You are on page 1of 10

http://celiola.co.

cc/membuat-animasi-gambar-gerak-dengan-photoshop-cs4/
Home » Tutorial Photoshop

Membuat Animasi (Gambar Gerak) Dengan Photoshop CS4
Submitted by admin on March 20, 2009 – 8:30 amNo Comment

Di Versi-versi Photoshop sebelumnya memang disertakan
Adobe Image Ready, nah disitulah kita bisa buat Animasi Gif, tapi di Photoshop Khususnya CS4
Image Ready sudah dimasukkan langsung ke Photoshopnya itu sendiri. Selain untuk membuat
Animasi, CS4 disertai dengan tools yang mirip dengan Adobe After Effect(AE) / Video Editing
tapi tidak sesempurna AE. Sedikit Reiew buat yang belum tau

Baiklah mari kita mulai tutorial ini.

Langkah-langkahnya :

1. Buka Photoshop dan buat New document, disarankan untuk tidak terlalu besar baik ukuran
dan pixelnya

2. Klik Window >> Animation, dibawah akan ada menu seperti gambar dibawah ini

kita buat beberapa background warna. lalu buat new layer (Ctrl+Shit+N) lalu isi dengan Fill tool warna sesuka hati . Setelah itu. Klik Layer Background.3. Setelah itu kita buat gambarnya terlebih dahulu. ini sudah saya buat sesimpel mungkin imagenya… Pertama-tama Kita buat tulisan Dulu seperti dibawah ini sebagai contoh Perhatikan Layernya: Ilmu sendiri. Grafis juga sendiri. 4. saya ingatkan disini akan banyak sekali layer jadi mohon untuk bersabar dalam mengikuti tutorial ini.

misalkan seperti gambar dibawah ini . Setelah itu buat lagi layer baru seperti cara diatas… lakukan pewarnaan sesuka hati asal berbeda dengan layer pertama(biru). kemudian tekan Ctrl + Shift + I lalu tekan Delete kemudian tekan Ctrl + D maka akan jadi seperti gambar dibawah ini Masih saya ingatkan.Jangan lupa untuk selalu memperhatikan layer disini. kemudian lakukan lagi langkah nomor 4 tapi beda tempat. Setelah itu klik Lasso kemudian seleksi sesuka hati seperti yang saya lakukan di layer 1 (layer berwarna biru disini) Kemudian Klik kanan dibagian terseleksi lalu pilih Feather… lalu isikan Feather Radiusnya menjadi 60. jangan lupa perhatikan layernya… hahahaha 5.

layer 2(Hijau) menjadi 0% . 6. dan Layer 3(ungu) Menjadi 0%.Caranya sama seperti langkah nomor 4 hanya beda tempat dan warna. Layer bertuliskan “GRAFIS” geser kebawah sampai tidak terlihat seperti pada gambar dibawah ini Jangan lupa untuk selalu menekan Shift saat memindahkan Layer-layer tersebut. Setelah itu lakukan langkah ini. saya tidak mau tutorial ini terlalu panjang yang sepertinya akan membosankan… hahahahaha…. lalu geser ke atas layer yang bertuliskan “ILMU” maka akan terlihat blank document yang kita buat. Saatnya kita mulai menganimasikan document ini kita beralih ke box animation yang sudah kita aktifkan pada langkah pertama diatas tadi… dan jangan lupa masih perhatikan layernya . Layer 1(biru) jadikan opacitynya menjadi 0% . 7.

disini Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadiratnya… wkwkwk canda gan… pertama-tama klik menu Duplicate Selected Frame Maka akan ada duplikasi dari Frame pertama yang blank ini seperti dibawah ini Kemudian geser kebawah Layer yang bertuliskan “ILMU” ketempat semula(Awal) dikira-kira saja. Lalu klik Tweens animation frame .

Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah ini Isi Frames to Add dengan jumlah frame yang akan dibuat. maka akan jadi seperti gambar dibawah ini Kalu klik yang saya tandai merah itu maka tulisan akan berjalan. Lakukan langkah 7 pada Layer “GRAFIS” hanya saja geser keatas jangan kebawah lagi… hahaha…. saya pake 5 Frame disini. 8. lalu klik OK. Jangan lupa untuk klik “Duplicate Selected Frame” dulu sebelum menggeser Layer terpilih dan melakukan “Tweens animation frame” kalau sudah akan menjadi seperti ini . semakin banyak frame akan semakin lembut gerak dari animasi kita tapi juga semakin besar sizenya nanti.

Klik Duplicate Selected Frame lagi lalu klik layer 1(biru) kemudian Opacitynya naikan kembali menjadi 100% Lalu Klik lagi deh “Tweens animation frame” 10. 9.Ok juragan… masuk ke perubahan yang lain seperti baja hitam RX menjadi ROBO… wkwkwk…. Lakukan langkah nomor 9 pada Layer 2(Hijau) dan Layer 3(Ungu) .

cara Savenya pun berbeda. kalau sudah puas.11. coba dulu di Klik Play. kita tinggal Save document ini gan. sudah jadi gan. mari kita mulai lagi… wkwkwk bahasa saya ancur… Klik File >> Save for Web & Devices…(Alt + Cntrl +Shift + S) maka akan muncul Windows seperti dibawah ini (BW Killer gan… haha…) Zoom: .

Perhatikan yang saya tandai merah diatas. Kalau terlalu cepat. pilih direktorinya lalu View aja gan.2 Sec. mungkin Delaynya bisa ditambah. 12. delay ada dibawah Frame dalam box Animation. pokoknya harus GIF. . Looping Optionsnya Poreper gan… haha… Kalau sudah tinggal klik Save. Sdan seterusnya…. Selesai gan… hasilnya kira2 seperti ini: . 0. kl masih blm bergerak mungkin salah ekstensi diatas yang saya tandai merah.5 Sec. disana akan ada pilihan 0Sec. 0.

Note: Bagi yang masih menggunakan CS kebawah mungkin masih disertakan Adobe Image Ready. jika Photoshop di Close maka Image yang ada dalam Image ready akan hilang seketika. Image ready bisa mengaplikasikan tutorial ini. lebih mudah menggunakan Image Ready memang tapi di CS4 Image Ready tidak di ikut sertakan menjadi aplikasi berbeda tapi sudah disatukan dengan Photoshop CS4 itu sendiri. Demikian gan… semoga bermanfaat… Download Tutorial Lengkap Klik Link Dibawah Ini . namun kendalanya kita harus mentransform image dari Photshop ke Image Ready dengan bersamaan. .