PENDIRIAN BADAN USAHA BAGI CREATIVEPRENEUR

By IRWAN SANTOSA, S.H.M.K,n NOTARIS sejak tahun 1995 Pengurus Pusat I.N.I Dosen Univ. Jayabaya Program Magister Kenotariatan

yang berasal dari luar. Ada beberapa bentuk badan usaha yang kita kenal.Pemerintah Indonesia. muncul entepreneur2 atau creativepreneur2. sebagian besar berbentuk Badan Usaha Perseroan Terbatas (PT). Dalam rangka menyiasati persaingan usaha. sudah ketinggalan zaman & akan sangat merepotkan. . dapat masuk ke pasar Indonesia. sekalipun investor dari luar negeri tersebut dapat saja langsung bekerja sama dengan suatu Pemerintah Daerah. tetapi yang paling populer adalah Perseroan Terbatas (PT) atau Perseroan Komanditer (CV) dan kedua badan usaha tersebut pendiriannya harus menggunakan AKTA NOTARIS. baik antar kalangan dalam negeri. Perseroan Komanditer (CV). Sepertinya jika suatu usaha dikelola dengan bentuk usaha perorangan / pribadi. Setiap produk baik jasa maupun barang. maupun dengan kalangan luar negeri. telah membuka diri dalam dunia perdagangan pasar bebas. Importir yang memasukkan produk ke Indonesia. Karena semua urusan serba diurus sendiri & biodata yang dilampirkan pun pasti biodata pribadi.

belumlah berstatus badan hukum. sebelum diterbitkan Surat Keputusan oleh Menteri Hukum Dan Ham RI. PT yang sudah ditanda tangani akta pendiriannya. B = 40 %.I. Bidang Usahanya d. Komisaris : B.000. maka barulah PT tersebut berstatus badan hukum. Perseroan Terbatas (PT). Pendirian PT harus mengacu kepada Undang Undang No. f. Nama para pendiri berikut biodatanya c. Susunan Pengurus. Komposisi pemegang saham dari saham yang disetor/ditempatkan. tidak dapat menuntut sampai ke harta pribadi para pemegang saham. tentang Perseroan Terbatas. Contoh : A = 60 %. dapat menghadap Notaris. contoh : Direktur : A. para pendiri yang minimal 2 orang. . harus mempersiapkan hal hal sebagai berikut : a. Jika PT tersebut melakukan wanprestasi. 50.Modal Disetor minimal 25 % dari Modal Dasar (harus dapat menunjukan Slip setoran modal ke rekening PT di bank yang ditunjuk. Nama Perseroan Terbatas (PT) b.Modal Dasar minimal Rp.e. untuk menanda tangani akta pendiriannya. maka pihak kreditor hanya dapat menuntut perseroan sesuai dengan asset yang perseroan miliki saja. yang mana konsekuensinya adalah tanggung jawab pemegang saham terbatas hanya sebesar jumlah saham yang disetornya. 40/2007. Setelah SK diterbitkan oleh Menteri Hukum Dan HAM RI. Jika persyaratan diatas sudah siap. yang mana sebelum menanda tangani akta pendirian. g.000.

yang mana sebelum menanda tangani akta pendirian. Susunan Pengurus.II. Nama para pendiri berikut biodatanya c. harus mempersiapkan hal hal sebagai berikut : a. untuk menanda tangani akta pendiriannya. para pendiri dapat menghadap Notaris. . contoh : Pesero Pengurus / Aktif disebut Direktur. Modal yang dipisahkan dari harta pribadi pendiri (besarnya tidak ditentukan. disesuaikan dengan bidang usahanya) e. Nama Perseroan Komanditer (CV) b. Bidang Usahanya d. sedangkan Pesero Pasif disebut juga Pesero Komanditer. Jika persyaratan diatas sudah siap.Perseroan Komanditer (CV) Pendirian CV harus mengacu kepada Kitab Undang Undang Hukum Dagang. para pendiri yang minimal 2 orang.

yang mana statusnya hanya sebagai Badan Usaha biasa. sedangkan CV dapat sampai ke harta pribadi. cukuplah akta pendirian CV tersebut didaftarkan di Pengadilan Negeri dimana CV tersebut berdomisili. yang mana jika ada kreditor menuntut pengembalian kewajiban CV.atau diperhitungkan dari Modal Dasarnya. Untuk pendirian sebuah PT sampai dengan SK Menteri Hukum Dan HAM dibutuhkan biaya relative lebih besar yaitu sekitar Rp. Itulah perbedaan yang paling signifikan antara PT dengan CV.000.PERBEDAAN PT DENGAN CV : CV yang sudah ditanda tangani akta pendiriannya.Semua itu belum termasuk perizinannya.000. ternyata asset CV tidak atau masih belum mencukupi. sedangkan untuk CV relative lebih murah hanya sekitar Rp. Dan tanggung jawab CV tersebut adalah tanggung renteng diantara para pengurus.. 7. dimana jika PT tanggung jawab pemegang saham hanya terbatas pada saham yang disetornya. . maka kreditor dapat menuntut pengembalian sampai keharta pribadi dari para pengurusnya.000..000. bukan berbadan hukum. 4.

baik PT maupun CV harus melengkapi diri dengan perizinan beberapa dokumen lain yaitu : 1.NPWP Pengurusannya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat.Untuk dapat melakukan aktivitasnya.Domisili PT / CV Pengurusan di Kelurahan/Desa setempat dengan melampirkan : -Akta Pendirian PT/CV -Surat Pengantar dari RT/RW 2. dengan Melampirkan : -Akta Pendirian PT/CV -Copy Surat Domisili .

-Copy NPWP. dengan melampirkan : -Copy Akta Pendirian . dengan melampirkan : -Copy Akta Pendirian -Copy KTP + Pas Foto Direktur -Copy Domisili -Copy NPWP.3. -Copy S K Menteri Hukum Dan HAM -Copy SIUP -Copy KTP + Pas Foto . T D P (Tanda Daftar Perusahaan) Pengurusannya dilakukan di Kantor Suku Dinas Kantor Suku Dinas Perdagangan Pemda Kota/Kabupaten. 4. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Pengurusannya di Kantor Suku Dinas Perdagangan Pemda Kota/Kabupaten. -Copy Domisili.

Setelah semua persyaratan tersebut diatas terpenuhi. barulah sebuah PT/CV dapat melakukan aktifitasnya . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful