ِ ِ ِ ‫ِ َ َ ْ ُ ُ ِ ْ َ َ َ ْ َن‬ ُ ُ ْ َ ِْ ِ َ َُ ْ َ َّ ٍ ْ َ “Apabila seorang hamba yang kafir akan meninggal dunia. فقججال‬ َ َ َ َ ْ َ ْ ‫َ ْ َ َ ّ ِ َ َ ِ َ َ ّ ُ ِ َ َ ُ َ َ ْ َ ِ َ ِ َ َ ِ َ ِ َ ُ ِ َ َ ُ َ ُ ْ ُ َ َ ِ ّ ِ َ َ َ ِ َ ُ ْ َ ْ ِ َ ُّ َ َ ْ َه‬ ‫ليس كذلك، ولكن المؤمن إذا بشر برحمة ال ورضوانه وجنته أحب لقاء ال فأحب ال لقجاءه، وإن الكجافر إذا بشجر بعجذاب الج‬ ِ ِ َ َ ِ َ ّ ُ َ ِ َ ِ َ ْ ّ َِ ُ َ َ ِ ُ ّ َ َ َ ِ َ َ ِ ّ َ َ ِ ِ ّ َ َ ِ ِ َ ْ ِ َ ِ ِ َ ْ َ ِ َ ّ ُ َ ِ َ ِ ْ ُ ْ ّ ِ ََ ِ َِ َ َ ْ َ َُ َِ ُ َ ِ َ َ ِ َ َِ َ ِ َ ِ ِ َ َ َ ‫وسخطه كره لقاء ال وكره ال لقاءه‬ “Barangsiapa senang bertemu dengan Allah. juga di dalam kubur mereka.Ayat-ayat ini adalah berita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Mereka membawa kain yang kasar dan jelek. serta ketika mereka dibangkitkan darinya. Mereka duduk di tempat sejauh mata memandang. (Tafsir Ibnu Katsir) Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha. keluarga. keridhaan.” (Muttafaqun ‘alaih) 2. Lalu datanglah malakul maut 11 . tidak bersedih terhadap perkara dunia yang mereka tinggalkan. maka dia akan senang bertemu dengan Allah. Dan barangsiapa tidak suka bertemu dengan Allah maka Allah juga tidak suka bertemu dengannya. Mereka juga memberikan kabar gembira agar orang-orang beriman tidak takut terhadap apa yang akan mereka hadapi di akhirat. dan surga-Nya.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Bukan seperti itu. bahwa para malaikat akan turun kepada mereka ketika mereka menghadapi maut. sehingga Allah pun senang bertemu dengannya. Keluarnya ruh seorang kafir dan azab terhadapnya ُ ُ ُ ْ ُ ُ َ َ ‫َِ ّ ْع ْ َ ْ َ ِ َ ِ َ َ َ ِ ْ ِ َ ٍ ِ َ ّ ْ َ َِ ْ َ ٍ ِ َ ْ ِ َ ِ َ َ َ َِ ْ ِ م َ ّ َ ِ َ َ ِ َ ٌ ُ ُ ْ ُ ُ ه‬ ‫وإن ال َبد الكافر إذا كان في انقطاع من الدنيا وإقبال مجن الخجرة نجزل إليجه ِجن السجماء ملئكجة سججود الوجججو ِ معهجم المسججوح‬ ‫فيجلسون منه مد البصر ثم يجيء ملك الموت حتى يجلس عند رأسه فيقول: َيتها النفجس الخبيثجة اخرجججي إلججى سجخط مجن الج‬ ِ َ ِ ٍ َ َ َِ ِ ُ ْ ُ َ ِ َ ْ ُ ْ ّ َ ُ ّ ‫َ َ ِْ ُ َ ِ ْ ُ َ ّ ْ َ َ ِ ُ ّ َ ِ ُ ََ ُ ْ َ ْ ِ َ ّ َ ِْ َ ِ ْ َ َ ْ ِ ِ َ َ ُ ُ أ‬ َ َ ْ َ ِ ِ َ ِ َ ُ َ َ ْ َ َ َ َ َ َ ِ َ َ ُ ُ ْ َ َ ِ ُْ َ ْ ِ ّ َ ِ ُ ّ ّ ُ َ َ ْ ُ َ َ َ ُ ِ َ ْ َ َ ِ ِ َ َ ِ ُ ّ َ ُ َ َ َ ٍ َ َ َ ‫وغضب. seperti anak. benci terhadap kematian? Kita semua membenci kematian. Wajah-wajahnya hitam dan seram. Seorang mukmin apabila diberi kabar gembira dengan rahmat.” Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Wahai Nabi Allah. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan mengurus dan menanggung mereka semua. Sedangkan orang kafir apabila diberi kabar gembira dengan azab Allah dan kemurkaan-Nya maka dia akan benci bertemu dengan Allah dan Allah pun benci bertemu dengannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: :‫من أحب لقاء ال أحب ال لقاءه ومن كره لقاء ال كره ال لقاءه. Para malaikat juga memberikan kabar gembira kepada orang-orang beriman dengan hilangnya berbagai kejelekan dan didapatkannya berbagai kebaikan. فقلت: يا نبي ال، أكراهية الموت؟ فكلنا نكجر ُ الم جوت. Para malaikat memberi jaminan keamanan kepada mereka atas perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. dan harta. maka Allah senang bertemu dengannya.

sampai ruhnya keluar dari jasadnya.’ Maka ruh tersebut bergetar di seluruh tubuhnya. kemudian malakul maut mencabutnya sebagaimana dicabutnya besi alat pemanggang dari bulu-bulu yang basah. sehingga ruh-ruh mereka enggan untuk keluar dari jasadnya. Dia kemudian mengambil ruh tersebut. sampai mereka mengambil dan meletakkannya di kain yang kasar lagi jelek tadi. Para malaikat yang menunggu tadi tidak membiarkannya di tangannya sekejap mata pun.hingga dia duduk di samping kepalanya.’ Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan. keluarlah menuju kemurkaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan kemarahan-Nya. Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. ذلجك بمججا قجدمت أيجديكم وأن الج‬ َ ّ ّ ََ ْ ُ ِ ْ َ ْ َ ّ َ َ ِ َ َِ ِ ِ َ ْ َ َ َ ُ ُ َ ْ ُ َ َ ْ ََ ْ ُ َ ُ ُ َ ُ ِ ْ َ ُ َ ِ َ َ ْ ُ َ َ َ ِ ّ ّ َ َ َ ْ ِ َ َ ْ ََ ِ ِ َ ْ ِ ٍ ّ َ ِ ‫َ ْس‬ ‫لي َ بظلم للعبيد‬ “Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): ‘Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar’. dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (sambil berkata): ‘Keluarkanlah nyawamu. Kemudian dia berkata: ‘Wahai jiwa yang jelek. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: َ ُ ُ َ ْ ُ ْ ُ َ ِ ِ ُ ْ َ َ َ َ ْ َ ْ ُ َ ْ َ ْ ُ ُ َ ‫َ َ ْ َ َ ِ ِ ّ ِ ُ َ ِ َ َ َ ِ ْ َ ْ ِ َ ْ َ َ ِ َ ُ َ ِ ُ َ ْ ِ ِ ْ َ ْ ِ ُ َ ْف‬ ‫ولو ترى إذ الظالمون في غمرات الموت والملئكة باسطو أيديهم أخرجوا أن ُسكم اليوم تجزون عذاب الهون بما كنت جم تقولججون‬ َ ُ ِ ْ َ ْ َ ِ ِ َ َ ْ َ ْ ُ ْ ُ َ ّ َ ْ َ ْ َ ّ ََ ‫على ال غير الحق وكنتم عن ءاياته تستكبرون‬ ِ “Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut.” (Al-Anfal: 50-51) Sakaratul Maut Adalah Penghapus Dosa Seorang Mukmin Dari Abu Sa’id Al-Khudri dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma. (tentulah kamu akan merasa ngeri). Keluarlah darinya bau seperti bau bangkai yang paling busuk yang ditemukan di muka bumi. sedang para malaikat memukul dengan tangannya.” (Al-An’am: 93) ‫ولو ترى إذ يتوفى الذين كفروا الملئكة يضربون وجوههم وأدبارهم وذوقوا عذاب الحريجق.” Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para malaikat-Nya untuk memberi kabar gembira berupa kemurkaan dan azab-Nya. karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya. Maka para malaikat pun memukul wajah dan punggungnya. beliau bersabda: 12 . Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak menganiaya hambaNya.

’ Apabila Allah menyembuhkannya maka Dia telah mencuci dan membersihkannya (dari dosanya).” (HR. Permusuhan itu tidak berhenti sampai ajal datang kepada hamba tersebut. sakit. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ُ ِ َ َ َ ْ ِ ِِ َ َ ْ َ َ ْ ِ ِ َ ْ َ ْ َ َ ْ ِ ِ ْ َ ْ ‫َ َ َ ِ َ َ ْ َ ْ َ ِ َ ْ ُ َ ّ َ ُ ْ ِ َ َ َ ْ ُ ْ َ ِ َ ُ ّ َ ِ َ ّ ُ ْ ِ ْ َ ْ ِ َ ْ ِ ِ ْ َم‬ ‫قال فبما أغويتني لقعدن لهم صراطك المستقيم.” (Muttafaqun ‘alaih) Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Ahmad. kesusahan. kesedihan. niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan akan merahmatinya. gangguan. فجإن شججافا ُ غسجله وطهجره وإن قبجض‬ ُ ‫غفجججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججر لجججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججه ورحمجججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججججه‬ َِ َ َ ُ ََ ََ “Apabila Allah Subhanahu wa Ta’ala menguji seorang hamba yang muslim dengan suatu ujian pada badannya. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)’. Setan pun terus berusaha menyesatkan sehingga seorang hamba akan mati dalam keadaan kafir.” (AlA’raf: 16-17) ِ ِ ّ ِ َ ْ َ ْ ِ ُ ُ َ ِ ُ َ ْ ِ ُ ْ َ َ ِّ ّ ُ َ ُ ُ ِ ّ َ ّ ُ َ ْ ُ َ َ َ ْ ّ ّ ِ ‫إن الشيطان لكم عدو فاتخذوه عدوا إنما يدعو حزبه ليكونوا من أصحاب السعير‬ “Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu. aku benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ‘Tulislah baginya amalan shalih yang biasa dia lakukan. duka cita.”) Godaan Setan Ketika Sakaratul Maut Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan hikmah dan keadilan-Nya menjadikan setan dari golongan jin dan manusia sebagai musuh bagi hamba-Nya. kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka. sampaipun sebuah duri yang menusuknya. dari kanan dan dari kiri mereka. 13 . dikatakan oleh Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu: “Hadits ini shahih. dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: َ ِ ُ ْ َِ ُ َ ّ َ َ ُ َ َ َ ‫ِ َ ْ ََ ُ ْ َ ْ َ ْ ُ ِْ َ ِ َ َ ٍ ِ َ َ ِ ِ َ َ ُ ْ ُ ْ َ ُ َ ِ َ َ َِ ِ ّ ِ َ َ َ ْ َُ ُ ِ ِ ْ َ َ ه‬ ‫إذا ابتلى ال العبد المسلم ببلء في جسده قال ال: اكتب له صالح عمله الذي كان يعمله. melainkan dengannya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menghapus dosa-dosanya. perawinya adalah para perawi kitab-kitab Shahih. Namun apabila Allah mencabut ruhnya. ثم لتينهم من بين أيديهم و ِجن خلفهجم وعجن أيمججانهم وعجن شجمائلهم ول تججد‬ َ ِ ِ َ ْ ُ َ َْ َ ‫أكثرهم شاكرين‬ “Iblis menjawab: Karena Engkau telah menghukumku tersesat. maka anggaplah ia musuh(mu).ُ َ َ َ ْ ِ َ ِ ُ َ َّ ّ ِ َ ُ َ ُ َ َ ْ ّ ‫ما يصيب المسلم من نصب ول وصب ول هم ول حزن ول أذى ول غم، َتى الشوكة يشججاكها إل كف جر الج بهججا م جن خطايججاه‬ ّ ‫َ ُ ِ ُ ْ ُ ِْ َ ِ ْ َ َ ٍ َ َ َ َ ٍ َ َ َ ّ َ َ َ َ ٍ َ َ َ ً َ َ َ ّ ح‬ “Tidaklah menimpa seorang muslim suatu rasa capek.

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Wahai paman. Karena setan dari golongan jin dan manusia terus bekerja sama dan saling membantu untuk menyesatkan hamba sehingga dia menjadi penghuni neraka jahannam. bahwa ketika Abu Thalib menghadapi kematian. Al-Bukhari dan Muslim) Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu: ُ َ َ َ ِ ْ َ ْ ِ َ ُ َ ُُ ُ َ ‫إن غلما من اليهود كان يخدم النبي صلى ال عليه وسلم فمرض فأتاه النبي صلى ال عليه وسججلم يعججوده وهجو بججالموت فجدعاه‬ ّ ِّ ُ َََ َ ِ َ َ ّ ِّ ُ ُ ْ َ َ َ ِ ُ َْ َ ِ ً َ ُ ّ ِ 14 . Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemuinya. teman dan lingkungan yang baik akan mengajak serta mendorongnya untuk berbuat kebaikan dan istiqamah di atasnya. Jikalau Rabbmu menghendaki niscaya mereka tidak mengerjakannya. ucapkan Laa ilaha illallah. perhatikanlah kisah berikut.” (HR. apakah kamu membenci agama Abdul Muththalib?” Terus-menerus Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membujuknya untuk mengucapkannya. Ketika itu Abu Jahal ada di sampingnya.karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. Oleh karena itu. Namun sebaliknya. Lebih-lebih tatkala dalam keadaan sakit atau menghadapi kematian.” (Al-An’am: 112) Hal inilah yang menjadikan kita sadar dan hati-hati dalam mencari lingkungan serta teman bagi kita dan keluarga kita. dari bapaknya radhiyallahu ‘anhu.” (Fathir: 6) ُ َُ َ َ َ ّ َ َ َ ْ ََ ً ُ ُ ِ ْ َ ْ َ ُ ْ ُ ٍ ْ َ َِ ْ ُ ُ ْ َ ِ ُ ّ ِ ْ َ ِ ْ ِْ َ ِ َ َ ّ ُ َ ّ ِ َ ّ ُ ِ َ ْ َ َ َ َِ َ َ ‫وكذلك جعلنا لكل نبي عدوا شياطين النس والجن يوحي بعضهم إلى بعض زخرف القجول غجرورا ولجو شججاء ربجك مججا فعلججوه‬ َ ُ َْ َ َ َ ْ ُ ْ َ َ ‫فذرهم وما يفترون‬ “Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh. sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. Hingga Musayyab berkata: “Abu Thalib mati di atas agama Abdul Muththalib. Dari Ibnul Musayyab rahimahullahu. sebuah kalimat yang aku akan jadikan sebagai hujjah untuk membelamu di hadapan Allah. Namun mereka berdua (Abu Jahal dan Abdullah bin Abi Umayyah) juga mengulang-ulang ucapan mereka. yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin.” Maka Abu Jahal dan Abdullah bin Abi Umayyah berkata: “Wahai Abu Thalib.

Beliau duduk di samping kepalanya. Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’d As-Sa’idi radhiyallahu ‘anhu) Tidak Ada yang Selamat Kecuali Orang yang Diselamatkan Allah Subhanahu wa Ta’ala Karena dahsyatnya berbagai ujian dan cobaan yang dihadapi masing-masing hamba.‫إلى السْلم فنظر الغلم إلى أبيه وهو عند رأسه فقال له أبوه: أطع أبا القاسم. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‫إنما العمال بخواتمها‬ َ ِ ِ َ َ ِ ُ َ ْ َْ َ ّ ِ “Hanyalah amalan-amalan itu tergantung dengan akhirnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ِ ِ ّ ِ َ ُ ْ َ َ َ ْ ِْ َ ‫واصبر وما صبرك إل بال‬ “Bersabarlah (wahai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah.” (HR. فأسلم ثم مات، فخرج رسول ال صلى ال عليججه‬ ِ ُ ُ َ َ َ َ َ َ َ ّ ُ َ َْ َ َ ِ ِ َ ْ َ َ ْ ِ َ ُ ُ َ ُ َ َ َ َ ِ ِ ْ َ َ ْ ِ َ ُ َ ِ ِ َ َِ ُ َ ُ ْ َ َ َ َ ِ َ ِْ َِ ِ ّ ْ ِ ِ ُ َ َ ْ َ ِ ّ ِ ُ ْ َ ْ ُ ُ َ َ ُ َ ‫ِ ْ ِ ْ ِه‬ ‫وسلم من عند ِ وهو يقول: الحمد ل الذي أنقذه بي من النار‬ Seorang anak Yahudi yang membantu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakit.” Maka dia pun masuk Islam lalu meninggal dunia. Beliau berkata: “Masuk Islamlah.” (Ibrahim: 27) 15 .” (An-Nahl: 127) ِ َ ِ ْ ِ َ َ ْ ّ ‫ُ َّ ُ ّ ّ ِ ن َ َُ ِ ْ َ ْ ِ ّ ِ ِ ِ ْ َ َ ة‬ ‫يثبت ال الذي َ ءامنوا بالقول الثابت في الحيا ِ الدنيا وفي الخرة‬ ُ “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang menjenguknya. Beliau menawarkan kepadanya untuk masuk Islam. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu keluar sambil berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkannya dari api neraka dengan perantaraanku. Bapaknya lalu berkata: “Taatilah Abul Qasim (Rasulullah). maka tidak mungkin bisa selamat dan berhasil melaluinya kecuali orang yang diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan rahmat dan keutamaan dariNya.” (Muttafaqun ‘alaih) Oleh karena itu.” Anak itu lalu memandang kepada bapaknya yang berada di sampingnya.

dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau. lihat Shahih Al-Jami’.” (HR. At-Tirmidzi. janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami.”) Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ِ ِ َ ْ َ َ ِ ِ ْ َ ِ ُ َ ِ َ ّ َ َ َ ْ َ َ ِ َ َ َ َ َ َ َ ِ َ ُ َ َ َ ْ َ َ َ ُ َ َ ّ َ ْ ُ َُ َ ً َ َ َ ِ ْ ُ ْ َ ‫لججن يججدخل أحججدا عملججه الجنججة. kita memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala: ُ ّ َ ْ َ ْ َ َ ّ ِ ً َ ْ َ َ ْ ُ َ ْ ِ َ َ ْ َ َ َ َ ْ َ َ ِ َ ْ َ َ َ ُُ ْ ِ ُ َ َ ّ َ ‫ربنا ل تزغ قلوبنا بعد إذْ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب‬ “Ya Rabb kami. قججالوا: ول أنججت يججا رسججول الجج؟ قججال: ل، ول أنججا، إل أن يتغمججدني الجج بفضججله ورحمتججه‬ “Amalan seseorang tidak akan memasukkan dirinya ke dalam jannah. Hanya saja Allah Subhanahu wa Ta’ala telah meliputiku dengan rahmat dan keutamaan dari-Nya. wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Tidak pula aku. Al-Bukhari dan Muslim) Sebagai penutup. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu mengatakan: “Shahih.” Mereka bertanya: “Tidak pula engkau. 16 . karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia). tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (Ali ‘Imran: 8) ِ ِ ْ ِ ََ ِ ْ َ ْ ّ َ ِ ُُ ْ َ َّ ُ َ َ ‫ويا مقلب القلوب، ثبت قلبي على دينك‬ “Wahai Dzat Yang membolak-balikkan qalbu.” (HR.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful