BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan harus mampu menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional. Dalam kurikulum pendidikan, seorang calon guru dituntut untuk melaksanakan program akademik Universitas Siliwangi berupa

Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama kurang lebih tiga bulan di setiap sekolah yang sudah ditentukan oleh jurusan masing-masing. Selama proses mengajar, calon guru berupaya mengajarkan pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setelah mengikuti Program Pengenalan Lapangan (PPL) di SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Secara sederhana laporan ini kami buat untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti ujian praktik kependidikan sesuai pedoman pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi tahun 2010 berkenaan dengan kegiatan-kegiatan kami selama observasi dan orientasi di SMK YAPSIPA Tasikmalaya.

1

B. MAKSUD DAN TUJUAN 1. Sebagai bukti tertulis dari serangkain kegiatan observasi dan orentasi yang kami laksanakan selama praktikan di SMK YAPSIPA Tasikmalaya. 2. Mempelajari dan mengenal tentang pengelolaan sekolah. 3. Pengetahuan yang harus kami miliki sebagai calon guru. 4. Tiap anggota kelompok PPL mendapatkan buku laporan ini sebagai bekal atau rujukan pengelolaan sekolah tingkat SMK.

C. RUANG LINGKUP Ruang lingkup laporan kegiatan ini meliputi 5 komponen (aspek) yaitu : 1. Kurikulum 2. Kesiswaan 3. Kepegawaian (personal) 4. Hubungan masyarakat 5. Organisasi Sekolah

D. Teknik Pengumpulan Data/Laporan Laporan ini akan kami susun dari berbagai laporan data tiap-tiap anggota kelompok yang sudah ditugaskan melaksanakan observasi dan orentasi dilapangan sebagai pembagian tugas (Daftar petugas/pelapor terampil) 1. Wawancara 2. Assment/Penilain di lapangan

2

E. Sistematika BAB I BAB II Pendahuluan Sejarah Singkat Sekolah Pada bab ini disajikan profil sekolah pada saat ini BAB III Kesimpulan dan Saran, Lmpiran-lampiran

3

BAB II GAMBARAN UMUM SEKOLAH A. Pada tahun 1992 beralih fungsi menjadi SMP Negeri 10 Tasikmalaya berdasarkan Kpeutusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 024/1992 tanggal 5 Mei 1992. dalam hal ini tepatnya bersebrangan dengan alun-alun yang memudahkan tempatnya untuk dijangkau oleh para siswa dari berbagai tempat/daerah. juga merupakan satu-satunya SMP Penyelenggaraan Program Keterampilan (PPK) di kota Tasikmalaya berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0134/U/1994. SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Karena tempatnya yang sangat strategis. SMP Negeri 10 Tasikmalaya merupakan salah satu sekolah menengah pertama favorit yang ada di Kota Tasikmalaya. Sejarah Singkat SMP Negeri 10 Tasikmalaya SMP Negeri 10 Tasikmalay merupakan alih fungsi dari sekolah yang didirikan pada zaman belanda dengan nama sekolah “Ambach School” yang berganti nama menjadi sekolah Teknik (ST). SMP Negeri 10 Tasikmalaya terletak ditengah kota. 4 .

A Wiratanuningrat No. 5 . Perolehan nilai akademis dan prestasi non akademis siswa meningkat dari tahun ketahun.A. Lingkungan sekolah yang kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran. Tahun Pendirian NSS Visi Sekolah : 1992 : : 201322778010 Berdasarkan Iman dan Takwa SMP N 10 Tasikmalaya berprestise dalam prestasi Kecamatan Tawang Kota Indikator Visi : 1.B. Identitas Sekolah Nama Sekolah Status Sekolah Alamat : SMP Negeri 10 Tasikmalay : Negeri : Jl R. 12 Kota Tasikmalaya Kode Pos 46112 No Tlp (0265) 33184 Kelurahan Tawangsari Tasikmalaya. Profil Sekolah 1. 3. Warga sekolah memiliki semangat berprestasi dan pembaharuan sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 2.

Prestasi di bidang non akademis (olahraga. Tujuan : 1. Kepala sekolah. 5. MISI Sekolah : 1. Meningkatkan disiplin dan motivasi kerja di kalangan guru. 3. seni dan lainnya) lebih meningkat selaras dengan upaya pembinaan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap sekolah. Warga sekolah berprilaku sesuai nilai-nilai keimanan agama yang diyakininya. Meningkatnya kemampuan kompetensi guru dan staf. 2. Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan. 5. Meningkatnya mutu akademik dan non akademik termasuk didalamnya program keterampilan khusus. stap dan warga belajar. dan siswa menyadari penuh akan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. TU. 4. 6 . guru. Terlaksananya secara efektif program keterampilan (TPL.4. 2. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif dengan di dasarkan dan ketaqwaan sebagai lingkungan komunitan pembelajaran. 6. 3. Kualitas akademik seluruh mata pelajaran menunjukan prestasi yang memuaskan. Otomotif dan KKP).

sikap dan perilaku yang baik. menunjukan bahwa sekolah ini dapat membentuk karakter siswa yang memiliki budi pekerti. guru. Penyampaianinformasi kepada guru. 7. 5. Penataan lingkungan yang asri dan nyaman. siswa dan orang tua tentang rencana pengembangan sekolah. serta bermanfaat multi fungsi bagi warga sekolah. Efektivitas dan efisien penggunaan dana yang ada. Penjaringan siswayangdalam memilih bidang ekstrakulikuler selain memuntut bakat dan minat siswa. 7 . meningkat selaras dengan minat dan bakat). kualitas akademis seluruh mata pelajaran menunjukan prestasi yang memuaskan. juga disesuaikan dengan kebutuhan dari cabang ekstrakulikuler yang dipilih. 2. kepala sekolah. 3. 4. Pembentukan tim sukses pembentukan program. karyawan. prestasi dibidang noon akademik (olahraga. 3. seni dan lainnya. Miniamal 90%. Pengadaan fasilitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang baru. Minimal 92%. 6. Tu dan siswa menyadari penuh akan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas pokok fungsinya. Minimal 90%. Demokratis dan persuasive dalam pengambilan keputusan.4. Peningkatan kerja sama dengan seluruh stakeholder. Keimanan kepada Allah SWT. Kebijakan : 1. Kebijakan : 1. 2.

Peningkatan kemampuan/kompetensi guru dan staf. 3. Melakukan kajian bersama dengan dewan guru/staf dan komite sekolah tentang tata tertib kehidupan social bagi warga sekolah. Mendayagunakan guru ex Sekolah Teknik (ST) dalam mendukung pengelolaan program keterampilanm (life skill) 8 . Menjalin hubungan kerja sama dengan komite dan masyarakat peduli pendidikan. 5. Melakukan berbagai kegiatan yang mendukung peningkatan prestasi siswa bidang akademik maupun olahraga dan seni. 4. 2. Diikutsertakannya guru/staf dalam kegiatan penataan/seminar. Meningkatkan terciptanya lingkungan sekolah yang bersih. di keluarga dan di masyarakat. asri dan kondusif. Melaksanakan budaya nuansa islami bagi seluruh warga SMP Negeri 1 Tasikmalaya selama di sekolah. MGMP di sekolah maupun di luar sekolah. 5. 6. 2. Peningkatan kemampuan/kompetensi pretasi siswa d bidang akademik termasuk di dalamnya program keterampilan (life skill) dan bidang non akademik sesuai dengan minat dan bakat. Kegiatan : 1. Pembagian tugas dengan rincian jelas sesuai bidang keahliannya. kecuali non muslim sesuai dengan agama dianutnya. 3 Peningkatan motivasi dan disiplin kerja guru dan staf. 4.Program : 1.

6. dan mengevaluasi kegiatan/program sekolah. H iyep Kadar Soliha. Ahmad Kamaludin Yoyo Daryo Drs. Struktur Organisasi Sekolah 9 . 7. kekeluiargaaan dan keindahan. Perkembangna Sekolah Daftar Nama Sekolah yangtelah bertugas di SMP Negeri 10 Tasikmalaya NO 1 2 3 4 5 6 Nama Moch. Status Tanah : Luas Tanah Sertifikat Tanah 2. menciptakan kehidupan.Sekarang Hak Milik Hak Guna Pakai : 41. Lebih memperbanyak kegiatan baik secara tersendiri maupun diintegrasikan dalam kegiatan lain (PBM atau ekstrakulikuler). 8. M.160 m2 : Terlampir C. Mengadakan pertemuaan berkala dengan guru/staf dan komite sekolah dalam merencanakan. kenyamanan. keamanan.M Drs. M.M Drs. asri dan aman. H Djahidin Djaenal. Penataan lingkungan sekolah yang nyaman. Suparman Periode Tahun 1986-1992 1992-1993 1993-2001 2001-2005 2005-2007 2007. Secara bersama-sama menjaga. Enuh Pymt. melaksanakan.

Susunan bagian-bagian dengan hubungan kejany dafat dijelaskan dan digambarkan secara konkrit dalam bentuk organisasi berlaku pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 T asikmalaya. Efektivitas berbagai bentuk organisasi itu tergantung dari berbagai factor. adminisator. manager. monitoring dan evaluasi. 10 . Kepala sekolah merupakan penanggung jawab dari semua kegiatan sekolah yang dibantu beberapa wakil kepala sekolah urusan sarana. mendorong kretivitas dan aktivitas serta melaksanakan pengawasan. innovator. leader. Organisasi terdiri sejumlah bagian/unsur dengan jumlah orang atau bagian yang disusun secara hirarki dan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan. kurikulum. supervisor. Mekanisme kerja yangtelah berjalan pada SMP Negeri 10 Tasikmalaya adalah sebagai berikut : 1. mengkoordinasikan. melaksanakan. kesiswaan dan humas.Organisasi merupakan usaha mengatur jenis pekerjaan dan pembagian tanggung jawab dan hubungan antara berbagai bagian atau kelompok pelaksana. terutama dari tujuan yang akan dicapai (jenis usaha) dan situasi dilaksanakan usaha itu sendiri. Faktor personal yaitu jumlah dan kemampuan yang terlibat sangat besar pula pengaruhnya dalam menentukan bentuk organisasi yang digunakan. inovator dan motivator kegiatan meliputi : menyusun rencana/program kegiatan sekolah. Kepala Sekolah Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai educator.

6. 5. penilain kependidikan. administrasi keuangan. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua atau wali kelas b. Membina hubungan antar sekolah dengan komite sekolah 11 . 4. Wali Kepala Sekolah Membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagi berikut: a. mengkoordinasikan hal-hal yang berkaitan dengankesiswaan. sarana dan prasraran serta invertaris madrasah. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Wakil kepal sekolah urusan kesiswaan bertugas membantu kepala dalam mengawasi. Wakil Kepal Sekolah Urusan Kurikulum Wakil kepala sekolah urusan kurikulum bertugas melaksanakan kegiatankurikuler dan ekstrakulikuler. 3. Tata Usaha Mekanisme kerja tata usaha sebagaiunsur dari pengelolaan madrasah atau lembaga pendidikan. intensif training guru. pendayaguanaan dan pemeliharaaan serta inverntarisasi saran lembaga pendidikan. bertugas melaksanakan pengelolaan administrasi kantor. Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Waskil kepala sekolah urusan sarana bertugas melaksanakan urusan penyusunan perencana kebutuhan pengkoordinasiian.2.

yang meliputi: 1) Denah tempat duduk kelas 2) Papan absent siswa 3) Daftar pelajarn kelas 4) Daftar piket kelas 5) Buku absensi siswa 6) Buku kegiatan belajar dan mengajar 7) Tata tertib siswa 8) Menyusun/membuat data statistic bulanan siswa 9) Mengisi buku laporan pendidikan 10) Pembagian rapor 8. e. Berkonsultasi dengan dunia usaha. Menyusun laporan pelaksanaan humas secara berkala. d.c. Wali Kelas Membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut: a. Membina dan menyelenggarakan hubungan antar sekolah dengan lembaga pemerintahan. dunia usaha dan lembaga sosisal lainnya. 7. Penyelenggaraan administrasi kelas. Guru Mata Pelajaran 12 . Pengelolaan kelas b.

Melaksanakan kegiatan penilaian d. Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pembelajaran g. Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Kurikulum Sekolah Kurikulum adalah semua kegiatan yang mengatur kelancaran proses belajar mengajar untukmencapai suatu tujuan yang meliputi fasilitas belajar. Mengadakan pemeriksaan. siswa dan pemanfaatan waktu lainnya yang dilaksanakan baik dilingkungan sekolah naupun diluar sekolah. pemeliharaan. Mengatur kebersihan ruangtempat praktek j. Membuat catatn tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa i. Kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 10 Tasikmlaya adalh kurikulum KTSP. Hal ini dikarenakan perubahan pengguanaan kurikulum dalam 13 .Selaku guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyaio tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Membuat dan menyusun lembar kerja h. D. Membuat program pengajaran b. Membuat PSP c. meteri pembelajaran. Tugas guru meliputi: a. teknologi pendidikan. tenaga pengajar atau pendidik. Mengadakan kegiatan penilain e. dan pengawasan kebersihan kelas dan alat-alat pada setiap akhir pelajaran. f.

Saat ini pengajar di kelas 7. yang tidak memungkinkan pengguanaan suatu model tertentu secara paripurna/totaliter. dan 9 di SMP Negeri10 Tasikmalaya. f. c. Menyusun jadwal evaluasi belajr. Berikut ini kami sampaikan susunan program pembelajaran SMP Negeri 10 Tasikmalaya Kuruikulum KTSP.beberapa tahun terakhir demi meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. d. Menyusun jadawal penerimaan buku laporan pendidikandan penerimaan STTB. Secara umum tugas kurikulum adalah : a. Menyusun dan persyaratan naik atau tidak naik. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program pelajaran. i. 14 . h. Menyusun laporan pelaksanaan secar berkala. hal ini dikarenakan over-leaving waktu pemberlakuan kurikulum. serta lulus atau tidak lulus. Menyusun pembagian tugas. Menyusun program pembelajaran. b.8. g. Menyusun jadwal pembelajaran. e.8 dan 9 telah menerapkan kurikulum KTSP. Hal ini berimplikasi pada pengguanaan kurikulum di kelas 7. Menyusun pelaksanaan UAS/UAN.

dalamhal ini pegawai berfungsi sebagai penggerak. Pegawai/personal si SMP Negeri 10 Tasikmalaya padatahun 2010/2011 terdiri dari orangpegawai yang terdiri dari guru dan pegawai TU yang terdiri dari berbagai lartar belakang pendidikan dan universitas. dan sebagi etensia suatu lembaga tertentu. F. Siswa 15 . KEPEGAWAIAN Dalam sebuah organisasi kepegawaian adala suatu job yang menjadi bentuk keeksistesnian sebuah lembaga tertentu.No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Mata Pelajaran PPKN PENDIDIKAN AGAMA BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS IPS TERPADU PENDIDIKAN JASMANI IPA TERPADU EKONOMI SYARIAH PLH MATEMATIKA KOMPUTER SENI RUPA SENI MUSIK JUMLAH Jumlah Jam Pelajaran/Minggu Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 2 2 2 2 2 2 4 4 4 4 4 4 4 4 4 2 2 2 4 4 4 1 1 1 2 2 2 4 4 4 2 2 2 1 1 1 1 1 1 28 30 28 Ket E. Adapun daftar kepegawaian (nama guru dan pegawai TU) di SMP Negeri 10 Tasikmlaya kami sajikan dalam lampiran.

SMP Negeri 10 Tasikmalaya mewajibkan kegiatan ekstrakulikuler (muatan lokal) yang mencangkup mata pelajaran KKP. Kedisiplinan berpakaian waktu. hal ini terlihat dari kegiatan. TPL yang semuanya menekankan pada keterampilan siswa ( applied science).KTK. ekstrakulikuler keagamaan. Kegiatan keagamapun selalu menjadi agenda utama SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Pembelajaran mata pelajjaran tersebut tentu saja dilatarbelakangi oleh status SMP Negeri 10 Tasikmalaya yang sejak dulu imagikan sebagai sekolah keahlian (sekolah teknik-ST).Siswa SMP Negeri 10 Tasikmalaya terdiri dari warga tasikmalaya maupun warga lauar Tasikamalaya. yang berdomosili di wilayah Kabupaten/Kota Tasikmalaya.umumnya. gaya berpakaian siswa (yang umumnya berjilbab) dan pengawasanketat dewan guru/sekolah terhadap berpakaian siswa. dalam hal ini guru/karyawan TU menjadi benchmark terhadap gaya berpakaian siswa-siswinya. Sedikit berbeda dengan SMP Negeri/Swasta di Tasikmalaya pada um. No 1 2 3 Kelas VII VIII IX Jumlah Jumlah Siswa Laki-Laki Perempuan 213 166 188 182 144 143 644 491 Jumlah 397 370 278 1045 16 . sikap siswa SMP Negeri 10 Tasikmalaya telah sedari dulu diterapkan. Otomotip. Berikut adalah laporan jumlah siswa SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun pelajaran 2010/1011.

Urusan Kesiswaan 4. Urusan Administrasi 6. Urusan Pembantu Pelaksana Masing-masing unsure tersebut bekerja dengan “Fak”/Kehliannya masingmasing. 17 . Yaitu: 1. Tata Usaha Sekolah Tata usaha sekolah (TU) di SMP Negerei 10 Tasikmalaya terdiri dari 6 unsur utama. Urusan Bendahara 2. Urusan Sarana/Invenstasi 5.G. Unsur TU di SMP Negeri 10 Tasikmalaya terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan universitas yang berbeda. Urusan Kepegawaian 3.

Menyiapkan Keperluan Administrasi a.Berikut ini kami tampilkan bagan pegawai TU SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Mengusulkan/Menunjuk Pembuat Daftar Bendahara c. Peneriamaan DASK/Pemberitahuaan biaya bagi sekolah b. Mengecek Peraturan Pedoman Pengelolaan Uang Rutin e. Urusan Bendahara Rutin 1. Melaksanakan Laporan antara lain 18 . Mengumpulkan data kebutuhan berdasarkan usul permintaan c. dsb). Berikut ini kami tampilkan Tugas/Personal Unsur-unsur TU (Unsur Bendara Rutin. Melakukan Pengelolaan Uang Rutin a. Menyiapkan Usul/Pengelola Bendahara b. Kepegawaian. Menentukan prioritas pengeluaran berdasarkan data yang terkumpul 3. Menyiapkan Perlengkapan yang diperoleh 2. Mengurus surat-surat Penting lainnya d.

Menyusun SPJ sesuai laporan format yang telah ditentukan d.a. Menyelesaikan Hal-hal yang berkaitan dengan hak pegawai a. Menyiapkan/Mengamankan Dokumen anmtara lain: a. Membuat daftar gaji b. Mengirimkan Daftar Keluarga (KP4) ke Pemkot CQ Bagian Kepegawaian b. Mengadministrasikan segala tanda bukti pengeluaran uang c. Mengelola uang rapel 5. Mengamankan Dokumen-dokumen lainnya. Melaksanakan penutupan buku b. Melengkapi daftar gaji dengan salinan SK KGB. antara lain: a. SK Kenaikan pengelolaan uang otoritas. Melaksanakan laporan triwulan dan tahunan 4. 6. Pengelolaan Gaji dan uang lembur. Mengambil uang gaji d. b. 19 . Mengamankan seluruh dokumen yang berhubungan denagn penglolaan uang otoritas. Memenuhi kepentingan administrasi untuk memperoleh TASPEN c. Melaksanakan pengambilan SPMU ke Pemkot CQ bagian keuangan c.

Menyusun daftar jenjang kepangkatan dan urutan kepangkatan (DUK) b. Tata tertib b. Mengelola absent pegawai TU dan penjaga 3. Melengkapi mpa kepegwaian b. Menyelesaikan usul kepangkatan pegawai (DUPAK) bagi tenaga edukatif c. Menyediakan fprmulir KGB 20 .Urusan Kepegawaian 1. Mengelola absen guru c. Salinan/foto copy SK PNS d. Salinan/foto copy SK Kenaikan pangkat/jabatan/gol 2. Mengelola urusan pegawai a. Mengelola data/identitas kepegawaian a. Mengelola absen pegawaia a. Salinan/foto copy SK CAPEG c.

ijin belajar. Mengelola arsip pembagian tugas guru a. Menyimpan arsip pembagian tugas TU c. Menyelesaiakan administrasi penilaian pembinaan pegawai a. 4. cuti bersama.izin. Menyimpan arsip pembagian tugas penjaga d. Menyelesaikan kenaikan tingkat/pengkat/golongan. bersalin.d. Menyediakan formulir DP 3 dan daftar penilaia pegawai b. kursus. Mengurus penyelesaian surat cuti a. Menyimpan arsip surat 5. dan cuti di luar tanggung negara. b. dsb. dll 6. Menyimpan jadwal pelajaran Urusan Kesiswaan 21 . Menyelesaikan permohonan cuti pegawai c. Menyelesaikan usul mutasi.sakit karena alasan lain yang penting. Mengelola arsip urusan penataran. Menyelesaikan KGB ke Pemkot melalui Disdik Kota Tasimalaya e. belajar. gaji istimewa f. Mengisi cuti pegawai d. Mangamankan DP 3 d. Menyediakan formulir permohonan cuti tahunan. Menyediakan formulir kelas visit e. Mengisi DP 3 (kecuali nilai) bagi yang memerlukan c. Menyimpan pembagian tugas guru b.

Pengeluaran barang/penyerahan barang 5. Menata dokumen Urusan Administrasi 1. Menmgerjakan laporan 8. Penghapusan dan penyusunan barang inventaris 9. Melayani surat keterangan antara lain dengan menyediakan menyediakan formulir surat keterangan beasiswa BKM. Pemeliharaan 6. Mengelola data identitas siswa a. Pengelolaan data absent siswa 3. Mengisis buku klaper e. Perencanaan kebutuhan perlengkapan 2. Menyiapakn perlengkapan 22 . Menyusun/mengumpulkan dan mengelola formulir II. Penerimaan barang dan mengadministrasiakan barang 4. Pengadaan 3. IV b. Mengisi buku induk d. bakat dan prestasi Urusan Sarana 1.1. Menyusun daftar siswa perkelas bersama-sama BP/BK 2. III. Menata perlengkapan sekolah 10. Menginventarisasikan barang investaris 7. Menyusn kumpulan siswa baru formulir III-2 c. Menata arsip PSB 4.

Dalam hal ini Wakasek urusan sarana-prasarana dan TU urusan saran/inventaris mempunyai peranan yang sangat penting. Gedung dan Fasilitas Sekolah Gedung dan fasilitas sekolah berunsurkan sarana dan prasarana guna membantu kemajuan pendidikan yang diperlukan untuk kelanjutan belajar mengajar. Mengelola notula keluar 5. Memelihara kebersihan tiap hari 3. Melakukan perbaikan-perbaikan 5. Tugas Wakasek urusan sarana-prasaran membantu Kepsek dalam kegiatan sebagai berikut.2. Melaksanakan tugas khusus yang ada kaitannya dengan kedinasan H. Pengiventarisan barang 2. 1. Pembantu Pelaksana/Pesuruh 1. Pemeliharaan (pengalaman. Mengurus surat-surat 3. Menjaga keamanan setiap hari 2. Melaksanakan tugas lainnya yang ada hubungannya dengan administrasi sesuai dengan keperluan yang menjunjung KBM. Pedayagunaan saran-prasarana 3. penghapusan dan pengembangan) 23 . Mengelola surat keluar 4. Mengelola buku tamu 6. Memelihara keindahan halaman sekolah 4.

fable. Pengelolaan keuangan alat-alat pelajaran Adapun tugas TU urusan sarana/inventaris adalah: 1. agama. geografi. Pengeluaran barang/penyerahan barang 5.4. Umumnya buku-buku di perpustakaan SMP Negeri 10 Tasikmalaya adalah buku-buku pelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang terdapat di SMP Negeri 10 Tasikmalay. bahasa. Pemeliaharaan 6. Pengadaan 3. Perpustakaan Perpustakaan di SMP Negeri 10 Tasikmalay terdiri dari kuranglebih buku.Menata dokumen I. SMP Negeri 10 Tasikmalaya pun mendapar sumbangan buku dari program BOS tersebut. Perencanaan kebutuhan perlengkapan 2. yangterdiri dariberbagai cabang keilmuan (buku umu. kesastraan. daerah dan sumbangan lain melalui berbagi program/kegiatan. Menginventariskan barang inventaris 7. Penerimaan barang dan mengadministrasiakan barang 4. Mengerjakan laporan 8. Penghapusan dan penyusunan barang inventaris 9. 24 . social. buku pelajaran. Menata perlengkapan sekolah 10. yaitu terdiri daribuku paket penunjang mata pelajaran. sejarah. dan sejak di berlakukannya program BOS oleh pemerintah. Buku-buku di perpustakaan SMP Negeri 10 Tasikmalaya adalah bukubuku sumbangan dari pemerintahpusat. dsb). seni.

perpustakaan di SMP Negeri 10 Tasikmalaya yang beroperasi setiap harinya. ini terlihat dari cukup banyak siswa-siswi yang berkunjung ke perpustakaan di waktu istirahat. Hal ini tentu melibatkan sisw asecara aktif. Kegiatan Kurikuler Kegiatan kurikuler adalh kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan alokasi waktu si sesuiakan dengan program rencana pengajaran. baik secara individu maupun secara kelompok. Berdasarkan observasi penulis. Mempelajari materi dengan penuhperhatian b. serta mengkonfirmasikan hasil pelajaran. serta melakukan sendiri cara mendapatkan pengetahuan.Adapun pegawai perpustakaan adalah guru khusus yang ditugaskan menjaga perpustakaan. mengalami. dengan demikian siswa akan memperoleh kesempatan untuk : a. maksud dari kegiatan ini untuk mencapai tujuan yangperlu dicapai dalam pendidikan atau pada tiap-tiap mata pelajaran yang pada prinsipnya kegiatan ini merupakan kegiatan tatap muka antara guru dan murid. kami mengambil kesimpulan bahwa minat baca siswa-siswi SMP Negeri 10 Tasikmalaya tergolong cukup baik. J. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) mencerminkan komunikasi antara guru dan siswa dengan memperhatikan semua potensi siswa serta mengembangkan cara memperoleh. 25 . mengelola. Mempelajari.

misalnya penugasan atau yang lainnya dengan memperhatikan asas-asas sebagai berikut.c. Administrasi atau management yang lebihbaik 4. 1. Merasakan sendiri kegunaan. PMR 3. PKS 26 . Kegiatan Ekstrakulikuler Kegiatan Ekstrakulikuler dan pengelolaan organisasi sekolah merupakan kegiatan yang di laksanakan di luar jam pelajaran dengan alokasi waktu yang telah terprogram. Paskibra 4. Dapat menunjang terhadap kegiatan 2. K. Tidak merupakan beban yang berlebihan bagi siswa 3. mengembangkan serta mempelajari kejadiankejadian yang mengembangkan gagasan baru dan lain-lain. Dapat dilakukan secara individu atau kelompok Ekstrakulikuler dan organisasi yang ada di SMP Negeri 10 Tasikmalaya adalah : 1. Pramuka 2.

Dasar & Asas OSIS berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta berdasarkan azas kekeluargaan dan gotong royong. OSIS 8. Dalam selayang pandang kami berusahauntuk memberikan gambaran kepada siswa-siswi secar besar mengenai keberadaan OSIS SMP Negeri 10 Tasikmalaya yangberperan sebagai organisasi siswa. Seni Musik 6 Kerohanian 7.5. Bola Voli. Bola Basket. Olahraga (Renang. Taekwondo dan Pencak silat) I. Tema : Six Month Generation 27 . Sehingga dalam pelaksanaanya merupakan wadah yang menampung segala inspirasi dan kretivitas yang positif bagi dan dari anggotanya. Sekilas Osis SMP Negeri 10 Tasikmalaya OSIS merupakan Organisasi Intra Sekolah yang syah dan kedudukannya berada di lingkungan sekolah dan menjalankan tugasnya sesuai dengan anggaran rumah tangga yang telah ditetapkan. Koperasi Sekolah 9. OSIS merupakan pusatdari segala kreativitas yang berada di lingkungan sekolah yaitu para siswa SMP Negeri 10 Tasikmalaya 2010/2011.

Pd : SRI TIRTANING DWIASNIAN 3. Pembina kesiswaan Tk1 : NANANG TRISNANTO. S.Pd : PUJI SRAHAYU. MERISUFFLE susunan kepengurusan OSIS 2008/2009 STRUKTUR ORGANISASI INTRA SEKOLAH SMP NEGERI 10 TASIKMALAYA 1. S.S.Pd : KOSWARA. Hj RITA KURNIAWAN : WANTHY EKAWANTHY. 2. PERANGKAT KESISWAAN 1. SAEPULOH : N. Pembina Osis : Hj. Pembina kesiswaan Sekretaris Bendahara 1 Bendahara 2 : Drs.Tujan : Dengan program percepatan OSIS SMP Negeri 10 Taskmalaya generasi OSIS denganlatarbelakang program percepatan selama 6 bulan Berdasarkan hasil rapat 4 september 2008 1.S.Pd : ATIK MURDIKAH : EPI PUSPITADEWI.Pd.TATI SULISTIAWATI. BA : Dra. N. S.Pd 28 . DEDE MUNAWAROH.S.

ZAM-ZAM W. Ketua Osis1 : RANI NURUL AENI W. Sekertaris Bendahara : WANTI DERIANI : ELDITA AMALIA : M. Departemen Sosial : FITRI : SRI M : DENA : ANDRI 29 . PRESIDENT OSIS Ketua Osis : BAYU NUGROHO W. PERANGKAT KEPENGURUSAN OSIS 2010/2011 1. Ketua Osis 2: LIA Sekertaris W. Departemen Agama : SRI YANI : DETI : WIDI : EMMI 2. S. SUSUNAN PENGURUS OSIS 2010/2011 a. Bendahar : EIKA RIZKIANI 2. Departemen Pertahanan : RANI RAMDHANI : NOVI : PREDIANA 3. Kompartemen di bawah ini pimpinan departmen 1.: ARIF.Pd 2.

4. Departemen Politi Beroganisasi : ROSIANA : AGUNG : NURANISA : NURJANAH 6. Departemen T I K 10. Departemen Belanegara : SIERLY : SUKMA : ADE 5. Departemen Kesenian : SELLY : FAJAR : INDRA : NIRA 9. Departemen Berbahasa Inggris : DINEU : ANEU 30 . Departemen Kesehatan Olahraga : JAENAH : DEVRIANSYAH : CINTIA : ASTRI 8. Departemen Kewirausahaan : MINA : SALSABILA : SRI AYU : RIAN 7.

Kesimpulan Program pengenalan lapangan (PPL) adalah kegiatan instruktur yang merupakan bagian integral dan keseluruhan program pendidikan guru berdasarkan konpensasio yang di beri bobot 4 SKS yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Siliwangi Tasikmalaya. mengenal lingkungan sekolah. Bagi seorang calon pendidik. sikap dan keterampilan. 31 . mengenal kemajuan kurikulum dan semua kegiatan itu dapat rasa cinta dan percaya diri meningkatkan disiplin serta memiliki pengetahuan.BAB III KESIMPULAN. SARAN DAN MANFAAT KESAN-KESAN A. PPL adalah suatu agenda wajib sebab dengan PPL para praktikan akan mengenal dan menghadapi pribadi-pribadi siswa secara langsung.

hal ini terbukti ikut berpartisifasinya beberapa siswa dalam beberapa cabang kompetisi. dosen pembimbing. seperti olahraga (silat. latihan pengolahan proses pembelajaran serta tugas kepandidikan lainnya yang harus kami ikuti selam PPL. siswa-siswi SMP Negeri 10 Tasikmalaya pun tergolong prestatip. 2.Kegiatan yang kami lakukan tidakterlepas dari panduan kampus dan bimbingan serta arahan dari UPT-PPL. kepala sekolah dan guru-guru pamong dan guru-guru lainnya yang berada dilingkungan tempat kami belajar SMP Negeri 10 Tasikmalaya adalh SMP yang mengalami perkembangan cukup maju di Kota Tasikmalaya. fisika dsb. Laporan yang kami susun merupakan repretansi dari kegiatan yang sudah kami laksanakan mulai dari tahap observasi. dengan didukung lokasi yang strategis dan tenaga pengajar yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan Universitas. voli) meraih beberapa mendali di tingkat propinsi. 32 . olimpiade mamtematika. Bahkan dalam cabang lainnya. Setelah melaksanakan PPL kami berkesimpulan bahwa : 1. orentasi. tidak sekedar mempelajari teori belaka. Setisp calon pendidik harus menimba ilmu secara langsung di lapangan. Kegiata PPL sarat dengan pengalaman yang mendukung peningkatan mutu calon pendidik. tidak mengherankan jika dalam beberapa tahun ini (sejak munculnya wacana sertifikasi) beberapa guru di SMP Negeri 10 Tasikmalaya pun muncul meramaikan bursa calon guru-guru berkualitas di Tasikmalaya. adaptasi. futsal.

Larangan siswa untuk makan atau jajan diluar sekolah di waktu istirahat. 33 . Melatih kemampuan mengajar. baik diawasi maupun tidak diawasi oleh supervisor. yang harus dikondisikan dengan letak pedagang yang ada diluar sekolah. 3. Melatih kepekaan terhadap suatu permasalahan yang muncul. Melatih kemampuan terhadap Problem Solving atas Suatu masalah yang muncul . 4. Manfaat dan Kesa-kesan Selama melaksanakan kegiatan PPL di SMP Negeri 10 Tasikmalaya.3. B. Saran 1. 3. akan lebih baik apabila SMP Negeri 10 Tasikmalaya menyediakan lokasi secara khusus untuk pedagang yang berada di lingkungan sekolah. 2. antara lain adalah : 1. C. kami menyimpulkan bahwa manfaat PPL. Tanggung jawab seorang guru harus di pupuk sejak awal dan merupakan kewajiban yang mulia. Praktikan diharapkan lebih baik meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugasnya. 2. situasidan kondidi yang berbeda. Pembangunan gedung sebagai fasilitas sangat diperlukan untuk menambah kenyamanan siswa dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar. 4. Melatih kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. Peningkatan disiplin dan guru harus dilakukan untuk mencapai tujuanpendidikan yang di harapkan.

34 . dan didukung dengan keadaan sekolah yang baik.5. melatih kedisiplinan dan kinerja. hubungan sesame guru dan murid pun hampir tidak ada pembatas. Suasana kekeluargaan sangat terasa sekali sewaktu pertama kali kami mengunjungi SMP Negeri 10 Tasikmalaya. sekolah ini pun didukung oleh guru-guru yang berkualitas. Selama mengajar di SMP Negeri 10 Tasikmalaya kami menarik benang merah bahwa SMP Negeri 10 Tasikmalaya yang berlokasi di dekat alun-alun pusat perkotaan selain lokasinya strategis. Melatih kemampuan berinteraksi dengan murid 6. Saling mempererat rasa kekeluargaan pun kerap kali di laksanakan hal ini tidak lain agar tercipta suasana harmonis di dalam maupun di luar sekolah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful