Anatomi Ginjal

a. Umum Ginjal terletak retroperitoneal pada dinding abdomen posterior.

-

Ginjal membuang kelebihan cairan, garam, dan sisa metabolisme protein dari darah, mengembalikan nutrien dan zat-zat kimia ke darah. Waste products

Khusus Ginjal di dalam tubuh terdiri dari ginjal kanan dan ginjal kiri Bentuknya ovoid dengan ukuran panjang ± 10 cm. Berjalan sepanjang dinding lateral pelvis dan memasuki urinary bladder. melalui pelvic brim pada percabangan common iliac arteries. - Bagian superomedial ginjal normalnya berkontak dengan kelenjar suprarenal (adrenal) yang ditutupi oleh kapsula fibrosa dan bantalan lemak perineal.5 cm. . A weak septum renal fascia memisahkan kelenjar ini dari ginjal. lebar ± 5 cm. - Ureter berjalan inferior dari ginjal. Fungsi kelenjar ini adalah sebagai kelenjar endokrin yang mensekresi kortikosteroid dan hormon androgen serta epinefrin dan norepinefrin. dan tebal ± 2. b.dibawa dari darah ke urin melalui ureter ke dalam kandung kemih (urinary bladder). berwarna merah kecoklatan.

pankreas. and iliohypogastric & ilioinguinal nerve menurun. Hilum ginjal adalah tempat masuknya arteri renalis. • • Ginjal kanan berhubungan dengan liver (dipisahkan Ginjal kiri berhubungan dengan organ gaster. spleen. dan pelvis renalis meninggalkan sinus renalis. sedangkan ginjal kanan adalah pada costae 12 hingga vertebra lumbar-3 (T12-L3). dengan ginjal kanan lebih rendah daripada ginjal kiri karena terdapat lobus kanan hati di atasnya. Pelvis renalis menerima 2-3 major calices. yang mana papila renalis ini merupakan ujung (apex) dari piramida renalis. Setiap minor calyx terdapat sebuah papila renalis. jejenum. - Pelvis renalis adalah superior end of the ureter yang berbentuk rata dan seperti corong yang memanjang. pelvis renalis dan calisesnya biasanya collapsed (kosong). vena renalis adalah anterior terhadap arteri renalis yang juga anterior terhadap pelvis renalis. margin medial dan lateral sehingga membuatnya berbentuk seperti kacang merah. vena renalis. Biasanya posisi ginjal kiri dalah pada costae 11 hingga vertebra lumbar-2 (T11-L2). - Pada orang hidup. dan memiliki kutub superior dan inferior. - Topografi ginjal dan hubungannya terhadap organ-organ lain adalah sebagai berikut. . yaitu kortex. medula dan pelvis renalis. Setiap ginjal memilki 3 regio. dan descending colon. • • • Superior: diafragma Inferior: muskulus Quadratus lumborum Bagian posterior ginjal: secara diagonal melintang subcostal nerve and vessel. oleh hepatorenal recess). yang mana setiap major calyx menerima 2-3 minor calices.- Lokasinya retroperitoneal. Setiap ginjal memiliki permukaan anterior dan posterior. duodenum dan ascending colon. Pada hilum ini.

dan kontak dengan hati secara anterolateral. tetapi mereka dipisahkan dari ginjal oleh jaringan fibrosa. o - Medulla adalah mass of tissue-permeated with capillary and sinusoids- berasal dari neural crest yang dihubungkan dengan sympathetic nervous system. o Korteks: berasal dari mesoderm dan berfungsi untuk menghasilkan hormon kortikosteroid dan androgen. Terdiri dari kelenjar suprarenal kiri dan kanan. Kelenjar ini terdiri dari 2 bagian. dan innervasi ginjal dan kelenjar suprarenal a. Setiap kelenjar dilapisi oleh kapsula fibrosa dan bantalan lemak. Kelenjar ini diliputi oleh fascia renalis yang menempel pada diafragma.65) dikelilingi oleh jaringan ikat yang berisi lemak perinefrik. anterior tehadap diafragma dan kontak dengan inferior vena cava (IVC) secara anteromedial. Kelenjar suprarenal kanan berbentuk triangular. - - Kelenjar suprarenal kiri berbentuk semilunar dan berhubungan dengan spleen. drainase.Kelenjar suprarenal - Berlokasi diantara superomedial aspects of the kidney and diaphragm (gambar 2. yaitu korteks dan medulla. Terdapat chromaffin cells of the medulla yang dihubungkan dengan sympathetic ganglion (postsynaptic) neuron in both derivation (neural crest cells) dan berfungsi mensekresi cathecolamin. gaster. Vaskularisasi. pankreas. dan left crus of diaphragm. Vaskularisasi .

Arteri renalis adalah cabang langsung dari aorta abdominalis yeng keluar setinggi vertebra L1 & L2 • • A. Anterosuperior segment disuplai oleh anterosuperior segmental artery 3. Superior (apical) segment disuplai oleh superior (apical) segmental artery 2. A. Posterior segment disuplai oleh posterior segmental artery . Terdapat 5 segmental arteries sbb: 1. Anteroinferior segment disuplai oleh anteroinferior segmental artery 4. Renalis bercabang menjadi arteri segmentalis (namun arteri-arteri ini tidak beranastomosis) yang berdistribusi terhadap segmen-segmen ginjal. Renalis kanan lebih panjang dan berjalan posterior terhadap IVC. Inferior segment disuplai oleh inferior segmental artery 5.• Ginjal disuplai oleh arteri renalis kanan dan kiri.

Drainase vena untuk kelenjar suprarenal adalah ke dalam large suprarenal vein.• Kelenjar suprarenal disuplai oleh: inferior phrenic artery 1. Superior suprarenal arteries (6-8 buah) yang merupakan cabang dari 2. Middle suprarenal arteries (1 atau lebih) yang merupakan cabang dari abdominal aorta dekat dengan level of origin of the SMA 3. Renalis kanan. Setiap vena renalis bermuara langsung ke dalam IVC. . Inferior suprarenal arteries (1 atau lebih) yang merupakan cabang dari arteri renalis. yang berjalan anterior terhadap aorta. b. - Drainase Vena Ginjal kanan dan kiri menyalukan darah baliknya kepada vena renalis kanan dan kiri yang terletak anterior terhadap arteri renalis Vena renalis kiri lebih panjang daripada v.

Pembuluh limfatik dari bagian inferior ginjal mendrainase ke dalam common.Pathway of blood flow in the kidney Arteri renalis → a. - Drainase Limfatik Drainase limfatik ginjal mengikuti vena renalis dan berdrainase ke dalam lumbar (aortic) lymph node. ↓ vena interlobularis ↓ vena arkuata ↓ vena interlobaris ↓ vena renalis c. Pembuluh limfatik kelenjar suprarenal muncul dari a plexus deep to the capsule of the gland and from one in its medulla. - - . interlobar → arteri arkuata → arteri interlobular arteriol aferen (mensuplai darah pada kapiler glomerulus) arteriol eferen vasa recta kapiler peritubular (mensuplai Tubulus prox & distal)dan kapiler kortex bagian luar dan kapsul ginjal berkonvergensi membentuk vena stellate. segmental → a. external dan internal iliac lymph nodes. Limfe berjalan ke dalam lumbar lymph nodes.

d. Plexus renalis disuplai oleh serabut dari thoracic splanchnic nerves. - Innervasi Persarafan ginjal muncul dari plexus renalis dan terdiri dari serabut simpatis dan parasimpatis. - . Kelenjar suprarenal memiliki a rich nerve supply dari plexus celiakus dan thoracic splanchnic nerve. Nervenya terutama bermielin (myelinated presinaptic sympathetic fibers) yang berasal dari lateral horn of spinal cord dan berditribusi ke dalam chromaffin cells dalam medula kelenjar suprarenal.

.

.

1. sirkular. muskular - 2/3 atas dari ureter  2 lapisan otot yaitu longitudinal dan sirkular 1/3 bawah dari ureter  3 lapisan otot yaitu longitudinal interna. c.Terbagi menjadi 4 bagian a. pelvic region.Anatomi dan Histologi Ureter Merupakan saluran pembawa urin Panjang = 25 – 30 cm iameter = 4 – 7 mm Terdapat 3 penyempitan . adventitia dan serosa (pada bagian atas dari bladder) . d.Muscular duct yang menyalurkan urine dari ginjal ke urinary bladder. persilangan artei dan vena iliaca communis. Longitudinal eksterna 3. b. intramural region. masuk ke bladder lapisan-lapisannya : 1. antara pelvis renalis dan bagian proksimal ureter 2. abdominal region. . Renal Pelvic. Passing Under It : Pada pria:  Vas deferens ( antara ureter dan peritoneum ) . mukosa - epitel transisional lamina propia  tersusun atas jaringan ikat padat sampai dengan selubung anyaman otot polos padat jaringan ikat longgar - 2. flexsura marginalis 3.

Left colic arteri.Duodenum -Right Gonadal arteri -Right colic arteri -Ileal mesenteri -SMA. masuk secara superoposterior ke bladder ( superior dari seminal gland ). Sacroilliac joint.menyilang dibagian superior uterine arteri. - Batas – Batas :  Ureter Kanan : anteriornya: . ke bagian lateral fornix vagina lalu masuk ke posterosuperior Bladder.  Posterior ( Ureter kanan dan kiri ) Psoas. Sigmoid mesenteri.  Ureter kiri : anteriornya: Left Gonadal arteri. Genitofemoral nerve. Ureter berada di posterolateral ductus deferens. - Arteries . Pada Wanita:   Uterine arteri Ureter melewati bagian medial origin uterine arteri dan nyampe ke level ischial spine. Common Iliac Joint Bifurcation.

Plexus aortic. common iliac arteri Internal Iliac Arteri abdominal Region Pelvic Region Uterine arteries ( Wanita ) dan Inferior vesial arteries ( pria)  terminal parts Ureters - Venous dan lymphatic drainages Venous : sesuai dengan arterinya. Limphatic dari superior ke inferior ureter :    Innervasi Lumbar ( caval / aortic ) Common Portions ) External dan Internal iliac nodes ( Pelvic Parts ) Iliac Nodes ( abdominal  Autonomic plexus ( simpathetic dan Parasimpathetic ) Plexus Renalis.Renal Arteri Branchs of abdominal aorta testicular/ovarian arteri. Plexus superior dab Inferior Hypogastric. .

2 inferolateral c.4 permukaan Bladder : a. Body d.Reffered to Lower Quadrant abdomen ( Groin/inguinal regions ) secara ipsilateral Anatomi Urinary Bladder Distensible muscular organ yang membentuk suatu kantung ( hollow ) Berada di pelvic cavity. - Bladder terdiri dari : a. Neck . Fundus c. Apex ( berbatasan dengan sinfifis pubis ) b. posterior .Di bagian dasar terdapat TRIGONE ( small triangular area ) .- Afferen pain fiber nya mengikuti sympathetic fibers  spinal ganglia T11-L1/L2  Ureter Pain . Posterior simfisis pubis. Superior b.

Arterial Suplay: Superior Vesical Arteri Internal Illiac Arteri Bladder Anterosuperior of Inferior vesical arteri ( Pria ) Vaginal Arteri ( Wanita ) Fundus dan Neck of Bladder ( posteroinferior of Bladder ) .TRIGONE ( small triangular area )  opening.  Anterior : terdapat internal urethral orifice ( opening into urethra ) Posterior : terdapat 2 sudut yang berisi 2 ureteral .Venous Drainage Vesical Venous Plexus Combine Pada Pria .

Limphatic Drainage  Superolateral aspect of Bladder  external Iliac Lymph nodes  Neck of Bladder  Sacral/common Iliac lymph nodes .Innervasi bladder  Sensory : stretct Reseptor : derajat fullness of baldder  Somatis : Pudendal nerve : kontraksi External Spincter  Simpathetic : Internal Spincter Kontraksi.Prostatic Venous Plexus Veins ( deep dorsal Vein – penis ) Internal Iliac Vaginal/uterovaginal venous plexus Pada Wanita Vesical Venous Plexus ( dorsal Vein – Clitoris ) . .  Parasimpathetic : destrusor muscle kontraksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful