SOAL HUKUM NEWTON

Contoh 3. Beban dengan massa seperti pada gambar di bawah. Tentukan nilai tegangan tali T1 dan T2 Contoh 10 Balok massanya 4 kg berada di atas meja kemudian ditarik dengan dua buah gaya yang berlawanan arah sebesar 4 N dan 9 N. Tentukan kecepatan balok itu selama 10 detik gaya bekerja. Contoh 11 Meja massanya 15 kg dikenai gaya sehingga meja itu bergerak dari keadaan diam. Setelah detik ke 5 jarak yang ditempuh meja sejauh 15 m. Tentukan besar gaya yang bekerja pada Contoh 12 Jika massa benda 20 kg dan sudut kemiringan 530. Tentukan gaya normal dan gaya gesekan kinetik pada benda jika koefisien gesekan kinetiknya ¼.

300 T1

60 0 T2 6 kg

Contoh 4 . Perhatikan gambar di bawah. Jika beban yang digantung bermassa 8 kg, tentukan tegangan tali pengikat beban itu . 530 T1 T2

Contoh 5 Benda massanya 2 kg dikenai gaya 8 N selama 4 s. Tentukan jarak yang ditempuh benda itu. Contoh 6 Dua buah gaya 16 N dan 20 N dengan arah berlawanan bekerja pada benda. Jika massa benda 2kg tentukan: a. percepatan benda . b. jarak yang ditempuh benda saat 4 s . c. kecepatan benda saat 4 s. Contoh 7 Benda massanya 4 kg bergerak dengan kecepatan 8 m/s. Setelah 5 s kecepatannya berubah menjadi 10 m/s. Tentukan gaya yang bekerja pada benda itu. Contoh 8 Benda massanya 5 kg dikenai gaya sehingga bergerak. Gerakan yang dilakukan oleh benda diperlihatkan oleh grafik di bawah. Tentukan besar gaya yang bekerja pada benda selama gerakan.

Contoh 13 Sebuah beban bermassa 10 kg diikat dengan tali seperti gambar di bawah. Jika kemudian tali di tarik ke atas, tentukan besar tegangan tali jika beban bergerak a. naik dengan kecepatan tetap . T 2 b. naik dengan percepatan 1 m/s c. turun dengan percepatan 2 ms2 Contoh 14 Benda berada di atas bidang kasar ( µ = ¼ ) kemudian ditarik dengan gaya 30 N secara mendatar. Jika massa benda 4 kg, tentukan: a. gaya gesekan b. percepatan benda c. jarak yang ditempuh benda selama 4 s Contoh 15 Balok berada di atas bidang miring dengan sudut 370. Tentukan percepatan yang dialami benda jika. a. bidang licin b. bidang kasar ( µ = ½ ) Contoh 15. Balok massanya 20 kg berada di kaki bidang miring dengan sudut kemiringan 370. Tentukan gaya minimum untuk mendorong balok supaya naik dengan. a. kecepatan tetap b. percepatan tetap 2 m/s2. c. percepatan tetap 2 m/s2 dan bidang kasar. (µ = ½ )

v ( m/s ) 8 4
Contoh 9 Bis massanya 8 ton bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Kemudian bis direm dan berhenti setelah menempuh jarak 50 m. Tentukan gaya rem yang bekerja pada bis itu.

0

4

t(s)

1

Bimbingan Belajar BSC

benda naik dengan kecepatan tetap b. tentukan gaya tekanan orang itu terhadap dasar lift .( tidak tergelincir ) F A F B Contoh 30. Benda bermassa 10 kg ditarik dengan tali meng. Seorang tentara akan mendaki tebing menggunakan tambang. Turun dengan kecepatan tetap b. Dua buah benda A dan B bermassa 4 kg dan 6 kg. jika a. Jika koefisien gesekan antara semen dengan bak sekitar ¼. Kekuatan tambang maksimal 700 N. Percepatan tetap 2 m/s2 B 6 kg Contoh 21. benda naik dengan percepatan 3 m/s2 c. Benda A dan B massanya masing masing 4 kg dan 8 kg. Kedua balok diikat dengan tali kemudian dilewatkan pada sebuah katrol seperti gambar. Contoh 18. Seseorang massanya 70 kg berada di dalam lift. Contoh 26. tentukan a. Pada atap lift tergantung sebuah pegas yang digantungi beban 4 kg. tentukan tegangan talinya jika a. Pada suatu saat lift bergerak. Naik dengan percepatan 2 m/s2 c. Benda massanya 2 kg digantung dengan tali seperti pada gambar di bawah. Kecepatan tetap b. naik dengan percepatan 2 m/s2 Contoh 22 . koefisen gesekan antara permukaan balok dianggap sama sebesar ½ . A B Contoh 23 . Jika konstanta pegas besarnya 200 N/m tentukan regangan pegas saat lift bergerak a. tentukan jarak pengereman agar semen tidak bergeser. jika lift bergerak a. Bidang licin 4 kg A Contoh 25. Jika kemudian tali digerakan. tentukan percepatan yang diberikan oleh tentara saat ia naik. tentukan percepatan dan tegangan tali pengikat benda. tentukan : a. percepatan system ( a ) b. benda turun dengan percepatan 2 m/s2 Contoh 19. Dua buah balok A dan B dengan massa 4 kg dan 6 kg dirangkai seperti gambar. Tentukan gaya yang di berikan agar benda naik dengan : a. Diatas bak mobil ada satu sak semen yang massanya 400 kg yang sedang bergerak dengan kecepatan 72 km/jam.Contoh 16. Setelah bergerak 5 detik kecepatannya berubah menjadi 15 m/s. Jika koefsien gesekan antara benda A dan B sebesar ½ dan koefsien gesekan antara benda B dengan bidang ¼ tentukan 4 kg gaya maksimum untuk meng gerakan benda itu agar benda A diam. Besar gaya agar balok B tepat akan bergerak T A F B W 2 Bimbingan Belajar BSC . jika massa tentara itu 60 kg. naik dengan kecepatan tetap b.gunakan sistem katrol. Benda dikenai gaya sehingga bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Lihat gambar. Lihat gambar. Bidang kasar ( µ = ¼ ) b. tegangan tali ( T ) Gambar . Turun dengan percepatan 2 m/s2 Contoh 20 . turun dengan percepatan 1 m/s2 c. Tentukan gaya yang bekerja jika massa benda 20 kg. Contoh 17. Tegangan tali b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful