MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMAT

PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK SIPL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU 2010

Doni Hidayat 3.MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMAT Nama Kelompok : 1. Andi Rahman 5. Muhammad Zainal Ilmi ( H1A110079 ) PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK SIPL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU 2010 . Arya Rizki Darmawan 2. Aminuddin Burhan ( H1A110084 ) ( H1A110082 ) ( H1A110081 ) ( H1A110078 ) 4.

Kami berharap agar makalah ini dapat berguna bagi orang lain yang membacanya. . Sholawat serta salam semoga tercurah kehadiran Nabi besar Muhammad SAW. Oleh karena itu sudah sepatutnya kami berterima kasih kepada bapak Agus Salim selaku dosen pembina kami. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Semesta Alam karena atas izin dan kehendakNya jualah makalah sederhana ini dapat kami selesaikan tepat pada waktunya. Adapun yang kami bahas dalam makalah sederhana ini mengenai “Masyarakat Madani dan kesejahteraan umat “ Dalam penulisan makalah ini kami menemui berbagai hambatan yang dikarenakan terbatasnya Ilmu Pengetahuan kami mengenai hal yang berkenan dengan penulisan makalah ini. Kami menyadari akan kemampuan kami yang masih dalam tahap pembelajaran.KATA PENGANTAR Segala puji hanya milik Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang di berikan. dan orang-orang yang meneladani beliau. para sahabat. Dalam makalah ini kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Tapi kami yakin makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan juga kritik membangun agar makalah kami dapat menjadi lebih sempurna. Penulisan dan pembuatan makalah ini bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan tentang Masyarakat Madani dan kesejahteraan umat menurut islam kepada pembaca khusunya mahasiswa.

....................................................................... C............................. PENDAHULUAN ... A............ Perkembangan masyarakat madani di Indonesia................................................PENUTUP.................................. Saran...................................................................08 08 08 ..... Pengertian masyarakat madani menurut ajaran Islam................................... Latar Belakang....... A........................ III................................ B............................. A......... I.................... Ciri-ciri masyarakat madani.......................................................................... Kesimpulan................ B....... Perumusan Masalah................... D....................................................................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ......... II.................................. PEMBAHASAN................................................ Metode Penulisan................ C.......................................................... DAFTAR ISI ................................................................................................................................................................ DAFTAR PUSTAKA I II 01 01 01 02 02 03 03 05 06 ..... Tujuan Penulisan................................................................... B.................................

serta tindakan-tindakan. terwujudnya nilai-nilai tertentu dalam kehidupan masyarakat. bangsa Indonesia pada era reformasi ini diarahkan untuk menuju masyarakat madani.I. TUJUAN PENULISAN Tujuan penulisan makalah ini untuk memberikan beberapa pemikiran tentang : 1. untuk itu kehidupan manusia Indonesia akan mengalami perubahan yang fundamental yang tentu akan berbeda dengan kehidupan masayakat pada era orde baru. kebebasan dan kemajemukan [pluraliseme]" . Memahami perkembangan masyarakat madani di Indonesia. maka segala usaha yang dijalankan akan memenuhi kegagalan". dikatakan akan memungkinkan "terwujudnya kemandirian masyarakat. “diperlukan suatu paradigma baru di dalam menghadapi tuntutan-tuntutan yang baru. dan tokoh-tokoh masyarakat tentang masyarakat madani (sebagai terjemahan dari kata civil society). Dengan kata lain. jujur. Masyarakat madani diprediski sebagai masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi budaya. semua potensi bangsa Indonesia dipersiapkan dan diberdayakan untuk menuju masyarakat madani yang merupakan cita-cita dari bangsa ini. LATAR BELAKANG PENDAHULUAN Akhir-akhir ini sering muncul ungkapan dari sebagian pejabat pemerintah. 1999:4]. B. dan agama. Kenapa. adat istiadat. demikian kata filsuf Kuhn. karena dalam masyarakat madani yang dicita-citakan. apabila tantangan-tantangan baru tersebut dihadapi dengan menggunakan paradigma lama. dalam menghadapi perubahan masyarakat dan zaman. . cendekiawan. A. Menjelaskan pengertian masyarakat madani dalam pandangan ajaran islam 2. Mengenali lebih dalam arti masyarakat madani dan kesejahteraan umat 3. terutama keadilan. persamaan. Tampaknya. Karena menurut Kuhn. Demikian pula. Konsep masyarakat madani merupakan tuntutan baru yang memerlukan berbagai terobosan di dalam berpikir. dan taat hukum [Bandingkan dengan Masykuri Abdillah. penyusunan konsep. politisi. serta taqwa.

PERUMUSAN MASLAH Berdasarkan latar belakang masalah diatas. METODE PENULISAN Penulisan makalah in dengan beberapa metode. Bagaimana cara terwujud kesejahteraan masyarakat madani ? 4. Apa pengertian Masyarakat madani dalam ajaran islam ? 2.C. Bagaiamana perkembangan masyarakat madani di Indonesia ? D. Apa ciri-ciri masyarakat madani ? 3. yaitu : 1. Browsing . maka dapat diambil rumusan masalahnya sebagai berikut: 1. Kepustakaan 2.

II. Sebab. Pengertian masyarakat madani menurut ajaran Islam Istilah masyarakat Madani sebenarnya telah lama hadir di bumi. serikat buruh dan usahawan] berusaha menyatakan diri mereka dalam suatu himpunan.. 1999:4]. "Kalangan pemikir muslim mengartikan civil society . Secara ideal masyarakat madani ini tidak hanya sekedar terwujudnya kemandirian masyarakat berhadapan dengan negara. Maka. kebebasan dan kemajemukan [pluralisme] [Masykuri Abdillah.. kelompok wanita. sebuah agama [dina] yang excellent [paramount] yang misinya ialah untuk membangun sebuah peradaban [madani] [Kamaruddin Hidayat. namun istilah ini mengalami perkembangan pengertian. "masyarakat Madani". maka kini dipahami sebagai kemandirian aktivitas warga masyarakat madani sebagai "area tempat berbagai gerakan sosial" [seperti himpunan ketetanggaan. melainkan juga terwujudnya nilai. persamaan. PEMBAHASAN A. dan kelompok intelektual] serta organisasi sipil dari semua kelas [seperti ahli hukum. Kalau Cicero memahaminya identik dengan negara. secara "semantik" artinya kira-kira ialah. Maka. sehingga mereka dapat mengekspresikan diri mereka sendiri dan memajukkan pelbagai kepentingan mereka. wartawan. dan atau "parama" dan "dina"].nilai tertentu dalam kehidupan masyarakat. kelompok keagamaan. Komaruddin Hidayat. Kata madani sepintas orang mendengar asosiasinya dengan kata Madinah. adalah Nurcholish Madjid yang menggelindingkan istilah "masyarakat madani" ini. memang demikian karena kata Madani berasal dari dan terjalin erat secara etimologi dan terminologi dengan Madinah yang kemudian menjadi ibukota pertama pemerintahan Muslim. yang spirit serta visinya terbakukan dalam nama yayasan Paramadinah [terdiri dari kata "para" dan "madinah". sebagai terjemahan kata civil society atau al-muftama' al-madani. Sedangkan menurut. 1999:267-268]. terutama keadilan. walaupun dalam wacana akademi di Indonesia belakangan mulai tersosialisasi. dalam wacana keislaman di Indonesia. "Dalam bahasa Inggris ia lebih dikenal dengan sebutan Civil Society"..Istilah civil society pertama kali dikemukakan oleh Cicero dalam filsafat politiknya dengan istilah societies civilis. .

1999:267]. yang masyarakatnya sangat plural. jaminan kesejahteraan. dan agama.dengan cara memberi atribut keislaman madani [attributive dari kata al-Madani]. yang berarti "kota peradaban". prinsip kesetaraan hukum. masyarakat madani merupakan suatu masyarakat ideal yang dicita-citakan dan akan diwujudkan di bumi Indonesia. yaitu sebuah masyarakat yang dilandasi norma-norma keagamaan sebagaimana yang diwujudkan Muhammad SAW di Madinah. kalangan pemikir Muslim menganggap masyarakat [kota] Madinah sebagai prototype masyarakat ideal produk Islam yang dapat dipersandingkan dengan masyarakat ideal dalam konsep civil society"[Thoha Hamim. Oleh karena itu. civil society dipandang dengan masyarakat madani yang pada masyarakat idial di [kota] Madinah yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. dan perlindungan terhadap kaum minoritas. dengan mewujudkan dan memberlakukan nilai-nilai keadilan. kata Madani dapat diperhadapkan dengan istilah masyarakat Modern. Dalam masyarakat tersebut Nabi berhasil memberlakukan nilai-nilai keadilan. Dari paparan di atas dapat dikatakan bahwa. kebebasan. adat istiadat. Menurut Komaruddin Hidayat. . bentuk masyarakat madani adalah suatu komunitas masyarakat yang memiliki "kemandirian aktivitas warga masyarakatnya" yang berkembang sesuai dengan potensi budaya. prinsip kesetaraan [persamaan]. penegakan hukum. bagi kalangan intelektual Muslim kedua istilah [masyarakat agama dan masyarakat madani] memilki akar normatif dan kesejarahan yang sama. jaminan kesejahteraan bagi semua warga. Untuk kondisi Indonesia sekarang. yang diperhadapkan dengan masyarakat Badawi dan Nomad [Kamaruddin Hidayat. Dengan demikian. serta perlindungan terhadap kelompok minoritas. 1999:4]. Dengan begitu. kemajemukan [pluralisme]. yang semula kota itu bernama Yathrib ke Madinah difahami oleh umat Islam sebagai sebuah manifesto konseptual mengenai upaya Rasulullah Muhammad untuk mewujudkan sebuah masyarakat Madani.

bahwa kemajemukan sebagai nilai positif dan merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. berserikat. yaitu masyarakat memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik. 2. yaitu sikap mengakui dan menerima kenyataan mayarakat yang majemuk disertai dengan sikap tulus. mereka berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat. serta mempublikasikan informasikan kepada publik. Keadilan sosial (social justice). Demokratisasi dapat terwujud melalui penegakkan pilar-pilar demokrasi yang meliputi : (1) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) (2) Pers yang bebas (3) Supremasi hukum (4) Perguruan Tinggi (5) Partai politik 3. Untuk menumbuhkan demokratisasi dibutuhkan kesiapan anggota masyarakat berupa kesadaran pribadi. dan kemandirian serta kemampuan untuk berperilaku demokratis kepada orang lain dan menerima perlakuan demokratis dari orang lain.B. Demokratisasi. Pluralisme. serta tanggung jawab individu terhadap lingkungannya. kesetaraan. Ciri-ciri Masyarakat madani Karakteristik masyarakat madani adalah sebagai berikut : 1. berkumpul. Toleransi. 4. yaitu proses untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi sehingga muwujudkan masyarakat yang demokratis. sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang/kelompok lain. 5. Free public sphere (ruang publik yang bebas). . yaitu keseimbangan dan pembagian yang proporsiaonal antara hak dan kewajiban. yaitu kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan sikap sosial yang berbeda dalam masyarakat.

yaitu upaya untuk memberikan jaminan terciptanya keadilan. Ali Imron : 190-191. pemisahan antara ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. sehingga masyarakat memiliki kedewasaan dan kemandirian berpolitik yang bertanggungjawab. yaitu partisipasi masyarakat yang benar-benar bersih dari rekayasa. Padahal menurut kami tidak ada istilah-istilah ilmu-ilmu umum dan agama. sebagaimana dalam firman Allah dalam QS. 7. Supremasi hukum. Mulai abad XIV sampa sekarang masih sangat kecil sumber daya manusia ( baca : muslm ) yang menguasain iptek. C. QS. sehingga belum mampu menunjukkan perannya yang signifikan poposional dalam mewujudkan masyarakat madani yang di ciptakan. artinya setiap orang memiliki kedudukan dan perlakuan hukum yang sama tanpa kecuali. Lahirnya pemikiran tersebut sangat berpengaruh pada pelaksanaan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan islam sampai sekarang. intimidasi.6. Partisipasi sosial. Keadilan harus diposisikan secara netral. Perkembangan masyarakat madani di Indonesia Kita semua prihatin dengan adanya sinyalemen bahwa lembaga pendidikan islam masih ketinggalan baik sitem maupun output yang d hasilkannya. Secara konkrit Umat Islam Indonesia memang belum memiliki kualitas SDM yang unggul. Sehingga ada beberapa kalangan munculnya gagasan perlunya islamisasi ilmu umum ( islamisasi sains ). . QS Ar-ra’at : 3-4 . QS. Yunus : 101 . Terjadinya kemunduran tersebut di sebabkan oleh adanya penerapan program pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan islam yang dikotomi. Al-Mujadalah : 11 . namun upaya ini terus di lakukan secara maksimal sampai cita-cita tersebut terwujud. ataupun intervensi penguasa/pihak lain. sebab semua ilmu itu islam.

Menjadi kelompok kepentingan (interest group) atau kelompok penekan (pressure group) 5. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dalam jumlah yang besar 6. Kondisi ekonomi nasional yang belum stabil pasca krisis moneter 4. antara lain melalui peranannya sebagai berikut : 1. Sebagai pengembangan masyarakat melalui upaya peningkatan pendapatan dan pendidikan 2. . pemberdayaan masyarakat madani perlu ditekankan. Masih rendahnya pendidikan politik masyarakat 3. Sebagai kontrol terhadap negara 4. Masyarakat madani pada dasarnya merupakan suatu ruang yang terletak antara negara di satu pihak dan masyarakat di pihak lain. Dalam ruang lingkup tersebut terdapat sosialisasi warga masyarakat yang bersifat sukarela dan terbangun dari sebuah jaringan hubungan di antara assosiasi tersebut. Sebagai advokasi bagi masyarakt yang “teraniaya”. Rukun Warga. Rukun Tetangga.Adapun yang masih menjadi kendala dalam mewujudkan masyarakat madani di Indonesia diantaranya : 1. koperasi. Kondisi sosial politik yang belum pulih pasca reformasi Oleh karena itu dalam menghadapi perkembangan dan perubahan jaman. kalangan bisnis. kelompok buruh yang digaji atau di PHK secara sepihak dan lain-lain) 3. misalnya berupa perjanjian. Kualitas SDM yang belum memadai karena pendidikan yang belum merata 2. tidak berdaya membela hakhak dan kepentingan mereka (masyarakat yang terkena pengangguran. dan bentuk organisasiorgansasi lainnya. Tingginya angkatan kerja yang belum terserap karena lapangan kerja yang terbatas 5.

Mayarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun. 3. Kesimpulan PENUTUP Adapun kesimpulan dari isi pembahasan makalah ini yaitu : 1. Sebaiknya masyarakat madani di tekankan untuk pengembangan masyarakat agar terwujud kesejahteraan masyarakat. Hendaknya semua yang masih menjadi kendala dalam mewujudkan masyarakat madani cepat terselesaikan.III. 2. dan mamaknai kehidupannya. . Karakteristik masyarakat madani adalah : (1) Free public sphere (ruang publik yang bebas) (2) Demokratisasi (3) Toleransi (4) Pluralisme (5) Keadilan sosial (social justice) (6) Partisipasi sosial (7) Supremasi hukum B. menjalani. A. Masyarakat madani akan terwujud apabila suatu masyarakat telah menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dengan baik. 2. Saran Adapun saran-saran dari isi makalah ini yaitu : 1.

Wahyuddin. Masyarakat madani: agama. Jakarta : Pustaka Alvabet Rahardjo. Jakarta : LP3ES. 2009. dkk. Dawam. 2009. Jakarta : Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LAAF). Di akses 21 oktober 2010.org/mw/Ciri-Ciri_Masyarakat Madani. 2007.DAFTAR PUSTAKA http://www.dkk. dan perubahan social.crayonpedia. Ciri-ciri masyarakat madani. Pembangunan masyarakat madani dan tantangan demokratisasi di Indonesia: sebuah laporan dari penelitian dan seminar. 2006. Ridwan. Fuad. Surabaya: Grasindo . Deden. kelas menengah. M. Fachruddin. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. M. Agama dan pendidikan demokrasi: pengalaman Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful